3 Contoh Autobiografi Diri Sendiri Singkat Jelas & Menarik

Posted in: Edukasi
Tagged: Autobiografi

3 contoh autobiografi diri sendiri singkat jelas & menarik – Menulis kisah hidup agar dibaca orang lain dan diambil pelajarannya merupakan sebuah tantangan. Sekalipun di dalam hidup kamu pernah mengalami masa-masa sulit hingga sukses, ada metode penulisan tersendiri untuk membuat pembaca tertarik dan bisa mengambil pelajaran.

Contoh Autobiografi yang Singkat dan Menarik

pexels.com

Pengalaman-pengalaman menarik yang dialami seseorang jika dituliskan dengan baik bisa menjadi insipirasi bagi orang lain. Misalnya saja pengalaman jatuh-bangun membangun usaha sebelum akhirnya sukses menjadi pebisnis. Orang-orang yang melihat bagian saat sukses biasanya tidak tahu usaha keras yang harus dilakukan hingga akhirnya dapat meraih keberhasilan. Semakin menarik sebuah cerita, akan semakin tertarik pula pembaca menyelesaikan kisah atau cerita tersebut. Lalu, bagaiman cara membuat autobiografi yang singkat, jelas, serta menarik?

Apa Itu Autobiografi?

Sebelum menuliskan cerita tentang pengalaman pribadi, pahami terlebih dahulu definisi autobiografi. Definisi autobiografi atau otobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri atau bersama dengan orang lain. Jenis tulisan autobiografi dibuat berdasarkan kisah perjalanan hidup sesuai dengan apa yang dialami, seperti kehidupan masa kecil, kehidupan studi, perjalanan cinta, karier, dan pengalaman membanggakan.

Ciri-Ciri Autobiografi

Autobiografi dibedakan dari biografi diri. Pada autobiografi yang berisi perjalanan hidup seseorang, tulisannya dibuat oleh tokoh itu sendiri atau dibantu orang lain. Terdapat informasi pengalaman tokoh mengenai masa-masa sulit sampai mencapai keberhasilan. Sudut pandang autobiografi menggunakan orang pertama dan terkadang menggunakan sudut pandang orang lain.

Untuk memperkuat bukti pada autobiografi, biasanya terdapat bukti keberhasilan atau penghargaan dan dokumen pendukung. Tentunya pada autobiografi dicantumkan pencitraan berisi hal-hal positif dan cerita inspiratif. Harapannya, pembaca dapat semakin mengenal tokoh tersebut serta mengambil hikmah dari perjalanan hidupnya.

Struktur Penulisan Autobiografi

Penulis perlu mengetahui struktur penulisan autobiografi agar bisa menyampaikan cerita secara runut dan pastinya tetap menarik. Struktur tersebut antara lain:

• Judul autobiografi: dapat berupa nama tokoh yang diceritakan dalam buku atau dengan modifikasi
• Latar belakang keluarga tokoh yang diceritakan
• Riwayat pendidikan tokoh yang diceritakan
• Jenis pekerjaan atau karier tokoh yang diceritakan
• Hasil karya tokoh yang diceritakan
• Prestasi tokoh yang diceritakan
• Penghargaan yang telah didapatkan oleh tokoh tersebut

Banyaknya pengalaman menarik yang dimiliki terkadang menjadikanmu bersemangat untuk menuliskan semuanya dan membagikannya. Padahal semua pengalaman yang dicantumkan akan membuat autobiografi sangat tebal. Sebaiknya kamu memilih pengalaman penting, berkesan, atau pengalaman yang bisa menginspirasi orang lain. Jika masih bingung pada hal-hal yang perlu dicantumkan, gunakan referensi ide berikut ini:

  1. Deskripsi daerah asal, seperti kota tempat tinggal, sejarah keluarga, kisah keluarga inti, orang yang dicintai, dan peristiwa berkesan saat menempuh studi.
  2. Pengalaman yang mengesankan. Biasanya pengalaman tersebut mengubah hidup tokoh penulis dan berpengaruh hingga masa kini
  3. Momen yang mengubah hidup
  4. Kisah kegagalan yang menjadi inspirasi atau kegagalan yang diikuti respons tokoh terhadap kegagalan tersebut.

Contoh-Contoh Autobiografi

Setelah memahami definisi dan cara membuat autobiografi di atas, kini saatnya kamu membuat autobiografi versimu sendiri. Contoh karangan tentang diri sendiri mula-mula dapat dibuat dengan mengikuti kerangka penulisan. Berikut ini contoh autobiografi yang menarik untuk dibaca dan bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan.

1. Contoh Autobiografi dari Lahir Sampai SMA Singkat

pexels.com

Namaku Aurelia Aurita. Aku lahir dan besar di Kota Pelajar, Yogyakarta pada tanggal 16 September 1997. Kedua orang tuaku berprofesi sebagai pedagang di Pasar Kotagede. Ayahku bernama Ritono merintis usaha bisnis tempe kedelai hingga memiliki satu kios kecil di pasar tersebut, sedangkan ibuku Rani membantu ayah bekerja di pasar sejak pagi hingga petang.

Aku anak pertama dari dua bersaudara. Adikku masih menempuh studi di SMP Negeri 4 Yogyakarta kelas 8. Sebagai keluarga sederhana, kami tidak pernah hidup berlebih-lebihan. Orang tuaku selalu mengajarkan untuk mengelola keuangan dengan memberikan uang saku setiap minggu. Dengan cara tersebut, aku dan adik belajar mengatur keuangan dan membeli barang-barang sesuai prioritas.

Sejak kecil, aku tidak pernah menempuh studi di lokasi yang jauh dari rumah. Lokasi Sekolah Dasar tempatku menuntut ilmu hanya berjarak beberapa ratus meter dari rumah. Setiap pagi aku berangkat lebih awal meskipun sekolahku sangat dekat. Prinsip kedisiplinan ini lah yang membuatku bisa meraih juara kelas selama enam tahun berturut-turut.

Setelah lulus SD, ayah memintaku meneruskan studi di salah satu sekolah menengah yang juga tidak terlalu jauh dari rumah. Namun, untuk mencapai lokasi sekolah aku harus mengendarai sepeda kurang lebih 10 menit. Gelar sebagai juara kelas masih aku sandang hingga lulus. Setelah lulus SMP, aku melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 80, salah satu sekolah favorit di Yogyakarta. Prestasi gemilang hampir selalu kucetak selama SMA. Berkali-kali aku menjuarai perlombaan di tingkat sekolah hingga tingkat provinsi.

Saat ini aku berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Kimia. Meskipun selama menempuh studi di sekolah menengah nilai mata pelajaran kimiaku tidak bagus, aku optimis bisa lulus dari jurusan ini tepat waktu dan membanggakan kedua orang tua. Aku menemukan ketertarikan di bidang kimia setelah mendapatkan pengalaman praktikum di laboratorium bersama seorang peneliti dari Jerman bernama Carolina. Dia mengajarkanku cara mencampurkan berbagai bahan kimia untuk mendapatkan formula baru.

Di bangku kuliah, aku mendapatkan kesempatan pertukaran pelajar di Malaysia. Selain bisa menimba ilmu di negeri orang, aku pun mengikuti kompetisi kimia dan berhasil meraih juara pertama melawan mahasiswa dari berbagai negara. Besar harapanku untuk bisa lulus dari jurusan ini dan mendapatkan pekerjaan impianku sebagai peneliti.

2. Contoh Autobiografi Diri Sendiri

pexels.com

Namaku Andini Larasati. Orang-orang memanggilku Dini. Usiaku saat ini 19 tahun. Sejak kecil aku bercita-cita ingin menjadi seorang pembuat game yang mendunia. Ayah mengenalkanku pada dunia game sejak aku duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Beliau mengajakku ke kantor dan memintaku memainkan beberapa jenis permainan, seperti game ski dan game puzzle. Meskipun terbilang sulit untuk dimainkan anak TK, aku bisa menyelesaikan permainan tersebut.

Saat aku berulang tahun yang ke-8, ayah membelikanku PC sebagai hadiah. Saat itu aku ingat sekali masih di kelas 2 SD. Aku mengajak beberapa orang temanku ke rumah dan bermain game bersama menggunakan PC baru hadiah ulang tahun. Namun, teman-teman meremehkan kemampuan dan hobiku karena menganggap bermain game hanya membuang waktu.

Kegemaranku terhadap game semakin meningkat ketika PC ku berubah menjadi gudang game, mulai dari game lama hingga game terbaru. Ayah mulai mengetahui bakatku bermain game saat aku diikutkan kompetisi permainan catur di tingkat kabupaten. Meskipun aku tidak pernah belajar catur dari ahlinya, permainan catur di dalam game itulah yang menjadikanku terlatih. Pertama kali aku mengikuti kompetisi catur, pertama kali pula aku meraih juara pertama. Aku sangat bangga. Begitu pula kedua orang tuaku.

Prestasi juara lomba catur itu lah yang menjadi motivasiku untuk terus mengasah kemampuan bermain game. Tapi, aku tidak lupa dengan kewajiban utamaku belajar. Teman-teman yang meremehkanku perlahan mendekat, bahkan minta diajarkan cara bermain game. Menginjak SMP, kegemaranku bermain game semakin meningkat. Aku mengikuti forum game di internet. Di saat remaja seusiaku sibuk bermain, aku sudah memiliki ide tentang game yang akan kubuat.

Saat SMA, aku bisa berinteraksi dengan para pembuat game di berbagai negara meskipun bahasa Inggrisku pas-pasan. Aku belajar banyak tentang pengembangan game dan kelemahan game-game yang pernah kumainkan. Pengetahuan berharga tersebut kucatat dan kujadikan bekal untuk menjadi seorang pengembang game andal.

Kini aku mengambil Jurusan Game Developer di salah satu kampus swasta di Jakarta. Rencananya, bulan depan aku akan menjalani pertukaran pelajar di Jerman. Aku berharap kemampuanku bisa terus diasah agar setelah lulus nanti cita-citaku dapat tercapai.

3. Contoh Biografi Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris

pexels.com

My name is Maria Anna Karenina. I was born on March 7, 1997, in Jakarta, Indonesia. My parents are Nino Fernandes and Nikaila Marchella, and I have two younger siblings, Lisa, Adina, and Greta. I attended Islamic School in Jakarta from kindergarten until sixth grade. While there I participated in Girl Scouts, Council of Islamic Girls, volleyball, and basketball. I was on the honor roll and received an academic achievement award.

Attending an Islamic school helped me to grow academically, in my faith, and as a person, giving me high moral standards. In seventh and eighth grade I attended Jakarta Junior High School. I was involved in the English writing club and sports club. I was on the honor roll every semester and received the presidential academic award.

I currently attend Islamic Jakarta University. I am involved in the Arabic club, youth group, Student Senate, and scientist club. I currently have a 3.92 cumulative GPA and I am 2nd in my class of 250. I have learned many colleges that pertain to a future career in science. I file chemical papers and observe laboratory tools. This has given me first-hand experience identifying chemical material and understanding how it works.

I have been very motivated to create the best possible future for myself and have worked very hard to set that up. I have been on the honor roll every marking period thus far in my university career. I received my academic letters and an academic achievement award. Some of my strengths include being a hard worker, dedicated, self-motivated, and organized. My weaknesses are that sometimes I am forgetful, overly ambitious, and tend to expect too much of others.

I have volunteered for a local mosque. My favorite volunteer experience has been helping out with kids through my mosque. Through this, I can help kids grow in their faith and learn new things about the chemical experiments. I love this because it gave me to bring a positive role model for kids. During college, I hope to study abroad to assist in my learning other languages. I hope to become an international scientist someday, working for a company like International Laboratory USA.

Demikian informasi 3 contoh autobiografi diri sendiri singkat jelas & menarik yang bisa kamu buat. Perhatikan cara penulisan autobiografi dan penggunaan kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca. Setelah autobiografi selesai dibuat, kamu pun bisa mempublikasikannya, bahkan memperjualbelikan hasil karya tersebut. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah