7 Jurusan Kuliah Yang Terkenal Sulit, Kamu Berani Ambil?

Posted on Posted in Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa

7 Jurusan Kuliah Yang Terkenal Sulit, Kamu Berani Ambil? – Sebentar lagi beberapa diantara kamu akan memasuki dunia perkuliahan. Biasanya, seringkali drama dilematis terjadi saat akan memilih jurusan kuliah.

Salah satu faktor hal ini terjadi karena para calon mahasiswa baru belum mengetahui minat dan bakatnya kemana. Padahal ini adalah awal penting untuk perjalanan kuliahmu.

Rupanya, ada beberapa jurusan kuliah yang terkenal sulit. Jurusan apa saja?

7 Jurusan Kuliah Yang Terkenal Sulit Ini Bisa Jadi Referensimu Sebelum Jadi Mahasiswa

CPNs 2018

1. Farmasi

jurusan kuliah ipa

Pada tahun 2014 Dirjen Dikti menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Hal ini karena farmasi bergerak di bidang kesehatan yang merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebuah bidang yang tidak akan pernah sepi selama masih ada manusia.

Jurusan farmasi mempelajari bidang yang kompleks, seperti anatomi tubuh, tumbuhan obat, fisika, kimia, matematika, biologi sel, kosmetik dan lain-lain. Umumnya pendidikan S1 Farmasi di Indonesia ditempuh selama 8 semester dengan total keseluruhan 144 SKS. Saat ini banyak perguruan tinggi yang terdapat jurusan farmasi baik negeri maupun swasta.

2. Kedokteran

Jurusan Kuliah yang Mudah dan Menjanjikan

Kedokteran adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera.

Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

Ilmu kedokteran umumnya dianggap memiliki berbagai cabang spesialis, dari pediatri (ilmu kesehatan anak), ginekologi, neurologi (ilmu penyakit saraf), hingga melingkupi bidang lainnya seperti kedokteran olahraga, dan kesehatan masyarakat.

3. Statistika

Fakultas MIPA

Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang berhubungan dengan perhitungan dan pengumpulan data. Penjelasan detailnya, Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterprestasi dan mempresentasikan suatu data. Istilah Statistika berasal dari bahasa inggris, Statistic yang artinya mengumpulkan dan menganalisa data dalam bentuk bilangan dalam kuantitas yang sangat besar.

4. Teknik Informatika

jurusan kuliah ipa

Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Teknik Informatika harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

5. Matematika

Jurusan Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meskipun pelajaran matematika sudah sangat dikenal oleh setiap orang, Program Studi Matematika malah kurang mendapatkan minat. Selain prospek kariernya yang masih sangat terbatas, mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Namun sebenarnya, Jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus.

6. Ilmu Ekonomi

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.

7. Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Baca juga :  20+ Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya
Baca juga :  6 Jurusan Kuliah yang Bisa Membuatmu Cepat Kaya Raya
Baca juga :  7Jurusan Kuliah Favorit yang Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan