62 Jurusan PPKB UI Dan Daya Tampung 2022/2023




62 Jurusan PPKB UI & Daya Tampung 2022/2023 – Kampus favorit di Indonesia saat ini sedang membuka pendaftaran masuk. Jika kamu ingin kuliah di Jakarta atau Depok, Universitas Indonesia dapat menjadi pilihan. Kampus favorit yang juga menempati posisi strategis di rangking universitas dunia ini memiliki banyak peminat.

62 Jurusan dan Daya Tampung PPKB Universitas Indonesia

Universitas Indonesia membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru melalui berbagai jalur masuk. Kamu dapat menjadi mahasiswa Universitas Indonesia melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, jalur SIMAK UI, dan PPKB.

Peluang diterima di PPKB UI memang tidak setinggi peluang jalur SBMPTN, tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba. Mamikos akan memberikan informasi seputar PPKB Universitas Indonesia dan daya tampungnya tahun 2022/2023.

Berbagai Macam Jalur Masuk Universitas Indonesia 2022/2023




Jika kamu ingin masuk ke Universitas Indonesia, terdapat beberapa jalur masuk yang dapat kamu coba. Berikut ini adalah jalur-jalur masuk yang ditawarkan UI:

1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UI

Jalur SNMPTN menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik saja, atau nilai akademik dan prestasi lain yang dimiliki. Prestasi tersebut harus sudah ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri.

Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah, sehingga calon mahasiswa tidak perlu membayar biaya apa pun. Kuota SNMPTN 2022 di UI Minimal adalah 20 % dari total daya tampung.

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) UI

Jalur SBMPTN tahun 2022 ditawarkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang lulus tahun ini dan dua tahun sebelumnya. Melalui jalur SBMPTN, calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Selain itu ada pula kriteria lain yang ditetapkan oleh panitia SBMPTN. Peserta ujian diminta membayar biaya pendaftaran untuk UTBK dan SBMPTN secara mandiri, tetapi ada pula yang ditanggung pemerintah. Kuota SBMPTN di UI tahun 2022 minimal adalah 40 % dari total daya tampung.




3. Jalur Mandiri UI (SIMAK UI)

Seleksi mandiri di Universitas Indonesia dilakukan menggunakan hasil UTBK atau menggunakan tes online kembali. Biaya SIMAK UI 2022 yang perlu dibayar bervariasi tergantung program, mulai dari Rp 650.000 sampai Rp 1.300.000. Kuota untuk seleksi mandiri bagi calon mahasiswa tahun 2022 minimal adalah 30 %.

4. Jalur PPKB atau Talentscouting

Pada jalur masuk PPKB atau talentscouting, calon mahasiswa dapat mendaftar untuk program S1 paralel, S1 kelas internasional, serta program vokasi.

Apa itu PPKB Universitas Indonesia?

Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa yang dibuka UI tahun 2022.

Penerimaan calon mahasiswa melalui jalur PPKB didasarkan pada prestasi akademik siswa selama menempuh studi di sekolah asal.

Jalur PPKB sudah ada sebelum SNMPTN untuk memperbesar peluang putra dan putri daerah yang sulit meneruskan pendidikan karena persaingan dan keterbatasan.

PPKB UI dulunya dikenal dengan PMDK dan bertujuan untuk menyeleksi mahasiswa pada program S1 reguler saja. PPKB UI juga dibatasi hanya untuk sekolah-sekolah yang diundang oleh pihak Universitas Indonesia saja.




Saat ini PPKB UI diintegrasikan dengan SNMPTN. Selain itu, UI juga membuka PPKB untuk program S1 paralel, PPKB vokasi, serta PPKB untuk S1 kelas internasional atau talent scouting.

Agar dapat mengajukan permohonan formulir undangan PPKB dan talent scouting serta menambah formulir, terdapat syarat yang harus dipenuhi.

1. Mengajukan permohonan sesuai jadwal yang sudah disiapkan.
2. Mengirim permohonan yang ditujukan pada ‘Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia’.
3. Melampirkan data yang diperlukan, yaitu: profil sekolah, akreditasi sekolah, daftar alumni (yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri 3 tahun terakhir), daftar siswa yang akan mendaftar PPKB dan ranking di sekolah serta program studi yang dipilih.

Bagi kamu yang ingin mendaftar jalur tersebut, biaya PPKB UI yang perlu dibayarkan adalah Rp 750.000.




Jurusan PPKB Universitas Indonesia

Pilihan prodi yang terdapat di Universitas Indonesia sangat beragam. Kamu yang berasal dari SMA/SMK/MA atau sederajat memiliki peluang sama untuk meneruskan studi di Universitas Indonesia.

Terdapat 122 program studi yang tersebar di 4 program pendidikan untuk lulusan SMA sederajat di UI. Berikut adalah uraian program studi yang dapat dipilih.




1. Program S1 Reguler UI: 32 program studi IPA, 32 program studi IPS
2. Program S1 Paralel UI: 15 program studi IPA, 16 program studi IPS
3. Program S1 Kelas Internasional UI: 10 program studi IPA, 6 program studi IPS
4. Program D3 Vokasi UI: 2 program studi IPA, 9 program studi IPS

Saat ini, Universitas Indonesia membuka program studi baru, yaitu S1 Kelas Internasional program Pendidikan Dokter Gigi. Program ini dibuka dengan kerja sama Newcastle University UK dan ACTA Amsterdam.




Selain itu, terdapat program studi baru untuk S1 reguler, yaitu Program Studi Ilmu Aktuaria dan Program Studi Teknik Biomedis.

Berapa jumlah program studi yang dapat dipilih melalui jalur PPKB dan talent scouting?. Ternyata peserta PPKB dan talent scouting hanya diberikan kesempatan memilih 1 program studi saja. Ketentuan yang diberikan adalah sebagai berikut.

1. Peserta jenjang SMA IPA hanya dapat memilih maksimal 1 program studi kelas internasional yang berasal dari kelompok IPA atau kelompok IPS.
2. Peserta jenjang SMA IPS hanya dapat memilih maksimal 1 program studi kelas internasional yang berasal dari kelompok IPS.
3. Ketentuan ijazah yang dapat digunakan untuk program PPKB UI tahun 2021 adalah tidak lebih dari 5 tahun.

Pilihan Program Studi PPKB UI dan Keketatannya

Berikut ini adalah program studi yang dibuka saat PPKB dan tingkat keketatannya pada tahun 2022. Kamu bisa menggunakan gambaran keketatan tersebut sebelum memutuskan untuk mengambil program studi di UI.




Sebagai tambahan informasi,sejak tahun 2021, Program Studi Komunikasi Vokasi Universitas Indonesia akan berganti nama. Perubahan tersebut menjadi Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Studi Periklanan Kreatif, dan Program Studi Penyiaran Multimedia.

Daya Tampung PPKB Universitas Indonesia

Daya tampung PPKB UI 2022 untuk masing-masing program studi tidak sama. Daya tampung UI tersebut juga dibuat berdasarkan ketentuan kuota jalur penerimaan. Pada jenjang vokasi, kuota PPKB sebanyak 70 %, pada S1 paralel sebanyak 50 %, sedangkan untuk kelas internasional UI sebanyak 40 %. Persaingan PPKB UI cukup ketat, apalagi peminat jurusan atau program studi di UI semakin banyak.

Demikian informasi mengenai 62 jurusan PPKB UI & daya tampung 2022/2023. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk memperbesar peluangmu agar diterima di Kampus Universitas Indonesia.

Bingung mencari tempat tinggal nyaman di dekat kampus untuk menghemat budget transportasi?. Tenang saja, gunakan aplikasi Mamikos sebagai aplikasi pencari kost terbaik untuk membantu mendapatkan info kost murah dekat UI.

Tanpa datang ke UI atau survey langsung, kamu sudah mendapatkan informasi dari survey secara online melalui ponsel kesayangan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan booking kost dan membayarnya via transfer bank. Sangat mudah dan praktis, bukan?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta