Jurusan Soshum dan Saintek Paling Ketat di SNMPTN 2020 untuk Daftar SNMPTN 2021

Posted in: Pendaftaran Pendidikan

Jurusan soshum dan saintek paling ketat di SNMPTN 2020 untuk daftar SNMPTN 2021 – Kesempatan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri idaman melalui jalur SNMPTN tidak bisa didapatkan semua siswa. Bagi kamu yang sudah mendapatkan kesempatan itu, sangat penting memilih jurusan atau program studi tujuan ketika mendaftar untuk memperbesar peluang diterima.

Jurusan-Jurusan yang Persaingannya Ketat pada SNMPTN

indonesia.go.id

Suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menawarkan jurusan yang dapat dipilih para pendaftar SNMPTN 2021. Namun, tidak semua jurusan tersebut persaingannya sama. Terdapat jurusan dengan keketatan rendah, sehingga peluang pendaftar bisa diterima di jurusan tersebut lebih besar. Ada pula jurusan yang keketatannya tinggi, sehingga pendaftar yang diterima hanya yang memiliki kemampuan akademik bagus serta nilai rapor dan portfolio tinggi.

Melihat persaingan jurusan yang dituju saat akan mendaftar SNMPTN 2021 adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Apalagi seleksi SNMPTN tidak dilakukan dengan cara tes langsung. Jika kamu memiliki jurusan impian atau jurusan idaman yang akan dituju saat SNMPTN, cari tahu informasi jurusan tersebut lebih lanjut.

Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat sebelum mendaftar SNMPTN 2021? Pertanyaan tersebut sering dijukan calon pendaftar. Sebenarnya kamu dapat melakukan analisis nilai rapor dan memaksimalkan portfolio apabila jurusan tujuanmu memberlakukannya. Jika sudah yakin dengan nilai tersebut dan bisa bersaing dengan pendaftar lainnya, periksa tingkat keketatan jurusan. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait jurusan soshum dan jurusan saintek yang paling ketat sebagai referensi pendaftaran SNMPTN 2021.

Cara Mengetahui Tingkat Keketatan Persaingan SNMPTN

Mencari tahu keketatan jurusan yang dituju saat SNMPTN 2021 akan membantumu dalam memilih jurusan tujuan. Caranya pun cukup mudah. Data yang kamu perlukan antara lain:

  1. Jumlah peminat jurusan
  2. Daya tampung jurusan saat SNMPTN 2021

Tingkat keketatan jurusan di setiap kampus atau PTN tidak sama karena jumlah peminat dan daya tampungnya yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat Jurusan Farmasi dengan jumlah daya tampung 100 orang. Peminat Jurusan Farmasi tahun 2020 adalah 7500 orang. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa tingkat keketatan Jurusan Farmasi adalah 100/7500 = 1.33%.

Jurusan Soshum Paling Ketat di SNMPTN 2020

1.Jurusan Manajemen (Universitas Negeri Jakarta)

Pilihan Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Jakarta menempati posisi tertinggi pada jurusan yang ketat persaingannya saat SNMPTN 2021. Tingkat keketatan jurusan tersebut sebesar 0,94%.

2.Jurusan Manajemen (Universitas Padjadjaran)

Jika kamu ingin meneruskan studi di bidang manajemen, pilihan Jurusan Manajemen juga tersedia di Universitas Padjadjaran. Meskipun tingkat keketatannya tidak sebesar di UNJ dengan besar 1,31%, kamu tetap perlu mencari peluang agar bisa diterima di jurusan ini ketika SNMPTN 2021 nanti.

3.Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Negeri Jakarta)

Tingkat keketatan Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta sebesar 1,33%. Jurusan ini memang banyak diminati lulusan Sekolah Menengah yang ingin mendalami bidang komunikasi.

4.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Universitas Sriwijaya)

Apabila kamu bercita-cita menjadi seorang guru Sekolah Dasar, cobalah mendaftar Jurusan PGSD di Universitas Sriwijaya. Tingkat keketatan jurusan ini sebesar 1,34%.

5.Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Padjadjaran)

Jurusan Ilmu Komunikasi memang banyak dicari. Tidak mengherankan jika di Universitas Padjadjaran pun jurusan ini tergolong favorit dan tingkat keketatan persaingannya mencapai 1,42%.

6.Jurusan Hubungan Internasional (Universitas Indonesia)

Impian menjadi seorang diplomat dan duta besar bisa kamu dapatkan dengan masuk Jurusan Hubungan Internasional. Di Universitas Indonesia, jurusan ini memiliki tingkat keketatan persaingan sebesar 1,63%.

7.Jurusan Akuntansi (Universitas Negeri Jakarta)

Meneruskan studi di bidang akuntansi di salah satu kampus ibukota sangat mungkin dilakukan melalui jalur SNMPTN 2021. Kamu bisa memilih Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Jakarta yang memiliki tingkat keketatan persaingan sebesar 1,63%.

8.Jurusan Psikologi (Universitas Negeri Yogyakarta)

Jurusan Psikologi di Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tingkat keketatan persaingan sebesar 1,68%. Meskipun tingkat keketatan persaingan jurusan ini tidak setinggi jurusan di atas, peminat Jurusan Psikologi di UNY yang cukup besar perlu kamu jadikan pertimbangan.

9.Jurusan Hubungan Internasional (Universitas Gadjah Mada)

Jurusan Hubungan Internasional bisa kamu tempuh di kampus UGM. Tingkat keketatan jurusan ini sebesar 1,72%.

10.Jurusan Bisnis Digital (Universitas Padjadjaran)

Bagi kamu yang tertarik di dunia digital dan ingin mendalami Jurusan Bisnis Digital, kesempatan tersebut bisa kamu peroleh dengan mendaftar SNMPTN 2021 di kampus UNPAD. Tingkat keketatan untuk masuk Jurusan Bisnis Digital pada SNMPTN tahun 2020 sebesar 1,91%.

11.Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Indonesia)

Universitas Indonesia menawarkan peluang bagi calon mahasiswanya untuk bisa mendalami bidang komunikasi di jurusan tersebut. Terkait tingkat keketatannya, Jurusan Ilmu Komunikasi di UI memiliki tingkat keketatan sebesar 2%.

12.Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Gadjah Mada)

Seperti Universitas Indonesia yang menawarkan Jurusan Ilmu Komunikasi, UGM juga memiliki jurusan ini. Namun, tingkat keketatan persaingan untuk masuk Jurusan Ilmu Komunikasi di UGM sebesar 2,03%, sehingga sedikit lebih rendah daripada di UI.

13.Jurusan Manajemen (Universitas Pendidikan Indonesia)

Kesempatan untuk mendalami Jurusan Manajemen bisa kamu peroleh di Universitas Pendidikan Indonesia. Tingkat keketatan persaingan untuk bisa diterima di jurusan tersebut melalui jalur SNMPTN tahun 2020 sebesar 2,07%.

14.Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Pendidikan Indonesia)

Universitas Pendidikan Indonesia juga menawarkan peluang mendalami ilmu komunikasi di jurusan tersebut. Tingkat keketatan persaingan untuk bisa diterima di Jurusan Ilmu Komunikasi UPI sebesar 2,08%.

15.Jurusan Manajemen (Universitas Sebelas Maret)

Jika ingin meneruskan studi di Jurusan Manajemen UNS, kamu perlu mengetahui bahwa tingkat keketatan persaingan masuk melalui jalur SNMPTN 2020 di jurusan tersebut sebesar 2.10%.

Jurusan Saintek Paling Ketat di SNMPTN 2020

1.Jurusan Teknik Informatika (Universitas Padjadjaran)

Ingin meneruskan studi di Jurusan Teknik Informatika di Bandung? Jurusan tersebut memiliki keketatan 1,20%. Menjadi jurusan terketat di peringkat pertama saat SNMPTN 2020, peminatnya pasti sangat banyak. Untuk memperbesar peluang diterima, analisis nilai rapormu dan dan berkonsultasilah pada guru BK atau pihak yang bisa membantu merekomendasikan pilihan jurusan.

2.Jurusan Farmasi (Universitas Diponegoro)

Meskipun ada banyak PTN yang menawarkan Jurusan Farmasi di Indonesia, Jurusan Farmasi di UNDIP menempati peringkat kedua sebagai jurusan saintek dengan keketatan tertinggi saat SNMPTN 2020. Tingkat keketatan Jurusan Farmasi di UNDIP adalah 1,26%.

3.Jurusan Farmasi (Universitas Sebelas Maret)

Bagi kamu yang ingin masuk Jurusan Farmasi di Surakarta, kampus UNS bisa menjadi pilihan. Tingkat keketatan Jurusan Farmasi pada SNMPTN 2020 adalah 1,38%.

4.Jurusan Farmasi (Universitas Syiah Kuala)

Tingkat keketatan persaingan Jurusan Farmasi di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh adalah 1,61%. Kamu yang tinggal di Pulau Sumatera dan di Banda Aceh bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan tanpa perlu merantau.

5.Jurusan Kedokteran Gigi (Universitas Diponegoro)

Kampus Universitas Diponegoro memiliki Jurusan Kedokteran Gigi dengan tingkat keketatan persaingan 1,73%.

6.Jurusan Teknik Informatika (Universitas Hasanuddin)

Suka dengan Jurusan Teknologi Informasi dan ingin meneruskan studi di Makassar? Universitas Hasanuddin bisa menjadi pilihan. Jurusan tersebut memiliki tingkat keketatan persaingan SNMPTN 2020 sebenar 1,80%.

7.Jurusan Teknik Informatika (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)

Kesempatan meneruskan studi di Jurusan Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga terbuka lebar. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini memiliki tingkat keketatan jurusan tinggi sebesar 1,85% pada SNMPTN 2020.

8.Jurusan Farmasi (Universitas Padjadjaran)

Jurusan Farmasi menjadi salah satu jurusan favorit di UNPAD. Tidak mengherankan jika saat SNMPTN 2020, tingkat keketatan jurusan ini mencapai 1,88%.

9.Jurusan Teknik Informatika (Universitas Negeri Malang)

Kamu bisa memilih Jurusan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang apabila ingin meneruskan studi di wilayah Jawa Timur. Pada SNMPTN 2020, tingkat keketatan jurusan ini sebesar 1,88%.

10.Jurusan Farmasi (Universitas Jenderal Soedirman)

Tingkat keketatan persaingan SNMPTN 2020 Jurusan Farmasi di Universitas Jenderal Soedirman adalah 1,89%. Meskipun tidak setinggi Jurusan Farmasi di kampus lainnya, persaingan untuk masuk jurusan ini tetap tidak mudah.

11.Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi (Universitas Negeri Jakarta)

Alasanmu meneruskan studi di Jakarta bisa diperkuat dengan memilih Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi di Universitas Negeri Jakarta. Tingkat keketatan persaingan pada jurusan tersebut sebesar 1,90%.

12.Jurusan Ilmu Aktuaria (Universitas Gadjah Mada)

Jika ingin meneruskan studi di kampus favorit di kota pelajar, persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mendaftar Jurusan Ilmu Aktuaria. Tingkat keketatan persaingan SNMPTN 2020 Jurusan Ilmu Aktuaria di UGM sebesar 1,93%.

13.Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (Universitas Negeri Yogyakarta)

Tertarik menjadi seorang pendidik di bidang Teknik Informatika? Cobalah mendaftar Jurusan Pendidikan Teknik Informatika di kampus UNY. Tingkat keketatan jurusan tersebut saat SNMPTN 2020 sebesar 1,96%.

14.Jurusan Gizi (UPN “Veteran” Jakarta)

Tertarik mendalami ilmu tentang gizi? Jurusan Gizi di UPN “Veteran” Jakarta bisa menjadi pilihanmu ketika SNMPTN 2021 nanti. Tingkat keketatan persaingan jurusan tersebut sebesar 2,03%.

15.Jurusan Farmasi (Universitas Lampung)

Jurusan Farmasi di Universitas Lampung memiliki banyak peminat seperti Jurusan Farmasi di kampus lainnya. Tingkat keketatan Jurusan Farmasi di kampus tersebut sebesar 2,14%.

Setelah membaca informasi jurusan soshum dan saintek paling ketat di SNMPTN 2020 untuk daftar SNMPTN 2021, apakah kamu sudah menentukan pilihan? Referensi di atas tidak bersifat mutlak dan bisa mengalami perubahan. Mungkin saja jurusan yang ketat tahun 2020 menjadi tidak ketat di tahun 2021 atau sebaliknya. Lakukan pemilihan jurusan tujuan SNMPTN 2021 sesuai passion, sehingga ketika diterima kuliah nanti kamu bisa menjalaninya tanpa merasa tertekan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta