5 Jurusan Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

 Bella Carla | Sel, 05 Mei 2020

Jurusan Politeknik Negeri Semarang – Buat kamu yang ingin setelah lulus kuliah gampang mencari pekerjaan, mungkin kamu bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan di politeknik saja. Umumnya, para mahasiswa di politeknik didik untuk memiliki pengalaman industri yang cukup untuk menghadapi dunia kerja, bahkan sebelum lulus kuliah. Buat kamu yang berada di sekitaran Semarang, kamu pun bisa memilih Politeknik Negeri Semarang (POLINES) sebagai kampus tujuan. Untuk informasi seputar jurusan yang ditawarkan, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu deretan jurusan yang ada di Politeknik Negeri Semarang.

Deretan Jurusan Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Politeknik Negeri Semarang
i.ytimg.com

Akhir-akhir ini, Politeknik Negeri Semarang (POLINES) menjadi salah satu politeknik yang kerap diperbincangkan. Memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, Politeknik Negeri Semarang pun menjadi bahan pertimbangan oleh sejumlah calon mahasiswa di berbagai daerah. Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri di Politeknik Negeri Semarang, ada baiknya kamu mengetahui daftar jurusan di politeknik ini terlebih dahulu. Adapun informasi selengkapnya bisa kamu cek berikut ini.

Gambaran Umum Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang (POLINES) dulunya merupakan bagian dari Universitas Diponegoro. Barulah pada tahun 1997, Polines berdiri sendiri sesuai Kepmendikbud dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Semarang. Seperti politeknik pada umumnya, Polines juga menyelenggarakan pendidikan dengan jenjang Diploma. Di samping itu, Polines juga menyelenggarakan jenjang Diploma IV yang jenjangnya setara dengan S1 lho.

Keunggulan Kuliah di Politeknik Negeri Semarang

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu rasakan ketika kuliah di Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Beberapa diantaranya adalah:

  1. Banyak praktek
    Kalau kamu memilih kuliah di politeknik, perkuliahan kamu tidak akan membosankan. Karenan di perkuliahan akan lebih banyak praktek dan terjun langsung ke jurusan yang kalian pilih daripada teori.
  2. Mencari kerja lebih mudah
    Lulus kuliah pastinya ingin langsung bekerja dong. Nah kalau kalian memilih lulusan politeknik mencari pekerjaan akan lebih dipermudah terlebih lagi kalau politeknik yang kalian pilih sudah memiliki MoU dengan beberapa perusahaan.
  3. Banyak pilihan
    Kalau milih kuliah di politeknik tentunya kamu tidak perlu khawatir gak ada pilihan. Politeknik memiliki banyak sekali bidang yang kalian ingin lebih dalami seperti di industri perhotelan, kuliner, multimedia, teknik, pariwisata dan masih banyak lagi. Dan topik pembahasan saat perkuliahan sangat beragam dan luas.
  4. Magang ke luar negeri
    Siapa sih yang gak pingin ke keluar negeri? Kalau di politeknik biasanya kalian bisa milih magang kalian ingin di dalam negeri atau di luar negeri. Magang sambil jalan-jalan keluar negeri dan belajar budaya diluar, tentunya menjadi idaman semua orang bukan?

Jurusan di Politeknik Negeri Semarang

Jika sebelumnya kamu sudah mendapatkan gambaran seputar Politeknik Negeri Semarang (POLINES), maka di bawah ini Mamikos akan bagikan deretan jurusan yang tersedia di politeknik satu ini. Adapun jurusan yang tersedia adalah:

1. Teknik Sipil

Teknik Sipil umumnya mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Teknik Sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan. Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontaktor.
Di Politeknik Negeri Semarang, Jurusan Teknik Sipil terbagi menjadi beberapa program studi lagi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah:

  • Program Studi Konstruksi Gedung (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi merencanakan, melaksanakan pekerjaan, dan pengawasan pada konstruksi gedung skala kecil. Tak hanya itu saja, kalian juga dapat membantu merencanakan, melaksanakan pekerjaan, dan melaksanakan pengawasan pada konstruksi gedung skala medium. Umumnya, lulusan program ini juga membantu mengelola sumberdaya (alat, bahan, tenaga, waktu, dan dana) pada pekerjaan skala medium hingga membantu menganalisis dan menerapkan data hasil pengujian mutu di lapangan maupun di laboratorium dalam pekerjaan skala medium.
  • Program Studi Konstruksi Sipil (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi untuk merencanakan, melaksanakan pekerjaan, dan melaksanakan pengawasan pada konstruksi bangunan air, struktur penahan tanah, dan perkerasan jalan raya pada skala medium. Tak hanya itu saja, lulusan program ini juga dapat membantu mengelola sumberdaya pada pekerjaan skala medium dan membantu menganalisis hingga menerapkan data hasil pengujian mutu di lapangan maupun di laboratorium dalam pekerjaan skala medium. Lulusan program ini juga nantinya akan memiliki kompetensi untuk memahami dan membantu menyusun dokumen kontrak hingga menyusun laporan pelaksanaan pekerjaaan, dan mengidentifikasi kerusakan dan melaksanakan perbaikan bangunan skala medium.
  • Program Studi Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung (SST)
    Program Sarjana Sains Terapan yang satu ini berorientasi mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional pelaksana konstruksi gedung yang mengutamakan kemampuan teknik dan manajemen perbaikan. Tak hanya itu saja, mahasiswa juga dididik untuk memiliki kompetensi perawatan gedung yang meliputi perbaikan dan perawatan struktur, utilitas bangunan gedung, pekerjaan interior dan eksterior, aspek-aspek perhitungan anggaran biaya, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  • Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan (SST)
    Program Sarjana Sains Terapan Perancangan Jalan Dan Jembatan diharapkan mampu melakukan fungsi manajerial, perencanaan, pelaksanaan pengawasan pemeliharaan dan pemecahan masalah dalam perancangan Jalan dan Jembatan yang kompleks secara mandiri dan professional. Pendidikan Diploma IV merupakan pendidikan yang beorientasi pada kompetensi professional yang ingin dicapai dalam bidang perencanaan Jalan dan Jembatan. Kompetensi tersebut harus mampu mencakup Logical Skill, Oral Comunication Skill, ability to work in team setting, analytical skill, written communications skill, knowledge of technology information.

2. Teknik Mesin

Mahasiswa jurusan Teknik Mesin akan mempelajari segala hal yang mempunyai mekanisme gerak, atau sederhananya segala hal buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak & digerakkan, seperti pesawat terbang, kapal laut, sepeda, robot, jam, bahkan penjepit rambut. Selain itu di jurusan Teknik Mesin juga akan belajar konversi energi seperti motor bakar, sistem termal dan mesin fluida. Serta bagaimana merancang suatu mesin yang efisien mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut. Di Politeknik Negeri Semarang, Jurusan Teknik Mesin ini sendiri terbagi menjadi beberapa program studi lagi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah:

  • Program Studi Teknik Mesin (D3)
    Lulusan program ini diharapkan memiliki kompetensi perancangan mesin dan komponen komputer. Mahasiswa juga dididik agar dapat memiliki kompetensi memilih bahan standar mesin dan komponen, gambar dan proses pengerjaan mesin, komponen konvensional dan modern, operasi mesin, perkakas, dan CNC. Lulusan program ini juga dituntut mampu melakukan repair dan recondition alat erat sesuai dengan standar pabrik (manufacturer).
  • Program Studi Teknik Konversi Energi (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi mengoperasikan, menginstalasi, dan perbaikan & perawatan pada pembangkit tenaga listrik. Di mana meliputi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), beserta infrastrukturnya.
  • Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (SST)
    Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan akan meluluskan Sarjana Terapan profesional dan kompeten di bidangnya. Tak hanya itu saja, lulusa program ini juga dituntut mempunyai kejujuran, disiplin tinggi, etos kerja, mandiri, bertanggung jawab, dan berwawasan kewirausahaan, yang mampu:

    1. Merencanakan dan melaksanakan sistem produksi dan perawatan berbasis teknologi informasi, dan
    2. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi terkini
    3. Menghasilkan karya inovatif yang dapat diandalkan dan berpeluang memperoleh hak intelektual serta karya ilmiah terapan dibidang teknik mesin produksi dan perawatan
  • Program Studi Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (Sarjana Terapan/S.Tr.)
    Program Studi Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (S.Tr.) menghasilkan lulusan Sarjana Terapan profesional dan kompeten dibidangnya yang mempunyai kejujuran, disiplin tinggi, etos kerja, mandiri, bertanggung jawab, dan berwawasan kewirausahaan. Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi ini didukung oleh industri-industri terkemuka di Indonesia. Mahasiswa di poragm studi ini pun dituntut untuk dapat:

    1. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa di bidang Teknik Pembangkit Energi yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses,produk atau komponen pembangkit;
    2. Menguasai konsep dan prinsip sains alam dalam mengaplikasikan matematika rekayasa untuk mengembangkan teknologi pembangkit;
    3. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen konversi energi listrik;
    4. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum untuk mengembangkan sistem pembangkit tenaga listrik yang ramah lingkungan;
    5. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini untuk mengatur operasional pembangkit yang tidak berada dalam satu wilayah;
    6. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) di bidang pembangkitan tenaga listrik untuk menyelesaikan masalah rekayasa teknologi pembangkit khususnya pada sektor penyediaan sumber energi listrik dan konservasi energi listrik;
    7. Mampu menemukan, merumuskan dan menyelesaikan sumber masalah rekayasa di bidang pembangkitan tenaga listrik melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa;
    8. Mampu melakukan riset untuk mengembangkan pemanfaatan energi baru terbarukan yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;
    9. Mampu merumuskan alernatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa di bidang pembangkitan tenaga listrik dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
    10. Mampu merancang proses dan komponen sistem pembangkitan tenaga listrik beserta pengendaliannya, dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan; (implementasi masuk ke MK-nya)
    11. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa di bidang pembangkitan tenaga listrik berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa.
    12. Mampu menerapakan sains dan teknologi terkini di bidang konseravasi energi sehingga dapat memformulasikan penyelesaian masalah dalam kegiatan menejemen energi disektor pembangkit tenaga listrik.

3. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro akan memfokuskan kamu untuk mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa jurusan ini pun akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan jurusan Teknik Elektro. Di Politeknik Negeri Semarang, Jurusan Teknik Elektro terbagi menjadi beberapa program studi lagi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah:

  • Program Studi Teknik Listrik (D3)
    Diharapkan lulusan program studi ini memiliki kompetensi terhadap perancangan, pelaksanaan, perawatan dan perbaikan instalasi rumah tinggal, industri, gedung komersial. Tak hanya itu saja, program studi ini juga memiliki berbagai tujuan yakni:

    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang teknologi ketenagalistrikan yang diakui dunia industri melalui pola pendidikan berbasis produksi;
    2. Mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi ketenagalistrikan yang memajukan penerapan teknologi ketenagalistrikan di industri dan masyarakat;
    3. Meningkatkan budaya akademik, organisasi, dan kerja yang sehat dan dinamis sebagai basis kerja sama dengan pemangku kepentingan guna mengembangkan penerapan teknologi ketenagalistrikan dan memajukan kemandirian masyarakat;
    4. Menerapkan manajemen perguruan tinggi modern dalam pengelolaan pendidikan; dan
    5. Mewujudkan kepakaran bidang teknologi ketenagalistrikan yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasional.
  • Program Studi Teknik Elektronika (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi dalam bidang kontrol elektronik industri, instrumentasi elektronik, kontrol dengan micro processor dan elektronika industri, telecommunication dan Information Technolgy (IT). Program ini juga diharapkan mencetak lulusan yang mampu untuk merancang rangkaian elektronik untuk pengendalian secara otomatis, misalnya robot, mobil pintar, dan sebagainya.
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi terhadap Instalasi dan perawatan infrastruktur dalam bidang jaringan komunikasi data (internet working), bidang mobile communication (hand-phone, dll), jaringan access telephone broad band (pengembangan telepon kabel menjadi telepon multi media).
  • Program Studi Teknik Informatika (D3)
    Lulusan program ini memiliki kompetensi terhadap instalasi dan perawatan dalam bidang infrastruktur jaringan komputer dan mobil communication, stressing pada content software, Information Technology (IT) dan information. Tujuan Program Studi D III Teknik Informatika mengacu pada tujuan Polines yang tertuang pada Renstra Polines (2015-2019) adalah sebagai berikut:

    1. Menghasilkan lulusan yang memilik ikeahlian dibidang teknologi informasi dengan penguasaan kompetensi software
    2. Developer,Database Administrator, Multimedia Designer, Nework engineer, IT Preneur yang diakuidunia industri melalui pola pendidikan berbasis produksi;
    3. Mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi informasi yang memajukan penerapan teknologidi industri dan masyarakat;
    4. Meningkatkan budayaakademik,organisasi,dan kerja yang sehat dan dinamis sebagai basis kerjasama dengan pemangku kepentingan guna mengembangkan penerapan teknologi informasi dan memajukan kemandirian masyarakat;
    5. Menerapkan manajemen perguruan tinggi modern dalampengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;dan
    6. Mewujudkan kepakaran bidang teknologi informasi yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasional.
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi (S.Tr)
    Lulusan program ini diharapkan dapat memiliki kompetensi pekerjaan instalasi, perawatan, serta pemeriksaan gangguan (trouble shooting) pada peralatan telekomunikasi, perangkat keras, dan perangkat lunak dari yang sederhana sampai yang komplek. Tak hanya itu saja, lulusan program ini juga diharapkan memiliki kemampuan membuat dan melaksanakan perencanaan aplikasi telekomunikasi informasi, serta mampu menguasai teknologi informasi terkini. Fokus kompetensi ditekankan pada teknologi jaringan fiber optik, celluler, computer (konsentrasi Jaringan Radio dan Komputer) dan broadcast televisi digital (konsentrasi Broadcast Engineering).
  • Program Studi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (S.Tr)
    Program ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang teknologi rekayasa instalasi listrik yang diakui dunia industri melalui pola pendidikan berbasis produksi. Tak hanya itu saja, mahasiswanya juga dituntut untuk dapat mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi rekayasa instalasi listrik yang memajukan penerapan teknologi rekayasa instalasi listrik di industri dan masyarakat.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi memang sudah menjadi salah satu jurusan yang peminatnya paling banyak sejak dulu. Jenjang karier yang ditawarkan bagi lulusan Akuntansi khususnya di bagian keuangan memang cukup menjanjikan. Jika kamu tidak ingin sekadar menjadi staf di suatu perusahaan, lulusan jurusan yang satu ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan kantor sendiri seperti Kantor Akuntan Publik. Di Politeknik Negeri Semarang, Jurusan Akuntansi terbagi menjadi beberapa program studi lagi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah:

  • Program Studi Akuntansi (D3)
    Program Studi Akuntansi menjadi program studi yang ikut memajukan kemandirian bidang akuntansi bagi bangsa Indonesia serta peradaban dunia. Lulusan program studi ini akan memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Ahli Madya (A.Md) bidang Akuntansi dan sertifikat kompetensi sebagai Teknisi Akuntansi Pelaksana dan Penyelia, mengacu pada Kepmenakertrans No. 43/Men/III/2008 tetang SKKNI Teknisi Akuntansi.
  • Program Studi Keuangan dan Perbankan (D3)
    Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Ahli Madya (A.Md) Keuangan dan Perbankan serta beberapa sertifikat kompetensi kerja mengacu pada Kepmenakertrans No. 29/Men/II/2008 tetang SKKNI Lembaga Keuangan Mikro bukan Bank, dan SKKNI No. 133/Men/III/2007 tetang SKKNI Koperasi Jasa Keuangan, No. 30/Men/II/2008 tetang SKKNI Bank Perkreditan Syariah.
  • Program Studi Komputerisasi Akuntansi (SST)
    Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) Komputerisasi Akuntansi. Program ini memiliki kompetensi pada kemampuan manajerial di bidang akuntansi, komputerisasi akuntansi, desain dan kontrol sistem, sistem informasi manajemen perusahaan serta berwawasan kewirausahaan. Lulusan program studi ini pun dapat menggeluti profesi information system analyst, intern auditor, e-commerce based information system analyst, hingga data base administrator.
  • Program Studi Perbankan Syariah (SST)
    Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) Perbankan Syariah serta sertifikat kompetensi kerja yang salah satunya mengacu pada Kepmenakertrans 30/Men/II/2008 tetang SKKNI Bank Perkreditan Syariah.
  • Program Studi Akuntansi Manajerial (SST)
    Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) Akuntansi Manajerial.
  • Program Studi Analis Keuangan (SST)
    Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) Analis Keuangan. Program ini memiliki kompetensi pada kemampuan manajerial di bidang keuangan antara lain kredit, pasar uang, pasar modal, bursa berjangka, valas, investasi, pajak, anggaran , dan transaksi keuangan lainnya.

5. Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis umumnya memfokuskan mahasiswanya untuk mempelajari segala sesuatu terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti kegiatan pemasaran (marketing), pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga kegiatan produksi. Tidak hanya belajar menjalankan bisnis, kamu juga akan belajar untuk menciptakan sebuah produk sendiri. Administrasi Bisnis pastinya juga mempelajari segala urusan klarikal kantor, mengelola sarana dan prasarana kantor, memproses data secara akurat, dan bahkan mengelola informasi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.
Di Politeknik Negeri Semarang, Jurusan Administrasi Bisnis terbagi menjadi beberapa program studi lagi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah:

  • Program Studi Administrasi Bisnis (D3)
    Kebutuhan industri terhadap sumber daya manusia yang berkualitas untuk menangani administrasi dan manajemen perusahaan saat ini tidak mungkin ditunda. Persaingan bisnis dalam konteks lokal, regional dan global telah berjalan semakin keras. Untuk mendukung kinerja perusahaan dalam administrasi dan manajemen, Politeknik Negeri Semarang membuka program studi D3 Administrasi Bisnis dengan pendekatan Production Based Education (PBE). Dengan PBE diharapkan alumni dapat bekerja lebih kompeten sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa kini.
  • Program Studi Manajemen Pemasaran (D3)
    Menjadi program studi terkemuka, terakreditasi, tersertifikasi, dan berstandar mutu internasional dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang pemasaran dan bisnis. Lulusan program ini memiliki kompetensi:

    1. Memiliki disiplin ilmu dalam bidang pemasaran
    2. Trampil menggunakan teknologi informasi meliputi kemampuan mengoperasikan komputer
    3. Memproduksi dan memelihara dokumen, mengoperasikan sistem informasi secara otomatis, memonitor
    4. Memelihara sistem komputerisasi bidang pemasaran, mampu berbahasa inggris bisnis secara aktif dan pasif.
  • Program Studi Manajemen Bisnis Internasioal (SST)
    Program studi ini memiliki berbagai tujuan yang dapat menghasilkan lulusan siap kerja. Adapun tujuan tersebut antara lain:

    1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi lulusan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen bisnis internasional dalam rangka menjawab tuntutan industri dan masyarakat;
    2. Meningkatkan kualitas penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang manajemen bisnis internasional sesuai kebutuhan industri, masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
    3. Mewujudkan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa dan lulusan sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku baik regional, nasional dan internasional;
    4. Menyelenggarakan dan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai sikap mental mandiri yang beretos kerja dalam praktek kewirausahaan
    5. Mengembangkan sumber daya manusia yang tersertifikasi untuk mendukung terwujudnya organisasi pembelajar berstandar mutu internasional.
    6. Meningkatkan kualitas pengelolaan Jurusan secara berkelanjutan dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memadukan potensi dan keberagaman secara dinamis
    7. Meningkatkan jaringan kerjasama yang profesional sampai pada tingkat internasional.
  • Program Studi Administrasi Bisnis Terapan (SST)
    Program studi ini sepenuhnya akan mempersiapkan kamu untuk peran multi-faceted dari manajer kantor. Sebagai manajer kantor, kamu adalah orang yang mengawasi organisasi internal. Di mana kamu harus terlatih menjadi pemecah masalah dalam semua jenis organisasi.

Itu tadi 5 jurusan di Politeknik Negeri Semarang (POLINES) yang dapat Mamikos bagikan kepada kalian. Kira-kira siapa nih yang ingin mendaftarkan diri di Politeknik Negeri Semarang? Ingat, pilihlah jurusan yang sekiranya cocok dengan minat kamu ya! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: