Jurusan STAN Untuk Perempuan Beserta Kuotanya

Posted on Posted in Jurusan PTN, Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa

Jurusan STAN Untuk Perempuan Beserta Kuotanya – Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah Perguruan Tinggi Vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. Sesuai dengan Undang Undang Nomor 12 tahun 2012, bentuk tertinggi untuk pendidikan vokasi adalah Politeknik, yang dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari jenjang Diploma I hingga Doktor (S3) Terapan.

Politeknik Keuangan Negara STAN diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Tak hanya laki-laki, banyak jurusan di PKN STAN yang bisa juga untuk perempuan. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini:

Jurusan STAN Untuk Perempuan Beserta Kuotanya Terbaru dan Terlengkap

Sekolah Kedinasan yang membuka pendaftaran pada 9-30 April terdiri dari IPDN di bawah naungan Kemendagri, POLTEKIP dan POLTEKIM di bawah Kemenkumham. Selanjutnya Politeknik Statistika STIS di bawah naungan BPS, PKN STAN di bawah Kemenkeu, STIN di bawah Badan Intelijen Negara. Lalu STMKG di bawah BMKG, Poltek dan Akademi di bawah Kemenhub dan STSN yang berada di bawah naungan BSSN. PKN STAN sendiri membuka penerimaan sebanyak 3.000 orang.

1. Jurusan D3 Manajemen Aset

Manajemen aset sebagai sebuah program studi mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pengelolaan dan perancangan aset suatu instansi/lembaga. Program studi ini merupakan kombinasi dari manajemen keuangan, ekonomi, teknik mesin dan praktik kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan dapat menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efisien.

Kebendaharaan Negara dan Manajemen Aset masuk dalam satu Jurusan, yaitu Jurusan Manajemen Keuangan. Dua-duanya sama-sama menerima mahasiswa laki-laki dan perempuan di STAN.

2. Jurusan D3 dan D4 Akuntansi

Akuntasi adalah sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika.

Jurusan ini juga menerima mahasiswa perempuan dan Jurusan Akuntansi juga biasanya yang paling banyak menerima mahasiswa baru.

3. Jurusan D1 dan D3 Pajak STAN

Jurusan ini terbuka untuk laki-laki dan perempuan. Persyaratan masuk STAN Perpajakan tidak seketat masuk bea cukai, tinggi badan pun tidak disyaratkan saat mau ambil jurusan D1 dan D3 Pajak.

4. Jurusan D3 Penilai/PBB

D3 Penilai STAN menerima mahasiswa laki-laki dan perempuan. Tidak ada persyaratan fisik masuk STAN bagi perempuan yang mau ambil jurusan Penilai/PBB. Jurusan ini termasuk salah satu alternatif jurusan PKN STAN untuk perempuan yang bisa diambil.

5. Jurusan D I dan D III Kebendaharaan Negara

Meskipun nama jurusannya Kebendaharaan Negara, namun tak semua lulusannya jadi Bendahara. Perempuan calon mahasiswa STAN bisa memilih jurusan ini, karena tak ada syarat khusus bahwa jurusan ini hanya untuk laki-laki.

Baca juga :  Ingin Masuk STAN ? Berikut Tips Memilih Jurusan STAN yang Tepat
Baca juga :  Pendaftaran 10 Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) 2019/2020 di Indonesia
Baca juga :  Pendaftaran Masuk PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara) 2019/2020