18 Jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)

 Nana | Sen, 04 Mei 2020

18 Jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) – Awalnya kampus ini dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001. Pastinya jika kamu hendak mendaftarkan diri kuliah di sana, maka info mengenai 18 jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) pun amat dibutuhkan. Itulah alasan tepat kenapa kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

Untuk program pendidikan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) terdiri atas Program Diploma 3 dan 4. Program Diploma 3 (Ahli Madya) memiliki beban studi kumulatif 110 – 120 SKS yang biasanya ditempuh dalam waktu 6 – 20 semester. Sementara untuk Program Diploma 4 (Sarjana Terapan) mempunyai beban studi kumulatif 144 – 160 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester. Dalam artikel ini Mamikos akan membahas secara tuntas mengenai jurusan-jurusan Politeknik Negeri Lampung(POLINELA) tersebut pada kamu.

Jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)

https://www.lampost.co/

Bahkan beberapa Program Studi di POLINELA sendiri juga mempunyai akreditasi yang merupakan penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu Program Studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain.
Lantas apa saja sih 18 jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) yang perlu kamu ketahui ini? Simak penjelasannya di sini.

Daftar Fakultas dan Jurusan (Program Studi) Politeknik Negeri Lampung

1. Fakultas di POLINELA

  1. Fakultas Budidaya Tanaman Pangan
  2. Fakultas Budidaya Tanaman Perkebunan
  3. Fakultas Teknologi Pertanian
  4. Fakultas Peternakan
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

2. Program Diploma III

  1. Produksi Tanaman Pangan (D3)
  2. Hortikultura (D3)
  3. Produksi Tanaman Perkebunan (D3)
  4. Teknik Sumber Daya Lahan dan Lingkungan (D3)
  5. Mekanisasi Pertanian (D3)
  6. Teknologi Pangan (D3)
  7. Produksi Ternak (D3)
  8. Budidaya Perikanan (D3)
  9. Agribisnis (D3)
  10. Akuntansi (D3)
  11. Manajemen Informatika (D3)

3. Program Diploma IV / Sarjana Terapan

  1. Teknologi Pembenihan (S1/D4)
  2. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunanan (S1/D4)
  3. Teknologi Produksi Ternak (S1/D4)
  4. Agribisnis Pangan (S1/D4)
  5. Akuntansi Perpajakan (S1/D4)
  6. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura (S1/D4)
  7. Teknologi Rekayasa Kimia Industri (S1/D4)

Akreditasi Program Studi D-III POLINELA

No Strata Program Studi Akreditasi
1 D-III Teknologi Pangan B
2 D-III Produksi Tanaman Pangan B
3 D-III Hortikultura B
4 D-III Produksi Ternak A
5 D-III Produksi Tanaman Perkebunan A
6 D-III Mekanisasi Pertanian B
7 D-III Budidaya Perikanan B
8 D-III Agribisnis B
9 D-III Akuntansi A
10 D-III Teknik Sumberdaya Lahan Dan Lingkungan B
11 D-III Manajemen Informatika B

Akreditasi D-IV POLINELA

12 D-IV Agribisnis Pangan C
13 D-IV Teknologi Perbenihan B
14 D-IV Produksi Dan Manajemen Industri Perkebunan B
15 D-IV Teknologi Rekayasa Kimia Industri C
16 D-IV Akuntansi Perpajakan B
17 D-IV Teknologi Produksi Ternak C
18 D-IV Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura C

Jalur Pendaftaran Jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) 2020/2021

Selain daftar jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) Mamikos pun memberikan info mengenai jalur pendaftaran yang ada di POLINELA. Apa saja jalurnya? Begini penjelasannya.

1. Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

Jalur SNMPN adalah sebuah seleksi Jalur Undangan bagi calon peserta (siswa/i) yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Pola seleksi dalam SNMPN ini tertuang dalam sebuah sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa dan siswi SMA/SMK/MA/Sederajat.

SNMPN sendiri adalah sebuah pola seleksi nasional yang berlandaskan pada penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMDK-PN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Kamu sebagai siswa pelamar wajib membaca beberapa ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih sebagai berikut:

Syarat Pendaftaran SNMPN

  • Siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat kelas 3 (XII) tahun pelajaran
  • Berusia maksimal 22 tahun pada tanggal 1 September 2020
  • Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna. (Harus didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter).
  • Peraturan untuk warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  • Bisa mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi.

2. Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB)

Jalur masuk POLINELA berikutnya adalah PMKAB. Jalur ini merupakan seleksi jalur undangan atau non-undangan bagi calon peserta (siswa/i) yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Lampung. Pola seleksi tertuang dalam satu sistem terpadu melalui seleksi prestasi akademik dan non akademik siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat.

Jalur PMKAB merupakan pola seleksi lokal berdasarkan penjaringan minat dan kemampuan akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMKAB adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Syarat Pendaftaran Jalur PMKAB

  • Siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat kelas 3 (XII) tahun pelajaran
  • Berusia maksimal 22 tahun pada tanggal 1 September 2020
  • Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna. (didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter).
  • Peraturan untuk Warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  • Sanggup untuk mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi.

3. Ujian Mandiri (UM)

Jalur masuk POLINELA berikutnya adalah Ujian Mandiri yang merupakan sebuah seleksi Jalur Terbuka bagi calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Lampung.

Pola seleksi dalam jalur ini tertuang dalam satu sistem terpadu dan mandiri melalui mekanisme seleksi Ujian Tulis. Jalur Ujian Mandiri adalah pola seleksi lokal berdasarkan hasil ujian masuk Politeknik Negeri. Kamu wajib untuk membaca ketentuan yang berlaku di Politeknik Negeri Lampung.

Syarat Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri

  • Lulusan Siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat
  • Berusia maksimal 22 tahun pada tanggal 1 September 2020
  • Memiliki jiwa dan kondisi tubuh yang sehat, dan tidak buta warna. (Harus didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter).
  • Peraturan Untuk Warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  • Dapat mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi.

4. Seleksi Program Beasiswa Sumberdaya Pertanian Lampung (SPBSPL)

Jalur yang terakhir yang bisa diikuti apabila hendak masuk POLINELA adalah seleksi Program Beasiswa Sumberdaya Pertanian Pemerintah Provinsi Lampung. Seleksi ini merupakan sebuah program beasiswa yang disediakan dan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada putra/i petani/nelayan/penyuluh berprestasi dan kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi di bidang Pertanian di Politeknik Negeri Lampung.

Perlu kamu ketahui bahwa pola seleksi pada jalur penerimaan Mahasiswa Program Beasiswa Pemerintah Provinsi Lampung didasarkan pada mekanisme pendaftaran, penjaringan kemampuan akademik (nilai rapor/ijazah dan prestasi lain) dan seleksi lainnya. Calon mahasiswa baru adalah putra/i petani/nelayan/penyuluh pertanian yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Syarat Pendaftaran SPBSPL

  • Kamu adalah lulusan SMA/SMK/MA Sederajat; Lulusan Tahun 2018, 2019, dan 2020; SMA/MA Jurusan IPA atau SMK dengan Jurusan yang sesuai dengan program studi yang dipilih
  • Wajib melampirkan foto copy Ijazah dilegalisir sebanyak 2 (dua) rangkap bagi lulusan 2018 dan 2019
  • Wajib melampirkan foto copy rapor kelas 1, 2, dan 3 yang dilegalisir sebanyak 2 (dua) rangkap bagi lulusan 2020
  • Melampirkan pas foto berwarna ukuran 3×4 dan 4×6; masing-masing sebanyak 2 (dua) buah
  • Orang tua calon mahasiswa sudah memiliki Kartu Petani Berjaya (KPB)
  • Wajib melakukan registrasi pendaftaran secara online
  • Mengunduh, mengisi dan melengkapi dokumen/berkas formulir yang disyaratkan
  • Bersedia mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan proses seleksi

Itulah tadi penjelasan lengkap Mamikos perihal 18 jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) yang dapat kamu lirik atau minati salah satunya. Semoga dengan adanya informasi jurusan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) ini kamu menjadi termotivasi untuk bisa masuk ke salah satu jurusan tersebut dengan semangat. Sebarkan informasi bermanfaat ini pada teman atau pengikut sosial media kamu. Dan ingatkan mereka juga untuk mengakses aplikasi pencari kost Mamikos apabila memerlukan informasi terkini hunian kost-kostan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: