4 Jurusan Terfavorit PKN STAN 2020, Pilih Mana?

 Bella Bella | Kam, 16 Jan 2020

PKN STAN 2020 – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang lebih akrab disapa PKN STAN menjadi salah satu kampus impian bagi banyak orang. PKN STAN satu satunya kampus yang berhasil memecahkan Rekor MURI dalam hal pendaftaran terbanyak se-Indonesia. Setiap tahunnya PKN STAN diminati lebih dari 100.000 lulusan sekolah menengah dari berbagai daerah. Di PKN STAN sendiri tak hanya menawarkan jurusan Akuntansi saja, berikut Mamikos rangkumkan info singkat seputar jurusan-jurusan terfavorit PKN STAN 2020 ini.

Daftar Jurusan PKN STAN 2020

PKN STAN 2020

Dari sekian banyak jurusan di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) yang ditawarkan, berikut ada 4 jurusan yang paling banyak peminatnya hingga tahun 2020.

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan yang paling banyak peminatnya hingga sekarang masih dipegang oleh Jurusan Akuntansi. Para lulusan Jurusan Akuntansi STAN nyatanya memiliki peluang penempatan kerja yang lebih luas dibanding jurusan-jurusan lain. Jurusan Akuntansi di PKN STAN ini terdiri dari Program Diploma III dan Diploma IV. Akuntansi merupakan jurusan yang menuntut hasil USM (Ujian Saringan Masuk) paling tinggi. Secara umum, ilmu akuntansi yang dipelajari pada jenjang diploma PKN STAN sama dengan yang dilahap mahasiswa strata 1 perguruan tinggi pada umumnya. Hanya saja, mahasiswa PKN STAN akan mendapatkan beberapa mata kuliah istimewa seperti akuntansi pemerintahan, hukum keuangan negara, keuangan publik, dan mata kuliah-mata kuliah sejenisnya.

2. Jurusan Pajak

Bagi kamu yang ingin bekerja di lingkungan perpajakan nantinya, kamu bisa mengambil Jurusan Pajak di PKN STAN. Jurusan Pajak terdiri dari Program Studi Diploma III Pajak, Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan, serta Program Studi Diploma I Pajak. Jurusan Pajak STAN sendiri merupakan salah satu jurusan STAN untuk perempuan di mana salah satu dari 4 pilihan jurusan yang disediakan oleh PKN STAN. Nantinya setiap mahasiswa Jurusan Pajak ini akan diberikan meliputi Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) serta akuntansi dasar dan juga lainnya.

3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Jurusan yang satu ini dikenal sebagai salah satu jurusan yang paling ketat proses seleksinya sejak awal. Dimulai dari tidak boleh buta warna, adanya minimal tinggi badan dan juga tidak boleh memiliki mata minus diatas 2 dioptri. Sistem perkuliahan Jurusan Kepabeanan dan Cukai bersifat semi militer dengan tujuan menggembleng calon-calon petugas penjaga pelabuhan dan perbatasan dari kemungkinan penyelundupan. Tak heran jika jurusan yang satu ini memang hanya dikhususkan untuk laki-laki saja.

Berbicara soal Jurusan Kepabeanan dan Cukai, sebenarnya kepabeanan ini adalah instansi pemungut bea. Sedangkan, cukai sendiri merupakan pajak atau pungutan yang bersifat wajib yang diadakan oleh negara secara tidak langsung kepada konsumen yang menikmati/menggunakan obyek cukai. Terdapat dua program studi yang ditawarkan oleh PKN STAN Jurusan Kepabeanan dan Cukai. Antara lain Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai serta Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai.

4. Jurusan Manajemen Keuangan

Mempelajari bagaimana caranya mengurus masalah keuangan, Jurusan Manajemen Keuangan menjadi salah satu jurusan favorit di PKN STAN. Jurusan yang satu ini kurang lebih akan mempelajari materi tentang kebendaharaan negara seperti mengurus keuangan negara. Tentunya hal yang dipelajari mulai perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara tersebut. Kamu juga akan berkutak-katik dengan mata kuliah hukum yang tidak jauh dari topik masalah piutang lelang negara ketika mengambil Jurusan Manajemen Keuangan di PKN STAN.

Terdapat tiga program studi yang ditawarkan oleh jurusan STAN manajemen keuangan . Yang pertama, yaitu Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara. Ada pula Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara dan juga Program Studi Diploma III Manajemen Aset. Proses belajar mengajar dari ketiga program studi tersebut, dilakukan di kampus PKN STAN yang terletak di Bintaro, Tangerang Selatan.

Tentang PKN STAN

PKN STAN atau yang dulunya bernama STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) merupakan sebuah kampus kedinasan di bawah naungan Kementrian Keuangan yang ada di Indonesia. Kampus yang satu ini masuk dalam jejeran kampus favorit di tanah air karena jumlah pendaftarnya selalu meningkat dari tahun ke tahunnya.

Jadi kira-kira dari 4 jurusan terfavorit PKN STAN 2020 di atas kamu akan pilih jurusan yang mana nih? Jika kamu masih ragu memilih salah satu jurusan di atas, kamu mungkin bisa memilih jurusan lainnya yang ditawarkan oleh Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Jika kamu berencana ingin merantau ke Jakarta untuk kuliah di PKN STAN 2020, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Nantinya kamu pun bisa menjadikan kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan ini sebagai tempat tinggal kamu selama merantau di Ibukota nantinya. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: