Kiat Memilih UKM yang Tepat untuk Mahasiswa Baru

 Posted on Jumat, September 7th, 2018  Posted in Seputar Mahasiswa  Mamikos

Kiat Memilih UKM – Saat memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa baru harus dituntut untuk beradaptasi dengan kehidupan kuliah. Banyak dari mereka yang merasa belum nyaman dengan situasi karena tidak ada teman sperti di SMA. Padahal inilah awal dari kemandirianmu menjadi mahasiswa. Jangan ragu untuk mengajak kenalan teman baru, supaya bisa lebih nyaman dengan dunia kampus.

Di setiap perguruan tinggi tentu memiliki UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa, yang mana setiap mahasiswa baru bisa mengikuti dan bergabung bersama mereka. Selain belajar berorganisasi, kamu bisa melatih bagaimana cara berkomunikasi, menambah relasi dengan teman baru. Pertanyaannya bagaimana kiat memilih UKM agar tidak salah pilih?

Sebagai mahasiswa baru, sebaiknya tentukan UKM yang sesuai dengan kepribadianmu. Cermati tempat yang paling tepat untuk menyalurkan bakat dan jangan sampai membuang waktu hanya untuk kegiatan yang tidak disenangi. Berikut kiat memilih UKM yang perlu kamu lakukan.

Kiat Memilih UKM

1. Cari Tahu UKM yang Tersedia di Kampus

Kiat Memilih UKM

Kiat memilih UKM pertama adalah mencari tahu terlebih dahulu ada organisasi apa saja yang tersedia. Biasanya pengenalan ini akan berlangsung saat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek. Setiap UKM akan mempromosikan baik secara langsung atau mereka membuat stand sendiri-sendiri. Eksplore dan tanyakan lebih jauh kepada setiap anggota UKM yang bertugas saat itu sebelum ahirnya kamu menentukan pilihan.

2. Pilih Sesuai Minat, Bakat dan Kemampuan

Kiat Memilih UKM

Kiat memilih UKM selanjutnya adalah harus yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan agar lebih mudah beradaptasi. Semangat akan tumbuh saat seseorang melakukan suatu hal jika ia menguasainya. Berbeda jika kamu asal memilih UKM, jika tidak berminat mungkin waktu akan terbuang sia-sia untuk kegiatan yang tidak sesuai passion. Sangat disayangkan. Kamu bisa mengembangkan bakat yang ada dalam dirimu supaya lebih terasah.

3. Bedakan antara Passion dan Hobi

Kiat Memilih UKM

Sedikit sulit untuk membedakan antara passion dan hobi. Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu memilih UKM yang sesuai dengan hobi. Tapi alangkah baiknya memilih UKM dari passion yang kamu miliki karena ini adalah panggilan jiwa dan kamu akan melakukannya dengan maksimal. Berbeda dengan hobi, kadang hal ini hanya akan memberikan kepuasan sementara bukan manfaat yang nyata.

Temukan Kampus yang Cocok Untukmu di Quiz ini!”]

4. Pilih UKM yang tidak Mengganggu Jadwal Kuliah

Kiat Memilih UKM

Tanyakan kepada senior, jadwal kegiatan UKM yang biasanya dilakukan. Jangan sampai mengganggu kegiatan kampus, karena anggota UKM tidak semuanya tergabung dari satu fakultas. Setiap fakultas memiliki kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda.

Dengan begitu kamu bisa mengetahui UKM mana yang tidak mengganggu kegiatan perkuliahanmu. Saat perkuliahanmu terganggu, salah satu ancamannya adalah materi kuliah tidak bisa dipahami dengan baik dan nilaimu bisa menurun.

5. Jangan Pilih UKM hanya Karena Ajakan Teman

Kiat Memilih UKM

Tidak sedikit dari mereka yang tergabung dalam UKM hanya karena melihat teman atau ajakan teman. Jika ajakan teman adalah passionmu tidaklah masalah. Namun yang jadi masalah saat passionmu bertentangan dengan UKM yang dipilih karena ajakan teman. Bisa jadi kamu tidak bertahan lama di UKM tersebut.

6. Tetap Prioritaskan Kuliah

Kiat Memilih UKM

Bergabung bersama UKM di kampus tidak salah, justru cukup dianjurkan untuk menambah pengalaman dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Namun yang jadi masalah, saat ada kegiatan diluar kamu melalaikan kewajiban sebagai mahasiswa.

Antara waktu belajar dan berorganisasi haruslah seimbang. Keuntungan yang didapat pun berlipat. Selain ilai tambah dari managemen waktu, kamu tidak akan ketinggalan materi perkuliahan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: