Pengertian Curriculum Vitae (CV), Fungsi, Format, Struktur dan Contohnya

Pengertian Curriculum Vitae (CV), Fungsi, Format, Struktur dan Contohnya – Bagi kamu yang sedang melamar pekerjaan. istilah dokumen Curriculum Vitae atau CV tentunya sudah tidak lagi asing untuk terdengar. CV merupakan dokumen wajib yang perlu untuk kamu sertakan sebagai persyaratan untuk mempermudah proses perekrutan yang sedang berjalan. CV seperti menjadi pintu pertama yang akan membukakan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa pengertian Curriculum Vitae (CV) dan bagaimana struktur pembuatannya secara benar dan lengkap. 



Memahami Pengertian dari CV

pexels.com/@cottonbro

Sebelum beranjak untuk pembahasan yang lebih mendalam, maka penting untuk memahami apa pengertian Curriculum Vitae (CV). Dokumen satu ini bisa dibilang sangat wajib untuk disertakan dan selalu menjadi persyaratan utama yang perlu untuk dipenuhi. CV merupakan dokumen yang berisikan informasi mengenai riwayat hidup yang dimiliki oleh seseorang secara lebih singkat. Didalamnya terdapat informasi yang berguna untuk membantu memberikan bahan referensi ketika melamar atau mencari pekerjaan yang diinginkan.

CV berisikan sejarah kehidupan seseorang yang tidak diketahui oleh orang lain, mulai dari pendidikan yang ditempuh hingga perjalanan karir yang dimiliki. Dokumen satu ini memberikan informasi mengenai kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang dalam melamar pekerjaan yang diinginkan. Informasi tersebut biasanya terdiri dari data pribadi, latar belakang pendidikan, keterampilan, pengalaman pekerjaan, dan lain sebagainya. Penting untuk kamu memperhatikan isi dari CV yang dibuat karena dokumen satu ini dapat menggambarkan pengalaman yang dimiliki secara akademis maupun juga profesional.

Memahami pengertian Curriculum Vitae (CV) saja tidak cukup karena kamu juga perlu untuk mencoba membuatnya untuk melihat mana CV yang bisa menarik penyedia pekerjaan. Pada dasarnya, selama CV sudah memuat seluruh informasi penting dan dibuat dengan menarik, maka  CV sudah bisa untuk digunakan. CV sendiri menjadi langkah pertama yang membuat kamu lebih dekat dengan pekerjaan yang dilamar sehingga penting untuk membuatnya dengan sebaik mungkin. Bentuk CV yang baik yaitu yang membuat pembacanya bisa membayangkan bagaimana pemilik CV tersebut tanpa adanya pertemuan fisik terlebih dahulu.

Fungsi Pembuatan CV dalam Melamar Pekerjaan

Selain pengertian Curriculum Vitae (CV), perlu juga bagi pelamar pekerjaan untuk mengetahui fungsi yang dimiliki oleh CV ini. Secara singkat.  CV memberikan kesan yang paling awal kepada pemilik lowongan pekerjaan dan hanya dilihat berdasarkan isi yang ada di dalamnya. Selain itu, berikut ini merupakan fungsi yang dimiliki oleh CV itu sendiri diantaranya:

  1. Menjadi alat untuk memperkenalkan diri sebagai pekerja profesional kepada perusahaan.
  2. Membantu pelamar dalam mendeskripsikan diri sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki perusahaan.
  3. Membantu mengklasifikasikan pelamar berdasarkan pada pengalaman pekerjaan dan jenjang pendidikan yang dimiliki.
  4. Membantu mengetahui apa kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh pelamar.
  5. Membantu menentukan gaji yang pantas untuk diberikan kepada pelamar.
  6. Mempermudah perusahaan untuk mengevaluasi kompetensi pelamar sesuai dengan relevansi yang dimiliki berdasarkan kebutuhan perusahaan.
  7. Menjelaskan kriteria yang dimiliki oleh pelamar dan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan.

Berbagai fungsi yang dimiliki oleh CV seperti di atas tentunya memberikan gambaran atas bagaimana pentingnya dokumen satu ini. Maka dari itu, penting sebagai seorang pelamar pekerjaan untuk memberikan keterangan yang secara jelas di dalam dokumen tersebut. Hal ini nantinya akan mempermudah perusahaan untuk bisa menentukan mana pelamar yang masuk ke dalam kualifikasi yang diperlukan. Buatlah CV dengan semenarik mungkin dan sesuaikan kompetensi diri yang dimiliki agar nantinya bisa menjadi lebih dekat dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.



Format dan Struktur Penulisan CV yang Baik dan Benar

Tidak hanya memahami  pengertian Curriculum Vitae (CV) saja, tetapi perlu untuk mengetahui apa format dan struktur pembuatan CV itu sendiri. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa CV memberikan gambaran akan kompetensi yang dimiliki, baik secara akademis maupun profesional. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan apa saja format yang perlu untuk digunakan di dalamnya. Format dan struktur ini yang bisa membantu kamu untuk menarik perhatian yang dimiliki oleh perusahaan.

Berikut ini merupakan format dalam pembuatan CV yang bisa digunakan diantaranya:


  1. Data diri yang dituliskan secara lengkap diantaranya yaitu nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat domisili, nomor telepon aktif yang bisa dihubungi, dan alamat email aktif.
  2. Riwayat pendidikan yang berisi almamater dan gelar yang didapatkan atau jurusan dan fakultas tempat bersekolah.
  3. Pengalaman kerja yang menjelaskan seperti posisi pekerjaan yang pernah ditempati serta lama waktu bekerja yang dimiliki. Selain itu, penting untuk memberikan penjelasan secara singkat mengenai deskripsi pekerjaan yang didapatkan serta perusahaan tempat bekerja. Jika diperlukan, sertakan seluruh pengalaman selama menjalani kegiatan berorganisasi maupun juga magang.
  4. Keterampilan yang dimiliki dan dapat mendukung keahlian untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas yang dimiliki.

Cara Membuat CV untuk Pemula

Selain memahami pengertian Curriculum Vitae (CV), sebagai pemula penting juga untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Tentunya sebagai pemula, bisa jadi hal ini merupakan pengalaman pertama dalam membuat CV. Penting untuk memuat segala hal yang penting dan menarik agar nantinya CV bisa dilirik oleh pihak perusahaan tempat melamar kerja. Mengingat bahwa tentunya ada banyak kandidat lainnya yang mungkin memiliki kemampuan yang sama atau kualifikasi yang tidak jauh berbeda.


Berikut ini merupakan cara untuk membuat CV yang bisa dilakukan sebagai pemula diantaranya:

  1. Memperhatikan apa saja informasi yang perlu untuk ditulis dan dimasukkan ke dalam CV. Baca kembali apa saja format dan struktur penulisan CV secara lengkap untuk memuat seluruh informasi penting yang diperlukan.
  2. Memastikan  bahwa tidak ada kesalahan penulisan maupun typo yang ada di dalam CV.
  3. Menggunakan format CV yang menarik dan mudah untuk dibaca pihak perusahaan. 
  4. Memilih informasi penting yang perlu untuk dituliskan dan jangan buat terlalu panjang. Jika memiliki pengalaman yang cukup banyak, maka pilih yang dinilai paling relevan saja.
  5. Menggunakan template CV yang sudah ada agar membuat CV menjadi lebih menarik untuk dilihat. Kamu bisa menyesuaikan template yang dipilih tersebut sesuai dengan kepribadian atau jenis pekerjaan yang dilamar tersebut.

Contoh CV untuk Melamar Pekerjaan yang Baik dan Benar

Setelah membahas mengenai pengertian Curriculum Vitae (CV) dan cara penulisan yang benar, kali ini akan diberikan contoh CV yang bisa digunakan. Pembuatan CV sendiri sebenarnya tidak terlalu kaku selama informasi penting sudah tercantum di dalamnya. Kamu bisa untuk membuatnya menjadi lebih menarik atau juga unik untuk bisa mendapatkan perhatian dari perusahaan maupun kantor yang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari CV yang bisa untuk digunakan sebagai inspirasi ide dalam membuatnya untuk menjadi lebih menarik.

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai pengertian Curriculum Vitae (CV) dan juga bagaimana pembuatannya yang baik dan benar untuk dilakukan. Sebagai seorang tenaga kerja yang sedang melamar pekerjaan, penting untuk membuat CV agar bisa menarik dan informatif bagi perusahaan atau kantor. Hal ini akan mempermudah untuk kamu dalam membuka pintu kesempatan mendapatkan pekerjaan yang dilamar tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan dan membaca informasi penting seputar dunia kerja lainnya melalui blog Mamikos.



Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:


Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah