25+ Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik – Contoh CV lamaran kerja atau Contoh Curriculum Vitae pastinya banyak dicari. CV yang baik dan benar memang salah satu dokumen yang paling vital saat akan mencari pekerjaan.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

unsplash.com

Mengapa pembuatan CV yang baik dan benar harus diperhatikan? Jawabannya simpel, karena CV yang baik dan benar dan menarik tentunya akan membuat perusahaan yang kamu lamar tertarik dan memberikan kesan yang baik padamu sebagai pelamar selain surat lamaran kerja.

Alhasil, kamu akan dipanggil ke tahap-tahap seleksi berikutnya seperti ke tahap wawancara dan membuatmu lebih dekat satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Meski CV sudah umum dan kerap kali dibuat, banyak orang yang kadang masih bingung saat harus membuat CV yang baik dan benar.

Mereka tidak tau apa yang harus ditulis dalam CV lamaran kerja. Pada dasarnya,  contoh CV lamaran kerja adalah kumpulan data tentang informasi tentang dirimu, baik dari segi informasi pribadi, pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan masih banyak lainnya.

Karena CV merupakan aspek penting dan salah satu hal pertama yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak HRD (Human  Resources Department/ Bagian Sumber Daya Manusia), CV harus dibuat sebaik-baiknya dan menunjukkan benar informasi dan kualifikasimu sebagai pelamar.

Berikut ini adalah contoh CV lamaran kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi. contoh CV lamaran kerja di bawah ini semuanya ditulis dengan benar, menarik, dan yang jelas akan meloloskanmu ke tahap seleksi yang lebih lanjut.

Buat kamu yang sekarang baru cari-cari kerja dan butuh contoh CV yang baik dan benar, yuk cus disimak contoh CV lamaran kerja di bawah ini!

Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

Berikut ini adalah contoh CV lamaran kerja pada umumnya. CV memang kebanyakan dibuat sebagai bagian dari dokumen saat melamar kerja untuk itulah contoh cv lamaran kerja sangat diperlukan untuk belajar bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar.

Tapi, ada kalanya pula CV yang baik dan benar dibuat untuk keperluan lain. Apapun tujuan dari dibuatnya CV tersebut, CV harus memuat informasi-informasi penting tentang dirimu.

Selain itu CV yang baik dan benar juga berfungsi untuk mendampingi surat lamaran kerja. Berikut adalah salah satu contoh cv lamaran kerja :

1. Contoh CV Sederhana A

id.pinterest.com

2. Contoh CV Sederhana B

id.pinterest.com

3. Contoh CV Sederhana C

venngage.com

4. Contoh CV Sederhana D

venngage.com

5. Contoh CV Sederhana E

cvplaza.com
cvplaza.com

6. Contoh CV Sederhana F

business.tutsplus.com

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik dan Kreatif

Secara umum, CV lamaran kerja ditulis dengan gaya formal alias resmi. CV yang baik dan benar tidak banyak memuat gambar dan desain macam-macam, kecuali foto diri, itupun pas foto resmi.

Namun, banyak orang yang berpendapat CV gaya lama seperti ini sangat membosankan karena hanya hitam-putih semata, tidak banyak yang bisa dilihat. Mereka lebih percaya jika HRD akan tertarik pada jenis CV yang baik dan benar dan kreatif, anti mainstream, dan terlihat non-formal. Berikut contoh CV kreatif yang dimaksud.

7. Contoh CV Magang

Berencana magang / internship ? dibawah ini adalah salah satu contoh cv yang bisa kamu jadikan referensi.

8. Contoh CV Lulusan Desain Grafis

Kadang, anak lulusan desain grafis menggunakan CV sebagai media “pamer” mereka. CV yang baik dan benar dibuat sekreatif mungkin untuk menunjukkan kemampuan desain mereka. Berikut adalah beberapa contoh CV untuk sarjana lulusan desain grafis. Apakah contoh cv berikut adalah salah satu favoritmu?

CV Desain Grafis A

CV Desain Grafis B

9. Contoh CV Lulusan S1

Kalau kamu lulusan S1, membuat CV akan lebih mudah karena pasti banyak yang bisa dituliskan dalam CV, terutama dalam bagian riwayat pendidikan dan pengalaman kerja.

Meski demikian, pembuatan CV untuk lulusan S1 tetap tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini adalah contoh CV untuk lulusan S1 yang bisa kamu contoh.

10. Contoh CV Bahasa Inggris dengan Pengalaman Kerja desain Sederhana

Ada kalanya perusahaan tempat kita melamar kerja merupakan perusahaan berstandar internasional. Alhasil, tak hanya surat lamaran kerja, CV bisa ditulis menggunakan Bahasa Inggris.

Jika kamu menganggap Bahasa Inggrismu kurang lancar, kamu harus tetap berusaha untuk menulis CV dengan Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh CV yang ditulis dengan Bahasa Inggris. Kamu bisa mencontohnya atau menjadikannya inspirasi. Berikut adalah contoh cv nya:

11. Contoh CV Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Berikut ini adalah contoh desain cv dalam bahasa inggris untuk kamu yang baru lulus kuliah atau sekolah. berikut langsung cek di bawah ini.

12. Contoh CV Lulusan D3

Bagi kalian lulusan D3, CV bisa dibuat dengan lebih simpel dan lebih singkat. Tapi kadang lulusan D3 justru memiliki pengalaman kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan anak luluisan S1.

Pengalaman magang atau intrership yang biasanya selalu ada di program D3 juga bisa dimasukkan ke dalam CV lho.

Berikut ini adalah contoh CV untuk lulusan D3 yang bisa kamu contoh. Meskipun demikian, bila kamu telah bisa membuaty CV yang baik, kamu juga harus bisa membuat surat lamaran kerja yang baik.

13. Contoh CV dengan Pengalaman Kerja

Nah ini contoh cv untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, bahasa yang digunakan dalam contoh ini adalah menggunakan bahasa indonesia dan inggris, langsung saja cek dibawah ini.

14. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Contoh cv bagi fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja / magang sebelumnya, berikut contoh CVnya.

15. Contoh CV Menarik dengan Desain Soft

Contoh desain cv dengan foto dan warna yang lembut, serta menggunakan visualisasi skill yang menarik.

venngage.com

16. Contoh CV simple dengan warna yang mencolok tapi menarik

venngage.com

17. Contoh CV untuk kamu seorang developer yang menarik

venngage.com

18. Contoh CV untuk kamu yang berlatar belakang pendidikan kesehatan

resumekraft.com

19. Contoh CV Accounting yang menarik

resume-example.com

20. Contoh CV General Manager

dayjob.com

21. Contoh CV Marketing

weare.guru

22. Contoh CV Blogger

weare.guru

23. Contoh CV SEO Specialist

enhancv.com

24. Contoh CV Brand Manager

i.pinimg.com

25. Contoh CV Customer Service

dayjob.com

Poin Penting dalam Membuat CV yang Baik dan Benar

1. Wajib menggunakan kata kerja aktif – Hindari menggunakan kalimat pasif dan selalu gunakan kalimat aktif.

Mengapa demikian? Karena bila kamu menggunakan kalimat aktif hal tersebut akan membantu menunjukkan rasa inisiatif yang tinggi dalam dirimu.

2. Jangan lupa untuk menambahkan dan mengisi keterangan yang menonjolkan kemampuan kamu. Mengapa hal ini juga tak kalah penting? Sebab dengan CV yang berisi ringkasan simpel mengenai riwayat pekerjaan, kemampuan, dan pengalaman yang dengan singkat bisa menggambarkan tentang diri dan arahan untuk jabatan tepat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Jadi tak perlu bertele-tele ya.

Mengapa hal ini juga tak kalah penting? Sebab dengan CV yang berisi ringkasan simpel mengenai riwayat pekerjaan, kemampuan, dan pengalaman yang dengan singkat bisa menggambarkan tentang diri dan arahan untuk jabatan tepat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Jadi tak perlu bertele-tele ya.

3. Harus selalu menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang benar. Hal ini akan membantu membuat si pembaca CV mu nanti terkesima.

Sebab, pada akhirnya nanti bila kamu menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang baik dan benar maka orang lain akan lebih mudah untuk membaca CV mu.

4. Buatlah CV yang baik dan benar dengan sederhana tapi tetap menarik. Dengan tujuan eye-cathing, banyak orang yang dengan sengaja memasukkan unsur desain yang terkesan “penuh” dan rumit di dalam resume mereka.

Perlu diingat, tim HRD hanya memiliki waktu yang singkat untuk membaca isi dari CV lamaran kerja kamu, diantara ribuan lainnya. Jadi, pemilihan huruf, desain bersih dan format simple justru akan memudahkan mereka melihat detail sang pelamar yang sesuai dengan kriteria.

5. Jangan lupa untuk memasarkan diri sendiri. Sebagai pencari kerja maka kamu harus kreatif bagaimana caranya untuk memasarkan diri.

Pahamilah bahwa sebagai pencari kerja, kamu harus bisa memainkan peranmu dan bisa memasarkan dirimu agar perusahaan pada akhirnya nanti melirikmu dan kemudian merekruitmu.

Itu dia tadi contoh CV dengan background yang berbeda-beda. Ada yang untuk lulusan SMA, lulusan S1, CV anti mainstream alias kreatif, contoh CV berbahasa Inggris, dan masih banyak lainnya. Semua contoh CV lamaran kerja di atas bisa kamu jadikan inspirasi saat menulis CV kamu.

Selain surat lamaran kerja, jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang sebenar-benarnya tentang dirimu dan jangan lupa juga untuk tidak terlalu alay dan show off saat menulis CV lamaran kerja.

Tulis yang benar-benar penting saja, misalnya riwayat organisasi. Gak perlu deh kamu tulis semua, termasuk organisasi yang kamu ikuti di SD/SMP misalnya.

Alih-alih mendapat perhatian HRD, CV kamu justru akan dianggap berlebihan oleh mereka dan tidak diloloskan. Semoga semua contoh CV lamaran kerja di atas bisa berguna, ya untukmu. Good luck!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta