Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar, Kreatif

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar, Kreatif – Salah satu senjata yang wajib ada untuk melamar suatu pekerjaan di manapun berada tentunya adalah Curriculum Vitae atau yang juga sering disebut dengan Daftar Riwayat Hidup. Curriculum Vitae adalah sebuah ekspresi Latin yang diterjemahkan sebagai ‘perjalanan dalam hidup’. Pada penggunaan sekarang, curriculum kurang ditandai sebagai sebuah kata serapan asing.

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

pixabay.com

Tak bisa disepelekan, contoh daftar riwayat hidup ini seringkali dijadikan syarat melamar pekerjaan yang diterapkan oleh perusahaan. Untuk itu, keberadaan contoh daftar riwayat hidup tersebut pun tak bisa begitu saja diabaikan.

Format Daftar Riwayat Hidup

Untuk membuat contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun dalam pembuatanya tidak sulit, namun bila melewatkan beberapa poin penting tersebut maka akan fatal akibatnya. Apa saja hal-hal tersebut yang juga menjadi hal penting yang harus ada dan dicantumkan dalam contoh daftar riwayat hidup? Berikut daftarnya:

1. Identitas diri

Identitas diri wajib ada di Daftar Riwayat Hidup. Biasanya Daftar Riwayat Hidup tersebut seputar nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, dan beberapa hal lain yang bersifat pribadi.

2. Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan ini biasanya diisi dengan mencatumkan riwayat pendidikan yang pernah ditempuh. Urut mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Pada umumnya terdiri dari dua macam yakni pendidikan formal dan pendidikan nonformal.

3. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja di isi apabila si pelamar pernah bekerja sebelumnya. Seperti pernah bekerja di mana, dan ditempatkan pada posisi apa, serta alokasi waktunya.

4. Pengalaman organisasi

Namun, apabila si pelamar belum pernah bekerja sama sekali, seperti yang ada pada kasus fresh graduate, biasanya pengalaman kerja diganti dan diisi dengan pengalaman organisasi.

5. Keahlian khusus

Hal ini penting, terutama bila mencantumkan keahlian yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Biasanya keahlian khusus ini menjadi salah satu hal yang nantinya akan dipertimbangkan oleh HRD perusahaan sebelum akhirnya merekrut si pelamar tersebut.

unsplash.com

Daftar riwayat hidup atau disebut juga Curriculum vitae adalah contoh daftar riwayat hidup atau  dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.

Di beberapa negara, suatu contoh daftar riwayat hidup biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

sulit, namun bisa dipahami untuk pemula hal ini tidaklah cukup mudah, masih bingung dan tentunya membutuhkan sebuah contoh daftar riwayat hidup supaya bisa dipahami dengan baik. Buatlah contoh daftar riwayat hidup secara professional, rapi, dan jujur yang menjelaskan riwayat diri kita secara jelas.

Karena riwayat hidup yang kita buat cukup mempengaruhi diterima atau tidaknya kita di perusahaan yang dilamar. Nah, agar tidak kebingungan dalam membuat contoh daftar riwayat hidup, berikut ada beberapa tips dalam membuat contoh daftar riwayat hidup yang bisa dipraktekkan secara langsung.

  1. Buatlah dengan jelas, supaya mudah dibaca dan mudah dipahami.
  2. Yang kedua adalah jangan lupa untuk menulis riwayat pekerjaan secara lengkap, misal pernah bekerja di perusahaan mana, sebutkan dan menjabat sebagai apa, serta lama bekerja dari tahun berapa sampai tahun berapa.
  3. Jujur dalam membuatnya, jangan mencoba memanipulasi CV Riwayat Hidup.
  4. Jangan menulis pengalaman yang tidak penting untuk disebutkan, seperti Lomba Menyanyi, dsb.
  5. Dalam menulis riwayat pendidikan sebaiknya dimulai dari jenjang yang paling tinggi ke yang lebih rendah, misal data mengenyam pendidikan di PT (Perguruan Tinggi), SLTA, SLTP, SD, sebutkan nama instansinya dan tahun kelulusannya. Apabila pernah mengikuti pendidikan nonformal disamping pendidikan formal, maka menulisnya pendidikan formal dahulu, kemudian diikuti pendidikan nonformal.]
  6. Tulislah training yang pernah anda ikuti, cukup tulis yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.
  7. Pada penulisan data pribadi, singkat dan yang penting saja, seperti : nama, tempat tanggal lahir, agama, jenis kelamin, alamat, status (single atau sudah menikah), email, nomor handphone, dsb.
  8. Bila akan menyertakan pas foto, maka sertakan pas foto terbaru.

Macam Macam Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup ternyata ada 2 macam. Tak banyak orang yang tahu, tapi dari macamnya ini, akhirnya bisa diketahui daftar riwayat hidup yang mana yang sebaiknya digunakan:

1. Daftar riwayat hidup berdasarkan urutan kronologis

Daftar riwayat hidup yang satu ini, paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Jenis daftar riwayat hidup yang satu ini mengedepankan mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila seseorang mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir seseorang, sehingga daftar riwayat hidup model ini akan memperlihatkan perkembangan karir seseorang. Daftar riwayat hidup seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

2. Daftar riwayat hidup yang kedua ini adalah daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan

Jenis daftar riwayat hidup ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Daftar riwayat hidup yang satu ini ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Tujuan Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Pembuatan Daftar Riwayat Hidup bukan semata-mata tanpa bertujuan. Agar tak semakin penasaran, berikut adalah tujuan pembuatan Daftar Riwayat Hidup yang perlu diketahui dan dipelajari:

  1. Daftar riwayat hidup atau resume bagi pelamar pekerjaan adalah mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.
  2. Daftar riwayat hidup secara umum dibuat untuk melamar sebuah pekerjaan. Di samping itu juga bisa untuk mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba dan sebagai lampiran pendukung ketika mengirim sebuah tulisan baik ke surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen atau dalam bentuk buku ke penerbit. Tidak hanya itu, ketika kita menulis skripsi atau tesis, biasanya akan di lampirkan pula CV dari seorang penulisnya.
  3. Daftar riwayat hidup atau resume, bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup yang bisa dicoba:

Contoh Daftar Riwayat Hidup Kreatif

Contoh 1

coolfreecv.com

Contoh 2

mycvstore.com

Contoh 3

mycvstore.com

Contoh 4

Contoh 5

Contoh 6

Contoh 7

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana

DATA PRIBADI

Nama Lengkap :
Tempat & tanggal lahir :
Alamat  :
Jenis Kelamin  :
Status Perkawinan :
Agama :
No Telp :
Email  :

Pendidikan Formal:
1996 – 2002  : SDN 1
2005 – 2005  : SMPN 1
2005 – 2008  : SMAN 2
2008 – 2013  : UGM

Pendidikan Informal:
2015   : Kursus Membatik
2015  : Kursus Menulis
2017  : Kursus Kebangsaan

Pengalaman Kerja:
2015-2016  : Bekerja Di Sales marketing di PT Suka Maju

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Magelang, 25 Juni 2017

[Nama Kamu]

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Daftar riwayat hidup dalam Bahasa Inggris juga sering dibutuhkan dan diperlukan. Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup dalam Bahasa Inggris.

Curriculum Vitae

Name :
E-Mail :
Place and date of birth :
Nationality:
Phone number :

Education:
University of Indonesia
SMA Negeri 02 Surabaya

Languages:
Listening: 250
Reading: 195
Relevant certivicate: 450
Skills: Ability of operating Computer and internet

Hobby : reading, traveling, listening

Address: St. Ahmad Yani. No. 23 Surabaya

Status: Married

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Fresh Graduate

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama  :
Jenis Kelamin :
Tempat Tanggal Lahir  :
Status    :
Alamat  :
Kewarganegaraan :
Agama   :
Nomor Handphone :
Email  :

Pendidikan:
SD N 1 Pemalang 1991 – 1997
SMP N 1 Pemalang 1997 – 2000
SMA N 1 Pemalang 2000 – 2003
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Ekonomi) 2003 – 2007

Pengalaman Organisiasi:
Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dari tahun 2003 – 2006.

Minat dan keahlian:
Mampu berbicara dengan baik
Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
Suka menulis

Hormat saya

[Nama kamu]

Contoh Daftar Riwayat Hidup dengan Pengalaman Kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi :
Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat Tanggal Lahir :
Kesehatan :
Kewarganegaraan :
Status Perkawinan :
Agama :
Alamat Lengkap :
Nomor Telepon :

Pendidikan Formal:
1999 – 2005 : SD N 106803 Yogyakarta
2005 – 2008 : SMP N 45 Yogyakarta
2008 – 2011 : SMA PAB 1 Yogyakarta
2011 – 2015 : S1-Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta (Teknik Informatika)

Pengalaman Kerja :
Bekerja di PT. Pasifik Solusindo Yogyakarta Sebagai Digital Marketing Januari 2010 – Desember 2011
Bekerja di PT. Musimas – Yogyakarta Sebagai Marketing Mei 2011 – Februari 2012
Bekerja di PT. Inalum Sebagai Teknisi Komputer Agustus 2012 – Januari 2014

Prestasi :
PSMS u-17 (2007)
Juara Lomba Komputer se Yogyakarta Yogyakarta ( 2008 – 2009 )
Seleksi Nasional PON Yogyakarta( 2009 – 2011 )
Juara SSB se-Indonesia ( 2005 – 2006 )
Juara Olimpiade Sains se-Yogyakarta (2004)

Demikian Ini Daftar Riwayat Hidup saya buat dengan benar sesungguhnya.

Yogyakarta 17 September 2018.

Hormat saya,

[Nama kamu]

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama:
Jenis Kelamin:
Tempat Tanggal Lahir:
Status:
Alamat:
Kewarganegaraan:
Agama:
Nomor Handphone:
Email:

Pendidikan:
SD Al Washliyah 19 Jakarta 2000 – 2006
SMP Negeri 1 Jakarta 2006 – 2009
SMA Pelita Harapan 2009 – 2012
Universitas Indonesia (Ekonomi) 2012 – 2017

Pengalaman Organisasi:
Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2012 – 2017.

Minat dan keahlian:
Mampu berbicara dengan baik
Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
Suka menulis dan menonton film

Hormat saya

[Nama kamu]

Cara Kirim Daftar Riwayat Hidup Melalui Email

Selain diberikan dalam bentuk berkas secara offline, ternyata daftar riwayat hidup juga bisa dikirim secara online melalui email. Apabila sudah terbiasa berkirim surat dan lain sebagainya melalui email, tentu daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja ini bisa dikirimkan dengan mudah. Namun jika kebetulan belum terbiasa berkirim email tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini akan diulas mengenai langkahnya dari awal. Berikut adalah tata cara membuat dan mengirimkan daftar riwayat hidup melalui email:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat email bagi yang belum memiliki email. Jika sudah, tinggal membuka email tersebut. Namun, yang belum mendaftarkan diri segera buatlah email dengan mengikuti langkah serta petunjuk yang diberikan.
  2. Saat mendaftar email, akan dimintai nomer telefon pribadi yang masih aktif. Dari nomer yang diinput tersebut, nantinya pihak Google akan mengirimkan kode untuk verifikasi kepada nomer tersebut. Fungsi dari kode verifikasi sendiri adalah untuk proses aktivasi email yang didaftarkan tersebut.

Nah, setelah email baru telah aktif dan bisa digunakan, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah atau proses log in email
  2. Klik lah bagian “Tulis
  3. Setelah itu, masukkan alamat email tujuan di kolom kepada
  4. Sedangkan untuk kolom perihal, bisa menuliskan Surat Lamaran Kerja
  5. Kemudian masukkan surat lamaran dan juga daftar riwayat hidup dalam format doc/pdf. Kepada kolom isi pesan dengan memilih tombol lampirkan file
  6. Sesudah seluruh file yang diminta untuk melamar masuk ke email, hanya perlu menekan “kirim
  7. Mengirim surat lamaran kerja beserta daftar riwayat hidup melalui email ini memang memiliki kesan yang lebih mudah dan praktis dibandingkan harus jauh-jauh datang ke kantor tujuan. Selain menghemat waktu, ini juga akan lebih menghemat biaya. Dengan begitu, pun tidak perlu membuang banyak uang dan tenaga untuk proses melamar kerja.

Cara Membuat Riwayat Hidup Tulis Tangan

Setelah tata cara kirim daftar riwayat hidup melalui email, saatnya untuk mengetahui cara menulis daftar riwayat hidup melalui tulisan tangan. Berikut adalah cara menulis daftar riwayat hidup.

  1. Siapkan kertas yang bersih saat akan membuat daftar riwayat hidup, pastikan kertas yang digunakan tidak robek atau terlipat.
  2. Tulislah daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan milik sendiri, usahakan tidak membuat coretan yang tidak perlu karena akan membuat daftar riwayat hidup terlihat tidak rapi, gunakanlah tinta biru atau hitam pada saat menulisnya.
  3. Isi daftar riwayat hidup secara terurut, mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat lalu riwayat pendidikan yang berurutan mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
  4. Jujurlah dalam mengisi informasi yang ada di dalam daftar riwayat hidup. Pastikan informasi yang dibuat merupakan asli dan berdasarkan keadaan sekarang.
  5. Pelamar juga dapat mengisi pendidikan informal ke dalam daftar riwayat hidup.
  6. Tulis juga pengalaman yang pernah dilakukan, namun jika pelamar adalah fresh graduate maka tidak perlu untuk menulisnya.
  7. Jika perusahaan meminta untuk disertakan pasfoto, maka pelamar dapat menempelkannya di bagian kanan atas surat daftar riwayat hidup.
  8. Di akhir daftar riwayat hidup, pelamar dapat menyertakan tanda tangan dibagian kanan bawah surat daftar riwayat hidup.

Tips Penulisan Daftar Riwayat Hidup 

Dalam membuat Daftar Riwayat Hidup, tentu kamu harus mengikuti format atau tata cara yang baik dan benar. Tujuannya tentu agar pihak HRD atau perusahaan yang kamu tuju dapat mempertimbangkan kamu. Selain itu apabila Daftar Riwayat Hidup kamu baik, rapi dan lengkap, maka kamu jadi memiliki kemungkinan besar untuk dilirik HRD. 

Supaya daftar riwayat hidup lamaran kerja kamu bisa dilirik oleh HRD dan bisa lolos ke tahap selanjutnya, maka ada beberapa tahapan atau hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan ketika menulis daftar riwayat hidup.

1. Perhatikan Jenis dan Ukuran Font yang Dipakai

Saat ini penulisan Daftar Riwayat Hidup sudah sangat jarang menggunakan tulisan tangan. Malah kebanyakan perusahaan sekarang lebih menyukai Daftar Riwayat Hidup yang diketik dengan komputer. Tujuannya tentu agar terlihat lebih rapi, formal dan profesional. Bahkan ada beberapa perusahaan yang lebih mengutamakan Daftar Riwayat Hidup yang dikirimkan melalui email saja.

Oleh sebab itu, maka agar Daftar Riwayat Hidup yang kamu buat terlihat lebih rapi, maka pilihlah font dengan gaya profesional. Ada beberapa jenis font yang bisa kamu pilih diantaranya adalah Times New Roman, Calibri dan Arial.

Untuk format yang lebih rapi dan cantik, jangan lupa untuk menerapkan 2,5 cm pada setiap garis tepi halaman dan spasi antar baris antara 1,5 – 2 cm. Agar secara keseluruhan daftar riwayat hidup terlihat lebih enak saat dibaca.

2. Urutan Waktu Dengan Tepat Pada Penulisan Riwayat Pekerjaan

Ketika akan menulis pengalaman bekerja kamu selama ini ke daftar riwayat hidup baru kamu, perhatikan untuk menulis dengan urutan waktu yang tepat. Kamu bisa memilih mengurutkan dari pengalaman kerja yang paling awal atau yang paling akhir.

Selain itu tulislah informasi riwayat bekerja kamu secara lengkap mulai dari posisi, deskjob, nama perusahaan, lokasi perusahaan. Kemudian tahun dan tanggal awal kamu memulai dan mengakhiri pekerjaan.

Agar lebih menarik perhatian HRD, kamu juga diperbolehkan untuk menuliskan setiap pencapaian atau prestasi yang berhasil kamu lakukan selama bekerja di perusahaan lama kamu. Percaya diri lah dan tulis lah pencapaian tersebut tanpa perlu melebih-lebihkan. 

3. Tulis Urutan Riwayat Pendidikan dengan Tepat

Saat kamu menulis urutan riwayat pendidikan dalam Daftar Riwayat Hidup adalah dimulai dari pendidikan kamu yang paling akhir baru pendidikan awal kamu. Jangan lupa untuk mencantumkan jurusan dan fakultas apa yang kamu pilih selama di universitas. Atau untuk yang lulusan SMK/SMA juga bisa demikian. Cantumkan jurusan apa yang dipilih dan tanggal serta tahun kelulusan kamu tersebut. 

Untuk bagian riwayat pendidikan selama di kampus, apabila kamu memiliki prestasi yang pernah diraih selama kuliah, maka kamu juga bisa menuliskan pengalaman tersebut. Tuliskan urutan prestasi tersebut jika memang berhubungan dengan jurusan atau gelar yang kamu terima sekarang. 

4. Cantumkan Keahlian atau Kualifikasi Diri

Apabila kamu memiliki kemampuan lain walaupun itu tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar, atau tidak ada hubungannya dengan jurusan yang dipilih ketika kuliah, maka tidak ada salahnya juga untuk kamu cantumkan. Tujuannya agar kamu mendapatkan nilai tambah dari HRD. Misalnya saja kemampuan berbahasa Inggris atau Prancis atau mampu mengoperasikan software seperti adobe photoshop bisa menambah nilai kamu di mata HRD.

5. Menulis Referensi Profesional

Kamu juga bisa mencantumkan referensi profesional dalam Daftar Riwayat Hidup. Maksudnya adalah kamu bisa menuliskan orang-orang yang bukan keluarga atau teman pada Daftar Riwayat Hidup kamu untuk membuktikan prestasi kerja atau studi yang pernah kamu raih sebagai pelengkap informasi tambahan.

Tidak lupa cantumkan juga informasi kontak mereka seperti nomor HP, alamat rumah/kantor dan email. Referensi profesional yang dimaksud bisa manajer divisi kamu di kantor lama, HRD kantor lama dan dosen universitas yang pernah membimbing kamu.

Namun perlu diperhatikan untuk meminta izin orang yang berkaitan dengan informasi yang kamu cantumkan tersebut agar tidak terjadi salah paham. Itulah mengapa menjalin hubungan baik dengan banyak orang sangat penting efeknya bahkan untuk karir sendiri di masa depan.

6. Gunakan Kata Kerja Aktif

Agar kemampuan kamu yang lain semakin terlihat menonjol, menggunakan kata kerja aktif dalam mendeskripsikan desk job selama bekerja di kantor lama. Contohnya jika posisi di kantor lama adalah Account Executive, maka jangan menggunakan kalimat ‘membuat jadwal, melakukan persiapan,” langsung saja tulis ‘menjadwalkan, mempersiapkan, menyediakan’.

Dengan memilih kata kerja aktif/langsung informasi yang kamu lampirkan pun semakin padat dan mudah dipahami pihak HRD. Informasi padat dan lugas tentunya akan lebih disukai. 

7. Cek EYD dan Penggunaan Format Penulisan 

Setelah kamu selesai menulis Daftar Riwayat Hidup jangan lupa untuk mengecek kembali apa yang kamu tuliskan secara keseluruhan. Tentu saja untuk menghindari typo atau salah ketik dan ejaan yang salah. Kamu bisa mengecek KBBI untuk memastikan penggunaan kata bahasa Indonesia jika kamu sedikit ragu. Jangan lupa untuk menggunakan italic untuk penggunaan kata asing dan cek juga apakah ejaan terhadap penggunaan kata asing juga tidak typo atau keliru.

8. Perhatikan Kualitas Kertas dan Amplopnya

Selalu gunakan kualitas kertas yang bagus dan dikemas dengan amplop yang bagus ternyata isa menambah kesan bahwa kamu bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Dengan tampilan daftar riwayat hidup dan amplop yang rapi, tentu bisa membuat HRD memberikan penilaian yang baik untuk kamu.

9. Isi Daftar Riwayat Hidup dengan Lengkap, Rapi dan Sesuaikan dengan Posisi yang Kamu Lamar

Isilah setiap informasi dengan jujur, karena kebenaran informasi akan kamu pertanggung jawabkan ketika kamu masih tahap interview atau tahap tes lainnya. Buatlah Daftar Riwayat Hidup yang sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan. Kamu boleh tonjolkan kepribadian, kemampuan dan potensi di dalam Daftar Riwayat Hidup. Jadi pastikan kamu membuat Daftar Riwayat Hidup yang sesuai dengan kenyataan agar bisa dipertimbangkan oleh pihak HRD.

Membuat daftar riwayat hidup sebenarnya merupakan hal yang mudah, namun bagi mereka yang belum pernah melamar pekerjaan atau bagi mereka lulusan baru (fresh graduate) tentunya akan bingung dengan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Dalam proses seleksi calon karyawan, biasanya daftar riwayat hidup atau contoh daftar riwayat hidup adalah dokumen yang akan pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu daftar riwayat hidup atau contoh daftar riwayat hidup merupakan hal yang sangat penting dan paling berpengaruh dalam menentukan apakah calon karyawan cocok untuk dipanggil interview atau tidak. Itu sebabnya penting dan harus melihat contoh daftar riwayat hidup yang benar agar dapat diterima kerja.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah