7 Cara Membuat Cerpen yang Menarik untuk Dibaca Bagi Pemula

Posted in: Contoh Cerpen

7 Cara Membuat Cerpen yang Menarik untuk Dibaca Bagi Pemula – Ingin menulis cerpen tapi masih pemula dan tidak tahu cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca?



Tenang Mamikos punya solusinya buat kamu. Cerpen atau cerita pendek adalah karya seni yang cukup diminati oleh masyarakat, cerpen biasanya dipublikasi melalui berbagai media seperti surat kabar, majalah, antologi dan blog.

Di era digital cerpen lebih sering di publish melalui media digital seperti blog maupun aplikasi novel online. 

Tentang Menulis Cerpen

https://www.pexels.com/@karolina-grabowska/

Tidak hanya penulis novel yang dihargai dengan harga tinggi, penulis cerpen pun dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan menulis cerita pendek tanpa harus menerbitkan novel.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang tertarik menjadi seorang penulis karena ada harga tinggi di sana. 


Untuk menjadi profesional pastinya harus dimulai dari pemula, begitupun dengan penulis profesional.


Tentunya mereka berasal dari pemula yang terus belajar hingga menjadi seorang penulis profesional. 

Lalu Bagaimana cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang?


Tenang, Mamikos sudah menyiapkan 10 cara menulis cerpen yang bagus sehingga mendapatkan banyak pembaca. Tapi sebelum itu, mari pelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan cerpen. 


Apa Itu Cerita Pendek (Cerpen)?

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek sebuah karya fiksi prosa yang dapat dibaca dalam waktu singkat, cerpen tidak seperti novel yang memiliki ketebalan hingga ratusan halaman.

Seperti namanya, cerpen dibuat jauh lebih pendek daripada novel.

Sebenarnya tidak ada panjang maksimum dalam pembuatan cerita pendek, namun rata-rata cerpen ditulis 1.000 hingga 7.500 kata dengan beberapa outlier yang mencapai 10.000 hingga 15.000 kata.


Untuk halamannya sendiri bisa dibilang sediikit karena hanya sekitar 10 hingga 25 halaman saja.


Hal inilah yang membuat cerpen dan novel berbeda. Novel memiliki kata dan halaman yang lebih banyak dibanding cerpen. 

Sebuah karya fiksi yang ditulis lebih lebih pendek misalnya 1.000 kata di anggap sebagai cerita pendek atau fiksi flash, sedangkan karya fiksi yang ditulis kurang dari 300 kata di sebut sebagai karya fiksi mikro. 

Banyak dari novelis profesional, memulai karirnya berawal dari mencoba menulis cerpen, dan kamu pun bisa mengikuti jejak mereka.


Kunci sukses yang harus kamu pegang adalah tidak malas belajar dan terus menggali potensi diri dengan ide-ide kreatif dalam menciptakan cerpen yang menarik untuk dibaca. 


Unsur-unsur Pokok Cerita Pendek?

Mungkin secara teknis menulis cerpen dan novel sedikit sama, namun latar cerpen lebih disederhanakan yaitu satu waktu dan tempat.


Cerpen juga hanya menggunakan satu atau dua karakter utama dengan memperkenalkannya tanpa cerita latar penuh.

Cerpen memiliki ciri khas yaitu memiliki format yang ringkas dan terkonsentrasi dengan setiap detail kata dan cerita. 

Jika menulis novel menggunakan beberapa subplot, maka cerpen hanya fokus pada satu plot saja.


Beberapa cerita mengikuti alur naratif tradisional yaitu dengan deskripsi di awal, aksi yang meningkat, momen puncak konflik serta resolusi di akhir.


Tapi berbeda dengan fiksi pendek kontemporer yang lebih cenderung memulainya di tengah-tengah aksi atau in medias res, yaitu menarik pembaca langsung ke adegan dramatis. 

Sedangkan cerpen di masa lalu lebih sering tentang tema sentral atau pelajaran moral dan pada saat ini lebih umum menemukan cerita yang endingnya ambigu.

Jenis cerita belum atau tidak selesai akan mengundang pembacaan terbuka serta menyarankan pemahaman yang lebih kompleks terkait realita dan perilaku manusia. 


Cerpen sangat cocok untuk uji coba atau penelitian dalam gaya dan bentuk penulisan prosa.


Tapi, tidak jarang penulis cerpen berusaha untuk menciptakan suasana hati yang berbeda dengan menggunakan perangkat sastra klasik seperti sudut pandang, metafora, diksi, citra, bayangan dan struktur kalimat. 

Cara Menulis Cerpen dalam 7 Langkah Sederhana

Jika kamu ingin menjadi penulis yang hebat, kamu harus terus belajar. Ingat bahwa menjadi penulis yang sukses perlu perjuangan.

Banyak penulis hebat memulai karirnya dengan menulis cerpen, blogging hingga menjadi penulis puisi sebelum mereka menjadi penulis novel atau buku. 


Membuat cerpen yang disukai oleh pembaca tidaklah mudah, kamu harus mengembangkan karakter, membangun ketegangan hingga klimaks serta menyelesaikan konflik utama.


Genre cerita pendek terbaik adalah yang menarik, memiliki pesan yang kuat dan membekas di hati pembaca. 

Apabila kamu ingin belajar menulis cerpen sehingga dapat menjadi penulis cerpen terbaik.

Kamu bisa memulainya dengan mempelajari cara membuat cerpen yang menarik untuk pemula di bawah ini:

1. Memahami Bahwa Cerpen Berbeda dengan Novel

Sebelum kamu menulis cerpen, pahami dulu perbedaan cerpen dan novel. Cerpen dan novel memang memiliki beberapa karakteristik yang sama.

Keduanya harus benar dalam tata bahasa, memiliki ejaan yang tepat, harus koheren dan tentunya cerpen dan novel harus menceritakan sebuah cerita. 


Keduanya harus memiliki unsur-unsur seperti insiden yang menghasut, komplikasi progresif, klimaks dan penyelesaian masalah.

Meskipun memiliki beberapa kesamaan, tetap saja novel dan cerita pendek itu jenis karya yang berbeda. 

Novel dan cerpen memiliki format yang berbeda, novelis akan menulis cerita yang panjang sedangkan penulis cerita pendek harus menulis cerita dalam batasan kata.

Seorang penulis cerpen akan memotong cerita ketika mereka menceritakan kisah lengkap karena terbatas dengan jumlah kata. 

Itulah mengapa cerpen tidak seperti novel. Cerpen lebih fokus pada satu aspek kehidupan karakter maupun satu aspek hubungan atau masalah dalam kehidupan karakter yang mereka ceritakan. 

2. Ciptakan dan Identifikasi Ide Cerpen 

Untuk membuat cerpen kamu lebih unik dan menarik bagi pembaca, maka kamu perlu menciptakan ide cerpen yang kuat dan mengidentifikasi ide cerpenmu. 

Ide cerita pendek bisa datang dari mana saja, tapi ide cerpen terbaik selalu datang dari diri kamu sendiri.

Jadi, temukan ide cerpen terbaikmu sehingga akan lebih mudah untuk diwujudkan dalam bentuk tulisan yang apik.

Untuk mendapatkan ide cerpen, maka harus ada pemicu untuk memunculkan ide cerita yang dapat membuat kamu membuat tulisan yang bagus.

Sebelum kamu mulai membuat cerita pendek, tentu saja kamu membutuhkan ide untuk dituangkan pada tulisan.

Penulis hebat mungkin dapat mengetik ide-ide menarik mereka dengan sangat mudah.

Tapi bagaimana dengan penulis pemula? Tidak perlu bingung, karena kamu bisa melakukan beberapa tips ini untuk membuat kreativitas kamu mengalir sehingga mendapatkan ide cerpen dengan cepat. 

  • Pikirkan karakter atau latar yang menarik – Kamu sudah tahu bahwa cerpen cenderung lebih sempit cangkupannya dibandingkan dengan novel. Ada batasan narasi dalam pembuatan cerpen, oleh karena itu, kamu perlu fokus pada satu karakter, latar atau peristiwa. Pilihlah karakter atau peristiwa paling menarik dan tuangkan pada cerita pendekmu. 
  • Miliki anekdot sendiri – Hampir semua penulis memiliki ciri khas mereka sendiri dalam membuat cerita. Kamu bisa membangun premis cerita dari pengalaman kehidupan nyata, tulis saja apa yang kamu ketahui. Meskipun kamu tidak mengalami kisah tersebut, mungkin kamu memiliki satu atau dua anekdot yang bisa menjadi dasar cerpen kamu. 
  • Kisah orang lain – Jika kamu memiliki teman dan menceritakan kehidupannya dan kamu menganggap itu menarik, itu bisa menjadi inspirasi untuk ide cerpenmu. Tidak harus kamu yang mengalaminya, tapi bisa mengambil kisah dari orang lain yang mungkin akan menarik jika dijadikan cerpen.
  • Membaca cerpen milik orang lain – Jika kamu masih belum menemukan ide cerpen, kamu bisa membaca cerpen milik orang lain untuk mendapatkan inspirasi. Jangan membuatnya sama persis tapi jadikan inspirasi untuk kisah yang ingin kamu tulis. 

3. Fokus Pada Pengembangan Karakter dan Tentukan Konflik dan Tujuan Utamanya

Supaya cerpen yang kamu tulis menarik bagi pembaca, kamu perlu mengenal karakter dengan baik.

Dengan memiliki pengembangan karakter yang baik kamu dapat menceritakan karakter utama dengan lebih baik. Kamu dapat menunjukan kepada pembaca siapa karakter utama. 

Apabila kamu membuat cerpen tentang orang terdekat yang sudah kamu kenal lama, tentu saja kamu akan mengenal karakter mereka.

Dengan begitu kamu bisa membuat cerita yang lebih kuat tentang orang terdekat kamu karena kamu sudah sangat mengenalnya.

Kreativitas dapat mendorong kamu menulis hal-hal baik atau paling menarik tentang karakter yang kamu tulis. 

Selain fokus pada pengembangan karakter, kamu juga dituntut untuk menentukan konflik dan tujuan karakter utama.

Ingat bahwa kamu tidak sedang membuat novel, jadi pastikan kamu tidak membuat cerita yang rumit dan terperinci. 

Dalam pembuatan cerita pendek, yang benar-benar kamu butuhkan adalah karakter utama yang berkembang dengan baik dan memiliki konflik, tujuan dan penyelesaiannya.

Perlu diketahui bahwa cerpen harus memiliki insiden yang menghasut dan klimaks, setiap adegan harus meningkatkan ketegangan, dan bermain dengan kronologi dan sudut pandang, 

4. Pikat Pembaca dengan Sesuatu yang Luar Biasa

Setiap penulis cerpen pastinya ingin tulisanya dibaca oleh banyak orang. Supaya pembaca terpikat dengan tulisanmu di awal, kamu harus menulis adegan pembuka yang akan langsung menarik perhatian pembaca.

Karena dalam cerita pendek tidak memiliki banyak kata untuk ditampilkan, maka kamu harus memberikan nada yang tepat dan memperkenalkan karakter untuk menarik perhatian pembaca untuk membuat pembaca terus membaca tulisan kamu.

Nah untuk membuat pembaca terpikat dengan tulisan kamu di awal, kamu bisa melakukan beberapa cara ini:

  1. Mulai dengan sebuah aksi – Untuk memikat pembaca dan membuatnya penasaran sehingga terus membaca yaitu dengan aksi. Aksi merupakan cara yang bagus untuk membangun ketegangan sehingga pembaca akan terus penasaran dengan lanjutan cerita. Cara ini juga bisa membuat mereka membaca cerpen kamu hingga selesai. 
  2. Mulailah dengan wawasan – Menulis sebuah kail pembuka merupakan cara yang dianggap efektif untuk memulai sebuah cerpen. Cara ini dapat membangkitkan minat baca dan mendorong pembaca untuk terus membaca cerpen kamu.
  3. Gunakan gambar – Salah satu cara membangiktkan minat baca di awal adalah dengan menghadirkan citra yang kuat pada pembaca. Kamu bisa memulainya dengan deskripsi objek, orang atau bisa dengan lokasi. Gambar yang didesain dengan baik akan menciptakan kenangan di benak pembaca. Perlu diketahui bahwa media visual seperti gambar lebih baik dalam menciptakan ketertarikan pembaca. 

5. Dialog harus menghidupkan cerita Anda

Meskipun adegan sangat berperan penting dalam memikat pembaca, namun perlu diperhatikan juga bahwa dialog-dialog yang baik bisa membuat karakter menjadi lebih hidup.

Karena cerpen harus sampai pada kesimpulan yang relatif cepat, maka jangan habiskan banyak waktu kamu untuk mengatur adegan yang tidak perlu. 

Supaya cerpen kamu menarik bagi pembaca, mungkin kamu perlu menempatkan karakter dalam sebuah adegan dengan memberikan mereka sesuatu untuk dilakukan.

Namun kamu harus fokus pada dialog untuk memajukan cerita dan mengatur konflik. 

Mungkin tidak ada cara yang lebih baik dalam menciptakan drama selain melalui dialog.

Dialog dapat membuat cerita terkesan nyata bagi pembaca. Jadi, jangan hanya fokus pada adegan, tapi perhatikan juga dialog untuk membuat cerita pendekmu lebih hidup. 

6. Beri Judul

Kedengarannya sangat sepele, tapi memberi judul pada sebuah buku apapun akan terasa sulit apalagi cerita pendek yang kita ketahui bahwa cerpen hanya terdiri dari beberapa ribu kata saja. 

Tapi ini tidak akan menjadi masalah besar, karena judul cerpen sedikit kurang penting jika dibandingkan dengan judul sebuah novel.

Judul cerpen bisa sangat abstrak, ini memungkinkan kamu dapat memberi judul dengan lebih mudah. 

Jika kamu masih bingung dalam menentukan judul cerpen, mungkin kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan seperti, apa yang unik dari cerita? apa tema menyeluruhnya? semenarik apa ceritanya? kelihatanya menarik tapi tidak jelas, apakah ceritanya masuk akal?

Dengan menanyakan pertanyaan tersebut, kamu dapat mengembangkan judul yang lebih baik, tidak hanya masuk akal namun juga menarik untuk memikat pembaca sehingga mereka membaca lebih lanjut. 

Cara ini juga cukup efektif untuk membantu kamu menemukan judul, tidak hanya judul untuk cerpen saja, melainkan juga judul untuk buku atau novel yang ingin kamu terbitkan suatu saat nanti.

Saat kamu mempelajari cara membuat cerpen yang menarik untuk pemula, jangan hanya belajar menulis isi cerita saja, namun juga pelajari cara membuat judulnya.

Judul yang menarik membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca, jadi mulai sekarang gunakanlah keterampilan menulis kamu tidak hanya pada isis cerita tetapi pada headlinenya juga. 

7. Sering Berlatih Menulis Adalah Kunci Sukses 

Cara terbaik membuat cerpen yang menarik adalah dengan sering berlatih menulis.

Bidang apapun jika sering dilatih maka bisa menjadi seorang ahli begitupun dengan penulis.

Apabila kamu secara teratur berlatih menulis, maka otak akan terbiasa menjadi kreatif dan lama-kelamaan kamu bisa dengan mudah membuat cerita pendek yang menarik bagi pembaca. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi penulis yang hebat dan ahli dibidang ini, maka jangan berhenti untuk berlatih.

Semakin sering kamu mengasah kemampuan dan melakukannya dengan baik, semakin meningkat pula kualitas menulismu.

Jadi, ketika kamu sudah memutuskan untuk berkarir di bidang ini, fokuslah untuk menulis cerpen secara teratur.

Dan jangan lelah belajar karena orang yang sukses tidak akan pernah berhenti untuk belajar. 

Nah itulah cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca bagi pemula. Kamu bisa menerapkan ke 7 cara ini untuk menulis cerita pendek yang lebih menarik.

Sekadar info saja, bahwa cerpen yang bagus dan disukai oleh pembaca akan mendatangkan cuan.

Oleh karena itu, menjadi penulis cerpen tidak hanya hobi namun juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Jangan tunda lagi untuk melakukannya, mulailah sekarang dan jadilah penulis yang hebat!

Bagikan tulisan ini ke teman-temanmu jika kamu merasa tulisan ini bermanfaat. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta