Jurusan Universitas Trisakti dan Akreditasinya 2019/2020

Posted on Posted in Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa

Jurusan universitas trisakti dan Akreditasinya 2019/2020 – Universitas Trisakti atau USAKTI adalah satu satunya Perguruan Tinggi Swasta yang telah didirikan langsung oleh pemerintah Indonesia. Hal ini berawal dari pemanfaatan lahan universitas Respublika yang telah dirobohkan oleh sekawanan massa karena universitas Respublika bergabung dengan PKI (Partai Komunis Indonesia).

Peristiwa Tragedi 12 Mei 1998 adalah salah satu peristiwa yang sangat monumental yang dimiliki oleh Universitas Trisakti yaitu peristiwa yang telah mengakibatkan gugurnya 4 (empat) mahasiswa Universitas Trisakti. Akibat dari gugurnya ke empat mahasiswa ini menjadi sebuah pemicu pergerakan mahasiswa Indonesia untuk menumbangkan Orde Baru dan dipandang sebagai awal kebangkitan Era Reformasi Indonesia.

Peristiwa ini dianggap sangat Monumental karena telah meruntuhkan pemerintahan Orde Baru yang telah memegang kekuasaan di negara ini selama lebih dari 32 tahun. Sejak saat itu, Universitas Trisakti dikenal sebagai Kampus Pahlawan Reformasi. Keempat mahasiswa yang gugur tersebut dianggap telah berjasa sebagai Pejuang Reformasi sehingga pada tahun 2005 Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi penghargaan Bintang Jasa Pratama.

Image result for Trisakti

Jurusan Universitas Trisakti dan Akreditasinya 2019/2020

No Strata Program Studi Peringkat
1 D-III Manajemen Jasa B
2 D-III Akuntansi Sektor Publik B
3 D-III Desain Komunikasi Visual C
4 D-III Keuangan Dan Perbankan Syariah B
5 D-III Perpajakan B
6 D-IV Keuangan B
7 Profesi Dokter B
8 Profesi Pendidikan Profesi Akuntansi A
9 Profesi Dokter Gigi A
10 S1 Desain Interior B
11 S1 Desain Komunikasi Visual A
12 S1 Fotografi A
13 S1 Desain Produk A
14 S1 Kedokteran B
15 S1 Sistem Informasi B
16 S1 Ekonomi Pembangunan A
17 S1 Teknik Pertambangan B
18 S1 Teknik Geologi B
19 S1 Teknik Elektro A
20 S1 Teknik Informatika B
21 S1 Manajemen A
22 S1 Teknik Perminyakan B
23 S1 Teknik Lingkungan A
24 S1 Akuntansi A
25 S1 Kedokteran Gigi A
26 S1 Teknik Mesin A
27 S1 Teknik Industri A
28 S1 Teknik Sipil A
29 S1 Arsitektur A
30 S1 Arsitektur Lansekap B
31 S1 Ilmu Hukum A
32 S1 Perencanaan Wilayah Dan Kota B
33 S1 Agroteknologi B
34 S2 Ilmu Ekonomi A
35 S2 Ilmu Kedokteran Gigi B
36 S2 Teknik Elektro B
37 S2 Manajemen A
38 S2 Ilmu Hukum B
39 S2 Teknik Sipil B
40 S2 Akuntansi B
41 S2 Teknik Perminyakan B
42 S2 Arsitektur B
43 S2 Desain Produk B
44 S2 Teknik Industri C
45 S2 Teknik Mesin C
46 S3 Ilmu Hukum B
47 S3 Ilmu Ekonomi B
48 Spesialis Konservasi Gigi A

Magister Manajemen Universitas Trisakti

Melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  No. 432/DIKTI/Kep/1992 tertanggal 16 Oktober 1992, Universitas Trisakti berhasil menyelenggarakan Program Studi Magister Manajemen pada Program Pascasarjana, sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia.

Dalam perjalanannya, berbagai kebijakan dan terobosan telah  dilakukan demi memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Waktu berjalan dan segala aspek penyelenggaraan program studi yang berkualitas pun dibenahi waktu demi waktu.

Seiring perjalanan waktu, serta semakin meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat luas untuk studi lanjut. Dampak yang jelas kelihatan adalah bermunculannya berbagai program studi magister manajemen dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pembenahan demi pembenahan tetap dilakukan untuk menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah.

Sejak dimulainya penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen dengan gelar akademik MM, selama lebih kurang 25 tahun sudah, program studi telah menghasilkan lulusan lebih dari  5000 orang lulusan. Konsentrasi peminatan semakin beragam dengan rincian : (1). Marketing, (2). Financial and Risk Management, (3). Human Capital Management, (4). Operation and Supply Chain, (5). Service Management, (6). Corporate Social Responsibility, (7). Community Entrepreneurship, (8). Communication Management, (9). Quality and Standardization.

Tingginya minat studi lanjut masyarakat serta berbagai kendala yang dihadapi calon peserta didik baik yang ada di sekitar Jabodetabek seperti jalur transportasi yang semakin menyita waktu, jadwal pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan serta tidak memungkinnya calon peserta didik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Universitas Trisakti pada tahun 2003 telah melakukan terobosan dengan memberikan pilihan metoda pembelajaran berbasis internet untuk menjawab himbauan pemerintah dan animo masyarakat luas.  Program pembelajaran berbasis internet (Virtual Learning) dengan pola pembelajaran jarak jauh yang dikemas secara terstruktur oleh Universitas Trisakti disebut dengan nama Trisakti Electronic Learning (TeLL) baru diaplikasikan kepada Program Studi Magister Manajemen. Dengan adanya pilihan metoda pembelajaran baik konvensional maupun virtual semakin memberikan warna dan kompetensi sendiri bagi penyelengaraan Program Studi Magister Manajemen Universitas Trisakti.

Kelas Reguler

  • Marketing
  • Financial & Risk Management
  • Human Capital Management
  • Operation & Supply Chain
  • Quality & Standardization

Kelas Pagi

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Kelas Online

Tel. 5663232 – 5605835 Ext. 8159, 8398 HP : 081293860695 Fax : 5668640

Baca juga :  Pendaftaran UNEJ (Universitas Jember) 2019/2020

Berdasarkan Survei nasional ditemukan 12 fakultas incaran favorit para calon mahasiswa. Survei dilakukan terhadap 859 responden yang keseluruhannya siswa SMA kelas XII. Masing-masing terdiri atas 260 siswa dari Jabodetabek, 120 siswa Bandung, 124 siswa DI Yogyakarta,122 siswa Surabaya, 115 siswa Medan, dan 118 siswa Makassar. Dari 859 responden, 61 persen siswa perempuan dan 39 persen laki-laki. Usia responden terdiri dari  18-19 tahun sebanyak 17 persen dan yang berusia 16-17 tahun sebanyak 83 persen.

Inilah 12 fakultas favorit berikut perguruan tinggi yang menaunginya:

1. Jurusan Universitas Trisakti – Teknologi Informasi/Ilmu Komputer

Calon mahasiswa di 6 kota besar, menilai bahwa untuk program teknologi informasi atau ilmu komputer, ITB termasuk kampus paling favorit diantara perguruan tinggi negeri (PTN) lain. Urutan berikutnya adalah UGM yang dapat mengungguli UI. Terpaut jauh dari UI selanjutnya ada ITS. Dibawahnya lagi ada IPB yang dinilai sebanding dengan ITS. Peringkat ke-10 diduduki oleh Universitas Riau.

Perguruan tinggi swasta (PTS) yang dinilai mumpuni untuk program teknologi informasi atau ilmu komputer adalah Telkom University, secara berjenjang diikuti oleh Universitas Bina Nusantara (Ubinus), Perbanas Institute, Universitas Trisakti, Gunadarma, Unikom Bandung, Institut Teknologi Nasional, UPN Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Pancasila.

2. Jurusan Universitas Trisakti – Akuntansi

Untuk jurusan akuntansi, PTN terfavorit adalah UGM disusul Politeknik Keuangan Negara STAN, UI, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

Dari PTS adalah Ubinus kemudian, Universitas Trisakti, Gunadarma, Perbanas Institute, Universitas Tarumanegara, Universitas Budi Luhur, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Pelita Harapan.

3. Jurusan Universitas Trisakti – Hukum

UI menjadi pilihan pertama sebagai perguruan tinggi negeri terfavorit. Selanjutnya UGM, Universitas Padjadjaran, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, USU, Unand dan Unsri. Untuk PTS, Trisakti menjadi kampus paling favorit selanjutnya diikuti UPH, UAJY, Unpar, UII, Unisba, Unika Atmajaya Jakarta, Universitas Indonesia Esa Unggul, dan Universitas Pancasila.

4. Jurusan Universitas Trisakti – Kedokteran Umum

Untuk kedokteran umum PTN yang terfavorit adalah UI dan UGM. Selanjutnya Unpad, Unair, Undip dan Unibraw, USU, Unhas, Unand, dan Unsri. Untuk PTS terfavorit Trisakti lalu Unisba, UII, UPH, Unika Atmajaya Jakarta, Untar, UMY, UII, Maranatha, Unjani, dan UKI.

5. Jurusan Universitas Trisakti – Komunikasi

Di kalangan PTN, UI dan UGM paling favorit untuk jurusan komunikasi. Kemudian disusul peringkatnya oleh UNPAD, Unair, Undip, Unhas, USU, Universitas Sam Ratulangi, dan Unila. Untuk PTS, The London School of Public Relation (LSPR) menjadi favorit pertama lalu disusul Ubinus, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Unikom Bandung, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

6. Jurusan Universitas Trisakti – Desain Komunikasi Visual

Ada enam PTN yang menjadi pilihan calon mahasiswa yang ingin mempelajari desain komunikasi visual, yakni ITB, UGM, Unpad, Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Untuk PTS, Telkom University masih unggul. Kemudian IKJ, Ubinus, Trisakti, Itenas, Unikom, Untar, UPH, Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung, dan Universitas Esa Unggul.

7. Jurusan Universitas Trisakti – Psikologi

PTN terfavorit untuk bidang psikologi adalah UGM. Peringkat di bawahnya UI lalu Unpad, Undip, Unair, Unibraw, USU, Unnes, dan Universitas Negeri Surabaya. Untuk PTS, Ubinus terfavorit lalu diikuti Gunadarma, Universitas Islam Bandung, UII, UPH, UP, Unjani, Unika Atmajaya, Untar, dan Untag Surabaya.

8. Jurusan Universitas Trisakti – Manajemen

UI dan UGM menjadi dua kampus terfavorit untuk program studi manajemen. Urutan berikutnya adalah Unpad, Unair, Undip, Unibraw, Unhas, Unand, USU, dan Universitas Jenderal Soedirman. Sedangkan PTS adalah Ubinus, Perbanas Institute, Gunadarma, UII, Unpar, Usakti, Jaya Baya, Unikom, kemudian Unisba dan UMY.

9. Jurusan Universitas Trisakti – Hubungan Internasional

Hasil survey menempatkan UI peringkat pertama. Disusul oleh UGM lalu Unair dan Unpad yang sebanding, Undip dan Unibraw, Unhas, Unand, Universitas Negeri Makassar, serta UNS. Trisakti menjadi kampus swasta terfavorit lalu disusul Ubinus, Al-Azhar dan Unjani, UPN Yogyakarta, Universitas Esa Unggul, Ubaya, Untar, dan Unikom

10. Jurusan Universitas Trisakti – Teknik Sipil

ITB menjadi yang terfavorit mengungguli UGM, UI, ITS, Undip, Unhas, Unibraw, USU, Unud, dan Unand. Untuk PTS, Trisaksi paling favorit setelah Gunadarma, Untar, UP, UPH, Ubinus, Unjani, STTNAS, Itenas, dan UMY.

11. Jurusan Universitas Trisakti – Teknik Industri

ITB masih terfavorit. Kemudian diikuti peringkat di bawahnya yakni UGM, UI, ITS, Undip, USU, Unhas, UNS, Unud, dan Unand. Kalau PTS yang favorit adalah Trisakti kemudian diikuti Telkom University dari Bandung, UPH, Ubaya, UP, UPN Yogyakarta, Itenas, UMSU, UAJY, dan Unpar.

12. Jurusan Universitas Trisakti – Teknik Mesin

ITB kembali menjadi terfavorit bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin. Posisi dibawahnya adalah UGM, UI, ITS, Undip, dan Unibraw, USU, Unhas, Universitas Negeri Medan, serta Unsri. Untuk PTS masih Trisakti kemudian Untar, STTNAS, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Itenas, UMI Makassar, Gunadarma, Unpas, dan UII.

Baca juga :  Jurusan Universitas Gunadarma 2019/2020 dan Akreditasinya

Gedung Syarief Thayeb
Kampus A Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440
Telp.: (62-21) 5663232 ext. 8128, 8140
Fax: (62-21) 5671356
Website: http://www.trisakti.ac.id
E-mail: [email protected]

Baca juga :  Jurusan Universitas Mercu Buana 2019/2020 dan Akreditasinya

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Trisakti tersebut dan mengetahui pembaruan terkini.

Baca juga :  Jurusan Universitas Bakrie 2019/2020 dan Akreditasinya

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Jurusan Universitas Trisakti

Jurusan Universitas Trisakti