5 Lokasi Paling Strategis untuk Memulai Bisnis Kost, Cek di Sini

5 Lokasi Paling Strategis untuk Memulai Bisnis Kost, Cek di Sini – Bisnis kos-kosan yang sedang naik daun sebagai cara investasi ternyata membutuhkan pengetahuan khusus. Meskipun peminat kost selalu ada, kamu tidak bisa sembarangan membeli properti kost dan langsung mengiklankannya. Sebab, tanpa adanya survey lokasi kost sebelum dijual, hal tersebut bisa berpengaruh pada peminat kost yang akan tinggal. Agar bisnis kost lancar, sangat penting untuk menentukan lokasi pembangunan properti kost yang strategis.

Lokasi yang Cocok untuk Membangun Bisnis Kost

Ketika kamu memilih lokasi kost yang tepat, para pencari kost secara otomatis akan datang sendiri. Bahkan, kamu tidak perlu mengalokasikan banyak budget. Lain halnya jika lokasi kost yang kamu pilih jauh dari pusat kota dan membutuhkan akses yang sulit. Keuntungan lainnya dengan memilih lokasi kost strategis adalah potensi kamar kost yang cepat penuh. Para pencari kost yang tertarik akan segera melakukan booking kost dan tinggal disana. Dengan demikian, modal untuk membangun bisnis kost akan segera kembali.

Survey kondisi dan lokasi yang akan digunakan untuk membangun kost perlu dilakukan pertama kali. Setelah kamu menentukan lokasi pembangunan bisnis kost yang tepat, kamu bisa melanjutkan dengan proses desain bangunan dan penentuan fasilitas kost. Sebagai referensi, Mamikos akan memberikan informasi terkait lokasi-lokasi yang tepat untuk membangun bisnis kost.

1.Dekat Kampus

pixabay.com

Lokasi yang paling cocok untuk membangun bisnis kos adalah kawasan dekat kampus. Kost tersebut akan senantiasa dicari para mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum lulus. Persaingan harga kost dekat kampus cukup kompetitif, apalagi menjelang tanggal dimulainya perkuliahan. Kost dekat kampus memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa, misalnya tidak perlu menggunakan sarana transportasi, memudahkan mobilitas dan akses menuju kampus, hingga menghemat biaya hidup.

Jika kamu ingin membangun kost dekat kampus, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, fasilitas kost yang akan ditawarkan. Tidak semua mahasiswa memiliki budget tinggi untuk menyewa hunian. Meskipun akan ada yang memilih kost mewah di dekat kampus, rata-rata mahasiswa akan memilih kost dengan budget terjangkau karena masih mengandalkan uang orang tua.

Belajar dari pengalaman tersebut, kamu bisa mendesain ruangan kost minimalis yang sudah dibekali fasilitas dasar seperti tempat tidur ataupun almari pakaian. Tambahkan lampu tidur, meja belajar, hingga kursi belajar apabila memungkinkan. Tidak ada salahnya pula hanya menyewakan kamar kost kosongan tanpa fasilitas apa pun. Nantinya penghuni kost yang perlu melengkapi perabot sendiri.

Penentuan harga sewa kamar kost dekat kampus bisa didasarkan pada fasilitas, jarak dari kampus, maupun kebijakan pemilik kost sendiri, seperti reputasi kampus. Tidak ada aturan baku untuk menentukan harga sewa kost dekat kampus. Jika masih bingung menentukan harga sewa, lakukan survey harga sewa kamar yang fasilitasnya sejenis.

Membangun kost dekat kampus tidak hanya bisa dilakukan di sekitar kampus favorit saja. Masih ada prospek keberhasilan yang tidak kalah tinggi untuk membangun kost dekat Perguruan Tinggi Keagamaan, Perguruan Tinggi Negeri, hingga Perguruan Tinggi Swasta. Agar sukses mengiklankan kost dekat kampus, cantumkan informasi selengkap mungkin, termasuk seluruh fasilitas kost dan biaya sewa kost dalam durasi tertentu.

2. Dekat Perkantoran / Pabrik

pixabay.com

Sasaran penyewa kost karyawan kantoran maupun anak magang bisa menjadi motivasi untuk berbisnis kost dekat kawasan perkantoran dan pabrik. Kamu tidak akan kesulitan mencari pasar karena karyawan yang bekerja di sebuah instansi tidak semuanya sudah memiliki hunian. Bahkan, ada yang sengaja merantau untuk bekerja di pulau berbeda.

Membangun kost dekat kawasan kantor hingga pabrik dengan biaya sewa terjangkau tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Apalagi jika di sekitar kost sudah tersedia fasilitas lingkungan yang lengkap, misalnya rumah makan, puskesmas, ATM, dan tempat hiburan. Penghuni kost akan lebih mudah bepergian menuju tempat kerja tanpa harus menggunakan alat transportasi. Tentunya kemudahan ini turut menjadi keuntungan bagi penyewa kost tersebut.

Apabila kamu berniat untuk bisnis kost dekat perkantoran dan pabrik, sebaiknya tetapkan aturan kost sejak awal. Sebab, karyawan perusahaan atau pabrik seringkali bekerja shift atau bekerja lembur. Jika kost yang kamu miliki menerapkan jam malam, tentu mereka akan kesulitan. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan adanya kost yang mengizinkan penghuninya mengajak keluarga dengan tambahan biaya.

3. Dekat Bangunan Populer

pixabay.com

Motivasi untuk tinggal di kost tidak hanya dikarenakan fasilitas kost dan harga sewa kost saja. Masih ada penyewa kost yang memilih tinggal di kost karena dekat dari bangunan populer, misalnya pusat perbelanjaan dan mall. Dengan menempati kost dekat mall, penghuni tidak perlu bersusah payah jika bosan di kamar dan ingin rehat dari aktivitasnya.

Pertimbangkan lokasi pembangunan kost yang dekat dari mall terkenal. Alasannya mall yang populer akan menyediakan fasilitas dan tenant lebih lengkap dibandingkan mall yang baru dibangun. Selain itu, reputasi mall pun sudah terbukti. Ada banyak kemudahan yang akan didapatkan penghuni kost jika menyewa kost dekat bangunan populer. Penghuni bisa mendapatkan suasana baru ketika jenuh belajar di kost, bisa berbelanja tanpa harus menggunakan sarana transportasi, hangout bersama teman-teman, hingga menonton film terbaru.

Membangun kost dekat area populer memang menguntungkan. Namun, sebagai pengelola kost, ada hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Kenyamanan penghuni kost tetap perlu diutamakan. Jangan sampai membangun kost di lokasi yang bising dan berpotensi terkena polusi. Selain itu, kamu juga perlu memastikan kondisi sumber air yang akan dipakai di kost, apalagi jika menggunakan sumur pribadi.

4. Dekat Fasilitas Umum

pixabay.com

Memulai bisnis kost yang lokasinya dekat dari fasilitas umum akan meningkatkan peminat kost tersebut. Target pasar untuk kost tentunya adalah perantau yang jauh dari asalnya. Dengan tinggal di kost yang dekat fasilitas umum, penghuni kost akan lebih mudah bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Adapun lokasi pembangunan kost yang dapat kamu pertimbangkan di sekitar kawasan fasilitas umum adalah stasiun, terminal, bandara, atau halte bus.

Semakin dekat lokasi kost dengan fasilitas umum, akan semakin tinggi pula peminat kost tersebut. Tinggal menentukan harga sewa kost yang kompetitif dan mengiklankannya di media yang tepat. Tambahkan keterangan untuk membuat penyewa kost tertarik, seperti rute moda transportasi dan fasilitas penunjang untuk memudahkan aktivitas.

5. Dekat Tempat Wisata

pixabay.com

Memulai bisnis kost dengan pemilihan lokasi dekat kawasan wisata pun bisa kamu lakukan. Apalagi saat ini ada banyak tempat yang setelah direnovasi bisa menarik banyak wisatawan. Namun, kamu perlu melakukan survey terlebih dahulu sebelum membangun kost-kostan dekat tempat wisata. Cari tahu tempat wisata yang tidak pernah sepi atau setidaknya selalu memiliki pengunjung.

Adapun rekomendasi lokasi yang cocok untuk membangun kost dekat tempat wisata adalah pantai, pegunungan, tugu lokasi suatu tempat, taman bermain, hingga kawasan kuliner. Perlu kamu ketahui bahwa kost yang dekat tempat wisata biasanya dicari wisatawan sebagai alternatif tempat tinggal daripada menyewa hotel. Hal ini juga berpengaruh pada durasi atau lama waktu tinggal. Jadi, kamu bisa memberikan pilihan jangka waktu sewa kost, seperti kost harian, mingguan, bulanan, serta tahunan.

Demikian informasi 5 lokasi paling strategis untuk memulai bisnis kost sebagai referensimu. Ingin mencoba berbisnis properti kost namun masih bingung cara memulainya? Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk membantu menemukan properti kost terbaik sesuai keinginanmu. Temukan rekomendasi properti kost dekat kawasan strategis di atas.

Sebagai pencari kost nomor satu di Indonesia, Mamikos diakses oleh hampir seluruh pencari kost di seluruh nusantara. Agar kamar kost cepat tersewa, iklankan kostmu menggunakan metode yang tepat. Dengan kreativitas yang dimiliki, kamu pun bisa mengiklankan kost di media sosialmu sendiri. Tidak ada salahnya mencoba iklan kost berbayar di media cetak maupun media sosial untuk meraih lebih banyak pelanggan. Tertarik mencoba?