7 Lagu yang Cocok untuk Memperingati Hari Kartini 21 April

7
Lagu yang Cocok untuk Memperingati Hari Kartini 21 April – Kartini adalah sosok
yang disegani sebab berhasil memperjuangkan wanita dalam dunia pendidikan.
Segala bentuk jasanya telah diingat dan diteruskan oleh para kaum wanita di
masa depan.

Indonesia berhak bangga sebab memiliki sosok pejuang muda seperti R.A. Kartini, tanpa adanya beliau, maka mungkin wanita di Indonesia akan terus diperbudak oleh kaum pria.

Jika kamu sedang ingin mendengarkan lagu-lagu yang cocok untuk memperingati Hari Kartini, maka kamu perlu membaca artikel ini untuk mendapat referensinya.

Sejarah
Singkat Mengenai R.A. Kartini dalam Kehidupan Awal dan Pendidikan

vecteezy.com

RA Kartini lahir dari sebuah keluarga bangsawan Jawa yang terkenal di wilayah Jepara.

Ayahnya bernama Sosroningrat, merupakan seorang Bupati yang juga memiliki banyak tanah dan kekuasaan di yang ada daerahnya.

Sedangkan ibunya yang bernama Ngasirah, berasal dari sebuah keluarga bangsawan yang sama-sama kaya. Meskipun telah lahir dari sebuah keluarga bangsawan, Kartini tetap merasa hidup di dalam keterbatasan.

Seperti kebanyakan dari perempuan pada masanya, Kartini hanya dapat dibatasi pada tugas-tugas seperti rumah tangga dan tidak akan diperbolehkan untuk mengenyam bentuk pendidikan lebih tinggi.

Namun, Kartini tetap memiliki keinginannya yang kuat untuk bisa belajar dan berkembang. Ia mulai belajar sendiri dengan banyak membaca buku-buku yang diberikan oleh ayahnya serta teman-temannya.

Selain itu, ia juga kerap belajar menggunakan Bahasa Belanda dari seorang guru dari Belanda yang bekerja di kantor milik ayahnya.

Pada usianya di 12 tahun, Kartini harus terpaksa menghentikan pendidikannya sebab harus dijodohkan oleh kedua orangtuanya. Namun, Kartini tetap tidak berhenti berusaha untuk bisa belajar.

Ia juga meminta izin kepada kedua orangtuanya untuk dapat belajar melalui cara surat-menyurat dengan teman-temannya yang juga bersekolah di Belanda.

Dalam hal surat-menyurat tersebut, Kartini telah berdiskusi mengenai pendidikan, emansipasi dari perempuan, dan juga hubungan antara Indonesia dengan Belanda.

Ia juga mendapatkan banyak dukungan dan juga inspirasi dari teman-temannya yang telah bersekolah di Belanda, seperti Rosa Abendanon dan juga Estella Zeehandelaar.

Meskipun pada akhirnya Kartini hanya dapat menyelesaikan pendidikan dasar, gagasan-gagasannya mengenai dunia pendidikan dan hak-hak bagi perempuan terus berkembang dan memengaruhi banyak sekali orang di masa depan.

Pada tahun 1903, ia juga mendirikan Sekolah Kartini di Jepara, yang bertujuan untuk bisa memberikan pendidikan bagi para perempuan dan dapat membantu meningkatkan kondisi dari sosial ekonomi mereka.

Perjuangannya
dalam Emansipasi Perempuan

R.A. Kartini merupakan seorang pahlawan bagi gerakan para perempuan di Indonesia.

Ia telah memperjuangkan segala hak-hak perempuan untuk bisa mendapatkan pendidikan dan juga kesempatan yang sama dengan para laki-laki.

Selama hidupnya, Kartini juga terus berusaha memperjuangkan emansipasi bagi perempuan.

Ia juga berjuang dalam melawan diskriminasi serta kesenjangan sosial yang telah dihadapi oleh perempuan di masyarakat Jawa.

Ia juga percaya bahwa suatu pendidikan adalah kunci untuk bisa membebaskan perempuan dari keterbelakangan dan akan memberikan kesempatan yang sama untuk bisa berkembang.

Salah satu dari bentuk perjuangan Kartini yaitu melalui proses korespondensi bersama dengan teman-temannya.

Dalam bentuk surat-menyurat tersebut, ia sering membahas mengenai pentingnya sebuah pendidikan bagi para perempuan dan bagaimana perempuan dapat untuk berperan secara aktif dalam masyarakat.

Kartini juga berhasil memperjuangkan hak-hak dari perempuan melalui pendirian sebuah Sekolah Kartini.

Sekolah ini dapat menjadi wadah bagi para perempuan untuk mendapatkan suatu pendidikan yang layak dan dengan keterampilan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sekolah Kartini juga dapat membantu meningkatkan segala kondisi dari sosial ekonomi para perempuan di daerah tersebut.

Meskipun perjuangan dari R.A. Kartini untuk memajukan emansipasi perempuan belum sepenuhnya dapat tercapai, namun warisan dan juga pengaruhnya telah berhasil memotivasi banyak dari perempuan di Indonesia untuk bisa melanjutkan bentuk perjuangan tersebut.

Ia juga telah menjadi teladan yang baik bagi perempuan-perempuan Indonesia untuk terus bisa berjuang dalam memperoleh hak-hak yang sama dengan laki-laki dan dapat meningkatkan peran perempuan di dalam masyarakat.

Warisan serta Dampak yang Diberikan Oleh R.A. Kartini

R.A. Kartini telah meninggalkan berbagai warisan yang besar di dalam perjuangannya untuk membela hak-hak perempuan dan juga perubahan sosial yang lebih adil serta merata di Indonesia.

Meskipun ia telah hidup secara terbatas pada zaman kolonial, segala gagasan-gagasannya tetap menjadi relevan dan telah memengaruhi banyak orang di masa depan.

Salah satu bentuk dampak yang besar dari perjuangan Kartini adalah terciptanya suatu kesadaran akan pentingnya sebuah pendidikan bagi kaum perempuan.

Ia juga percaya bahwa pendidikan merupakan sebuah kunci untuk bisa membebaskan kaum perempuan dari keterbelakangan dan dapat memberikan kesempatan yang sama untuk terus bisa berkembang.

Bahkan Sekolah Kartini yang berhasil didirikannya pun telah menjadi teladan bagi banyak sekolah-sekolah perempuan yang ada di seluruh Indonesia.

Selain itu, perjuangan dari Kartini juga dapat mempengaruhi perubahan sosial yang ada di Indonesia.

Ia telah memperjuangkan hak-hak bagi perempuan dan mengadvokasi bentuk keadilan sosial, yang kemudian juga menginspirasi banyak aktivis dan juga gerakan sosial yang ada di masa depan.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap hasil perjuangannya, maka setiap tahunnya tanggal 21 April akan diperingati sebagai Hari Kartini.

Pada hari ini, banyak dari orang di Indonesia yang memperingati jasa-jasa dari Kartini dan juga mengekspresikan bentuk dukungan mereka dalam perjuangan hak-hak bagi perempuan dan kesetaraan gender.

Warisan dan juga dampak dari R.A. Kartini yang besar ini harus terus diapresiasi dan juga diperjuangkan oleh para generasi-generasi selanjutnya.

Mari
kita jadikan bentuk perjuangan RA Kartini ini sebagai inspirasi untuk bisa terus
memperjuangkan segala hak-hak bagi perempuan dan juga kesetaraan gender, serta dapat
membangun masyarakat yang terasa lebih adil dan merata bagi semua orang.

Tentang
Surat “Habis Gelap Terbitlah Terang” Oleh R.A. Kartini

Surat “Habis Gelap Terbitlah Terang” merupakan salah satu bentuk surat yang paling terkenal di Indonesia yang telah ditulis oleh RA Kartini.

Surat ini juga ditujukan kepada seorang sahabatnya yang berada di Belanda, yakni Stella Zeehandelaar.

Di dalam surat ini, RA Kartini juga mengungkapkan bentuk keyakinannya bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci untuk bisa membebaskan perempuan dari keterbelakangan dan juga ketidakadilan.

RA Kartini juga telah mengekspresikan keinginannya untuk dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, sehingga ia akan dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia.

Surat “Habis Gelap Terbitlah Terang” telah menjadi sangat terkenal karena di dalamnya yang berisi berbagai pemikiran-pemikiran cemerlang dan juga inspiratif mengenai kaum perempuan dan pendidikan.

Surat ini juga telah menjadi bukti keberanian dari R.A. Kartini dalam berbicara secara terbuka mengenai masalah-masalah sosial yang ada pada zamannya.

Kumpulan surat dari R.A. Kartini, termasuk “Habis Gelap Terbitlah Terang”, kemudian telah diterbitkan menjadi sebuah bentuk buku dan sangat berpengaruh di dalam gerakan para perempuan Indonesia serta dalam perjuangan kemerdekaan di Indonesia.

Lagu
yang Cocok untuk Memperingati Hari Kartini

Peringatan dari Hari Kartini yang akan jatuh pada 21 April telah menjadi momen yang spesial bagi semua kaum perempuan di Indonesia.

Berbagai jenis pergelaran pun biasanya akan dilakukan untuk dapat mengenang semangat juang dari R.A. Kartini dalam usahanya mewujudkan kesetaraan gender di tanah air.

Berikut
ini merupakan contoh lagu yang cocok untuk memperingati Hari Kartini:

1. Girl on Fire – Alicia Keys

https://www.imdb.com/

Girl on Fire bercerita mengenai seorang wanita dengan segala semangat dan juga gairah juangnya yang tinggi.

Lagu ini akan cocok untuk melambangkan semangat dari wanita yang ingin menaklukan dunia. Musiknya pun terasa begitu semangat ketika didengarkan.

2.
Wanita
– Endang Soekamti

mp3populer.com

Perempuan sejatinya akan lahir dengan kecantikan dan juga keanggunan. Seperti pada lirik di dalam lagu ini yang juga menunjukan betapa wanita telah memiliki sisi cantik yang dapat membuat kaum adam terpesona.

Lagu ini juga dapat menggambarkan bahwa semua kaum perempuan akan menjadi istimewa dengan rahasia dan juga pesonanya masing-masing.

3.
Jadi Wanita – NonaRia

masfrenzy.blogspot.com

Lagu ini sudah dirilis oleh NonaRia tepat pada Hari Kartini. ‘Jadi Wanita’ merupakan lagu yang berkisah tentang betapa beruntungnya kaum wanita di Indonesia yang sudah hidup di masa kini.

Hal itu karena kebanyakan wanita masa kini memiliki haknya untuk bisa bergaya dan bekerja sesuai dengan pilihannya masing-masing.

4.
Run The World – Beyonce

https://www.largeup.com/

Lagu ini juga sangat cocok didengarkan untuk meningkatkan semangat dari para wanita dalam mengarungi kerasnya hidup.

Lirik lagu dalam ‘Run The World’ juga membuat kaum hawa percaya bahwa semua wanita tidak bisa diperlakukan dengan seenaknya.

5.
Fight Song – Rachel Platten

https://ew.com/

Untuk semua wanita yang sedang dalam proses berjuang, lagu ini akan sangat cocok untuk didengarkan pada Hari Kartini.

Lirik dalam lagunya pun dapat membuat kamu menjadi semangat dan juga percaya pada diri sendiri. Sangat cocok untuk bisa memotivasi kaum wanita dalam mengejar segala impiannya.

6.
Gemilang – Andien

https://open.spotify.com/track/2HjsBbEvkqcRFoYAOZBlpj

Dalam lagu ini, Andien juga bercerita mengenai kegemilangan para pahlawan wanita Indonesia yang inspiratif dan juga penuh mimpi.

Lagu ini juga menampilkan sosok wanita terkemuka seperti Christine Hakim (Aktris), Susi Susanti (Atlit), Anne Avantie (Desainer Fashion), Meutia Hatta (Tokoh Nasional), dan Mira Lesmana (Tokoh Perfilman) yang menjadi contoh wanita inspiratif di Indonesia.

Video ini juga diharapkan dapat memberi motivasi bagi generasi muda agar bisa terus berprestasi.

7.
Brave- Sara Bareilles

https://www.sarabmusic.com/music/brave/

Lagu ini menjelaskan agar semua kaum wanita bisa berani dalam menyuarakan aspirasinya.

Lagu ini juga dapat menegaskan bahwa sebuah pemikiran dan aspirasi pada setiap wanita layak untuk didengarkan dan dihargai.

Penutup

Itu tadi pembahasan mengenai lagu yang cocok untuk memperingati Hari Kartini, semoga lagu-lagu tadi juga dapat memberikan semangat bagi kamu kaum perempuan di Indonesia dalam menjalani hidup.

Harapannya, kamu dapat mempelajari segala bentuk perjuangan R.A. Kartini dalam memajukan pendidikan dan emansipasi wanita di Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai lagu yang cocok untuk memperingati Hari Kartini, kamu dapat membaca artikel lainnya mengenai lagu pada kolom yang tersedia di Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah