7 Contoh Biografi Singkat Yang Menarik + Strukturnya

Contoh Biografi Singkat – Kamu suka membaca biografi? Jika iya, mungkin kamu tertarik juga untuk menulis biografi. Mengajak kamu untuk ikut berpikir, menulis biografi juga mampu meningkatan kemampuan berempati kamu.

Biografi sendiri merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Nah, kali ini Mamikos akan bagikan 7 contoh biografi singkat yang menarik untuk kamu beserta dengan stukturnya.

Berikut Contoh Biografi Singkat Beserta Strukturnya

pixabay.com

Biografi merupakan sebuah buku yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa yang dialami oleh seseorang.

Lewat biografi tersebut kita dapat menemukan hubungan, keterangan atau penjelasan dari sebuah tindakan atau sebuah misteri yang mencakup kehidupan seseorang.

Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau tokoh yang terkenal maupun yang tidak terkenal. Biografi juga bisa saja ditulis untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Biografi untuk orang lain misalnya biografi orang tua, biografi tokoh, biografi pahlawan dan banyak lagi yang lainya.

Ciri-ciri Biografi

  1. Dalam Biografi terdapat beberapa struktur, yang terdeiri dari orientasi, reorientasi, dan peristiwa atau masalah
  2. Berisi tentang informasi aktual (fakta) yang berupa pengalaman hidup seseorang yang dipaparkan atau diceritakan dalam bentuk tokoh biografi.
  3. Biografi juga memuat fakta dan pengalaman hidup tokoh untuk memecahkan masalahkan masalah hingga akhirnya bisa sukses dan patut dijadikan sebagai teladan
  4. Hak yang harus diperhatikan dalam teks Biografi antara lain:
    1. Judul
    2. Cerita yang menarik dan mengharukan yang ada dalam kehidupan tokoh biografi yang diceritakan.
    3. Berisi tentang hal motivasi yang bisa dicontoh atau diteladani dari kehidupan tokoh Biografi.
    4. Tokoh yang diceritakan memiliki daya tarik tersendiri

Struktur Biografi

Adapun berikut ini adalah struktur yang dimiliki oleh teks biografi:

  1. Orientasi
    Orientasi adalah bagian dimana menjelaskan atau menggambarkan pengenalan pada tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  2. Peristiwa dan Masalah
    Bagian peristiwa atau kejadian adalah bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Termasuk didalamnya berisi tentang masalah yang pernah ia hadapi dalam mencapai sebuah tujuan serta cita-cita dalam hidupnya. Hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seorang tokoh yang diulas dalam bagian ini.
  3. Reorientasi
    Reorientasi adalah bagian penutup dalam biografi. Bagian ini berisi tentang padangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau boleh tidak.

1. Contoh Biografi Diri Sendiri

Membuat sebuah biografi sebenarnya bukanlah suatu hal sulit seperti yang kamu bayangkan.

Merupakan tulisan yang membahas atau menceritakan kehidupan seseorang, menulis sebuah biorafi juga memiliki berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan sang penulis.

Adapun berikut contoh penulisan biografi diri sendiri berseta dengan strukturnya.

Nama saya adalah Alexandra Ramadhan. Saya dilahirkan pada 30 Maret 1994 di Tangerang. Orang tua saya bernama Ilham Julianto dan Dewi Larasati. Saya merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Kedua adik saya bernama Aquilla Alaskha dan Aurora Putri. Masa kecil saya lalui di Pondok Gede, Bekasi bersama keluarga kakek nenek dari sebelah Ibu.

Setelah memasuki usia Sekolah Dasar saya tinggal bersama orang tua saya dan bersekolah di SD N Jatimulya 07. Ketika berada di jenjang kelas 5 SD saya pindah ke Gunung Kidul untuk tinggal bersama kakek nenek dari Ibu. Saya melanjutkan pendidikan saya di SD N Terbah 1, SMP N 1 Gedangsari hingga SMA N 2 Playen. Pendidikan tinggi saya lanjutkan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengambil prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Selama berkuliah saya cukup aktif di komunitas Unit Studi Sastra dan Teater (UNSTRAT) dan merintis komunitas Pencinta Alam di Fakultas Ekonomi. Saya menyelesaikan kuliah selama 5,5 tahun dengan IPK 3,45.

Selain belajar, semasa kuliah saya juga menekuni beberapa pekerjaan. Pengalaman kerja yang pernah saya tekuni adalah tentor Matematika di Star Privat, penulis lepas di Gudang Konten, Jasa Nulis Artikel dan Konten Provider. Sampai saat ini saya masih aktif sebagai penulis lepas di Beryl Content Writer dan Writer Gudeg.com. Selain itu, saya juga pernah bekerja di perusahaan start up bidang fashion yaitu Gildan Jogja dan Capitols Supply sebagai Accounting Manager selama 1 tahun. Itulah biografi singkat dari seorang Alexandra Ramadhan dengan segala kesederhanaannya. Semoga dapat menginspirasi siapapun untuk berani menjadi diri sendiri.

2. Contoh Biografi Tokoh (Pahlawan)

Salah satu jenis biografi yang paling sering ditemukan adalah biografi tokoh pahlawan. Tokoh pahlawan ini bisa berasal dari dalam maupun luar negeri.

Untuk membuat sebuah biografi tentang tokoh pahlawan, maka penulis dituntut untuk mencari informasi seputar tokoh pahlawan tersebut. Dengan demikian, informasi biografi yang diberikan akan lebih akurat.

Berikut adalah contoh biograi R.A Kartini yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Kartini. Dia merupakan keturunan dari keluarga yang terpandang dan lahir pada tanggal 21 April 1879. Satu hal yang diwariskan oleh keluarganya adalah pendidikan. Kartini pernah merasakan duduk dibangku sekolah dasar hingga ia tamat di sekolah dasar. Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan, membuatnya untuk terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, ayahnya tidak memberikan izin kepada Kartini untuk dapat melanjutkan pendidikannya. Mengetahui sikap ayahnya, Kartini sangat sedih namun dia tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.

Kartini tidak boleh lagi keluar rumah sampai waktunya dia menikah atau istilahnya dipingit. Untuk menghilangkan rasa jenuhnya itu, Kartini menghabiskan waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki. Hobbinya yang suka membaca ini menjadi rutinitas harian Kartini. Bahkan, dia tidak segan untuk bertanya kepada ayahnya bila ada hal yang ia tidak mengerti atau kurang paham. Lambat laun, pengetahuan yang ia miliki semakin bertambah dan wawasannya pun menjadi lebih luas.

Banyak karya dan pemikiran wanita Eropa yang ia kaguminya. Terlebih kebebasan mereka untuk bisa terus bersekolah. Rasa kagum itu sangat menginspirasinya untuk dapat memajukan wanita di Indonesia. Dalam sudut pandangnya, wanita tidak hanya harus bisa dalam urusan belakang rumah tangga saja. Tapi lebih dari itu, wanita juga harus bisa dan punya wawasan dan ilmu yang lebih luas lagi. Dia pun mulai bergerak untuk mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca dan menulis. Semakin hari, Kartini semakin disibukkan dengan aktivitas membaca dan mengajarnya.

Kartini juga mempunyai banyak teman di Belanda dan sering sekali berkomunikasi dengan mereka. Bahkan dia sempat memohon kepada Mr. J.H. Abendanon untuk dapat memberinya beasiswa untuk bersekolah di Belanda. Belum sempat permohonan tersebut dikabulkan, dia sudah dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat. Berdasarkan data sejarah, R.A Kartini ikut dengan suaminya ke Rembang setelah mereka menikah.

Walau begitu, cita-cita Kartini tidak padam begitu saja. Beruntung sekali ia memiliki suami yang sangat mendukung cita-citanya. Berkat kegigihan serta dukungan oleh sang suami, Kartini mampu mendirikan sekolah wanita di berbagai daerah. Seperti di daerah Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Malang, Cirebon, dan daerah yang lainnya. Waktu itu, sekolah wanita dikenal dengan sebutan Sekolah Kartini.

Kartini adalah seorang wanita Jawa yang mempunyai pandangan melebihi zamannya pada saat itu. Meski dia sendiri terbelenggu oleh zaman yang mengikatnya dengan adat istiadat. Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun, setelah melahirkan anak pertama dan satu-satunya. Dia adalah salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda kemudian dibukukan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang biasa kita kenal sebagai “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku ini merupakan salah satu buku yang banyak menginspirasi wanita di Indonesia. Tidak hanya wanita pada zamannya, namun hingga pada saat ini.

Sesuai dengan Keppres No.108 Tahun 1964, Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan dibeberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota di Indonesia saja, melainkan di kota-kota di Belanda. Seperti di kota Trecht, Venlo, Amsterdam, dan Harleem. Dan bahkan WR. Supratman membuatkan sebuah lagu untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh RA. Kartini. Lagunya berjudul “Ibu Kita Kartini”.

3. Contoh Biografi Orang Tua (Ayah / Ibu)

Biografi tentang orangtua adalah biografi yang menceritakan tentang orangtua si penulis. Pada biografi jenis ini penulis biasanya menggunakan kata “orangtua saya”.

Penjelasan biografi orangtua biasanya menerangkan kehebatan sosok orangtua di mata penulis.

Hal ini bisa ditandai dengan kata-kata pujian yang disematkan oleh penulis. Berikut adalah kedua contoh untuk biografi orang tua yang mungkin dapat menjadi referensi kamu.

Ayah saya merupakan seorang pria yang bertanggung jawab. Beliau bernama Seno Julianto, Ia dilahirkan di Jakarta pada 29 Juli 1970. Beliau merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan suami istri berlatar belakang Sunda dan Jawa. Ayah saya melewatkan masa kecil hingga remajanya di Jakarta.

Setelah lulus SMA, Ayah saya pergi merantau ke Yogyakarta untuk berkuliah di Institut Seni Indonesia dan mengambil jurusan Seni Rupa. Selain berkuliah, Ayah saya juga sibuk membantu usaha dagang burung milik pamannya di Muntilan. Mungkin dikarenakan faktor inilah Ayah saya tidak mampu menyelesaikan kuliah tingkat sarjananya. Setelah gagal menyelesaikan kuliahnya, Ia pulang ke Jakarta dan mulai merintis bisnis dagang burung sekaligus menikahi wanita yang kelak menjadi ibu saya. Ayah lumayan lama menggeluti bisnis dagang burung, setelah usahanya bangkrut Ia memutuskan untuk bekerja di perusahaan forwarder.

Ketika saya memasuki usia sekolah dasar, Ayah kembali merintis usaha barunya yaitu dagang ikan hias. Setelah dirasa cukup siap, Ayah memutuskan keluar dari tempatnya bekerja dan mulai fokus terhadap bisnisnya. Bisnis dagang ikan inilah yang digeluti Ayah saya hingga sekarang ini untuk menghidupi keluarga kecilnya.

4. Contoh Biografi Guru

Jenis biografi yang satu ini adalah biografi yang akan menceritakan tentang guru si penulis.

Dalam hal ini si penulis sebaiknya adalah murid yang dulunya pernah diajari oleh guru tersebut.

Sehingga informasi yang dituliskan lebih akurat. Selain itu, penulis juga harus mengumpulkan informasi tentang guru yang bersangkutan.

Suyatna Praboda adalah seorang guru di SD Suka Pintar. SD ini adalah sekolah yang terletak di pedalaman sumatera. Pria Kelahiran 10 September 1978 ini adalah anak sulung dari tujuh bersaudara. Sebagai anak pertama, Suyatna selalu berusaha mengayomi adik-adiknya. Hal ini tampaknya berhasil karena keenam adiknya berhasil sukses menggapai cita-cita masing-masing.

Suyatna Praboda mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Riau. Ia adalah orang yang sangat pintar. Keprihatinan Suyatna akan kemajuan pendidikan anak pedalaman membuat Suyatna Praboda terjun langsung untuk mendidik anak-anak yang kurang beruntung nasibnya. Di sini ia mendidik anak-anak dengan suka hati dan ikhlas. Ia pun turut membuka bimbingan belajar gratis bagi anak-anak yang kurang mampu.

Orang seperti Suyatna adalah contoh sosok teladan yang patut ditiru. Ia selalu membesarkan hati anak-anak muridnya. Menurut Suyatna, setiap anak berhak untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Hal inilah yang membuat Suyatna bersemangat dalam mengajar. Sosok Suyatna adalah salah satu pejuang pendidikan pada garda terdepan. Meskipun Suyatna bukan seseorang yang terkenal, namun jasanya dalam memajukan bangsa adalah sesuatu yang patut untuk diapresiasi. Hingga saat ini, Suyatna telah membimbing banyak murid yang ada di pedalaman Riau.

5. Contoh Biografi Siswa

Jenis biografi yang satu ini adalah biografi yang akan menceritakan tentang siswa yang dulunya teman sekelas si penulis.

Dalam hal ini si penulis sebaiknya adalah siswa yang dulunya pernah menjadi teman atau rekan penulis.

Sehingga informasi yang dituliskan lebih akurat. Selain itu, penulis juga harus mengumpulkan informasi tentang siswa yang bersangkutan.

Berikut adalah contoh biografi siswa yang bisa menambah referensi kamu untuk membuat jenis biografi yang satu ini.

Veni Puspita Verani, seorang siswa dari sekolah dasar di Malang Jawa Timur. Veni, panggilan akrab sisiwa perempuan yang berprestasi ini lahir di Banjarnegara, 5April 1995. Saat berumur 7 tahun, Veni pindah tempat tinggal ke Malang Jawa Timur dan meneruskan sekolah dasar disana. Semasa kecil orang tua Veni Selalu mengajarkan seni tari, dari mulai dari tradisional hingga kontemporer dan modern.

Saat ini Veni telah banyak menoreh prestasi gemilang dibidang seni tari. Ia berkali-kali dipanggil sebagai perwakilan provinsi dalam ajang nasional di Jakarta. Meskipun masih ditingkat sekolah dasar, namun Veni sangat piawai dan gemulai dalam seni tari tradisional. Di sekolahnya, Veni termasuk siswa yang rajin dan pandai. ia tidak segan membantu temannya yang kesusahan dalam pelajaran. Meski begitu ia tidak pernah ketinggalan pelajaran.

Semua pelajaran Veni ikuti dengan sangat baik tanpa kendala berarti. Sekolah yang ditempati Veni saat ini pun sangat bangga karena rini berhasil membawa nama sekolah ke berbagai daerah dalam ajang perlombaan.

6. Contoh Biografi Teman

Dia adalah seorang perempuan baik hati, temanku sejak kecil. Namanya unik, orang biasa memanggilnya Acin namun sebenarnya ia memiliki nama panjang Devino Reyhan. Beberapa guru baru seringkali salah mengira pemilik nama tersebut adalah seorang anak laki-laki. Acin lahir di Balikpapan tanggal 28 Juni 1996. Dibesarkan dari keluarga yang cinta pendidikan dan seni.

Acin menghabiskan masa kecilnya dengan berlatih biola. Hingga saat SMA, kebetulan satu sekolah denganku, ia sering kali tidak masuk sekolah karena mengikuti kejuaraan internasional. Acin lulus dari SMA Al Hikmah dengan nilai yang memuaskan meskipun begitu. Peringkat pertama setiap semester dan menang kejuaraan. Prestasinya tak dapat dihitung hingga membawanya untuk berkuliah ke Amerika. Sejak berkuliah di Amerika, Acin seringkali mengabarkan bahwa ia sedang mengikuti pertukaran pelajar seperti Jepang dan Prancis.

Cita-cita Acin adalah menjadi seorang musisi terkenal yang bisa diingat oleh sejarah permusikan. Kini ia tengah sibuk menyelesaikan tugas akhirnya dan menghadiri beberapa undangan seminar motivasi di Indonesia maupun di luar negeri.

7. Contoh Biografi Penulis Buku

Jenis biografi yang paling sering dijumpai salah satunya adalah biografi tentang penulis. Biografi penulis ini biasanya adalah biografi penulis sebuah buku, baik itu buku teks, buku dongeng dan buku novel.

Letak dari teks biografi ini selalu diposisikan di halaman paling belakang sebuah buku. Biasanya biografi ini mengulas singkat tentang si penulis buku tersebut.

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye ini adalah nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye bisa dikatakan sebagai penulis paling produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya baru di setiap tahunnya. Tere Liye lahir di pedalaman Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979. Saat ini usianya akan menuju ke 40 tahun.

Penulis novel yang satu ini adalah penulis yang sangat tidak biasa ide-ide novelnya. Hampir semua genre novel pernah ditulis oleh Tere Liye. Ia sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan dan berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis novel, novel terbitannya selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulis. Pendidikannya adalah Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia. Ayah dan ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah di filmkan. Beberapa karya yang di filmkan seperti Hafalan Sholat Delisa dan Bidadari-Bidadari Surga.

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum adalah ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia. Menulis hanyalah sebagai hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca bisa belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca bisa belajar tentang ekonomi dan politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi, pembaca bisa belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tidak biasa. Dari semua cerita ini pembaca akan paham jika penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya akan dunia luar. Saat ini, Tere Liye telah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat mengagumkan.

Nah, di atas tadi Mamikos sudah memberikan sedikit info terkait 7 contoh biografi singkat yang menarik untuk kamu beserta dengan stukturnya. Pantau terus info-info menarik lainnya seputar jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya hanya melalui situs blog Mamikos.

Oh iya, untuk kalian yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos.

Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android ataupun iOS kamu ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta