6 Hal yang Bisa Kita Lakukan Kalau Gagal Lulus SBMPTN 2020/2021

 Mamikos | Kam, 23 Apr 2020

Gagal Lulus SBMPTN 2020 – SBMPTN merupakan singkatan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Ujian seleksi yang satu ini memang sangat dinanti-nanti oleh para siswa-siswi di tanah air yang memiliki keinginan untuk mengenyam pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri di tanah air.

Ketika nantinya kamu membuka pengumuman SBMPTN dan ternyata kamu dinyatakan gagal, mungkin dunia kamu pun akan langsung serasa runtuh dan menyalahkan diri sendiri karena merasa semua perjuangan selama ini sia-sia. Kamu pun merasa bingung, stress, dan tertekan oleh pertanyaan-pertanyaan yang terus menghantuimu terkait hasil SBMPTN.

Perasaan-perasaan seperti ini cenderung dirasakan oleh sederetan siswa-siswi yang gagal pada SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Sesungguhnya kamu tak perlu menyalahkan diri sendiri karena perasaan-perasaan seperti itu sangat wajar mengingat kondisi yang sedang kamu alami. Namun ingatlah, setiap kejadian tentu aka nada hikmahnya.

Hal ini tentu berlaku juga dalam kegagalanmu di SBMPTN. Renungkanlah hikmah kegagalan kamu ini mungkin akan menjadi sebuah batu loncatan terbaik yang akan membawamu terbang menuju kesuksesan yang lebih bermakna. Nah, untuk lebih meyakinkan kamu lagi bahwa gagal dalam SBMPTN ini bukanlah segalanya. Berikut Mamikos berikan info terkait 6 hal yang bisa kamu lakukan kalau gagal lulus SBMPTN 2020

Hal yang Bisa Kita Lakukan Kalau Gagal Lulus SBMPTN

 Gagal Lulus SBMPTN 2018

1. Mengikuti Ujian Mandiri

Bagi kamu yang masih bersikukuh ingin mengenyam pendidikan di PTN dan memiliki kelebihan dalam segi finansial, kalian masih bisa menaruh harapan melalui jalur ujian mandiri. Nah, buat kamu yang ingin mendaftar melalui jalur mandiri, untuk beberapa prodi kalian memang harus ikut SBMPTN lebih dahulu. Memang sih jalur yang satu ini terkenal mahal karena dikenakan uang pangkal yang tergolong tinggi, tapi selama kuliah nanti kalian tetap akan diperlakukan sistem UKT seperti jalur yang lain kok.

2. Mendaftarkan Diri di Universitas Swasta

Jika enggan mengikuti ujian mandiri, kamu bisa memilih untuk mendaftarkan diri di salah satu universitas swasta. Pilihan yang satu ini tidak ditujukan buat kalian yang mengejar kuliah dengan status keberatan gengsi. Banyak kan pasti dari kalian yang milih mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) hanya karena ingin kedengerannya lebih keren. Padahal di era sekarang, universitas swasta tidak kalah berkualitas dengan sederetan perguruan tinggi negeri. Namun, kembali lagi yang menentukan itu kan diri kalian sendiri.

Kalau kalian masih memiliki pikiran mengenyam pendidikan di universitas swasta itu hanya menghabiskan uang saja, lebih baik kalian banyak berselancar di internet deh. Banyak banget beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa di universitas swasta baik untuk uang pangkal maupun UKT. Bahkan beberapa universitas bersedia menyediakan beasiswa 100% hingga lulus kuliah walaupun mahasiswa tersebut tergolong dalam kategori mampu di segi finansial.

3. Mendaftarkan Diri di Sekolah Vokasi

Beberapa universitas di Indonesia seperti IPB dan ITS telah menyediakan sekolah vokasi. Banyak nih dari teman-teman yang belum tahu kalau sebenarnya mereka memiliki sekolah vokasi. Kalaupun sudah tahu terkadang mereka enggan mencoba jalur vokasi hanya karena tidak berembel-embel S1. Padahal asal kalian tahu D4 itu sudah setara dengan S1, atau julukan lainnya yaitu Sarjana Terapan.

Jadi walaupun kalian nanti mengambil D4, kalian tetap bisa lanjut ke S2. Menarik bukan? Tak perlu takut merantau jika kalian tertarik mendaftarkan diri di sekolah vokasi di luar kota, karena sudah banyak kost Bogor murah atau sewa apartemen di Bogor yang bisa kalian jadikan sebagai hunian sementara ketika merantau.

4. Mengikuti Kursus Bahasa

Teruntuk kamu yang masih bersih kukuh harus mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan pilihan prodi yang kamu pilih dan kamu lebih siap untuk mengikuti SBMPTN di tahun depan, itu berarti kamu harus siap mengganggur selama setahun lamanya. Namun, agar kamu tidak menganggur tulen selama setahun tersebut mungkin kamu bisa mengikuti kursus bahasa yang ada di kotamu. Nantinya dengan mengikuti kursus ini, kamu akan lebih siap dan matang dalam mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya. Apalagi kamu sudah memiliki pengalaman dengan soal-soal di tahun sebelumnya.

Oh ya, tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk ikut sekolah bahasa dalam waktu satu tahun itu. Bisa jadi karena gagal SBMPTN, kamu justru bisa mendapat beasiswa ke luar negeri karena modal bahasa asing yang kamu punya. Lebih keren lagi bukan?

5. Bekerja Freelance

Bagi kalian yang menjadikan SBMPTN sebagai tahap akhir karena mungkin keterbatasan finansial dan sebagainya, tidak masalah. Dengan hobi, skill, serta minat, kalian pun bisa bekerja secara freelance untuk menghasilkan pundi-pundi yang bisa kalian jadikan modal biaya kuliah di tahun selanjutnya.

6. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Dan hal terakhir yang bisa kamu lakukan ketika gagal dalam SBMPTN 2020 adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Pilihan ini dapat diambil oleh kalian yang tetap ngotot ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pilihan jurusan yang sama pula dengan tahun dimana kamu gagal.

Dengan memilih mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya, itu berarti kamu harus belajar lebih giat lagi serta mempersiapkan mental dan fisik secara baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya. Karena kamu sudah memiliki pengalaman mengikuti SBMPTN, kamu tentunya lebih siap lagi bukan dibandingkan tahun dimana kamu gagal?

Tempuh pendidikan dengan baik untuk turut membangun bangsa dan negara, jangan hanya sekadar memperjuangkan gengsi dan nama semata saja ya! Jika kalian masih membutuhkan tips-tips seputar SBMPTN 2020, kalian bisa gali informasi lebih banyak lagi hanya di situs Mamikos. Jika ingin lebih mudah lagi, silahkan download aplikasi Mamikos di Play Store.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: