Jurusan UNNES (Universitas Negeri Semarang) dan Akreditasinya 2020/2021

Jurusan UNNES (Universitas Negeri Semarang) dan Akreditasinya 2020/2021 – Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah universitas berwawasan konservasi. Visi UNNES adalah menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Berwawasan konservasi bermakna cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan) sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya. Prinsip tersebut menjadi landasan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Bereputasi internasional bermakna universitas yang memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi di tingkat internasional.

Daftar Jurusan UNNES (Universitas Negeri Semarang)

Daftar Isi

Sebagai lembaga pendidikan, UNNES atau Universitas Negeri Semarang bertekad mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul.  Dengan tekad itu, UNNES atau Universitas Negeri Semarang  menjaga jati dirinya sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia untuk membangun keunggulan bangsa dan manfaat bagi manusia dan kemanusiaan.

Dengan menjadi rumah ilmu berarti UNNES atau Universitas Negeri Semarang  selalu menggunakan ilmu sebagai dasar dalam setiap kegiatan. Kegiatan keilmuan terepresentasi dalam bentuk kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, bidang akademik maupun nonakademik. Secara akademik, kegiatan pengembangan keilmuan dilaksanakan di program studi, laboratorium, dan kegiatan lainnya. Adapun secara nonakademik, ilmu menjadi dasar dalam pengelolaan dan pengambilan kebijakan universitas.

Sebagai lembaga pendidikan UNNES atau Universitas Negeri Semarang  menjalankan tugas kebangsaan untuk menyelenggarakan pendidikan  mengembangkan peradaban unggul demi kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat dunia. Peradaban unggul yang dimaksudkan adalah sumber daya manusia yang unggul, nilai-nilai yang unggul.

Untuk meraih itu, UNNES atau Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana.

Jika tertarik kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES), maka kamu harus mengetahui informasi tentang fakultas dan program studi (prodi) yang ada di UNNES. Oleh karena itu langsung saja simak informasinya berikut ini.

1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

FIP memiliki 6 program studi, antara lain:

1. Teknologi Pendidikan

Bagi kamu yang suka pengembangan kajian kurikulum dan teknologi pendidikan, serta menjadi pendidik dan tenaga kependidikan, prodi atau jurusan UNNES atau Universitas Negeri Semarang ini tentunya cocok untuk kamu.

2. Pendidikan Nonformal

Kamu yang tertarik menjadi pengelola lembaga pendidikan dan menjadi pendidik anak usia dini dan pendidikan nonformal, prodi atau jurusan UNNES atau Universitas Negeri Semarang ini sesuai untuk mewujudkan cita-citamu.

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Regional Ngaliyan

Prodi PGSD adalah jurusan favorit di UNNES atau Universitas Negeri Semarang. Prodi ini terbagi dalam 2 wilayah, yaitu wilayah Ngaliyan dan wilayah Tegal yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tegal. Kamu ingin jadi guru SD? Harus masuk ke jurusan UNNES atau Universitas Negeri Semarang ini!

4. Bimbingan Konseling (BK)

Prodi atau jurusan UNNES atau Universitas Negeri Semarang ini bertujuan menghasilkan sarjana yang mampu memberikan pelayanan konseling, baik di sekolah, maupun di luar sekolah.

5. Psikologi

Prodi atau jurusan UNNES atau Universitas Negeri Semarang ini bertujuan menghasilkan lulusan psikologi yang berkarakter konservasi, serta mampu berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional.

6. Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Prodi atau jurusan UNNES ini mencetak guru untuk anak usia dini. Jadi barang siapa kamu menyukai anak kecil dan dunia anak-anak, tepatlah jika kamu memilih jurusan ini nantinya.

2. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)

Berikut adalah prodi yang ada di FBS:

1. Pendidikan Bahasa Jepang

Lulusan prodi atau jurusan UNNES ini bisa memilih profesi sebagai guru, atau menjadi translator ataupun interpreter. Atau mungkin kamu ingin menjadi penulis buku panduan berbahasa Jepang, bisa juga loh.

2. Pendidikan Bahasa Prancis

Lulusan prodi atau jurusan UNNES ini tentunya dapat bekerja menjadi guru bahasa Prancis, penerjemah, konsultan, atau pemandu wisata. Profesi yang menarik, bukan?

3. Sastra Prancis

Prodi ini mengajarkan dua kompetensi yakni kompetensi sastra dan linguistik Perancis. Lulusannya dapat bekerja, baik di agen perjalanan wisata domestik, maupun asing. Perlu dipertimbangkan. Sebab siapa tahu kamu bisa bekerja di Prancis, kan?

4. Pendidikan Bahasa Arab

Lulusan prodi atau jurusan UNNES ini dapat bekerja menjadi guru bahasa Arab, peneliti bahasa, konsultan, penerjemah atau pemandu wisata.

5. Bahasa dan Sastra Indonesia

Prodi ini mencetak lulusannya yang siap menjadi guru bahasa Indonesia, peneliti, praktisi, penulis, penyunting buku, atau jurnalis. Bagi kamu yang gemar dunia literasi, tentunya cocok masuk ke prodi atau jurusan UNNES ini.

6. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Lulusan prodi atau jurusan UNNES ini dapat menjadi panatacara (pembawa acara), wartawan, redaktur, penulis naskah, dan pengajar drama.

7. Sastra Jawa

Prodi ini menghasilkan sarjana yang menguasai bidang linguistik, sastra, dan filologi Jawa. Lulusan prodi bisa berprofesi sebagai peneliti, dosen, pembawa acara, penyiar, penyunting bahasa, jurnalis, penulis, dan filolog.

8. Pendidikan Bahasa Inggris

Mereka yang lulus  di prodi ini banyak yang bekerja sesuai dengan bidangnya, baik di instansi pemerintah, maupun swasta di dalam dan luar negeri.

9. Sastra Inggris

Lulusan prodi ini banyak bekerja di berbagai bidang, misalnya menjadi translatorinterpreter, diplomat, jurnalis, editor, penulis, dan sastrawan.

10. Pendidikan Seni Rupa

80 % lulusan prodi ini menjadi guru bidang studi seni rupa. Selebihnya, berkarya sebagai praktisi seni rupa dan desain.

11. Seni Rupa

Mereka yang Lulus dari prodi ini bekerja sebagai praktisi di bidang seni rupa dan desain, serta ranah kreatif lainnya.

12. Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik)

Prodi Seni Drama, Tari, Musik (Sendratasik) terdiri dari Pendidikan Seni Tari dan Pendidikan Seni Musik. Prodi ini menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi menjadi guru seni tari dan musik di berbagai jenjang pendidikan. Selain itu, lulusan prodi ini berpeluang menjadi koreografer, penyaji seni tari dan musik, dan manajer seni pertunjukan.

3. Fakultas Ilmu Sosial (FIS)

FIS UNNES memiliki tujuh program studi, yaitu:

1. Politik dan Kewarganegaraan (PPKn)

Lulusan prodi ini mampu menguasai landasan menyelenggarakan pembelajaran PPKn, pengetahuan dasar ketatanegaraan, dan otonomi daerah.

2. Ilmu Sejarah

Dalam prodi ini, kamu belajar mengaplikasikan ilmu sejarah untuk mengungkap berbagai peristiwa. Lulusan prodi ini di antaranya bekerja di Direktorat Sejarah dan Purbakala.

3. Pendidikan Sejarah

Profesi lulusan Pendidikan Sejarah, di antaranya bekerja sebagai guru di pendidikan menengah.

4. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi

Lulusan prodi ini di samping mengajar, juga dapat memproduksi media pembelajaran berbasis multimedia, dan menjadi penulis kreatif.

5. Geografi

UNNES adalah salah satu PTN yang membuka Prodi Geografi. Lulusan prodi ini dapat menguasai Ilmu Geografi berbasis penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis.

6. Pendidikan Geografi

Prodi ini, selain mencetak calon guru, juga melatih mahasiswanya menguasai teknik analisis penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.

7. Ilmu Politik

Lulusan Prodi Ilmu Politik nantinya mampu menguasai dasar ilmiah bidang ilmu politik, menerapkan etika Pancasila, memberikan kontribusi untuk mendorong penguatan institusi lokal.

4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Prodi yang terdapat di FMIPA UNNES, yaitu:

1.Pendidikan Matematika

Prodi ini berakreditasi A. Para mahasiswa prodi ini mempelajari kurikulum matematika dengan pendekatan pembelajaran berbasis kreatif inovatif yang menggunakan teknologi komputasi dan informasi.

2. Matematika

Di prodi ini, kamu akan belajar statistika, analisis, aljabar, geometri, matematika terapan, dan komputasi. Hal yang menarik, mahasiswa prodi ini juga akan belajar kemampuan kewirausahaan. Tujuannya agar lulusannya mempunyai jiwa kewirausahaan dan dapat menciptakan lapangan kerja.

3. Pendidikan Fisika

Prodi ini berakreditasi A. Dalam enam tahun terakhir, mahasiswa prodi ini telah memperoleh beberapa penghargaan, antara lain adalah medali emas bidang fisika dan Honorable Mention bidang Fisika pada ON MIPA 2012, serta medali perak ON MIPA-PT 2010 dan 2011 tingkat nasional bidang fisika.

4. Fisika

Dalam prodi ini kamu akan mempelajari, antara lain bidang Fisika Material, Instrumentasi dan Komputasi.

5. Pendidikan Kimia

Prodi ini berakreditasi A. Lulusan dari prodi ini, ada yang melanjutkan S2 di Institute of Chemistry Didactics University of Muenster, Jerman dan menjadi Ketua Jurusan Multimedia SMKN 8 Semarang.

6. Kimia

Mahasiswa prodi ini akan belajar Ilmu Kimia, menguasai cara mengoperasikan Instrumen Kimia, serta menguasai aplikasi software bidang Kimia.

7. Pendidikan Biologi

Prodi menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi. Selain Ilmu Biologi, lulusan prodi ini juga dibekali dengan keterampilan kepariwisataan pendidikan (bioeduwisata), dan kewirausahaan (bioenterpreneurship).

8. Biologi

Prodi ini diarahkan dalam empat kelompok bidang keahlian, yakni botani, zoologi, lingkungan, dan bioteknologi. Lulusan prodi ini akan bekerja sebagai peneliti, analis, dosen, guru, bahkan dunia perbankan.

9. Pendidikan IPA

Lulusan prodi ini bisa berprofesi sebagai guru IPA, peneliti pendidikan, dan manajer pendidikan.

10. Teknik Informatik

Kamu yang tertarik dengan Prodi ini akan belajar teori dan praktik. Sebab lulusan prodi ini akan menguasai dasar‐dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

5. Fakultas Teknik (FT)

Fakultas Teknik UNNES memiliki 12 program studi, yaitu:

1.Pendidikan Teknik Bangunan

Prodi ini menyelenggarakan pembelajaran teknik bangunan dengan menggunakan strategi inovatif, dan teknologi mutakhir.

2. Teknik Sipil

Prodi ini menghasilkan sarjana yang kompeten dalam menerapkan dan memberikan solusi permasalahan yang terjadi dalam proyek konstruksi.

3. Teknik Arsitektur

Diantara kamu adakah yang bercita-cita menjadi arsitek? Jika ya, di prodi Teknik Arsitektur nanti kamu akan belajar tentang studio perancangan arsitektur, menggambar arsitektur, struktur dan konstruksi, estetika bentuk, dan bahan bangunan.

4. Pendidikan Teknik Mesin

Prodi ini bertujuan mencetak guru profesional bidang teknik permesinan, dan mampu mengaplikasikan ilmu dalam bidang permesinan.

5. Pendidikan Teknik Otomotif

Prodi ini membekali lulusannya dengan pengetahuan teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi otomotif, dan entrepreneur.

6. Teknik Mesin

Prodi ini mempelajari Ilmu Sains Terapan yang dipadukan dengan kompetensi di bidang Otomotif, Energi dan Bahan, yang sertai dengan nilai-nilai konservasi.

7. Pendidikan Teknik Elektro

Lulusan prodi ini didesain sebagai calon guru, ilmuwan dan, tenaga profesional yang memiliki kompetensi dalam bidang teknik elektro.

8. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Lulusan prodi ini mampu menjadi guru, wirausahawan, instruktur, dan tutor dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer.

9. Teknik Elektro

Prodi ini memiliki ciri khas pada penguasaan dan pemanfaatan sumber energi bersih yang terbarukan. Pemanfaatan ini berguna memenuhi kebutuhan energi listrik yang terus meningkat.

10. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Di FT UNNES juga terdapat Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dengan peminatan Tata Busana dan Tata Boga. Lulusan Prodi ini dapat memilih profesi sebagai guru atau praktisi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

11. Pendidikan Tata Kecantikan

Prodi unik lainnya di Fakultas Teknik adalah Pendidikan Tata Kecantikan. UNNES adalah satu-satunya universitas di Jawa Tengah yang memiliki prodi ini. Mereka yang lulus dari prodi ini dapat memilih profesi sebagai guru, tim make-up, atau wirausahawan. Atau mungkin kamu ingin menjadi seorang beauty vlogger? Hmm, bisa dipertimbangkan juga.

12. Teknik Kimia

Prodi ini memiliki konsentrasi pada Pengolahan Bahan Alam Terbarukan (BAT). Jadi mahasiswa, selain dibekali keahlian di bidang Teknik Kimia, juga diberikan pengetahuan tentang pengolahan bahan alam terbarukan. Alumni prodi ini ada yang bekerja di industri, seperti di PT Astra Daihatsu, PT Sido Muncul, PT Kino, PT Dua Kelinci, PT Indo Plastik, dan lain-lain.

6. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)

Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki empat program studi, yaitu:

1.Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Prodi ini bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan dalam bidang pengajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam perkuliahan prodi ini membekali mahasiswanya dengan keterampilan manajemen penyelenggaraan pertandingan olahraga, olahraga untuk tujuan intertainmentsport interpreneurship, jurnalistik, dan kemampuan menjadi pelatih cabang olahraga.

2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Prodi ini menyelenggarakan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Lulusan prodi ini dibekali dengan keterampilan perwasitan. Prodi ini memiliki lembaga kepelatihan yang bersertifikat yang berasal dari Lembaga Akreditasi Keolahragaan Nasional di cabang olahraga renang, tenis lapangan, bola voli, dan atletik.

3. Ilmu Keolahragaan

Prodi ini menyelenggarakan pendidikan akademik yang bertujuan menghasilkan lulusan dalam bidang keolahragaan dengan kualifikasi sarjana non-kependidikan. Lulusan Prodi Ilmu Keolahragaan dibekali dengan keterampilan pengelolaan olahraga permainan, rekreasi, prestasi, amatir, penyandang cacat, kesehatan, dan kebugaran, serta industri olahraga.

4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Prodi ini bertujuan menghasilkan lulusan ahli kesehatan masyarakat. Prodi ini mempunyai 4 peminatan keahlian, yaitu epidemiologi, gizi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, dan kesehatan kerja, serta promosi kesehatan.

7. Fakultas Ekonomi (FE)

Fakultas ini memiliki empat program studi, yaitu:

1.Program Studi Akuntansi

Sebagai prodi atau jurusan UNNES yang masih muda, prodi ini mampu berkembang menjadi lembaga yang mandiri dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Prodi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang bermutu dalam bidang akuntansi yang bertaraf nasional dan internasional.

2. Program Studi Ekonomi Pembangunan

Prodi atau jurusan UNNES ini bertujuan untuk mencetak sarjana di bidang perencanaan pembangunan dan bidang ekonomi pertanian, kelautan, perbankan dan pemerintah daerah. Alumni dari prodi ini di antaranya ada yang bekerja di Pemprov, Pemkot, Perbankan, dan perusahaan swasta.

3. Program Studi Manajemen

Prodi atau jurusan UNNES ini menyelenggarakan pendidikan S1 dan D3 di bidang Ilmu Manajemen.Tujuan prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan di bidang manajemen keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. Lulusan prodi ini juga dibekali dengan keterampilan manajerial dan entrepreneurship.

4. Program Studi Pendidikan Ekonomi

Prodi ini berakreditasi A. Prodi  atau jurusan UNNES ini terbagi atas 2 peminatan, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi dan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Kompetensi utama yang dibentuk dari lulusannya adalah memahami konsep dasar ilmu pendidikan, khusunya dalam Ilmu Akuntansi, Ekonomi, dan Administrasi Perkantoran.

8. Fakultas Hukum (FH)

Fakultas ini memegang akreditasi A. Visi dari Fakultas Hukum menjadikan fakultas ini berwawasan konservasi, bereputasi internasional, dan berkarakter Pancasila.

Sekarang sudah waktunya kamu untuk menentukan pilihan program studimu dan raihlah masa depan yang cemerlang dengan berkuliah di UNNES.

Daftar Akreditasi Jurusan UNNES

No Strata Prodi Akreditasi Masa Berlaku
1 D-III Akuntansi B 02/05/2020
2 D-III Desain Komunikasi Visual B 29/06/2017
3 D-III Manajemen Perkantoran B 21/12/2019
4 D-III Statistika Terapan dan Komputasi B 28/10/2016
5 D-III Survei dan Pemetaan B 14/03/2020
6 D-III Teknik Elektronika B 11/07/2019
7 D-III Teknik Kimia C 05/07/2017
8 D-III Teknik Mesin B 29/06/2018
9 D-III Teknik Sipil B 29/06/2017
10 S1 Akuntansi B 23/12/2015
11 S1 Bimbingan dan Konseling A 18/10/2017
12 S1 Biologi A 11/01/2021
13 S1 Ekonomi Pembangunan A 19/09/2020
14 S1 Fisika B 08/06/2017
15 S1 Geografi A 26/10/2018
16 S1 Ilmu Hukum A 02/05/2020
17 S1 Ilmu Keolahragaan B 21/01/2016
18 S1 Ilmu Politik C 14/12/2019
19 S1 Ilmu Sejarah A 26/09/2018
20 S1 Kesehatan Masyarakat B 28/12/2019
21 S1 Kimia B 13/05/2016
22 S1 Manajemen B 06/04/2020
23 S1 Matematika B 04/02/2016
24 S1 Pendidikan Bahasa Arab B 19/09/2020
25 S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa B 29/06/2018
26 S1 Pendidikan Bahasa Inggris B 18/08/2016
27 S1 Pendidikan Bahasa Jepang B 31/10/2020
28 S1 Pendidikan Bahasa Mandarin C 11/07/2019
29 S1 Pendidikan Bahasa Perancis B 27/07/2017
30 S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah A 15/11/2018
31 S1 Pendidikan Biologi A 09/01/2020
32 S1 Pendidikan Ekonomi A 28/11/2020
33 S1 Pendidikan Fisika A 18/10/2017
34 S1 Pendidikan Geografi A 28/11/2020
35 S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini B 15/08/2017
36 S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) B 13/05/2016
37 S1 Pendidikan IPA B 18/10/2017
38 S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi A 03/09/2020
39 S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga B 29/01/2021
40 S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga A 24/01/2020
41 S1 Pendidikan Kimia A 13/05/2016
42 S1 Pendidikan Luar Sekolah A 21/12/2018
43 S1 Pendidikan Matematika A 14/11/2020
44 S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan A 29/12/2020
45 S1 Pendidikan Sejarah A 21/09/2018
46 S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik A 29/12/2020
47 S1 Pendidikan Seni Rupa B 12/12/2020
48 S1 Pendidikan Sosiologi dan Antropologi A 21/09/2018
49 S1 Pendidikan Tata Kecantikan B 07/12/2018
50 S1 Pendidikan Teknik Bangunan B 01/12/2016
51 S1 Pendidikan Teknik Elektro B 31/10/2020
52 S1 Pendidikan Teknik Mesin A 30/05/2020
53 S1 Pendidikan Teknik Otomotif B 08/08/2019
54 S1 Psikologi B 07/12/2019
55 S1 Sastra Indonesia A 29/12/2020
56 S1 Sastra Inggris B 29/12/2020
57 S1 Sastra Jawa B 09/01/2019
58 S1 Sastra Perancis B 18/10/2017
59 S1 Seni Rupa B 24/09/2015
60 S1 Teknik Arsitektur C 09/01/2019
61 S1 Teknik Informatika C 26/09/2019
62 S1 Teknik Kimia B 26/09/2019
63 S1 Teknik Mesin C 08/08/2019
64 S1 Teknik Sipil C 18/06/2019
65 S1 Teknologi Pendidikan B 09/09/2016
66 S2 Bimbingan Konseling B 27/07/2017
67 S2 Manajemen Pendidikan B 26/09/2019
68 S2 Pendidikan Bahasa Indonesia A 29/12/2020
69 S2 Pendidikan Bahasa Inggris B 01/10/2019
70 S2 Pendidikan Dasar B 27/07/2017
71 S2 Pendidikan Ekonomi B 09/01/2019
72 S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam A 07/11/2020
73 S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial A 27/07/2017
74 S2 Pendidikan Kejuruan B 27/06/2019
75 S2 Pendidikan Matematika B 29/08/2019
76 S2 Pendidikan Olahraga A 07/12/2019
77 S2 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik B 08/11/2017
78 S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan B 05/03/2019
79 S2 Pengembangan Kurikulum B 27/07/2017
80 S3 Manajemen Kependidikan B 01/10/2019
81 S3 Pendidikan Bahasa Indonesia C 19/07/2017
82 S3 Pendidikan Bahasa Inggris B 19/07/2017
83 S3 Pendidikan Olahraga A 19/07/2017
84 S3 Pendidikan Seni B 23/07/2019

 

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Negeri Semarang dan mengetahui pembaruan terkini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: