Link Pendaftaran SSCN CPNS sscn.bkn.go.id 2021/2022

Posted in: CPNS

Link Pendaftaran SSCN CPNS sscn.bkn.go.id 2021/2022 — Peminat atau pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahun tidak pernah menurun setiap tahunnya. Oleh sebab itu, info tentang link pendaftaran SSCN CPNS pun sering dicari.

Mamikos pun tidak ingin melewatkan memberikan informasi tersebut buat kamu semua. Agar segala persiapan, agenda atau jadwal hingga persyaratan yang perlu kamu urus bisa dikumpulkan dari sekarang.

Sudah siap untuk mengakses link pendaftaran SSCN CPNS 2021/2022? Langsung baca saja penjelasan Mamikos sebagai berikut.

Update Terbaru Link Pendaftaran SSCN CPNS 2021/2022

beritasatu.com

Saat ini kamu sedang hendak mendaftarkan diri pada seleksi CPNS? Jika benar maka ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus kamu siapkan sebagai calon pelamar.

Meskipun tahapan yang akan kamu lalui nantinya mungkin terbilang tidak singkat, namun apa yang akan kamu dapatkan di akhir nanti pasti akan membahagiakan.

Tahapan yang harus kamu lalui dimulai dari pendaftaran hingga sederet persiapan seleksi hingga selesai.

Di bawah ini Mamikos berikan daftar dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan apabila kamu hendak mendaftarkan diri pada seleksi CPNS 2021/2022, diantaranya adalah:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen penunjang lainnya sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kamu lamar termasuk SKCK

1. Mengenal Laman sscn.bkn.go.id

Perlu kamu tahu bahwa pada menu di Link Pendaftaran SSCN CPNS 2021 ini kamu harus tahu perbedaan dari Menu “Registrasi” dan Menu “Login”. Sebab keduanya berbeda dalam proses mendaftarkan diri pada proses tersebut.

Jadi kamu harus pahami bahwa urutannya adalah Registrasi dulu baru bisa melakukan login. Kamu sebagai calon peserta tes CPNS memang wajib untuk memiliki akun di laman sscn.bkn.go.id terlebih dahulu.

Caranya dengan terlebih dahulu melakukan pengisian form pendaftaran akun di menu registrasi yang sudah Mamikos sebutkan di atas tadi.

2. Akses Link Pendaftaran SSCN CPNS 2021/2021 di Sini

Inilah poin yang pasti sudah kamu tunggu yaitu link pendaftaran SSCN CPNS untuk bisa mengetahui segala sesuatu hal dari info CPNS 2021/2022.

Jadi, apabila kamu tidak ingin ketinggalan dengan segala sesuatu dari info CPNS maka kamu bisa segera mengakses link sscn.bkn.go.id.

Sebab segala jenis pembaruan dan informasi mengenai SSCN CPNS maka kamu bisa langsung mengakses link yang sudah Mamikos lampirkan.

3. Fitur-fitur yang Tersedia Pada Portal sscn.bkn.go.id

Setelah mengenal apa itu portal sscn.bkn.go.id, kini kita akan membahas fitur yang ada dalam sscn.bkn.go.id. Apa saja fitur yang ada dalam sscn.bkn.go.id? Inilah fitur fitur yang ada dalam portal sscn.bkn.go.id.

Pada tampilan depan kamu akan langsung melihat beberapa gambar dalam slide show website berupa gambar yang mempercantik tampilannya.

Apabila kamu jeli dan memperhatikan di sudut kiri atas, maka kamu akan menemukan ada beberapa menu website yang bisa dipilih. Diantaranya adalah:

  1. Homepage sscn.bkn.go.id
  2. Alur
  3. Registrasi
  4. Helpdesk
  5. FAQ
  6. Layanan Informasi
  7. Login

4. Fitur Alur CPNS di Laman Resmi sscn.bkn.go.id

Untuk mengetahui alur pendaftaran dan juga proses lengkap dari seleksi CPNS, dalam laman atau portal sscn.bkn.go.id kamu bisa melihat beberapa fitur Alur CPNS.

Fitur Alur CPNS tersebut sudah menjadi tiga diantaranya adalah Alur Pendaftaran, Alur Input Lokasi Lokasi Tes SKB, dan Alur Pendaftaran Ulang.

Agar memudahkan para pelamar CPNS untuk mengerti alur seleksi CPNS tersebut, maka dibuat infografis dengan sangat menarik. Selengkapnya bisa kamu simak sebagai berikut.

5. Fitur Registrasi Akun sscn.bkn.go.id

Selain terdapat fitur Alur CPNS seperti di atas, fitur penting seperti registrasi akun tentu saja bisa kamu temukan pada laman sscn.bkn.go.id.

Registrasi Akun pada sscn.bkn.go.id ini tentu diperlukan apabila kamu hendak mendaftarkan diri pada seleksi CPNS pada tahun ini.

Dalam melakukan registrasi akun pada laman sscn.bkn.go.id, sebelumnya kamu wajib untuk melakukan pengecekan identitas. Pengecekan identitas tersebut berupa Nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap hingga Tanggal lahir.

Apabila kamu sudah melakukan pengecekan identitas seperti yang tadi Mamikos sebut, maka kamu baru bisa memasukan data atau berkas lain yang diperlukan.

Selalu teliti dan isilah data serta berkas tersebut dengan benar. Hal ini agar melancarkan dalam proses pengecekan atau verifikasi nanti.

6. Fitur Tanya Jawab (FAQ) sscn.bkn.go.id

Untuk kamu calon CPNS yang ingin mengikuti seleksi CPNS, namun masih belum paham akan sistem seleksinya, dalam laman resmi sscn.bkn.go.id menyediakan fitur Tanya Jawab (FAQ) yang sudah memuat pertanyaan sekaligus jawaban yang umumnya ditanyakan.

Contoh pertanyaan seperti bagaimana cara mengunggah dokumen, atau berapa kontak yang bisa dihubungi apabila calon peserta mengalami kendala, semuanya sudah tersedia di sana.

7. Fitur Informasi

Apabila di fitur tanya jawab menjelaskan jawaban dari pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh calon peserta, maka Fitur Informasi pada sscn.bkn.go.id lebih memberikan informasi seputar periode pendaftaran CPNS.

Disamping memberikan informasi soal periode pendaftaran, terdapat informasi mengenai jadwal ujian sampai info hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Apabila kamu ingin informasi lebih lanjut mengenai seleksi CPNS, maka melalui laman sscn.bkn.go.id kamu bisa mendapatkan kontak intansi terkait.

Instansi terkait ini diantaranya adalah Badan Kepegawaian Negara, dan juga instansi-instansi lainnya.

Keseluruhan, portal atau laman sscn.bkn.go.id sangat memudahkan kamu apabila hendak melakukan pendaftaran CPNS hingga memperoleh informasi seputar seleksi CPNS paling update.

8. Pernyataan Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memastikan bahwa pendaftaran untuk menjadi seorang ASN hanya akan melalui satu portal yang sama. Entah itu untuk pendaftaran CPNS, PPPK hingga Sekolah Kedinasan.

Penggunaan satu portal tersebut juga dinilai akan memudahkan saat proses pendaftaran. Tak dipungkiri juga bahwa efisiensi menjadi hal yang akan membuat calon peserta tidak kesulitan.

Disamping itu untuk mendukung kelancaran dalam proses pendaftaran tersebut, BKN juga sudah melakukan beberapa pengembangan dan peningkatan fitur yang ada di dalam website resmi SSCASN hingga menjadi lebih baik.

Untuk pendaftaran CPNS pada tahun ini para peserta juga tidak diwajibkan untuk mengunggah sejumlah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), hingga nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

9. Kebutuhan PNS di Tahun 2021 Meningkat Pesat

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko sudah melakukan pernyataan bahwa pendaftaran CPNS akan resmi dibuka pada Mei hingga Juni 2021.

Kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS) seluruh Indonesia mencapai 1,3 juta orang di tahun 2021. Pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten atau kota adalah yang paling banyak membutuhkan pekerja baru.

Jika ditotal semuanya kebutuhan tersebut mencapai 1.221.816 orang sementara pemerintah pusat memerlukan setidaknya hingga 83.880 orang.

Untuk jadwal seleksi CPNS sendiri, Kementerian PAN-RB sudah membaginya dalam tiga golongan. Yakni untuk sekolah kedinasan, CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)non guru, serta PPPK guru.

Untuk proses pendaftaran sekolah kedinasan akan mulai dibuka pada tanggal 9 hingga 30 April 2021. Lalu untuk proses seleksinya akan dimulai pada minggu ketiga pada bulan Mei hingga minggu keempat bulan Juni.

Dengan informasi link pendaftaran SSCN CPNS yang Mamikos sertakan tadi, maka berakhir sudah artikel kali ini.

Mudah-mudahan apa yang telah Mamikos informasikan pada kamu di atas dapat bermanfaat dan berguna. Tetap semangat dan selamat jika kamu terpilih dalam seleksi nanti.

Jangan lupa untuk mengakses aplikasi Mamikos apabila kamu saat ini sedang memerlukan informasi hunian kos.

Sebab hanya di aplikasi Mamikos, informasi terkini terkait hunian kos bisa kamu peroleh dengan sangat mudah. Akses sekarang juga!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta