Sudah dinyatakan Lulus SNMPTN 2018? Ini Tahapan yang Harus Kamu Lakukan

 Mamikos | Rab, 18 Apr 2018

Lulus SNMPTN 2018 – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah diumumkan panitia tepat pada pukul 17.00 WIB 18 April 2018 lalu. Kamu pun bisa mengecek informasi tersebut di laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/. Selain dapat diakses melalui laman resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pengumuman hasil kelulusan SNMPTN 2018 ini juga dapat diakses melalui tautan alternatif langsung ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kamu tuju. Bagaimana? Apakah nama kamu tercantum diantara beribu-ribu peserta yang lulus lainnya? Bagi kamu yang sudah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 ternyata masih ada sejumlah tahapan yang harus kamu lakukan seperti lolos verifikasi data akademik, hadir pada saat daftar ulang, dan lolos verifikasi data ekonomi bagi peserta Bidikmisi. Untuk lebih jelasnya, mungkin kamu bisa membaca informasi yang Mamikos berikan dibawah ini.

Lulus SNMPTN 2018
Lulus SNMPTN 2018

Lulus SNMPTN 2018

Nah, bagi kamu yang sudah dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Pergaulan Tinggi Negeri (SNMPTN) berikut masih ada 5 tahapan penting yang harus kamu lakukan. Berdasarkan Keputusan Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Pergaulan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2017 Nomor 10/Kep.Panpus/2017 Tentang Peserta Lulus SNMPTN 2017, diumumkan bahwa:

1. Status penerimaan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan, akan ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tempat peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diterima.

2. Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 16 Mei 2017 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

3. Setelah peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ditetapkan diterima sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan tersebut.

4. Bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan juga melakukan verifikasi data ekonomi dan kunjungan ke alamat tinggal orang tua peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk menetapkan status penerimaan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebagai mahasiswa.

5. Syarat ketentuan registrasi (daftar ulang) harus dilihat di website Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan masing-masing.

Nah, itu tadi 5 tahapan yang harus segera kamu lakukan jika kamu sudah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selamat ya untuk teman-teman yang sudah dinyatakan lulus seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018! Jangan lupa untuk mengucapkan syukur dan terima kasih kepada kedua orang tua serta bapak dan ibu guru.

Karena bagaimana pun juga kelolosan tersebut tentu tak terlepas dari jasa bapak Ibu guru yang sudah mengajari dengan baik hingga bisa mengerti dan mendapatkan nilai baik. Mudah-mudahan kallian yang sudah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bisa mengembangkan kreativitas dan pendidikan lebih baik lagi.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN sendiri merupakan salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa guna memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sendiri diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 lalu untuk mengatasi kisruh yang pernah terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2008, jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung ke dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bertambah hingga 78 PTN pada 2016 yang sebelumnya pada tahun 2008 berjumlah 57 PTN. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya perguruan tinggi baru yang dialihstatuskan dari swasta ke negeri, perguruan tinggi negeri baru berdiri, ataupun perguruan tinggi Islam yang sebelumnya berada di Kementerian Agama kemudian pengelolaannya dilimpahkan kepada Kementerian Ristek dan Dikti.

Dari 586.155 orang yang telah mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya 110.946 peserta saja yang dinyatakan lulus SNMPTN. Menurut data yang diperoleh, siswa dari Pulau Jawa telah mendominasi kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Provinsi Jawa Timur adalah provinsi yang paling banyak menyumbang calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Sebanyak 14.518 siswa dari provinsi di ujung timur Pulau Jawa itu lolos seleksi masuk kampus negeri.

Bagi kalian yang belum lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 tak perlu berkecil hati, masih ada perguruan tinggi swasta lainnya yang tak kalah berkualitas dengan sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Atau jika kalian tetap pantang menyerah ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kalian bisa mengikuti SBMPTN dan Ujian Mandiri yang akan diadakan oleh setiap PTN.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

 

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

kost-apartemen-jual-beli-online-lowongan-kerja

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini