9 Jurusan yang Paling Banyak Diminati dan Prospek Kerjanya

Tagged: jurusan kuliah

9 jurusan yang paling banyak diminati dan prospek kerjanya – Jurusan kuliah yang ditawarkan di kampus-kampus Indonesia sangatlah beragam. Tapi, apakah kamu tahu jurusan kuliah yang banyak diminati beserta prospek kariernya?

Jurusan Banyak Peminat dan Prospek Kerjanya

unsplash.com

Bagi kamu yang berencana meneruskan studi di Perguruan Tinggi dan masih bingung memilih jurusan kuliah, sebenarnya ada banyak pilihan jurusan di kampus negeri ataupun swasta. Perlu kamu ketahui bahwa jurusan yang ditawarkan sebuah kampus bisa saja berbeda dengan kampus lainnya meskipun lokasinya berdekatan.

Kamu bisa saja memilih jurusan yang sepi peminat dengan prospek kerja luas ataupun jurusan banyak peminat yang pekerjaannya beragam. Masing-masing pilihan memiliki konsekuensi. Jika mendaftar pada jurusan banyak peminat, persaingannya pun akan semakin ketat. Tapi hal tersebut akan sebanding dengan prospek kariernya, apalagi jika lulusan jurusan tersebut banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Pemilihan jurusan bisa didasarkan pada pertimbangan jumlah peminat maupun prospek kerjanya. Jika kamu belum tahu prospek karier pekerjaan dari jurusan-jurusan di kuliah, berikut ini adalah informasi dari Mamikos terkait jurusan yang banyak peminatnya beserta prospek pekerjaannya.

1. Jurusan Kedokteran

unsplash.com

Jurusan Kedokteran menempati posisi pertama pada jurusan dengan banyak peminat. Saat pendaftaran jalur masuk Perguruan Tinggi dibuka, persaingan ketat untuk masuk jurusan ini dapat terlihat. Banyaknya lulusan sekolah menengah yang ingin menjadi dokter atau tenaga kesehatan membuat peminat Jurusan Kedokteran senantiasa mengalami peningkatan, apalagi di kampus-kampus favorit. Kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia yang tinggi menjadikan lulusan jurusan ini kian banyak dicari.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa masuk Jurusan Kedokteran tidak mudah, begitu pula ketika menjalani perkuliahan. Selain perlu lulus mata kuliah teori, kamu juga diwajibkan lulus mata kuliah praktik dan menjalani fase koas. Kamu akan belajar tentang berbagai macam hal bidang kesehatan, pencegahan penyakit, serta pengobatannya. Selama kuliah, materi tentang anatomi tubuh, histologi, fisiologi, dan biokimia juga akan melekat erat.

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Kedokteran berbeda-beda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Ketahui sistem perkuliahan di kampus yang akan kamu tuju. Prospek kerja lulusan Jurusan Kedokteran sangat luas dan cenderung mudah mendapatkan pekerjaan karena bisa membuka praktik sendiri. Adapun referensi peluang karier lulusan Jurusan Kedokteran antara lain:

  1. Ahli akupuntur
  2. Ahli diet (dietitian)
  3. Ahli gizi (nutritionist)
  4. Bagian administrasi rumah sakit
  5. Bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan
  6. Dokter
  7. Penyuluh kesehatan masyarakat
  8. Psikiater
  9. Psikolog klinis
  10. Research and Development (RnD)
  11. Staf ahli informasi medis (rekam medis)
  12. Teknisi alat kesehatan
  13. Teknisi laboratorium klinis
  14. Teknisi medis gawat darurat (paramedis)
  15. Teknisi radiologi medis
  16. Terapis fisik (fisioterapis)
  17. Terapis okupasi
  18. Terapis wicara

2. Jurusan Ilmu Hukum

unsplash.com

Bagi kamu yang ingin menempuh studi di bidang soshum, Jurusan Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati. Tidak mengherankan apabila jurusan ini memiliki passing grade tinggi dengan tingkat persaingan yang ketat. Apa saja yang akan dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum? Terdapat mata kuliah tentang perundang-undangan, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum tata pidana, hukum dagang, dan konstitusi. Selain belajar tentang hukum di negara sendiri, materi tentang hukum internasional pun akan kamu dapatkan.

Berkuliah di Jurusan Hukum sangat mengasikkan. Selama kurang lebih 4 tahun, kamu akan dibekali teori tentang hukum hingga mengkaji berbagai macam kasus hukum. Mahasiswa turut dilatih untuk lebih berani mengemukakan pendapat dan bermental tangguh. Lulusan jurusan ini pun dikenal tegas dan logis dalam mengungkapkan sesuatu. Peluang kerja lulusan Jurusan Ilmu Hukum antara lain:

  1. Aktivis
  2. Bagian tata usaha (atase) perdagangan luar negeri
  3. Diplomat
  4. Dosen
  5. Hakim
  6. Jaksa
  7. Notaris
  8. Panitera
  9. Pengacara
  10. Petugas imigrasi
  11. Politisi
  12. System analyst

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

unsplash.com

Bagi kamu yang ingin menjadi ahli di bidang ilmu komunikasi, peluang untuk meneruskan studi di Jurusan Ilmu Komunikasi sangat terbuka lebar. Jurusan ini cukup mudah ditemukan di kampus-kampus negeri maupun swasta. Selain itu, peluang karier lulusannya pun terbilang luas, bahkan fleksibel. Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan cara menyampaikan pesan agar diterima dengan baik.

Ketika berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, kamu tidak hanya dilatih untuk dapat berbicara dengan baik di depan audiens. Ada kemampuan lain seperti memahami komunikasi di tingkat individu, komunikasi bidang media, komunikasi interkultural, dan sebagainya. Ada yang beranggapan bahwa berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi terasa santai, tetapi implementasi keilmuannya sangat penting di masyarakat. Setelah dinyatakan lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi, jenis karier yang dapat kamu ambil antara lain:

  1. Account executive
  2. Bagian penjualan dan pelayanan (customer service)
  3. Content creator
  4. Editor
  5. Jurnalis (reporter)
  6. Manager Asosiasi Properti, Real Estate dan Komunitas
  7. Manajer Layanan Sosial dan Komunitas
  8. Manajer Pemasaran
  9. Pengajar Bisnis
  10. Pengajar Komunikasi
  11. Penulis (content writer)
  12. Penyiar
  13. Perencana Meeting, Convention dan Acara
  14. Product manager
  15. Produser televisi atau radio
  16. Public relations (humas)
  17. Representatif Layanan Konsumen
  18. Sales Periklanan
  19. Spesialis Hubungan Masyarakat
  20. Telemarketer
  21. Video editor

4. Jurusan Psikologi

unsplash.com

Jurusan kuliah lainnya yang paling banyak diminati adalah Jurusan Psikologi. Perlu kamu ketahui bahwa Jurusan Psikologi di Perguruan Tinggi dimasukkan ke dalam kelompok soshum, tetapi ada pula yang memasukkannya dalam kelompok saintek. Materi kuliah di jurusan ini sangat menarik karena kamu akan diajak mempelajari berbagai macam perilaku manusia. Tidak ada manusia yang sama dalam bidang keilmuan ini, sehingga mungkin saja kamu akan menemukan keunikan karakter manusia-manusia ketika mendalami Jurusan Psikologi. Tidak hanya itu, kamu juga akan dibekali pengetahuan terkait cara berpikir serta perilaku seseorang. Kepekaanmu sebagai seorang mahasiswa psikologi akan terus diasah.

Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di Jurusan Psikologi? Selain mata kuliah wajib, kamu dapat memilih mata kuliah pilihan sesuai minat. Adanya mata kuliah psikologi klinis, psikologi abnormal, psikologi faal, psikometri, dan mata kuliah lainnya akan mendukung kariermu di dunia kerja setelah lulus nanti. Beberapa peluang karier yang dapat ditempuh antara lain:

  1. Arsiparis
  2. Bagian personalia (HRD)
  3. Dosen
  4. Konselor kesehatan mental (mental health counselors)
  5. Konsultan karier
  6. Peneliti survei
  7. Penulis (content writer)
  8. Perawat kesehatan mental
  9. Pewawancara (tidak termasuk kelayakan dan pinjaman)
  10. Psikolog
  11. Psikolog klinis
  12. Psikolog konseling
  13. Psikolog organisasi industri
  14. Psikolog sekolah
  15. Research and development (RnD)
  16. Spesialis anak berkebutuhan khusus
  17. Spesialis kompensasi, tunjangan, dan analisa pekerjaan
  18. System analyst
  19. Terapis pernikahan dan keluarga (marriage and family therapists)

5. Jurusan Teknik Mesin

unsplash.com

Pernah membayangkan menjadi seseorang yang ahli di bidang mesin dan memiliki bisnis terkait otomotif? Kamu bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai pilihan. Jurusan ini diperuntukkan bagi kamu yang memilih kelompok saintek. Jurusan Teknik Mesin juga dikenal dengan Jurusan Teknik Mekanika. Ketika menempuh studi di jurusan ini, kamu akan diajarkan berbagai macam prinsip fisika yang akan diterapkan pada analisis, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan mesin.

Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dituntut untuk menguasai materi tentang mekanika, kinematika, teknik material, serta termodinamika. Agar bisa sukses menempuh studi di Jurusan Teknik Mesin, sebisa mungkin kamu perlu menambah pengetahuan di bidang mesin yang senantiasa berkembang dan semakin canggih. Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Teknik Mesin, prospek pekerjaan yang adapat dijalani adalah:

  1. Ahli listrik
  2. Ahli teknik elektronik
  3. Analis kontrol kualitas
  4. Bagian perencanaan produk otomotif
  5. Dosen
  6. Manajer kontrol kualitas sistem
  7. Mekanik mesin industri
  8. Mekanik mobil
  9. Mekanik pesawat
  10. Operator pabrik dan sistem
  11. Perancang dan teknisi mesin
  12. Research and development (RnD)
  13. Spesialis otomotif
  14. Spesialis robotik
  15. System analyst
  16. Teknisi dan operator pabrik
  17. Teknisi mekanik radio
  18. Teknisi produksi manufaktur
  19. Teknisi robot (robot engineer)

6. Jurusan Ekonomi

unsplash.com

Jurusan kuliah yang banyak diminati di bidang soshum adalah Jurusan Ekonomi. Jurusan ini memang cukup populer karena menawarkan peluang kerja yang luas bagi lulusannya. Ada banyak kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan Ekonomi dalam berbagai jenjang mulai dari diploma hingga doktoral. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang senang dengan kegiatan ekonomi atau transaksi jual beli, sehingga ingin menjadi ahli di bidangnya.

Selama menempuh studi di Jurusan Ekonomi, mata kuliah tentang ekonomi makro dan ekonomi mikro akan kamu temukan. Pada mata kuliah ekonomi makro, kamu akan banyak belajar tentang kondisi perekonomian suatu negara secara global. Materi tentang pembangunan infrastruktur, volatilitas nilai kurs, serta kebijakan moneter dan fiskan akan kamu temukan. Sebaliknya, jika belajar tentang ekonomi mikro, mata kuliah tentang kondisi ekonomi di tingkat individu, perusahaan, serta strategi bisnisnya akan kamu dapatkan. Jenis pekerjaan yang bisa dipilih lulusan Jurusan Ekonomi antara lain:

  1. Akuntan
  2. Analis manajemen bisnis
  3. Analis riset operasional
  4. Auditor
  5. Bagian penjualan (sales) di lembaga keuangan
  6. Bagian perencanaan dan pengembangan real estate
  7. Dosen
  8. Ekonom
  9. Juru taksir
  10. Makelar saham (broker saham)
  11. Market researcher
  12. Marketing produk otomotif
  13. Pegawai asuransi
  14. Pegawai bank (account officer)
  15. Pegawai pajak/ pegawai persiapan pajak
  16. Pemeriksa dan pengumpul pajak, dan agen revenue
  17. Pemeriksa keuangan
  18. Pengajar bisnis

7. Jurusan Teknik Informatika

unsplash.com

Senang belajar tentang coding dan tertarik dengan perkembangan teknologi? Masuk ke Jurusan Teknik Informatika bisa menjadi pilihanmu. Jurusan ini memiliki banyak peminat tetapi mudah kamu dapatkan di Perguruan Tinggi. Ada banyak kampus negeri dan swasta yang membuka Jurusan Teknik Informatika.

Materi kuliah yang dipelajari di Jurusan Teknik Informatika berkaitan dengan cata penggunaan teknologi komputer untuk mengatasi masalah pengolahan data menggunakan proses logika. Jadi, selama menempuh studi kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam jenis pemrograman serta komputasi. Tidak hanya itu, kamu pun akan diajarkan cara merancang perangkat lunak.

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Informatika, peluang karier yang bisa ditempuh adalah:

  1. Insinyur aplikasi (application engineer)
  2. Game creator
  3. Game programmer / game developer
  4. Insinyur perangkat lunak (software engineering)
  5. Konsultan IT
  6. Data scientist
  7. Programmer (software developer)
  8. Teknisi robot (robot engineer)
  9. Dosen
  10. Teknisi rekam medis
  11. Technopreneur
  12. Programmer peralatan yang dikontrol oleh komputer numerik
  13. Admin database
  14. Growth hacker
  15. Manager sistem komputer dan informasi
  16. Analis sistem komputer
  17. Penulis teknis
  18. Dosen ilmu komputer
  19. Peneliti komputer dan informasi
  20. Arsitek jaringan komputer
  21. Arsitek sistem komputer

8. Jurusan Farmasi

unsplash.com

Jurusan di bidang kesehatan yang memiliki banyak peminat adalah Jurusan Farmasi. Selama obat-obatan masih dibutuhkan, lulusan Jurusan Farmasi akan senantiasa dicari. Jurusan ini mengombinasikan ilmu kesehatan dan ilmu kimia, sehingga saat perkuliahan kamu akan banyak bergelut dengan senyawa-senyawa kimia. Pelajaran tentang obat-obatan mulai dari mengenali struktur senyawa obat, cara sintesisnya, hingga cara pengolahannya juga akan kamu pelajari.

Jurusan Farmasi di Perguruan Tinggi banyak dilirik dan memiliki passing grade cukup besar. Namun, perlu kamu ketahui bahwa selama menempuh studi nanti kamu akan belajar tentang penyakit dan penyebabnya, tidak hanya pada obat-obatan saja. Dengan memahami penyebab penyakit, kamu pun bisa menganalisis dan menentukan obat yang tepat serta mekanisme kerja obat tersebut pada penyakit. Bersiaplah untuk menghafalkan materi tentang obat-obatan, materi teori, serta kegiatan praktikum di laboratorium.

Peluang lapangan kerja yang dapat dipilih lulusan Jurusan Farmasi antara lain:

  1. Bagian penjualan (sales)
  2. Peneliti bioteknologi
  3. Bagian perencanaan, pengembangan, dan penelitian produk bioteknologi
  4. Ahli bioteknologi
  5. Ahli kecantikan (aesthetician)
  6. Dosen
  7. Bagian administrasi rumah sakit
  8. Staf ahli informasi medis (rekam medis)
  9. Apoteker
  10. Wirausaha (entrepreuner)
  11. Research and development (RnD)
  12. System analyst
  13. Konsultan kecantikan (beauty consultant)
  14. Penyuluh kesehatan (health educators)
  15. Terapis kecantikan

9. Jurusan Hubungan Internasional

unsplash.com

Ingin menjadi seorang diplomat atau duta besar setelah lulus kuliah? Peluang tersebut bisa kamu dapatkan dengan menjalani studi di Jurusan Hubungan Internasional. Jurusan di bidang soshum ini memiliki cukup banyak peminat di kampus-kampus favorit. Belajar di Jurusan Hubungan Internasional sangat menarik. Materi perkuliahan tentang berbagai macam tantangan dari dunia internasional, perdagangan di tingkat dunia, masalah keamanan, masalah lingkungan, hingga kemiskinan, dan cara mengatasi masalah-masalah tersebut akan dipelajari.

Keseruan menempuh studi di Jurusan Hubungan Internasional tidak hanya karena materi kuliahnya saja yang baru. Sebab, mahasiswa juga akan diajak merasakan atmosfer internasional dengan adanya simulasi-simulasi pertemuan penting di dunia. Isu-isu tentang dunia internasional akan kamu hadapi selama menempuh studi. Namun tenang saja karena mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional akan dibekali kemampuan komunikasi dan diplomasi yang baik. Setelah lulus dari jurusan ini, ada banyak jenis pekerjaan yang dapat dipilih.

  1. Arsiparis
  2. Bagian tata usaha (atase) perdagangan luar negeri
  3. Chocolatier
  4. Diplomat
  5. Diplomat
  6. Editor
  7. Eksportir
  8. Jurnalis (reporter)
  9. Konsultan imigrasi
  10. Konsultan pendidikan
  11. Konsultan politik
  12. Pegawai negeri sipil (PNS)
  13. Peneliti politik
  14. Penyiar
  15. Penyiar berita
  16. Politisi
  17. System analyst
  18. Wartawan

Setelah membaca informasi 9 jurusan yang paling banyak diminati dan prospek kerjanya, apakah jurusan impianmu adalah salah satunya? Bersiaplah untuk bersaing dengan para peminat jurusan tersebut. Jika kamu ingin memperbesar peluang diterima studi di suatu jurusan, pilihlah jurusan dengan sedikit peminat tetapi menyediakan peluang kerja luas. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta