Link Download PDF Pengumuman SBMPTN 2020

 Bella Carla | Sel, 09 Jun 2020

SBMPTN 2020 – Apabila tidak mengalami perubahan, jadwal pengumuman lolos SBMPTN 2020 akan disiarkan pada Kamis, 20 Agustus 2020. Untuk dapat mengecek hasil kelulusan SBMPTN ini, kamu pun bisa mengunjungi situs resminya di pengumuman.sbmptn.ac.id. Selain itu, kamu juga dapat mengecek hasil SBMPTN 2020 ini melalui versi download PDF. Untuk dapat mengetahui link pengumuman SBMPTN 2020 versi download PDF, kamu bisa mengecek informasi terbarunya di bawah ini.

Info Link Pengumuman Hasil SBMPTN 2020

SBMPTN 2020
/i0.wp.com

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Tujuan pelaksanaan SBMPTN adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, calon peserta SBMPTN diharuskan untuk harus mengikuti UTBK terlebih dahulu dan wajib untuk memiliki akun LTMPT. Sejak tahun 2019, SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

SBMPTN sendiri berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN dilakukan dengan menyaring calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik menggunakan nilai rapor SMA dan prestasi lainnya yang berhubunhan dengan program studi yang dipilih. Namun dalam penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, rekam jejak SMA juga dipertimbangkan. Sementara itu SBMPTN merupakan sebuah uji tertulis yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang tidak dapat mendaftar SNMPTN. Pada tahun ini dilakukan juga dengan seleksi menggunakan hasil dari UTBK yang dilakukan sebelum seleksi SBMPTN. Artinya, calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN harus memiliki nilai UTBK sebelumnya.

Tujuan SBMPTN

Adapun Ttujuan SBMPTN ini adalah untuk:

  1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN;
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah;
  3. Membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi siswa lainnya.

Persyaratan SBMPTN

Berikut ini adalah persyaratan SBMPTN 2020:

  1. Calon peserta SBMPTN 2020 merupakan peserta yang tidak lulus dalam SNMPTN 2020
  2. Calon peserta memiliki akun di LTMPT
  3. Merupakan siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020, atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019, atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020
  4. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah
  5. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 harus memiliki ijazah.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  7. Memiliki Nilai UTBK 2020.

Tahapan SBMPTN

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara sebagai berikut.

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Mengisi biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020).
  3. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.
  5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.
  6. Pendaftaran SBMPTN 2020 sendiri dimulai pada 2-20 Juni 2020 dan pengumuman hasil dilakukan pada 20 Agustus 2020.

Bagi para penerima bantuan KIP-Kuliah, berikut adalah tahapan agar dapat mengikuti SBMPTN 2020:

  1. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui laman resmi KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.
  2. Ketika melakukan pendaftaran, calon peserta memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan alamat email aktif.
  3. Selanjutnya, sistem KIP Kuliah s akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Apabila proses validasi kamu berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Selanjutnya, calon peserta dapat menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses SBMPTN.
  6. Calon peserta menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi. 7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Khusus untuk pendaftar Program Studi bidang Seni dan Olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2020. Jenis Portofolio SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut (apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT).

  • Portofolio Olahraga
  • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
  • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
  • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
  • Portofolio Seni Karawitan
  • Portofolio Etnomusikologi
  • Portofolio Fotografi
  • Portofolio Film dan Televisi
  • Portofolio Seni Pedalangan

Link Download PDF Pengumuman SBMPTN

Pengumuman hasil SBMPTN 2020 dapat di-download dalam bentuk dokumen berformat PDF saat telah disiarkan pada Kamis, 20 Agustus 2020. Dengan berkas PDF itu, kamu pun dapat mengetahui namanya apakah terdaftar sebagai mahasiswa baru dalam hasil SBMPTN 2020. Selain itu, terkait cara mengetahui pengumuman hasil SBMPTN 2020 dapat diketahu melalui laman resmi SBMPTN 2020 yang dapat diakses di alamat pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. LTMPT juga menyediakan 12 link alternatif sebagai langkah antisipasi apabila laman resmi pengumuman hasil SBMPTN 2020 susah diakses, yakni di alamat berikut:

Ketika laman resmi pengumuman SBMPTN 2020 atau 12 link alternatif di atas sudah dapat diakses sepenuhnya, nantinya akan dijumpai beberapa kolom yang wajib diisi oleh calon mahasiswa untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN 2020. Kamu pun akan diminta untuk mengisi kolom pendaftaran dan kolom keterangan waktu lahir: mulai tanggal, bulan, dan tahun. Berikutnya, untuk mengetahui apakah diterima di SBMPTN 2020 atau tidak, peserta klik tombol “Lihat Hasil Seleksi”.

Video Cara Melihat Pengumuman UTBK-SBMPTN

Oke, itu tadi info terbaru seputar link download pdf pengumuman SBMPTN 2020 yang bisa Mamikos bagikan. Buat kamu yang dinyatakan lolos SBMPTN 2020 untuk selanjutnya kamu wajib untuk mengikuti tahap registrasi PTN tujuan. Di mana pengumuman registrasi ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengunjungi situs resmi PTN tujuan. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: