Teks Biografi: Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Struktur Teks Biografi

Teks Biografi: Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Struktur Teks Biografi – Apabila Anda datang ke toko buku pasti sering melihat deretan buku biografi. Buku dengan jenis teks biografi ini ditulis untuk mengenalkan tokoh tertentu. Tokoh ini memiliki peran besar terhadap masyarakat yang ada di Indonesia maupun masyarakat dunia.

Biografi ini ditulis oleh seseorang yang memang sudah ahli dalam pembuatan teks berdasarkan data dan juga wawancara. Selain itu, ada juga teks yang dibuat oleh individu atau tokoh itu sendiri. Untuk mengenal lebih jauh tentang biografi Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

Pengertian Teks Biografi

unsplash.com

Teks biografi atau sering disebut juga dengan biografi adalah suatu tulisan non fiksi yang dibuat untuk menulis perjalanan hidup dari suatu tokoh. Teks ini dibuat untuk memperkenalkan tokoh tertentu secara lebih baik kepada masyarakat. Jadi, teks umumnya bersifat sesuatu yang personal.

Seorang penulis biografi biasanya mengumpulkan seluruh informasi dari narasumber secara langsung. Apa saja akan dikumpulkan sebelum akhirnya ditulis agar lebih menarik tanpa mengubah konten atau isi di dalamnya. Penulis hanya membuat teks menjadi lebih enak dan mengalir.

Selain itu, teks juga bisa dibuat berdasarkan wawancara orang yang ada di sekitar dari toko. Teks juga bisa didukung oleh literatur yang mencatat apa saja peran dari tokoh tersebut ataupun prestasi yang sudah dilakukan. Apalagi jika tokoh tersebut memang sudah meninggal.

Setelah teks itu jadi, biasanya akan dikirimkan secara langsung kepada tokoh apabila mereka belum meninggal. Mereka bisa membaca lalu melakukan verifikasi tentang data-data yang ada di dalamnya apakah sudah benar atau ada kesalahan.

Setelah semuanya berjalan dengan baik barulah naskah akan naik ke penerbit dan akhirnya memasuki proses penyuntingan hingga dijual secara bebas. Umumnya, biografi mudah ditemukan di toko buku bahkan memiliki rak sendiri.

Ciri Teks Biografi

Biografi biasanya memiliki beberapa ciri yang semuanya harus ada atau sebagian harus terpenuhi. Berikut beberapa ciri khusus yang ada pada teks biografi dan mudah ditemukan di pasaran:

Menceritakan Perjalanan Masa Kecil, Karier, dan Perjuangan 

Salah satu ciri biografi yang tidak bisa dilepaskan begitu saja adalah menceritakan suatu hal. Umumnya, biografi ditulis berdasarkan kisah dari seseorang yang memulai dari nol hingga akhirnya menapaki suatu kesuksesan dengan cukup gemilang.

Kisah ini bisa perjalanan masa kecil yang kadang tidak terlalu menyenangkan hingga akhirnya bisa menjalankan kehidupannya dengan baik. Berbagai kesulitan juga akan diceritakan untuk melihat bagaimana usaha dari tokoh biografi dalam menjalankan kehidupannya.

Selanjutnya juga ada ada perjalanan karir dari tokoh tersebut mulai dari orang yang bukan apa-apa menjadi orang yang sangat dikenal. Perjuangan mereka untuk masyarakat juga bisa diceritakan, sehingga bisa memberikan dampak yang besar kepada orang lain.

Bersifat Kronologis

Biografi umumnya memiliki sifat kronologis. Artinya kisah dari tokoh diceritakan berdasarkan waktu mulai dari awal hingga akhir. Selain itu, bisa juga membuat beberapa alur seperti maju dan mundur untuk membuat kisah menjadi tidak monoton.

Apa yang ditulis pada biografi adalah kejadian nyata yang memang benar-benar terjadi. Itulah kenapa yang ditulis sesuai dengan kronologi kejadian, mulai dari waktu seseorang atau tokoh berjuang ketika kecil sampai akhirnya mereka bisa meraih kesuksesan.

Penulisan sesuai dengan kronologi ini juga akan memudahkan seseorang untuk mengetahui kira-kira kapan kejadiannya. Dengan begitu, seseorang bisa tahu bagaimana sejarah dari tokoh dalam biografi tersebut secara detail.

Mengisahkan Perjalanan Personal

Ciri lain dari biografi adalah mengisahkan suatu perjalanan yang personal dari tokoh. Terkadang kisah-kisah dari tokoh itu sudah diketahui oleh masyarakat umum. Apabila ditulis menjadi biografi tidak akan menarik, karena semua orang sudah mengetahuinya.

Namun, jika ditambahkan elemen personal yang ada di dalamnya tentu akan menjadi lebih menarik. Tentu hal ini tetap didasarkan pada fakta yang ada dan tidak dibuat-buat seolah menjadi suatu kisah fiksi. Jadi, tidak akan ada yang dimanipulasi dalam suatu kisah perjalanan.

Kisah yang personal ini biasanya diceritakan sendiri oleh tokoh tersebut. Misal kisah percintaan mereka yang kadang tidak diketahui oleh publik dan hanya diceritakan saat biografi dibuat. Hal seperti inilah yang akan menjadi nilai plus saat pembuatan teks biografi.

Merupakan Teks Non Fiksi

Biografi merupakan teks nonfiksi yang berdasarkan kisah nyata dari tokoh yang berpengaruh. Cerita ini ditulis sesuai dengan fakta yang ada tanpa ada tambahan sama sekali. Hanya saja saat penulisan, gaya bercerita dari seorang penulis akan menentukan apakah biografi menjadi menarik atau tidak.

Meski demikian, terkadang ada juga biografi yang dibuat seolah-olah menjadi teks fiksi. Misal kisah dari seorang penemu. Terkadang kisah ini dibuat menjadi fiksi seperti diubah menjadi komik ataupun teks lain agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat khususnya anak-anak.

Hal yang paling penting adalah inti dari kisah tersebut tetaplah sama dan tidak diubah. Selebihnya elemen pendukung yang ada disekitarnya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan, untuk mempermudah penyampaian suatu cerita atau kisah.

Dikembangkan secara Deskriptif dan Naratif

Biografi biasanya dikembangkan secara deskriptif. Artinya tokoh akan diceritakan secara deskriptif mulai dari bagaimana tubuh mereka, bagaimana rumah mereka, sampai apa saja yang ada di sekitarnya. Semua dideskripsikan dengan tepat agar semua orang lebih memahaminya.

Teks juga dibuat menjadi narasi narasi yang cukup menarik sehingga tidak membosankan. Apa yang sudah diceritakan oleh tokoh ataupun berdasarkan data yang ada diolah kembali, agar lebih mudah dipahami saat diceritakan dalam bentuk teks.

Ada Penggambaran Tokoh

Ciri terakhir dari biografi adalah adanya penggambaran tokoh yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Umumnya, biografi yang berada di toko buku melakukan proses penggambaran langsung sehingga sejak permulaan sudah menyebut tokoh. Jadi, tidak perlu membuat suatu perumpamaan.

Penggambaran tokoh ini dilakukan secara rinci mulai dari bagaimana bentuk tubuh mereka saat masih kecil hingga akhirnya saat mereka sudah dewasa. Penggambaran yang cukup jelas ini akan mempermudah pembaca untuk membayangkan bagaimana kehidupan mereka.

Bahkan beberapa biografi juga dibuat menjadi suatu film layar lebar berdasarkan deskripsi atau penggambaran tersebut. Penggambaran ini ini biasanya didapatkan berdasarkan cerita dari tokoh itu sendiri ataupun berdasarkan cerita dari orang yang ada di sekitarnya.

Jenis Teks Biografi

Berdasarkan Penulis

Secara umum biografi yang umumnya ditulis terbagi menjadi dua. Pertama adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dan yang kedua biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut.

Biografi

Biografi adalah teks berdasarkan kisah atau perjalanan hidup dari tokoh dan ditulis oleh orang lain. Meski demikian, seluruh data yang ada di dalamnya bisa berdasarkan wawancara dari penulis kepada tokoh secara langsung ataupun keluarga yang ada di sekitarnya.

Tokoh utama hanya melakukan verifikasi data dan tidak melakukan proses penulisan secara langsung.

Autobiografi

Tokoh utama dari biografi menulis sendiri kisah hidupnya dibuat menjadi semacam buku. Biasanya Hal ini dilakukan untuk keperluan tertentu, agar masyarakat lebih mengenal atau memberikan respon positif terhadap biografi yang ditulis.

Berdasarkan Jenis Pembahasan

Biografi Politik

Biografi politik merupakan teks biografi berdasarkan bagaimana perjalanan tokoh. Teks ini biasanya dibuat sendiri oleh penulis atau berdasarkan permintaan atau pesanan dari tokoh tertentu.

Biografi politik ini akan membuat citra dari tokoh utama menjadi lebih baik ketika buku tersebut dipasarkan. Misal tentang apa saja yang dilakukan dan apa saja manfaatnya untuk masyarakat. Dari hal positif inilah, maka citra akan naik dan akhirnya berpengaruh baik pada karir politik yang sedang dijalani.

Biografi Jurnalistik

Selanjutnya biografi jurnalistik yang umumnya berdasarkan data jurnalis yang ada. Data ini bisa dikumpulkan berdasarkan investigasi ataupun berdasarkan berbagai studi termasuk melakukan wawancara langsung kepada tokoh.

Biasanya biografi jenis ini dibuat sendiri oleh penulis atas izin tokoh utama ataupun ahli warisnya. Jadi, isi di dalamnya tidak akan mendapatkan intervensi dari pihak manapun, sehingga bisa jelas baik ada yang positif maupun ada yang negatif.

Biografi Intelektual

Teks biografi intelektual biasanya berdasarkan data yang sudah ada lalu ditulis sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. Jadi, bahasa yang dibuat tidak terlalu nonformal dan tetap mengikuti aturan intelektual yang ada di Indonesia ataupun yang ada di dunia.

Berdasarkan Pembiayaan

Buku Sendiri

Buku ini dibuat sendiri atau dibuat oleh orang lain meski seluruh biaya yang ada didalamnya mulai dari proses riset sampai penerbitan ditanggung oleh tokoh. Hal ini dilakukan untuk menunjang citra positif dari tokoh di masyarakat.

Buku Subsidi

Buku ini biasanya dibuat berdasarkan wawancara dari tokoh dan dibuat oleh penulis secara independen. Karena tidak bisa menerbitkan akan ada sponsor yang mendukung proses ini hingga akhirnya buku bisa cetak dan dipasarkan.

Buku Penerbit

Biografi ditulis oleh seseorang berdasarkan tokoh yang sudah ada sesuai dengan permintaan dari penerbit. Misal karena tokoh tersebut memang sedang naik pamornya atau disukai oleh masyarakat sehingga biografi ini akan meningkatkan penjualan.

Tujuan Pembuatan

  • Digunakan untuk lebih mengenalkan tokoh kepada masyarakat.
  • Meningkatkan citra atau branding dari tokoh politik atau tokoh apapun apabila mereka masih berkarir.
  • Memberikan motivasi kepada masyarakat terkait dengan usaha dan juga capaian yang sudah didapatkan.
  • Digunakan untuk mengabadikan kisah agar tetap bisa diteruskan dari generasi ke generasi.

Struktur Teks Biografi

Orientasi

Umumnya, berkisah tentang perjalanan hidup dari tokoh mulai saat mereka masih kecil atau saat mereka mulai menjalani karier.

Peristiwa Penting

Mengisahkan tentang perjuangan hingga akhirnya tokoh mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal yang sifatnya besar biasanya juga dibahas dalam struktur ini.

Reorientasi

Merupakan simpulan dari apa yang sudah ditulis mulai dari awal hingga akhir. Komentar dari penulis biografi juga bisa ditemukan pada bagian ini.

Teks biografi dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan tokoh baik itu tokoh yang sudah meninggal ataupun tokoh yang masih ada. Dengan membaca teks tersebut seorang bisa mengenal bagaimana perjalanan karir dari seseorang hingga tidak mengulangi beberapa kesalahan yang pernah dilakukan.

Biografi ditulis berdasarkan data atau fakta yang sebenarnya. Tidak ada tambahan seperti layaknya fiksi agar terlihat lebih menarik. Hanya saja kemampuan dari seorang penulis sangat dituntut untuk membuat teks yang awalnya biasa menjadi lebih mengalir dan enak untuk diikuti.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah