Kamu Mahasiswa Baru ?? 7 Hal ini Harus Dipertimbangkan Mahasiswa Baru Saat Mencari Kost

Posted on Posted in Mahasiswa

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan maba saat mencari kost, apalagi bagi mereka yang baru pertama kalinya ini merantau. Di daerah rantau, kos-kosan akan jadi “rumah” kamu. So, kamu gak mau dong ya setelah seharian kuliah di kampus, kamu harus pulang ke kos-kosan yang gak nyaman dan gak bisa buat istirahat dengan tenang. Ini nih pentingnya teliti dan selektif saat memili kos-kosan. Repot di awal gak masalah kok asalkan kamu nanti nyaman dan tenang di kos-kosan yang tepat. Emang apa aja sih yang harus diperhatikan maba saat mencari kost? Simak deh di bawah ini.

  1. Pilih Kos-Kosan yang Sesuai dengan Budget

Di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Jogja, dan lain-lainnya, tipe kos-kosan gak hanya yang sederhana aja. Ada juga kos-kosan yang fasilitasnya semewah hotel. Tapi, jelas kos-kosan dengan tipe eksklusif seperti itu harga sewanya bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan kos-kosan sederhana. Biar kita tenang tinggal di kost, lebih baik pilih deh kost yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Kalau memang budget orang tua untuk biaya kost kamu gak cukup untuk sewa kost dengan fasilitas mewah, ya udah pilih kos-kosan yang sederhana aja. Kalau cuma mengejar gaya hidup, yakin deh kamu juga gak bakal tenang di kos-kosan eksklusif. Secara, kamu tiap bulannya harus mikir gimana bayar sewa kost yang bisa mencapai jutaan rupiah.

  1. Lokasi Kos-Kosan Harus Aksesibel dan Dekat dengan Akses Transportasi

Tempat kost yang kamu pilih sebaiknya memang dekat lokasi kampus kamu. Pilih juga kos-kosan yang mudah ditempuh dengan berbagai kendaraan umum. Lokasi kost yang dekat dengan berbagai akses transportasi juga akan mempermudah kamu untuk pergi ke kampus atau ke tempat-tempat lainnya. Apalagi, banyak maba yang belum diberi fasilitas kendaraan oleh orang tuanya. Kalau kos-kosan kamu jauh dari akses kendaraan umum, bisa-bisa kamu kerepotan kalau mau bepergian. So, pilih kos-kosan yang lokasinya strategis dan dekat dengan akses transportasi umum agar kamu mudah dalam beraktifitas sehari – hari.

Baca juga :  10 Universitas Terbaik di Bandung 2019

 

  1. Perhatikan Lingkungan Pergaulan Sekitar Kost

Mungkin buat kamu yang baru pertama kalinya ngekost, kamu udah gak sabar nih menikmati “kebebasan” kamu jauh dari ortu. Tapi ingat ya, ortu kamu kuliahin kamu jauh-jauh itu dengan harapan kamu belajar yang bener, lulus, terus bisa kerja dan membanggakan ortu kamu. Biar kamu gak keluar jalur dan malah terjerumus ke hal yang aneh-aneh, ada baiknya kamu perhatikan lingkungan pergaulan di sekitar kost saat kamu mencari kos-kosan. Tinggal di kos-kosan dengan penghuni yang berlatar belakang baik pasti juga akan setidaknya mencegah kamu untuk terjerumus ke pergaulan yang gak bener. Mau cari amannya? Cari deh kos-kosan yang bersebelahan dengan rumah pemilik kost atau bahkan jadi satu dengan rumah pemilik kost. Anak-anak yang niatnya udah gak bener duluan pasti ogah ngekost di tempat-tempat seperti itu. Alhasil, penghuninya dijamin baik-baik semua deh.

  1. Cari Kost di Lokasi yang Aman

Kos-kosan biasanya jadi target pencuri untuk melancarkan aksinya. Padahal, sebagai anak kost yang dana bulanannya terbatas, kemalingan bisa jadi hal yang fatal banget. Apalagi kalau laptop, handphone, atau laptop sampai hilang. Makanya, kamu harus cari kos-kosan yang aman juga. Kalau lokasi kost udah pernah kemalingan, bahkan sampai berkali-kali, cari tempat yang lain aja deh. Kalau bisa, cari kos-kosan yang dilengkapi dengan gerbang, kamera CCTV, dan kalau bisa ada penjaganya.

  1. Pilih Kost yang Fasilitasnya Sesuai dengan Harganya

Fasilitas kost memang tak perlu mewah ataupun berkelas seperti hotel. Namun, fasilitas kost setidaknya harus bisa membuatmu nyaman saat tinggal di sana. Untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari, sebaiknya masalah fasilitas dirundingkan baik-baik dengan pemilik kost. Jangan sampai kita membayar harga yang ternyata tidak sesuai dengan fasilitas yang kita dapatkan. Kamu juga sebaiknya sudah mengetahui berapa kisaran harga kos-kosan di tiap kota. Semisal kamu mau mencari kost di kota Jogja, kos-kosan di Jogja untuk tipe kost yang sederhana biasanya berkisar Rp. 400-500 ribu per bulannya untuk kost putra dan Rp. 500-700 ribu per bulannya untuk kost putri. Kalau kamu menemukan kost yang harganya di atas rata-rata namun fasilitasnya biasa saja, mungkin kamu bisa cari-cari kost lainnya dulu untuk membandingkan keadaan kost dan fasilitas yang didapatkan.

  1. Kebersihan Kost Wajib Jadi Pertimbangan
Baca juga :  Siapa Bilang Cuma Maba yang Capek Waktu OSPEK?

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan maba saat mencari kost adalah faktor kebersihan, apalagi buat kamu yang emang orangnya rapih dan gak suka apapun yang kotor dan berantakan. Meski di rumah kost yang tinggal di sana bukan kamu aja nantinya, tapi ya tetep aja kos-kosan yang kelewat berantakan dan kotor akan tetap nggak nyaman. Tinggal di rumah kost yang bersih akan menjadikan badan kamu tetap sehat. Bayangin deh kalau kamu jadi sering sakit karena tinggal di kos-kosan yang kotor, berapa duit tuh yang harus keluar untuk bayar dokter? Makanya, perhatikan kebersihan kost, terutama bagian kamar tidur dan kamar mandi. Kalau kos-kosan yang kamu datangi terkesan kumuh, banyak sampah, banyak nyamuk, dan lain-lainnya, lebih baik cari yang lain dulu.

  1. Pilih Kost yang Suasananya Tenang

Ada banyak orang yang gak suka tinggal di lingkungan yang ramai dan gaduh. Makanya, salah satu hal yang harus dipertimbangkan maba saat mencari kost adalah lingkungan sekitar kost. Kalau kos-kosan ada di pinggir jalan raya yang bising atau di tengah perkampungan yang gak pernah sepi, kamu pasti akan jarang mendapatkan suasana tenang. Bagi mahasiswa, kost dengan suasana tenang biasanya emang lebih banyak dicari sih. Siapa yang gak butuh konsentrasi saat harus ngerjain tugas atau belajar? Apalagi kalau seharian capek di kampus kemudian sepulang kuliah lingkungan kost kita gaduh dan berisik. Boro-boro istirahat, ujung-ujungnya kamu malah emosi dan gak nyaman lagi tinggal di kos-kosan. Makanya, kalau kamu emang sensitif dengan yang berisik-berisik seperti ini, pilih kos-kosan yang letaknya mungkin di perumahan atau di lingkungan yang lebih tenang.

Itu dia tadi hal yang harus dipertimbangkan maba saat mencari kost. Agak ribet memang, tapi dijamin deh kamu bakal dapat kos-kosan yang bikin kamu betah kalau ketujuh hal di atas kamu perhatikan dan pertimbangkan. Jangan lupa ya buat kamu yang belum dapat info kost di kost rantau, gunakan aplikasi Mamikos aja. Mamikos adalah aplikasi pencari kost nomor satu di Indonesia yang bakal bikin proses pencarian kost lebih mudah. Dengan Mamikos, dijamin deh kamu bakal dapat info kost yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

Baca juga :  Calon Mahasiswa Baru Galau Mengenai Melonjaknya Harga Sewa Kost dekat Kampus, Ini Kata Mereka

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah. Aplikasi Mamikos ini bisa digunakan di perangkat Android maupun iOS.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost