5 Keuntungan Lulusan SBMPTN dan SNMPTN Yang Perlu Kamu Tahu

 Bella Carla | Sen, 27 Apr 2020

Lulusan SBMPTN dan SNMPTN – Tahun ajaran baru sebentar lagi akan menyapa, tentunya momen ini menjadi momen terpenting bagi siswa/I kelas 12. Setelah lulus di bangku sekolah menengah, kira-kira kamu sudah punya gambaran belum akan melanjutkan pendidikan ke kampus mana? Buat kamu yang memilih perguruan tinggi negeri, tentunya kamu sudah cukup akrab bukan dengan istilah SBMPTN dan SNMPTN. Apakah kamu sudah mengetahui keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan ketika lulus SBMPTN dan SNMPTN? Jika belum, cek infonya di bawah ini ya untuk menambah wawasan kamu.

Deretan Keuntungan Didapatkan Lulusan SBMPTN dan SNMPTN

Lulusan SBMPTN dan SNMPTN
anakusu.com

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur nasional penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tanah air yang diadakan oleh pemerintah secara serentak. Dulu, SBMPTN ini sama-sama bernama SNMPTN juga. Perbedaannya, yang satu SNMPTN undangan dan yang sekarang dikenal sebagai SBMPTN, dulu bernama SNMPTN tulis. Nah, berbeda dengan Jalur Mandiri ternyata lulusan SBMPTN dan SNMPTN ini memiliki keuntungannya tersendiri lho.

Beberapa keuntungan yang didapatkan oleh lulusan SBMPTN dan SNMPTN antara lain adalah:

1. Menghemat biaya pendidikan

Keuntungan pertama yang akan dirasakan oleh mereka yang lulus melalui Jalur SBMPTN dan SNMPTN adalah lebih menghemat biaya pendidikan. Selain tidak perlu keluar biaya lagi untuk mengikuti berbagai tes saringan masuk, biaya kuliah di PTN juga biasanya lebih terjangkau karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Biayanya biaya pendidikan lulusan SBMPTN dan SNMPTN masuk dalam golongan UKT 1 dan UKT 2.

2. Memiliki waktu luang yang panjang

media.shellypalmer.com

Pelaksanaannya yang lebih awal dari Jalur Mandiri tentunya bisa membuat kamu bernafas dengan cukup lega bila berhasil lolos ke PTN lewat jalur yang satu ini. Sebab, sisa waktu yang kalian miliki sebelum memulai perkuliahan, biasanya berselang cukup lama. Pada waktu senggang tersebut, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk pergi liburan, bermain, atau melatih sesuatu yang selama ini selalu tidak sempat kalian lakukan.

3. Memiliki kebanggan tersendiri

godlyparent.com

Keuntungan selanjutnya ketika kamu masuk perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN dan SNMPTN adalah memiliki perasaan bangga. Namun, bukan berarti bangga untuk kemudian disombongkan melainkan perasaan bangga dari orangtua, kerabat, guru, teman dll. Tentu kamu akan merasakan hal ini ketika kamu sudah benar-benar diterima melalui kedua jalur nasional ini.

4. Dapat mempersiapkan kebutuhan perkuliahan lebih dini

images05.military.com

Dinyatakan lulus jalur SBMPTN atau SNMPTN tentunya memberimu waktu yang lebih lapang untuk mengemasi persyaratan untuk registrasi ulang ke universitas tujuan. Serta keperluanmu pribadimu sebagai seorang calon mahasiswa barupun dapat kamu persiapkan dengan tidak terburu-buru hingga masa perkuliahan dimulai. Wajar saja, sebab pengumuman hasil SBMPTN dan SNMPTN diumumkan sebelum Jalur Mandiri dimulai. Ini tentu cukup menguntungkan sebab kamu yang berdomisili jauh dari lokasi universitas tujuanmu akan lebih leluasa untuk mengakomodasi keperlan hidupmu disana kelak seperti mencari kost dan lainnya.

5. Target masa depanmu berada satu tahap lebih terarah

i1.wp.com

Sederhananya, kamu sudah dapat sedikit lega sebab telah memiliki genggaman ketika dinyatakan lulus SBMPTN atau SNMPTN. Kamu sudah selangkah lebih awas dengan cita-citamu. Pun jika kamu lulus di jurusan yang bukan menjadi prioritasmu, tetap saja setidaknya kamu sudah berada di posisi yang terbilang cukup aman dibandingkan dengan rekanmu yang belum seberuntung dirimu.

Nah, itu tadi sedikitnya ada 5 keuntungan lulusan SBMPTN dan SNMPTN yang perlu kamu ketahui. Cukup banyak bukan keuntungan yang bisa kalian dapatkan? Jika kemarin kamu gagal dalam SNMPTN, kamu bisa memiliki kesempatan untuk belajar lebih giat agar dapat lulus dalam SBMPTN mendatang. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: