Link dan Syarat Pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud 2021/2022

Posted in: CPNS
Tagged: cpns CPNS SMA

Link dan Syarat Pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud 2021/2022 — Jika kamu adalah salah satu yang sedang mencari info terkait link dan syarat pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud maka saat ini kamu sedang membaca informasi yang tepat.

Sebab dalam artikel Mamikos kali ini, Mamikos akan memberikan kamu berita terkini tentang link dan syarat pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud 2021/2022 yang pasti akan sangat kamu perlukan. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Update! Link & Syarat Pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud

riubisa.com

Seperti yang telah Mamikos singgung sedikit di atas bahwa pada kesempatan ini Mamikos akan coba memberikan kamu sebuah info penting dan menarik terkait link dan syarat pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud.

Jadi buat kamu yang tidak sabar lagi, yuk simak selengkapnya informasinya sebagai berikut.

A. Formasi Pendaftaran CPNS 2021 Khusus Lulusan SMA

Untuk bisa mengetahui link dan syarat pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud 2021/2022, kamu pun perlu tahu terlebih dahulu formasi pendaftaran CPNS 2021 khusus SMA tersebut. Simak penjelasannya dengan lebih rinci di bawah ini.

1. CPNS Kemendikbud 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Mamikos taruh di urutan pertama sebagai penerima lulusan SMA pada seleksi pendaftaran CPNS 2021 ini. Kemendikbud turut membuka seleksi CPNS pada tahun 2019 untuk jalur SMA/SMK.

Keputusan resmi penerimaan CPNS periode sebelumnya dimuat resmi di Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Totalnya ada sebanyak 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan, yakni pengadministrasi keuangan sebanyak 3 formasi; teknisi laboratorium, 2 formasi; dan teknisi pemetaan dan penggambaran, 6 formasi.

Jika kamu penasaran dengan informasi lengkapnya kamu bisa mengakses portal resmi Kemendikbud di alamat https://cpns.kemdikbud.go.id.

2. CPNS Kemenkumham 2021

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga membuka lowongan CPNS terbesar di periode bukaan CPNS sebelumnya dengan syarat peserta yakni lulusan SMA dan sederajat termasuk SMK. Kamu bisa mengecek Formasi CPNS Kemenkumham 2021 pada laman resminya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemenkumham, pada tahun 2019 ada sekitar 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA.

Rincian Formasi Kemenkumham

Untuk rinciannya sebanyak 2.875 jumlah formasi diperuntukkan pemegang ijazah SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir, dengan total formasi yang dibuka yaitu 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham juga turut memberikan kesempatan penerimaan CPNS tersebut sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita. Untuk 2.875 formasi itu terbagi rata dalam 33 kantor wilayah.

Info lain yang perlu diketahui adalah bahwa lowongan lainnya untuk lulusan SMA ini adalah jabatan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi yakni 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.

Kamu bisa mengecek kelengkapan informasi resmi nya hanya di link portal Kemenkumham https://cpns.kemenkumham.go.id.

3. CPNS Kejaksaan Agung 2021

Di urutan selanjutnya ada Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang juga turut membuka lowongan bagi lulusan SMA dan sederajat dalam penerimaan seleksi CPNS di periode sebelumnya.

Ada total 2.000 lowongan di Kejaksaan Agung untuk formasi seleksi CPNS 2019 bagi para lulusan SMA sederajat.

Hal tersebut sesuai dengan pengumuman nomor PENG – 01 /C/Cp.2/11/2019 mengenai Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Dua Jabatan Formasi Kejagung

Dua jabatan dalam formasi CPNS tersebut ialah pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan. Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana diperlukan sebanyak 1.000 formasi, sementara untuk pengemudi tahanan juga diperlukan dalam jumlah yang sama yakni 1.000 formasi.

Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, Kejagung membutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, akan dialokasikan untuk umum.

Kamu bisa mengakses portal resmi Kejagung untuk info selengkapnya di alamat laman https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

4. CPNS Kementerian LHK 2021

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga tidak ketinggalan dalam memberikan jatah bagi para lulusan SMK untuk mendaftar CPNS. Hal tersebut sesuai dengan surat pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019.

Ada total 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK tersebut. Dari 80 formasi ini, hanya diperuntukkan pada jabatan pelaksana pemula/pemula polisi kehutanan. Untuk info lengkapnya kamu bisa mengakses portal resmi di alamat https://ropeg.menlhk.go.id.

5. CPNS Kementan 2021

Info pendaftaran CPNS jalur SMK selanjutnya yang perlu kamu tahu dibuka oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Kementerian Pertanian pada waktu tersebut menyatakan ada sekitar 45 formasi yang dibuka. Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Untuk pembagian jabatannya bisa kamu simak yakni:

  1. pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, 26 kursi;
  2. pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner, 9 kursi;
  3. pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, 2 kursi;
  4. pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, 5 kursi;
  5. pemelihara kebun, 2 kursi;
  6. pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 kursi.

Kamu bisa mengecek info selengkapnya yang ada di portal resmi Kementan di alamat https://cpns.pertanian.go.id.

6. CPNS BIN 2021

Badan Intelijen Negara (BIN) turut siap menerima sekitar 200 lulusan SMA atau sederajat untuk menjadi CPNS dan mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Kamu bisa mengecek laman BIN secara resmi untuk informasi selengkapnya.

B. Kapan Tanggal Pendaftaran SSCN 2021?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kapan tanggal pendaftaran sscn 2021 dibuka. Perlu kamu tahu bahwa SSCN merupakan Sistem Seleksi CPNS Nasional. Maka jalur penerimaan CPNS akan dilakukan melalui satu pintu saja yaitu portal SSCN BKN.

Berdasarkan update informasi yang Mamikos dapatkan, telah dibuka pendaftaran CPNS 2021 pertama Jalur Sekolah Kedinasan mulai 9 April 2021 hingga 30 April 2021. Kamu bisa mengecek informasinya di portal resmi dikdin.bkn.go.id.

C. Persyaratan Pendaftaran CPNS Lulusan SMA 2021

Apabila kamu hendak melakukan pendaftaran CPNS lulusan SMA 2021, pasti kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin bukan. Sebab persiapan yang dilakukan biasanya akan mempengaruhi pada proses pendaftaran nanti.

Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui dan menyiapkan apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh kamu sebagai calon peserta saat hendak mengikuti pendaftaran online CPNS 2021, termasuk pendaftaran CPNS Lulusan SMA 2021 ini.

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan yang perlu kamu tahu sebelum mengikuti pendaftaran CPNS 2021. Diantaranya adalah:

  1. Harus cukup umur, Minimal usia 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun
  2. Track Record bagus yaitu Tak pernah diberhentikan baik secara hormat maupun tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, TNI, dan Polisi.
  3. Belum berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia
  4. Belum pernah dipenjara atau terkena hukuman pidana.
  5. Wajib sehat jasmani dan rohani.
  6. Memiliki ijazah minimal SMA/Sederajat (khusus formasi Lulusan SMA)
  7. Tidak berpolitik ataupun anggota partai politik.
  8. Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

D. Tata Cara Mendaftar CPNS Lulusan SMA 2021

Lalu bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS khusus lulusan SMA tahun 2021 tersebut? Sederhananya, entah lulusan sarjana atau SMA memiliki cara mendaftar yang sama saja.

Perbedaan hanya terletak pada kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Simak dengan saksama cara mendaftar CPSN lulusan SMA tersebut sebagai berikut:

  1. Pembuatan Akun SSCASN BKN 2021.
  2. Pengisian Formulir Registrasi.
  3. Upload Scan Dokumen persyaratan.
  4. Cetak kartu informasi pendaftaran.

E. Link Pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud 2021

Untuk kamu yang belum pernah sama sekali melakukan pendaftaran pada seleksi CPNS, mungkin merasa kebingungan dalam mencari link resmi pendaftaran CPNS 2021 tersebut.

Oleh sebab itu perlu Mamikos informasikan pada poin satu ini. Jadi ada 2 link pendaftaran yang perlu kamu akses apabila hendak mendaftarkan diri pada seleksi CPNS 2021.

Link pertama yakni link induk yang merupakan milik BKN dengan alamat portal resmi di SSCN.bkn.go.id dan bisa kamu akses.

Pada link tersebut kamu diminta untuk membuat akun terlebih dahulu menggunakan email aktif. Terutama bagi pengguna baru yang sebelumnya belum pernah mengikuti seleksi tes CPNS sama sekali.

Akan tetapi jika kamu sudah memiliki akun, maka kamu bisa langsung melakukan login menggunakan akun yang pernah kamu buat tersebut. Link kedua yang bisa kamu akses adalah link resmi milik instansi tempat penyelenggaraan tes CPNS.

Contohnya saja untuk formasi lulusan SMA yang dibuka oleh beberapa instansi yang bisa langsung kamu akses diantaranya adalah:

  1. Kemendikbud : Akses link pendaftarannya di alamat cpns.kemdikbud.go.id
  2. Kemenkumham : Akses link pendaftarannya di alamat cpns.kemenkumham.go.id
  3. Kejaksaan Agung : Akses link pendaftarannya di alamat rekrutmen.kejaksaan.go.id
  4. Kementerian LHK : Akses link pendaftarannya di alamat ropeg.menlhk.go.id
  5. Kementan : Akses link pendaftarannya di alamat cpns.pertanian.go.id
  6. BIN : Akses link pendaftarannya di alamat www.bin.go.id

Untuk informasi kapan pendaftaran CPNS resmi dibuka belum ada update terbaru. Namun Mamikos akan memberikan pembaruan terkini apabila ada info terkait mengenai berita dibukanya pendaftaran CPNS 2021 tersebut. Nantikan, ya.

Dengan demikian usai sudah penjelasan Mamikos mengenai link dan syarat pendaftaran CPNS SMA Kemendikbud yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini.

Mudah-mudahan apa yang telah Mamikos informasikan dapat berguna dan bermanfaat untuk kamu semua.

Jangan lupa untuk mengakses aplikasi pencari kos Mamikos apabila kamu memerlukan info hunian terkini dan terpercaya sekarang juga.

Sebab hanya di Mamikos mencari dan menemukan hunian kos dapat dilakukan dengan cara baru dan lebih menyenangkan. Unduh aplikasinya sekarang dan buktikan sendiri.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta