Pengumuman SNMPN / PMDK-PN 2020 snmpn.politeknik.or.id

 Bella Carla | Kam, 26 Mar 2020

Pengumuman SNMPN / PMDK-PN 2020 – 42 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi, yakni Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) pada 6 Januari 2020 lalu. Kini pendaftaran SNMPN 2020 pun telah ditutup dan para peserta pun tengah menungguh hasil pengumuman SNMPN tersebut. Jika tidak ada perubahan, pengumuman SNMPN 2020 akan diumumkan secara serentak pada tanggal 28 Maret 2020 mendatang. Untuk info lebih lengkapnya lagi, ada baiknya kamu membaca informasi seputar pengumuman SNMPN / PMDK-PN 2020 terbaru di bawah ini.

Info Terbaru Pengumuman SNMPN / PMDK-PN 2020

Pengumuman SNMPN / PMDK-PN 2020
i.ytimg.com

 

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut. Adapun untuk info lebih lengkap seputar SNMPN hingga pengumuman SNMPN 2020 Mamikos sampaikan berikut.

Apa Bedanya SNMPN dan PMDK-PN?

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan untuk calon peserta atau siswa sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan di Pendidikan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi dilakukan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Per tahun 2020 ini, istilah PMDK-PN (Penelurusan Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) diganti namanya menjadi SNMPN. Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN.

Pendaftaran SNMPN

Pendaftaran SNMPN dimulai pada tanggal 6 Januari hingga 13 Maret 2020. Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan. Pendaftaran calon peserta atau siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun. Semua biaya pendaftaran telah dibebankan pada anggaran pemerintah.

Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi. Pendaftaran dilakukan secara online oleh sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id atau dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam SNMPN ini. Persyaratan umum yang wajib dipenuhi pada SNMPN 2020 adalah hanya lulusan SMA/MA/SMK yang akan lulus 2020 yang boleh mendaftarkan diri melalui jalur ini. Sekolah juga wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Siswa juga wajib mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Alur Pendaftaran SNMPN

Berikut alur lengkap pendaftaran SNMPN yang mesti diperhatikan pihak sekolah:

  1. Undangan ke pihak sekolah Politeknik mengirimkan undangan ke sekolah mulai 6 Januari hingga 6 Maret 2020. Jika pihak sekolah telah menerima undangan maka bisa login ke https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/login. Jika tak menerima undangan maka sekolah dapat mendaftarkan diri ke alamat website https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan memasukkan terlebih dahulu data NPSN kemudian Cek.
  2. Bila sekolah belum mendaftar Jika memang belum ada di sistem SNMPN, maka sekolah diminta untuk melengkapi data sebagai berikut:
    • NPSN
    • No Telepon
    • Email Admin Sekolah
    • Akreditasi Sekolah
    • Tipe Sekolah
    • Kategori Sekolah
    • Nama Kepala Sekolah
    • Nama Sekolah
    • Jumlah Murid yang Akan Lulus Tahun 2020 P
    • Provinsi
    • Kota
    • Kecamatan
    • Alamat Sekolah
    • Melampirkan Scan Surat Pengangkatan Kepala Sekolah (Tipe File:JPG, JPEG, atau PDF. Ukuran File Maksimal:1 MB dan minimal 300 KB)
    • Mengkonfirmasi Captcha
  3. Jika data berhasil terkirim, maka data akan diproses dan di-generate-kan username dan password. Kemudian data tersebut akan dikirimkan ke email admin sekolah yang bersangkutan (waktu pengiriman maksimal 2×24 jam). Data akan diproses apabila lampiran Scan Surat Pengangkatan Kepala Sekolah memenuhi ketentuan :
    • Resolusi besar dan terbaca dengan jelas
    • Terdapat Kop Surat
    • Terdapat Nama Sekolah dan Kepala Sekolah Surat lengkap, tidak hanya lampiran
    • Jangka waktu SK maksimal lima tahun terakhir maksimal tahun 2015 (SK sekolah dapat dikirimkan sebelum tanggal 6 Maret 2020)
  4. Sekolah melengkapi data
    Setelah berhasil login maka Sekolah harus segera melengkapi data:

    • Biodata Sekolah
    • Data Jurusan
    • Rekomendasi Siswa yang akan diikutkan ke sistem SNMPN
    • Pengumuman
    • Sekolah dapat melengkapi data yang diminta mulai tanggal 4 Januari–6 Maret 2020
  5. Akun untuk siswa Username dan password Siswa otomatis di-generate-kan oleh sistem, sehingga pihak sekolah bisa langsung mencetak dan mendistribusikan ke masing-masing siswa.

Tahapan SNMPN

  1. Pendaftaran SNMPN
    Pendaftaran SNMPN dimulai pada tanggal 6 Januari – 6 Maret 2020. Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan. Setelah mendapatkan Username dan Password, sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program SNMPN.
  2. Pengisian Data oleh Siswa dan Sekolah
    Sekolah ataupun siswa dapat melakukan pengisian data mulai tanggal 6 Januari – 6 Maret 2020.
  3. Verifikasi Berkas
    Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada Politeknik pilihan pertama Siswa. Perhatikan Form Finalisasi untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas.
  4. Pengumuman
    Pengumuman SNMPN diumumkan pada tanggal 28 Maret 2020. Bagi siswa yang lolos jalur SNMPN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan.

Daftar Politeknik yang tergabung dalam SNMPN

Terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini. Adapun 42 politeknik negeri yang tergabung dalam SNMPN seperti dikutip dari halaman resmi snmpn.politeknik.or.id adalah sebagai berikut.

  1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
  2. Politeknik Negeri Jakarta
  3. Politeknik Negeri Medan
  4. Politeknik Negeri Bandung
  5. Politeknik Negeri Semarang
  6. Politeknik Negeri Sriwijaya
  7. Politeknik Negeri Lampung
  8. Politeknik Negeri Ambon
  9. Politeknik Negeri Padang
  10. Politeknik Negeri Bali
  11. Politeknik Negeri Pontianak
  12. Politeknik Negeri Ujung Pandang
  13. Politeknik Negeri Manado
  14. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  15. Politeknik Negeri Banjarmasin
  16. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  17. Politeknik Negeri Kupang
  18. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  19. Politeknik Negeri Jember
  20. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  21. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  22. Politeknik Perikanan Negeri Tual
  23. Politeknik Negeri Malang
  24. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  25. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  26. Politeknik Negeri Samarinda
  27. Politeknik Negeri Media Kreatif
  28. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  29. Politeknik Negeri Batam
  30. Politeknik Negeri Bengkalis
  31. Politeknik Negeri Balikpapan
  32. Politeknik Negeri Madura
  33. Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  34. Politeknik Negeri Banyuwangi
  35. Politeknik Negeri Madiun
  36. Politeknik Negeri Fakfak
  37. Politeknik Negeri Sambas
  38. Politeknik Negeri Tanah Laut
  39. Politeknik Negeri Subang
  40. Politeknik Negeri Ketapang
  41. Politeknik Negeri Cilacap
  42. Politeknik Negeri Indramayu

Pengumuman SNMPN

Setelah melewati beberapa tahapan jalur SNMPN, maka tahapan terakhir yang ditunggu-tunggu oleh peserta adalah pengumuman SNMPN. Menurut informasi yang tertera di snmpn.politeknik.or.id, pengumuman SNMPN 2020 ini akan secara resmi diumumkan pada tanggal 28 Maret 2020. Buat kamu yang nantinya dinyatakan lolos dalam jalur SNMPN, jangan lupa untuk segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan ya.

Nah, di atas tadi sudah Mamikos rangkumkan info terbaru seputar pengumuman SNMPN 2020. Kira-kira kamu sudah siap belum nih melihat pengumuman SNMPN beberapa hari mendatang? Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya seputar SNMPN 2020, kamu bisa gali informasi lebih banyak lagi melalui situs blog Mamikos. Buat kamu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal kamu nantinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: