Baca 7 Kesalahan Terbesar Penyebab Peserta Tidak Lolos SBMPTN

 Karin | Jum, 13 Des 2019

Baca 7 Kesalahan Terbesar Penyebab Peserta Tidak Lolos SBMPTN – Selain mempersiapkan ujian dari segi akademik, ada banyak hal juga yang harus kamu perhatikan agar peluangmu lolos seleksi SBMPTN tidak susut. Bisa jadi bukan karena faktor kepandaian, tetapi mungkin karena kamu melewatkan hal-hal sepele. Nah, di bawah ini ada 7 kesalahan umum yang ternyata bisa membuatmu gugur dalam SBMPTN. Apa saja?

Baca 7 Kesalahan Terbesar Penyebab Peserta Tidak Lolos SBMPTN

1. Terlambat belajar

Biasanya karena terlambat menyadari pentingnya belajar untuk SBMPTN, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengulang kembali semua materi akan berkurang. Alhasil saat mengerjakan soal SBMPTN nantinya pun akan tidak optimal.

2. Tidak fokus belajar SBMPTN

Karena materi SBMPTN yang banyak, diperlukan fokus yang tinggi dalam belajar agar bisa memahami semua materi. Bila tidak fokus, bisa jadi saat mengerjakan SBMPTN nantinya akan menjadi tidak optimal.

3. Terlalu sering bermalas-malasan

Seringnya bermalas-malasan membuat banyak waktu yang terbuang sehingga tidak ada banyak kesempatan yang bisa diambil untuk belajar, dan menjadi kurang persiapan saat akan menjalani tes SBMPTN

4. Cara belajar yang kurang tepat

Cara belajar yang kurang tepat, seperti hanya membaca buku saja, tanpa membuat catatan poin penting dari materi yang sedang dipelajari juga menjadi salah satu faktor kegagalan di SBMPTN.

5. Tidak pernah ikut atau kurang ikut Try Out

Selain belajar sendiri, mengikuti Try Out juga penting dalam mempersiapkan tes SBMPTN. Dengan Try Out kamu bisa memetakan kekuatanmu sebelum berjuan untuk tes SBMPTN nanti.

6. Kurang memperhatikan informasi mengenai teknis penyelenggaraan tes

Percaya tak percaya, ternyata kesalahan semacam ini ternyata ada. Entah mungkin karena memang tidak ada yang memberi informasi, atau mungkin memang peserta tersebut tidak sungguh-sungguh ingin lolos tes. Seringkali, calon peserta tes kurang aktif dalam mencari informasi. Mereka justru menunggu ada gema dari orang lain, barulah beraksi. Padahal, informasi berkenaan dengan teknis ini sangat penting.

7. Kurang informasi mengenai tingkat keketatan persaingan dan juga persyaratan tertentu

Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada peserta SBMPTN adalah, minimnya informasi yang dimiliki mengenai tingkat keketatan jurusan yang diinginkan. Seringkali mereka tidak memahami, bahwa untuk mendapatkan satu kursi di jurusan yang mereka ingin, mereka harus berhadapan dan bersaing dengan berapa orang.

Download Soal UTBK SBMPTN 2020

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: