Mengenal Kalimat Majemuk, Ciri dan Jenisnya dalam Bahasa Indonesia

Posted in: Edukasi
Tagged: Kalimat

Kalimat Majemuk, Ciri dan Jenisnya dalam Bahasa Indonesia – Jika Anda memiliki hobi menulis, tentu Anda harus bisa mengembangkan kemampuan untuk membuat kalimat dengan baik dan benar. Jika tidak, maka kalimat yang Anda buat dalam karya Anda pastinya tak akan memiliki variasi sehingga terlihat sangat sederhana seperti buatan anak sekolah dasar. 

Memahami jenis kalimat majemuk, ciri dan alasan mengapa disebut kalimat jenis majemuk bisa mengubah pemahaman Anda pada sebuah kalimat yang Anda baca. Salah satu jenis kalimat yang banyak dipakai adalah struktur kalimat jenis majemuk.

Kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang memiliki struktur kalimat dimana terdiri dari beberapa dasar kalimat yang dihubungkan dengan kata penghubung. Menurut Dendy Sugono, kalimat jenis majemuk didefinisikan dengan kata-kata yang memiliki struktur kalimat yang didalamnya ada  beberapa dasar kalimat. 

Sebuah kalimat bisa disebut majemuk jika terdapat kalimat dasar yang menjadi inti kalimat, kemudian kalimat berikutnya akan menjadi kalimat pendukung yang menjelaskan inti kalimat. 

Namun adakalanya dalam sebuah kalimat juga terdapat susunan kalimat yang memiliki kedudukan yang sama sehingga Kita harus menggunakan kata penghubung yang benar agar supaya kalimat bisa dipahami dengan baik dan benar oleh pembaca. 

Setelah Kita memahami apa itu kalimat majemuk selanjutnya perlu diketahui apa saja ciri kalimat  majemuk. Semua jenis kalimat yang ada di dalam bahasa Indonesia pasti memiliki ciri khusus untuk membuat pembaca mengenali jenis kalimat apa yang mereka baca. 

Ciri yang pertama adalah terlihat ada perluasan dari kalimat inti atau induk dalam sebuah kalimat. Meski dalam beberapa kalimat jenis majemuk ada juga yang hanya memiliki beberapa kalimat tunggal yang inti, namun mayoritas kalimat jenis majemuk akan memiliki beberapa klausa khusus.

Berikutnya adalah perluasan yang dimaksud akan memunculkan kalimat baru atau yang umum disebut anak kalimat. Akan ada lebih dari satu subjek dan predikat yang berada di kalimat tersebut.

Jenis Kalimat Majemuk, Kata Penghubung dan Contohnya

unsplash.com

Jenis kalimat majemuk yang dikenal dalam bahasa Indonesia sendiri dikenal ada beberapa jenis. Agar supaya Anda lebih memahami tentang jenis yang dimiliki oleh kalimat dengan bentuk majemuk, sebaiknya Anda simak informasi  berikut ini. 

1. Kalimat jenis majemuk setara

Pengertian kalimat majemuk setara adalah  sebuah kalimat yang memiliki struktur dengan klausa penyusun yang memiliki kedudukan yang setara atau sederajat. Dimana dalam kalimat ini memiliki hubungan antar klausa yang bersifat koordinatif sehingga kalimat tersebut juga bisa berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal. 

Adapun kata sambung atau konjungsi yang dipakai dalam kalimat jenis ini adalah dan, ketika, sebelum, lalu, setelah, sedangkan, dan masih banyak lagi. 

Contoh kalimat dengan jenis majemuk setara. 

1. Para pembeli minuman jus buah sudah berada di depan gerobak minuman jus buah  sementara minuman disiapkan

2. Dia adalah anak yang baik, tetapi terkadang sifat kurang sabarnya membuatnya terlihat buruk

3. Ayah berangkat ke kantor dan adik berangkat ke sekolah

4. Aku akan mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan itu sebelum waktu makan siang tiba

2. Kalimat jenis majemuk rapatan

Yaitu sebuah kalimat yang tersusun dari kalimat tunggal yang tergabung menjadi satu kalimat tanpa menyebutkan kembali kata yang sama dalam susunan kalimat tersebut. Dalam kalimat tersebut antar klausa yang tergabung akan  dipisahkan dengan tanda baca koma. Sedangkan untuk konjungsi atau kata penghubung yang dipakai biasanya adalah dan, serta, juga dan lainnya. 

Contoh untuk kalimat jenis majemuk rapatan.

1. Naafi sedang bermain di kolam
2. Hilmi sedang bermain di kolam

Naafi dan Hilmi sedang bermain di kolam

1. Naila sangat menyukai warna hijau
2. Farisa sangat tidak menyukai warna hijau

Naila sangat menyukai warna hijau, sedangkan Farisa justru sangat tidak menyukainya

1. Pak Arif menetap di Purwokerto 
2. Pak Arif bekerja di Purwokerto

Pak Arif menetap dan bekerja di Purwokerto

3. Kalimat jenis Majemuk Bertingkat

Yaitu sebuah struktur kalimat yang memiliki penyusun berupa klausa yang memiliki kedudukan yang tak sederajat sehingga akan ditemukan adanya induk dan anak kalimat yang saling berkaitan. 

Kata sambung yang dipakai adalah ibarat, daripada dan lainnya. 

Contoh kalimat majemuk bertingkat. 

1. Aku lebih memilih untuk membaca buku daripada harus pergi jalan-jalan keluar rumah 

2. Pak Daud sudah tinggal di Purwokerto sejak tahun 1983

3. Dia sengaja datang paling awal untuk bisa mendapatkan tempat duduk di depan

4. Kalimat jenis Majemuk Campuran

Apa yang dimaksud kalimat majemuk campuran? Yaitu sebuah struktur kalimat yang merupakan gabungan dari jenis majemuk setara, bertingkat dan campuran dalam satu kalimat secara utuh. 

Dalam jenis kalimat ini Anda akan menemukan ada beberapa kalimat tunggal dan akan menemui lebih dari satu kata sambung yang digunakan dalam kalimat tersebut. 

Contoh kalimat majemuk campuran. 

1. Ayah berangkat ke kantor
2. Ibu sedang memasak di dapur
3. Aku bermain dengan adikku di rumah

Ayah berangkat ke kantor dan ibu sedang memasak di dapur, sedangkan aku bermain dengan adikku di rumah. 

Jenis Kalimat Majemuk Setara Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu jenis kalimat majemuk yang harus Anda pahami dengan baik dan benar adalah kalimat dengan jenis majemuk setara. Untuk jenis ini juga terbagi ke beberapa macam kalimat yang perlu Anda bedakan antara satu dengan lainnya. 

a. Majemuk setara sejalan

Merupakan jenis kalimat dengan struktur kalimat jenis  majemuk yang memiliki tipe setara sejalan dengan kata penghubung khusus. Adapun kata penghubung yang biasa digunakan di jenis kalimat ini yaitu sementara dan ketika. 

Contoh kalimat  majemuk setara sejalan sebagai berikut ini. 

1. Ayah sedang mencuci  motor
2. Ibu menyapu halaman rumah

Ayah sedang mencuci  motor sementara ibu menyapu halaman rumah. 

b. Majemuk setara pertentangan

Kemudian jenis kalimat majemuk setara yang kedua adalah jenis pertentangan. Yaitu sebuah kalimat dengan struktur majemuk yang dihubungkan dengan konjungsi khusus untuk menggabungkan dua kalimat yang berarti bertentangan. Kata penghubung yang dipakai adalah tetapi, melainkan, sedangkan. 

Contoh kalimat adalah :

1. Indah selalu rajin berangkat sekolah
2. Ani jarang berangkat sekolah

Indah selalu rajin berangkat sekolah, sedangkan Ani jarang berangkat sekolah 

c. Majemuk setara penjumlahan

Merupakan sebuah kalimat dengan struktur majemuk yang dihubungkan dengan kata penghubung berupa lalu, kemudian, dan. Dalam satu kalimat ini akan dikumpulkan beberapa kalimat sekaligus dengan kata penghubung yang mendukung.

1. Fina mengumpulkan materi tugas dari internet
2. Fina membuat makalah untuk tugas kuliah

Fina mengumpulkan materi tugas dari internet kemudian membuat makalah untuk tugas kuliah

Itulah beberapa penjelasan singkat dari kalimat jenis majemuk yang perlu Anda ketahui agar supaya bisa memahami sebuah kalimat dengan baik dan benar. Dalam struktur kalimat jenis majemuk, keberadaan kata penghubung menjadi sangat penting karena menentukan cara memahami dan menafsirkan dari kalimat itu sendiri. Semoga penjelasan tersebut bisa membantu Anda untuk memahami lebih baik tentang kalimat majemuk.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah