Kapan Pendaftaran SNMPTN 2022/2023 dibuka? Berikut Informasinya

Kapan pendaftaran SNMPTN 2022/2023 dibuka? berikut informasinya – Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi jalur SNMPTN dianggap sebagai jalur yang istimewa. Selain karena tidak bisa diperoleh seluruh siswa sekolah menengah, prestasi pendaftar pun menjadi pertimbangan khusus. Belajar dari pengalaman SNMPTN tahun 2021, ada persiapan khusus yang bisa kamu lakukan untuk SNMPTN 2022/2023.

Informasi Pendaftaran SNMPTN 2022/2023

https://jogja.tribunnews.com/

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru dari tahun ke tahun ke tahun kian membaik. Kamu bisa melihat pengalaman seleksi tahun-tahun sebelumnya untuk mempersiapkan diri. Yang tidak kalah penting, persiapan sebelum SNMPTN 2022/2023 tidak boleh dianggap remeh. Sekalipun tidak menjalani ujian tes tertulis, prestasi selama semester 1 hingga semester 5 di rapor akan menjadi penentu. Artikel berikut dapat menjadi referensi pendaftaran SNMPTN di tahun 2022 nanti.

Sekilas Tentang SNMPTN 2021

Informasi yang berkaitan dengan SNMPTN 2021 bisa menjadi acuanmu sebelum mendaftarkan diri pada SNMPTN 2022 nanti. Pada SNMPTN 2021, terdapat lebih dari 800 ribu peserta yang mengikutinya, tepatnya 854.599 orang. Di sisi lain, daya tampung PTN yang menerima pendaftar dari jalur SNMPTN hanya 113.203 orang. Jumlah peserta yang sangat banyak tersebut sangat berpengaruh pada persaingan SNMPTN, terutama di kampus dan program studi favorit.

Tahukah kamu bahwa kampus yang menerima peserta SNMPTN 2021 terbanyak adalah Universitas Brawijaya (UB)? Di posisi selanjutnya ada Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Memilih kampus yang memberikan kuota besar bisa meningkatkan peluangmu diterima di sana. Jangan lupa pula memperhatikan jumlah pendaftar masing-masing prodi dan passing gradenya.

Tahun 2021, terdapat 126 PTN atau politeknik yang mengikuti dan 11 PTKIN. Untuk melihat daftar PTN, Politeknik, serta PTKIN yang terdaftar, kamu bisa menuju laman resmi LTMPT. Sebaiknya cari tahu kampus yang akan kamu tuju beserta program studi pilihan. Kuota SNMPTN di program studi Perguruan Tinggi juga tidak sama. Terdapat alokasi kuota untuk jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur seleksi khusus, serta jalur masuk yang diselenggarakan oleh masing-masing kampus seperti jalur mandiri.

Informasi Pendaftaran SNMPTN 2022/2023

Merujuk pada jadwal pendaftaran SNMPTN 2021, persiapkan diri untuk mendaftar SNMPTN 2022/2023. Jadwal ini bisa menjadi acuan persiapan dokumen dan syarat-syarat lainnya agar ketika pendaftaran resmi dibuka, kamu sudah siap. Peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru akan dilakukan pada awal tahun, yaitu bulan Januari. Ada pun jadwal kegiatan SNMPTN lainnya adalah sebagai berikut:

• Januari – Februari: Tahap registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
• Januari – Februari: penetapan siswa yang dapat mendaftar SNMPTN atau eligible (ditentukan oleh sekolah)
• Januari – Februari: Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS)
• Februari: Pendaftaran SNMPTN
• Maret: Pengumuman hasil SNMPTN
• Pendaftaran ulang peserta yang lulus (dilihat di website PTN penerima)

Jangan lupa mempersiapkan portofolio untuk pendaftaran SNMPTN nanti. Portofolio wajib diunggah peserta, terutama bagi pendaftar yang memilih program studi berikut:

  1. Etnomusikologi
  2. Film Televisi
  3. Olahraga
  4. Pedalangan
  5. Seni Karawitan
  6. Seni Tari
  7. Senirupa
  8. Teater

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2022/2023

Persyaratan pendaftaran SNMPTN 2022 memang belum dirilis secara resmi. Namun, kamu bisa melihat syarat pendaftaran SNMPTN 2021 sebagai referensi.

  1. Pendaftar SNMPTN duduk di kelas terakhir (pada pendidikan menengah yang ditempuh) dan akan lulus pada tahun berjalan
  2. Pendaftar SNMPTN berprestasi dalam bidang akademik dan konsisten, dibuktikan dengan masuk ke dalam kuota terbaik di sekolah yang dilakukan LTMPT
  3. Pendaftar SNMPTN termasuk ke dalam kuota dengan peringkat terbaik di sekolah (ditentukan berdasarkan akreditasi masing-masing sekolah)
  4. Pendaftar SNMPTN memenuhi syarat-syarat tambahan yang ditentukan program studi kampus tujuan

Cara Mendaftar SNMPTN 2022/2023

Kemungkinan besar cara mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN 2022 tidak jauh berbeda dengan pendaftaran di tahun 2021. Pendaftar masih diwajibkan membuat akun LTMPT agar bisa meneruskan proses hingga menjalani seleksi. Cara mendaftar SNMPTN 2021 berikut pastinya dapat kamu jadikan referensi untuk pendaftaran tahun berikutnya.

  1. Pendaftar melakukan login di portal LTMPT atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id
  2. Pendaftar menggunakan data alamat email aktif dan password yang didaftarkan
  3. Pendaftar melengkapi data orang tua pada halaman profil di bagian “Kelengkapan Data Orang Tua”
  4. Melakukan pendaftaran SNMPTN
  5. Mengisi pilihan program studi di halaman “PILIHAN”
  6. Mengisi data portofolio pada halaman “Portfolio” (khusus bagi pendaftar di program studi yang mewajibkan dokumen portofolio. Apabila prodi yang dipilih tidak mewajibkan syarat dokumen portofolio, halaman tersebut dapat dikosongi)
  7. Mengisi data prestasi pada halaman “PRESTASI” (data bersifat opsional. Jika pendaftar memiliki prestasi, isikan data sesuai bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan)
  8. Melakukan finalisasi apabila data yang terisi sudah diperiksa kembali. Perlu diketahui bahwa data yang sudah difinalisasi tidak dapat diubah kembali dengan alasan apa pun
  9. Mengunduh dan mencetak kartu registrasi SNMPTN

Kuota Sekolah untuk SNMPTN 2022/2023

Pemberlakuan kuota sekolah menjadi hal yang perlu dipertimbangkan calon pendaftar SNMPTN. Semakin besar kuota yang diberikan, akan semakin tinggi pula peluang diikutkan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tahun 2021, kuota yang diberikan untuk sekolah dengan akreditasi A sebesar 40%, kuota untuk sekolah terakreditasi B adalah25%, sedangkan sekolah yang akreditasinya C atau belum terakreditasi sebesar 5%. Kuota tersebut mungkin saja mengalami perubahan di tahun 2022, sehingga kamu perlu mengetahui perkembangan informasi terbaru di laman resmi LTMPT.

Kampus Penerima Peserta Terbanyak SNMPTN 2021

Pertimbangan masuk PTN melalui jalur SNMPTN tidak terlepas dari reputasi program studi dan kampus tujuan. Tidak mengherankan jika banyak program studi di kampus favorit diserbu peserta SNMPTN. Berdasarkan data LTMPT yang dilansir dari laman instagram, kampus tujuan SNMPTN yang menerima pendaftar terbanyak adalah sebagai berikut.

  1. Universitas Brawijaya (UB): 4446
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES): 2765
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): 2565
  4. Universitas Negeri Padang: 2456
  5. Universitas Malikussaleh: 2450
  6. Universitas Haluoleo: 2348
  7. Institut Teknologi Sumatera: 2313
  8. Universitas Jember: 2272
  9. Universitas Sumatera Utara: 2131
  10. Universitas Negeri Malang: 2121

Setelah membaca waktu pendaftaran SNMPTN 2022/2023 di atas, apakah kamu sudah siap menjalani seleksinya? Kamu bisa memperkirakan peluang diikutkan atau tidaknya pada seleksi SNMPTN 2022/2023 dengan melihat nilai rapor dan membandingannya dengan teman-teman. Apabila kamu mendapatkan peringkat baik dan memiliki nilai-nilai di atas KKM, kamu bisa lebih optimis ketika mendaftarkan diri pada SNMPTN dan bisa memilih program studi favorit. Sebaliknya, jika nilaimu cukup pas-pasan untuk mengikuti SNMPTN, pilih program studi dengan passing grade yang tidak terlalu tinggi. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta