4 Contoh Pasfoto yang Benar untuk Melamar Kerja

4 Contoh Pasfoto yang Benar untuk Melamar Kerja- Ketika kita mengajukan lamaran kerja ke perusahaan atau instansi, salah satu dokumen yang diminta adalah pasfoto terbaru.

Untuk kamu yang baru saja lulus, mungkin kamu bisa saja memilih untuk menggunakan foto yang sama dengan foto ijazahmu. Namun demikian, sudahkah kamu benar-benar paham seperti apa pasfoto yang ideal untuk kelengkapan lamaran kerja?

Pasfoto Sebagai Pelengkap Lamaran Kerja

pixabay.com

Pada waktu melamar pekerjaan, pada umumnya kita diminta untuk mengirimkan informasi yang terangkum dalam daftar riwayat hidup atau CV. Dalam CV, mencantumkan foto kerap dilakukan untuk menunjukkan identitas kita.

Meski pada CV kita sudah terdapat foto, ada kalanya perusahaan tetap meminta pasfoto sebagai pelengkap.

Beberapa perusahaan bahkan menyediakan format CV tersendiri dengan kolom khusus untuk menempatkan pasfoto yang kemudian diisi secara lengkap oleh pelamar.

Ada juga perusahaan yang meminta pasfoto dilampirkan secara terpisah atau diunggah lewat formulir atau situs tertentu.

Berapa Ukuran Pasfoto untuk melamar kerja ?

Ukuran pas foto yang umum digunakan untuk melamar kerja adalah 2×3 atau 4×6.

Masing-masing perusahaan bisa jadi memiliki ketentuan berbeda terkait pasfoto yang disertakan saat melamar kerja.

Beberapa profesi yang menuntut penampilan rapi biasanya cukup tegas mengenai ketentuan ini.

Selain itu, kamu tentu pernah mendengar atau membaca lowongan yang mensyaratkan pelamar untuk berpenampilan menarik.

Perusahaan pada umumnya meminta pasfoto terbaru untuk disertakan dalam lamaran kerja. Tujuannya tentu agar perusahaan dapat mengenali pelamar ketika melakukan wawancara kerja dengan lebih mudah.

Bayangkan saja ketika cukup banyak orang yang berminat untuk mengisi sebuah posisi di perusahaan.

Dengan adanya foto, pewawancara dapat memastikan bahwa pihak yang datang saat wawancara adalah benar-benar si pelamar.

Kalau kamu masih merasa perlu gambaran soal pasfoto yang benar untuk melamar kerja, berikut Mamikos sertakan beberapa contoh serta penjelasannya.

1. Pasfoto Melamar Kerja dengan Wajah Terlihat Jelas

pexels.com

Ketika pelamar diminta untuk melampirkan pasfoto, tentu perekrut berharap dapat melihat dan mengenali wajah pelamar.

Untuk itu, pelamar harus memastikan bahwa pasfoto yang ia sertakan saat melamar kerja menampilkan keseluruhan wajah secara jelas.

Artinya, pasfoto tidak boleh pecah atau buran. Entah pasfoto tersebut nantinya akan dicetak atau dikirmkan lewat e-mail dengan format dan ukuran tertentu.

Agar seluruh wajah tampak jelas, pastikan kamu mengarahkan pandangan matamu secara lurus ke depan menghadap kamera. Tahan pandangan matamu, jangan berkedip.

Pastikan juga telingamu terlihat. Bagi pemilik rambut panjang, mengikat rambut bisa jadi pilihan agar tampak lebih rapi.

Untuk laki-laki yang ingin terlihat lebih rapi, rambut dapat pula ditata dengan bantuan pomade atau gel rambut.

2. Pasfoto Melamar Kerja Mengenakan Kemeja atau Pakaian Formal

pixabay.com

Perusahaan yang bergerak di industri formal pada umumnya mensyaratkan pasfoto dengan mengenakan pakaian formal juga.

Misalnya saja pekerjaan di bidang pendidikan formal seperti tenaga pengajar berikut para stafnya serta pegawai pemerintah, entah yang berstatus sebagai PNS atau PPPK.

Perusahaan di bidang perbankan juga biasanya menyaratkan pasfoto berkemeja rapi dan formal. Terlebih bagi pekerja yang berurusan langsung atau bertatap muka dengan pelanggan atau nasabah.

Cara berpakaian yang rapi dan formal ini bisa dibilang merupakan ketentuan resmi atau SOP perusahaan yang tidak bisa dibantah.

Selain itu, cara berpakaian juga dipandang sebagai upaya untuk menunjukkan profesionalitas perusahaan.

Untuk membuat pasfoto formal, menggunakan jasa studio foto bisa jadi pilihan. Pasalnya, fotografer di studio foto pada umumnya cukup paham megenai seperti apa foto yang benar apabila disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, pengelola studio foto biasanya juga menyediakan pakaian serta properti untuk terlihat formal dan rapi. Hal semacam ini tentu bisa jadi solusi ketika kamu mendadak memerlukan foto formal terbaru. Atau misalnya saja foto yang diminta harus mengenakan atribut seperti dasi yang mungkin tidak kamu miliki.

3. Pasfoto Melamar Kerja dengan Latar Belakang Polos

unsplash.com

Agar wajah tampak jelas dan semakin menegaskan kesan formal, pasfoto yang benar untuk melamar kerja pada umumnya mensyaratkan latar belakang polos.

Beberapa perusahaan terkadang mensyaratkan pula warna tertentu sebagai latar belakang. Contohnya adalah pasfoto untuk keperluan melamar sebagai PNS yang meminta pelamar untuk berfoto dengan warna latar belakang merah.

Berfoto dengan warna latar belakang tertentu memang lebih mudah apabila dilakukan di studio foto. Namun demikian, kamu bisa juga melakukan pembuatan foto tersebut di rumah atau di mana saja.

Asalkan kamu bisa menemukan bidang polos dan rata sebagai latar belakang, kamu bisa mengedit warnanya di kemudian hari. Jangan ragu untuk meminta tolong pada temanmu yang lebih ahli atau berpengalaman.

Jika sudah mendesak, kamu bisa coba melakukan pengeditan warna latar belakang sendiri. Saat ini sudah banyak instruksi atau tutorial untuk mengganti warna latar belakang pada foto.

Mengedit pasfoto untuk keperluan melamar kerja sebetulnya tidak hanya dapat dilakukan pada latar belakang saja.

Jika misalnya ternyata kamu baru sadah bahwa pada wajahmu terdapat rambut yang menjuntai dan tampak cukup menganggu, kamu juga bisa mengeditnya.

Pastikan bahwa pengeditan yang kamu lakukan tidak lantas menghilangkan ciri khas dari wajah aslimu, ya.

4. Pasfoto Melamar Kerja yang Menunjukkan Ekspresi Netral

unsplash.com

Kecuali kamu mendaftar sebagai model, talent, atau aktor di sebuah agensi, pasfoto yang kamu gunakan untuk melamar pekerjaan idealnya menunjukkan ekspresi yang cenderung netral.

Kamu boleh saja tersenyum tanpa menunjukkan gigi untuk menimbulkan kesan ramah, namun hindari untuk menampilkan senyum yang terlalu lebar.

Berfoto dengan menggunakan riasan tentu tidak dilarang. Apabila diaplikasikan secara tepat, penggunaan riasan justru dapat membuat tampilan kamu menjadi semakin tampak profesional.

Namun, tetap pastikan bahwa riasan yang kamu kenakan tidak terlalu berlebihan dan tampak berbeda jauh dengan wajah aslimu.

Selain ekspresi yang netral, sebaiknya kamu menghindari penggunaan aksesori yang terlalu berlebihan.

Terlebih bagi pelamar laki-laki yang berminat bekerja di perusahaan formal atau pekerja kantoran.

Bagi pelamar perempuan, akesori berupa anting atau giwang bisa saja tetap dikenakan saat berfoto. Pilih model anting atau giwang yang sederhana dan berukuran tidak terlalu besar.

5. Pasfoto Melamar Kerja Berjilbab Dengan Posisi yang Pas

Saat kamu perlu mengambil pasfoto untuk melamar kerja, tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal.

Apalagi jika ternyata kamu mengenakan jilbab. Meski kamu berjilbab, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan posisi atau proporsi nya.

gambarkitan.blogspot.com

Untuk merubah latar akan sangat mudah sebab bisa dibantu dengan edit latar. Namun apabila posisi kamu tidak pas, hasilnya pun akan kurang bagus.

Pakai jilbab tanpa motif, bisa satu warna saja. Lalu kenakan dalaman atau kemeja putih sebelum memakai blazer atau jas.

Formula Jitu Bikin Pasfoto Kamu Berkualitas 

Bisa memiliki pasfoto dengan kualitas baik pasti jadi idaman. Tak heran jika ide untuk membuat pasfoto terbaik pasti adalah dengan menyewa fotografer atau pergi ke studio foto. 

Akan tetapi, seandainya kamu tidak bisa datang  ke studio foto profesional, kamu masih bisa mengandalkan kamera smartphone kamu untuk mengambil foto. Tips dan triknya akan coba Mamikos berikan di sini.

1. Tidak Perlu Mengangkat Dagu

Mengatur pose merupakan kunci mendapatkan kualitas pasfoto yang oke. Mengangkat dagu saat mengambil pasfoto bisa dibilang sebagai kesalahan umum.

Padahal kamu sudah jelas tahu apa fungsi pasfoto dalam melamar pekerjaan. Oleh karenanya Mamikos sarankan mengulang kesalahan ini.

Pose dengan mengangkat dagu seperti ini dapat membuat penampilan kamu jadi tidak natural. Disamping itu, dagu kamu juga akan jadi terkesan besar saat di kamera.

Coba kendurkan sedikit bahu kamu dengan memposisikan kepala secara tegak lurus.

2. Tidak Boleh Memiringkan Kepala

Kesalahan mengambil pasfoto berikutnya ialah jangan sekali-kali mencondongkan kepala ke arah belakang.

Sebab posisi tersebut bisa membuat lipoatan dagu jadi lebih terlihat. Alhasil, nanti jadi terlihat lebih gemuk dari yang sebenarnya. 

Makanya jangan ragu untuk mencondongkan kepala ke depan dan tundukkan sedikit wajahmu agar tampak lebih proporsional.

3. Tunjukkan Senyum yang Cukup

Maksudnya bagaimana? Jadi karena ini adalah pasfoto, maka. kamu tidak perlu melebarkan senyuman. Sebab hal tersebut tidak pantas. Apalagi jika pasfotonya diperlukan untuk dokumen negara. 

Oleh karenanya, tersenyum lah secukupnya. Menunjukkan senyum tipis atau tersenyum simpul pun sudah bagus.

Jangan terlalu lebar menunjukkan deretan gigi. Malah hasilnya bisa jadi tidak oke. 

4. Dilarang Mengernyitkan Dahi

Ini adalah ilmu dasar saat kamu hendak mengambil pasfoto. Benar-benar usahakan kalau wajahmu seolah ‘tanpa’ ekspresi, meskipun kamu masih bisa tersenyum simpul dan tampak relaks.

Tidak perlu mengangkat alis atau mengernyitkan dahi. Sebab akan dilihat seperti kamu sedang berpikir tentang sesuatu yang berat.

5. Sisir dan Tata Rambut

Kerapian adalah yang utama. Karenanya kamu harus menampilkan sebuah penampilan paling terbaik dalam pasfoto kamu nanti.

Jangan menata rambut secara berlebihan atau membiarkan poni rambut yang terlalu panjang hingga menutup alis.

Untuk yang laki-laki, kamu bisa menata rambut agar terlihat lebih rapi menggunakan gel rambut.

Tapi tidak perlu membentuk dengan yang macam-macam, ya. Jika rambutnya panjang bisa diikat dengan rapi ke belakang. 

6. Gunakan Make Up Minimalis

Untuk perempuan tentu tahu salah satu ide make up no make up – make up look, bukan? Bisa juga kamu terapkan saat kamu hendak membuat pasfoto. Usahakan tidak menggunakan make up yang tebal seperti mau kondangan. 

Perhatikan juga warna lipstik yang hendak dipakai. Jangan pakai warna merah yang mencolok. Mungkin kamu bisa pilih lipstik dengan nuansa nude yang lebih soft.

Sekian dulu artikel mamikos tentang cotoh pasfoto yang benar untuk melamar kerja. Semoga berguna bagi kamu yang membutuhkan informasi ini. Ingat, berbagai contoh di atas hanya merupakan contoh yang berlaku secara umum saja.

Sebagai pelamar kerja, tentu kamu tetap perlu mencari tahu kira-kira seperti apa kultur yang berlaku di tempat kerja idamanmu.

Terlebih saat ini mulai ada perusahaan seperti start up yang memiliki aturan lebih longgar terkait penampilan dan cara berpakaian.

Dapatkan berbagai artikel informatif lainnya terkait dengan dunia kerja, perkuliahan, mahasiswa, kost, dan sebagainya dengan mengunjungi website Mamikos.

Kalau kamu memerlukan informasi seputar kost-kostan, download dan install aplikasi Mamikos di ponsel pintarmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah