8 Kampus Seleksi Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK

8 Kampus Seleksi Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK – Masing-masing kampus mempunyai aturan tersendiri mengenai pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri.

Ada PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai komponen penilaian, namun ada pula PTN yang tidak menggunakan nilai UTBK melainkan hasil dari ujian yang diselenggarakan oleh PTN tersebut.

Yuk, cek deretan kampus yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri, namun tidak menggunakan nilai UTBK di bawah ini!

Deretan Kampus Seleksi Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK

Foto: dok. UI

Penggunaan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai komponen penilaian Seleksi Mandiri diserahkan kepada pimpinan PTN masing-masing.

Namun, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) juga tak bisa memberikan imbauan kepada pimpinan perguruan tinggi agar tidak mewajibkan nilai UTBK dalam ujian mandiri.

Pelaksanaan Seleksi Mandiri ini diserahkan ke pimpinan perguruan tinggi masing-masing, bisa ambil nilai UTBK, bisa membuat tes sendiri, atau menggunakan jalur rapor seperti SNBP.

Dari sekian banyak PTN yang ada di Indonesia, di bawah ini adalah deretan PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri namun tidak menggunakan nilai UTBK sebagai komponen penilaiannya:

1. Institut Pertanian Bogor

Sejak tahun 2022, UTMBK berganti nama menjadi Seleksi Masuk IPB (SM-IPB).

IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Seleksi Masuk IPB (SM-IPB).

SM-IPB (UTM-BK) merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019.

SM-IPB (UTM-BK) kembali akan dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu berdasar hasil “SM-IPB (UTM-BK) online” IPB dan berdasar hasil skor UTBK.

Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya.

Jika peserta mendaftar SM-IPB pada kedua skema, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

2. Universitas Indonesia

Melansir situs resmi, UI juga membuka penerimaan mahasiswa baru S1 Reguler melalui seleksi mandiri SIMAK UI.

UI menegaskan bahwa seleksi mandiri bukan jalur mandiri dengan biaya lebih mahal. Biaya pendidikannya sama dengan biaya pendidikan S1 Reguler melalui SNBT atau SNBP.

Terdapat beberapa pilihan jalur masuk mandiri, salah satunya adalah dengan menggunakan nilai ujian SIMAK murni, sehingga tidak memerlukan nilai UTBK.

3. Universitas Padjajaran

Kampus Seleksi Mandiri yang tidak menggunakan nilai UTBK selanjutnya. Universitas Padjajaran juga menyelengggarakan seleksi mandiri untuk penerimaan calon mahasiswa Program Sarjana.

Terdapat 2 (dua) metode seleksi yang digunakan, yaitu menggunakan nilai SNBT atau melalui ujian secara daring.

Peserta SMUP dapat memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi peserta yang tidak memiliki nilai SNBT maka peserta tersebut harus mengikuti ujian secara daring yang diselenggarakan Unpad.

SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2021, 2022 dan 2023, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNBP ataupun SNBT.

Pendaftar SMUP hanya dapat memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu:

  • Skema 1 : Peserta menggunakan nilai UTBK 2023
  • Skema 2 : Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2021, 2022, 2023).

Materi Ujian SMUP berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang akan dilakukan secara on-line.

Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi sesuai minatnya dari kelompok ilmu yang sama ataupun berbeda (satu SAINTEK dan satu SOSHUM)

Daya tampung untuk Sarjana jalur mandiri berkisar 30 – 40 % dari daya tampung Program Studi yang tercantum di laman BP3.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) adalah pola seleksi mandiri oleh ITS berdasarkan penjaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai UTBK 2023 dan/atau mengikuti TKA ITS 2023.

Pendaftar yang sudah mengikuti UTBK-SNBT 2023 bisa menggunakan nilai UTBK (menggunakan nomor peserta) atau memilih mengikuti TKA ITS 2023 (dijadwalkan di dalam pendaftaran SKM), dengan nilai terbaik yang digunakan untuk proses seleksi.

Pendaftaran dapat dilampiri dengan prestasi-prestasi lainnya sebagai pertimbangan.

Khusus program studi Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual, seleksi menggunakan Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2023.

Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat jurusan tahun 2021, 2022, dan 2023. Ketentuan jurusan asal dengan program studi yang dituju mengikuti SNBT.

  1. Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  2. Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

5. Universitas Negeri Jakarta

Sama seperti PTN lainnya, Universitas Negeri Jakarta juga membuka jalur Seleksi Mandiri guna penerimaan mahasiswa barunya.

Jalur Mandiri di UNJ ini menggunakan tes tertulis sehingga jalur penerimaan ini lebih dikenal dengan nama Penmaba Tes Tulis.

Selain itu UNJ juga punya jalur kampus Seleksi Mandiri yang tidak menggunakan nilai UTBK, lho.

6. Universitas Negeri Malang

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru Seleksi Mandiri untuk Program Sarjana (S1) dan Program Diploma 3 (D3) secara online.

Dimana Jalur Seleksi Mandiri ini sendiri terbagi menjadi dua jalur, yakni Jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK-SNBT dan Jalur Tes Mandiri Berbasis Komputer (TMBK).

Pembukaan pendaftaran jalur Ujian Mandiri UM Malang sendiri masih ditunda hingga ada pengumuman baru dari UM Malang.

7. Universitas Sebelas Maret

Kampus Seleksi Mandiri yang tidak menggunakan nilai UTBK berikutnya.

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNBP dan SNBT. Seleksi Mandiri UNS meliputi berapa jalur, yakni:

  • Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU),

Jalur seleksi ini
diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga
tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan
menggunakan:

  1. Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh BP3.
  2. Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.
  3. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK).

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama dengan UNS.

  • Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)

Jalur ini bertujuan
menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga
tahun terakhir  yang memiliki prestasi
baik akademik maupun nonakademik (olimpiade sains dan teknologi, lomba karya
ilmiah remaja, olahraga, seni, dan Hafidzul Al-Qur’an).

  • Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki kemampuan akademik memungkinkan untuk dapat menyelesaikan pendidikan tinggi.

8. Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus Seleksi Mandiri yang tidak menggunakan nilai UTBK terakhir. UNY turut menerima mahasiswa baru melalui seleksi mandiri (SM) dari beberapa jalur, yakni SM-Prestasi Akademik, SM-Prestasi Unggul, SM-Skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), SM Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer, SM Talent Scouting.

Pendaftarannya telah berlangsung dan akan ditutup pada Agustus mendatang.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian terkait 8 kampus yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan tidak menggunakan nilai UTBK.

Faktanya, ada banyak PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan beberapa pilihan jalur.

Ada PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai komponen penilaian, ada pula yang hanya menggunakan hasil dari Ujian yang diadakan, dan ada pula yang menjadikan keduanya sebagai komponen penilaian.

Semoga bermanfaat!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta