Prediksi Soal UTBK SBMPTN 2020, Tes TPS 2020/2021

 Bella Carla | Kam, 14 Mei 2020

Prediksi Soal UTBK SBMPTN – Sebentar lagi Seleksi Bersama Masuik Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan. Sudahkah kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN Tahun 2020 ini? Seperti yang kita ketahui bahwa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu persyaratan wajib ketika kamu ingin mengikuti SBMPTN. Nah, di bawah ini Mamikos akan bagikan prediksi soal UTBK SBMPTN Tahun 2020 untuk membantu kalian mempersiapkan diri.

Cek Prediksi Soal UTBK SBMPTN 2020 Berikut Ini

Prediksi Soal UTBK SBMPTN
disk.mediaindonesia.com

Dikarenakan adanya pandemi virus Corona (Covid-19), Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya memutuskan adanya perubahan terkait materi yang diujiankan dalam UTBK SBMPTN 2020. Jika sebelumnya LTMPT mengumumkan materi yang diujiankan adalah TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik). Maka, kini LTMPT memutuskan bahwa materi UTBK SBMPTN hanyalah TPS saja. Di mana TPS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum.

Jenis Soal UTBK SBMPTN 2020

TPS sendiri akan mencakup empat jenis subtes, yakni:

TPS sendiri akan mencakup empat jenis subtes, yakni:

  1. Penalaran Umum
    Pada bagian ini, soal yang diberikan akan terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

    1. Kesesuaian Pernyataan
      Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut penalaran kamu dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks pada paragraf yang tersirat).
    2. Simpulan Logis
      Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut kamu untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.
    3. Penalaran Analitik
      Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut kamu untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis
    Dalam subtes ini yang akan diujiankan adalah kemampuan bahasa yamg kamu miliki. Umumnya, soal-soal pemahaman bacaan ini menuntut kamu untuk dapat memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat. Jika dilihat sepintas memang terlihat mudah, namun tentunya kamu pun tidak boleh menyepelekan tes pemahaman bacaan ini. Adapun jenis soal pada subtes pemahaman bacaan dan menulis ini terbagi menjadi beberapa tipe soal, yakni:

    1. Pemahaman Isi Bacaan
      Jenis soal yang pertama adalah memahami isi bacaan. Nantinya ada beberapa soal yang akan menguji kamu untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Soal yang akan disajikan biasanya berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf.
    2. Penalaran Kebahasaan
      Jenis soal kedua ini akan menguji kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di jenis soal penalaran kebahasaan ini akan terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    Pada bagian Pengetahuan dan Pemahaman Umum ini umumnya akan ada 4 subtopik soal, yakni 2 subtopik bahasa Indonesia dan 2 subtopik bahasa inggris. Di mana nantinya subtopik ini akan memintamu memahami berbagai hal. Beriku Mamikos berikan tips menjawab kedua soal tersebut.

    1. Bahasa Indonesia
      Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Kalau pertanyaannya adalah tentang gagasan, pastikan kamu tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antar kalimat/antar paragrafnya.
    2. Bahasa Inggris
      Seperti halnya di bahasa Indonesia, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal. Untuk bisa melaukan extracting core information, kamu bisa membaca kalimat awal dan akhir paragraf yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks.
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    Pengetahuan kuantitatif ini mencakup soal barisan bilangan, geometri, artimetika, hingga aljabar. Untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam matematika dasar, kamu harus menguasai dengan baik konsep-konsep dasar dalam matematika. Mulai dari penguasaan aljabar dan aritmatika contohnya. Kedua konsep tadi merupakan dasar yang tidak boleh kamu lewatkan. Jenis soal pengetahuan kuantitatif sendiri terbagi menjadi beberapa tipe soal, antara lain:

    1. Berbentuk pilihan ganda
      Pada jenis soal yang satu ini, kamu akan diberikan soal mengenai logika dasar dan matematika level dasar. Meskipun begitu, tidak jarang kamu akan menemui kesulitan. Kuncinya, kamu harus pahami dulu konsep dasarnya agar bisa mengerjakan soal ini dengan cepat dan tepat.
    2. Terdapat pilihan (1), (2), (3), dan (4)
      Pada soal jenis ini, kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan 4 informasi. Lalu, kamu diminta untuk memilih informasi mana yang benar berdasarkan pernyataan yang diberikan.
    3. Analisis kecukupan data
      Pada jenis soal ini, kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan dua informasi. Kamu diminta untuk menganalisis informasi mana saja yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan yang diberikan dapat terjawab.
    4. Analisis perbandingan dua nilai
      Pada jenis soal ini, kamu akan diberikan sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Kemudian, kamu diminta untuk menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.

Prediksi Soal UTBK SBMPTN 2020

Sub Tes 1: Penalaran Umum

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 – 4

Lipstik adalah kosmetik favorit para perempuan di dunia, termasuk Indonesia. Sejak wujudnya masih berupa cat bibir sekitar 5.000 SM di wilayah Sumeria, kemudian Guerlain pertama kali memperkenalkan lipstik komersial dalam bentuk lip pomade pada 1828, hingga kini begitu banyak produk lipstik buatan dalam negeri. Popularitas lipstik memang layak diakui. Pada masa resesi 2001, Leonard Lauder, mantan bos Estee Lauder menggagas “Indeks lipstik”. Teorinya mengklaim, penjualan lipstik justru sering kali melonjak pada masa-masa keuangan sulit. Lipstik adalah sebuah kemewahan yang relatif terjangkau. Dengan Rp199rb saja, tiga warna lipstik kolaborasi jenama kosmetik dan Youtuber kondang bisa menambah koleksi di meja rias. Tak mengherankan, berdasarkan kolaborasi dengan selebritas, produk kecantikan yang paling disuka masyarakat Indonesia adalah lipstik.

Youtuber kecantikan Rachel Goddard pun sependapat. “Make up item favorit gue tuh lipstik sama highligher,” katanya kepada Beritagar.id, Jumat (29/3). Rachel juga berkolaborasi dengan jenama Luxcrime, merilis lipstik liquid The Ash. Kata Rachel, saking banyaknya lipstik yang dimiliki ia tak tahu berapa jumlahnya. Kira-kira 25 persen ia beli sendiri, sementara 75 persen lain didapatnya dari jenama kosmetik yang mengirimkan produk untuk dicobanya. Kecintaan Rachel dan kebanyakan orang akan lipstik sebagai kosmetik bisa dipahami dengan mudah. Pasalnya, lipstik adalah kosmetik ramah guna. Tak butuh keahlian khusus untuk menggunakannya.

Lain soal dengan bedak, foundation, atau eyeshadow. Salah pilih warna atau teknik pengaplikasian, riasan malah bisa jadi berantakan. Lipstik bisa digunakan setiap hari, dan terbukti secara ilmiah menambah rasa percaya diri. Selain lipstik, produk kosmetik yang juga diminati masyarakat Indonesia adalah perawatan kulit, bedak, dan foundation. Sementara eyeshadow adalah produk kecantikan yang paling sedikit peminatnya. Menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS tentang data pengeluaran per kapita per bulan untuk barang kecantikan tahun 2018 yang diolah Lokadata Beritagar.id, masyarakat di Kepulauan Riau lah yang mengeluarkan bujet paling tinggi. Tepatnya Rp12.272,00 per kapita per bulan. DKI Jakarta ada di urutan kedua. Sementara Nusa Tenggara Timur adalah provinsi dengan pengeluaran paling kecil untuk barang kecantikan.

Batam, Kepulauan Riau (Kepri) adalah salah satu jalur masuk kosmetik ilegal ke Indonesia. Dalam periode triwulan pertama 2019, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepro mengamankan lebih dari 39 ribu macam kosmetik ilegal di Batam bernilai lebih dari Rp1 miliar. “Bulan Januari, kami menyita barang bukti senilai Rp150 juta. Lalu pada Februari kami ungkap lagi dan ketemu kosmetik ilegal senilai Rp200 juta. Terakhir ini yang besar. Tim berhasil menggagalkan peredaran luas kosmetik mengandung bahan berbahaya seniali Rp800 juta dari sebuah rumah yang dijadikan gudang penyimpanan,” jelas Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan. Kosmetik ilegal ini tidak hanya dijual di Kepri. “Umumnya mereka memasarkan produk kosmetik tanpa izin edar melalui dunia maya secara masif. Peredarannya malah sampai keluar daerah,” tambah Yosef. Kosmetik ilegal perlu diwaspadai lebih seksama sebagai ancaman. Pasalnya, industri kosmetik sedang subur-suburnya berkembang, termasuk di Indonesia.

1. Berdasarkan paragraf 1, manakah simpulan di bawah ini yang BENAR?
A. Masyarakat Indonesia tidak terlalu menyukai produk kosmetik lipstik.
B. Lipstik bukan produk kosmetik favorit para perempuan di dunia.
C. Bedak adalah produk kosmetik favorit para perempuan di dunia.
D. Lipstik adalah produk kosmetik favorit para perempuan di dunia.
E. Lipstik dan bedak adalah produk kosmetik favorit para perempuan di dunia.

Pembahasan:
Pada paragraf 1 di kalimat pertamanya menyebutkan bahwa: Lipstik adalah kosmetik favorit para perempuan di dunia, termasuk Indonesia. Kemudian pada kalimat-kalimat selanjutnya menerangnkan tentang perkembangan kepopuleran lipstik di dunia dan klaim tentang penjualan lipstik yang melonjak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa lipstik adalah produk kosmetik favorit para perempuan di dunia.

Jawaban: D

2. Berdasarkan paragraf 3, manakah simpulan yang BENAR?
A. Foundation adalah produk kecantikan yang paling sedikit peminatnya.
B. Masyarakat di DKI Jakarta yang mengeluarkan bujet paling tinggi untuk barang kecantikan.
C. Nusa Tenggara Barat adalah provinsi dengan pengeluaran paling kecil untuk barang kecantikan
D. Masyarakat di Kepulauan Riau yang mengeluarkan bujet paling tinggi untuk barang kecantikan
E. Eyeshadow adalah produk kecantikan yang paling banyak peminatnya

Pembahasan:
Pada paragraf ke-3 disebutkan bahwa, masyarakat di Kepulauan Riau yang mengeluarkan bujet paling tinggi untuk barang kecantikan. Tepatnya Rp12.272,00 per kapita per bulan. Sedangkan DKI Jakarta pada urutan kedua dan NTT menjadi daerah yang paling sedikit untuk pengeluaran belanja barang kecantikan.

Jawaban: D

3. Berdasarkan paragraf 2 teks di atas, pernyataan manakah yang PALING MUNGKIN sesuai dengan kalimat yang di cetak tebal?
A. Harga lipstik mahal
B. Limbah lipstik tidak merusak lingkungan
C. Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakan lipstik
Soal ini dibuat atas kerjasama Masuk UTBK dan Lembaga Forum Edukasi
D. Harga lipstik terjangkau
E. Lipstik mudah didapat dimana-mana

Pembahasan:
Pada paragrak ke-2, kalimat yang dicetak tebal adalah: Lipstik adalah kosmetik ramah guna.
Hal ini mengarah pada penggunaan lipstik yang mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk memakainya.

Jawaban: C

4. Berdasarkan grafik di atas, apabila data tidak mengalami perubahan sampai 5 tahun ke depan, produk kecantikan yang paling sedikit peminatnya pada tahun 2023 adalah ….
A. Maskara
B. Perona pipi
C. Pensil Alis
D. Eyeshadow
E. Bedak

Pembahasan:
Berdasarkan grafik, jelas terlihat bahwa produk eyeshadow adalah produk dengan peminat paling sedikit.

Jawaban: D

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 5 – 8

Jumlah penduduk dunia diprediksikan akan terus meningkat. Khusus negara berkembang, diprediksi akan meningkat dari 5,7 miliar pada tahun 2011 menjadi 8 miliar pada tahun 2050 dan 8,8 miliar pada tahun 2100. Sementara itu, populasi di negara maju diperkirakan akan meningkat sedikit dari 1,24 miliar pada tahun 2011 menjadi 1,34 miliar pada tahun 2100.

Dari 2017-2050, diperkirakan separuh pertumbuhan populasi dunia akan terkonsentrasi di sembilan negara, empat diantaranya Nigeria, Pakistan, Ethiopia, dan Indonesia. Tiongkok dan India masih menjadi negara dengan populasi terbesar di dunia, yakni masing-masing 1,4 miliar jiwa dan 1,3 miliar jiwa. Namun, pada 2024, penduduk India bakal mencapai 1,438 miliar sehingga melampaui populasi di Negeri Tirai Bambu sebanyak 1,436 miliar jiwa.

Penambahan jumlah penduduk akan berdampak pada permasalahan lingkungan dan ketersediaan pangan. Permasalahan lingkungan misalnya deforestasi, sanitasi, kelangkaan air bersih, sampah, krisis energi, polusi air, udara, tanah. Khusus ketersediaan pangan, Mathus mencetuskan ide pada tahun 1798 yang menyatakan bahwa populasi bertumbuh secara eksponensial, sedangkan produksi makanan meningkat dengan laju linear.

Apa yang dipikirkan Malthus mungkin tidak sepenuhnya benar. Alasannya, faktor perkembangan pertanian, perubahan struktur sosial, dan kebijakan pemerintah menyebabkan manusia dapat menghindari situasi dimana jumlah penduduk lebih besar yang lebih besar daripada daya dukung. Manusia terbukti telah mampu menemukan solusi berupa teknologi sebagai respon terhadap kelangkaan sumberdaya. Contohnya di Indonesia adalah swasembada pangan akibat revolusi hijau yang berhasil meningkatkan produktivitas padi pada tahun 1980-an.

(Referensi: shorturl.at/jDJY6)

5. Berdasarkan data grafik, berikut adalah perkiraan terkait jumlah penduduk dunia, kecuali…..
A. Jumlah penduduk dunia akan mencapai 7 miliar di akhir tahun 2011
B. Pada tahun 2011 dapat dikatakan bahwa jumlah penduduk dunia meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 1950
C. Jumlah penduduk akan menjadi 9 miliar pada tahun 2050 dan 10 miliar pada tahun 2100
D. Dengan asumsi pertumbuhan “LOW”, maka pertumbuhan jumlah penduduk bersifat eksponensial
E. Setelah 2100, bisa jadi jumlah penduduk dunia akan kembali pada titik tahun 1950an

Pembahasan:

Grafik eksponensial adalah grafik yang cenderung meningkat. Apabila dengan asumsi “LOW”, maka akan terbentuk model grafik parabola. Ada kurva naik dan turun di sekitar titik puncak.

Jawaban: D

6. Karakter perkembangan jumlah penduduk di dunia adalah…
A. Laju pertumbuhan penduduk relatif sama
B. Jumlah kelahiran dikurangi jumlah kematian di negara berkembang cenderung lebih tinggi bila dibandingkan negara maju
C. Dengan tingkat ekonomi yang sudah baik, negara maju laju pertumbuhan penduduknya lebih tinggi
D. Laju pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan laju pertumbuhan jumlah penduduk
E. Jumlah penambahan penduduk dunia dari tahun 2011 ke 2100 mencapai 10 milyar.

Pembahasan:
Coba perhatikan teks dalam bacan. Dijelaskan bahwa khusus negara berkembang, diprediksi akan meningkat dari 5,7 miliar pada tahun 2011 menjadi 8 miliar pada tahun 2050 dan 8,8 miliar pada tahun 2100. Sementara itu, populasi di negara maju diperkirakan akan meningkat sedikit dari 1,24 miliar pada tahun 2011 menjadi 1,34 miliar pada tahun 2100. Artinya, tingkat penambahan penduduk negara berkembang lebih tinggi. Dan penambahan ini dihasilkan dari jumlah kelahiran dikurangi jumlah kematian.

Jawaban: B

7. Pada tahun 2030, negara dengan jumlah penduduk tertinggi di dunia adalah…
A. Tiongkok
B. India
C. Taiwan
D. Inggris
E. Somalia

Pembahasan: Diprediksi bahwa pada 2024, penduduk India bakal mencapai 1,438 miliar sehingga melampaui populasi di Negeri Tirai Bambu sebanyak 1,436 miliar jiwa. Dengan demikian, negara dengan jumlah penduduk tertingi di dunia pada tahun 2030 adalah India.

Jawaban: B

8. Pada tahun 2045, rata-rata jumlah penduduk di Pakistan adalah….
A. 2 Miliar
B. 1,5 Miliar
C. 1 Miliar
D. 0,5 Miliar
E. 0,1 Miliar

Pembahasan: Diketahui bahwa dari 2017-2050, diperkirakan separuh pertumbuhan populasi dunia akan terkonsentrasi di sembilan negara. Dan Pakistan satu diantaranya. Selanjutnya, dari grafik bisa kita lihat bahwa jumlah penduduk dunia pada tahun 2045 sekitar 9 Miliar. Artinya 4,5 Miliar (separuhnya) terkonsentrasi pada 9 negara tersebut. Artinya, rata-rata kepadatan tiap negara sekitar 0,5 Miliar.

Jawaban: D

9. Kemampuan mesin A untuk mencetak satu macam buku sejumlah 5.000 eksemplar membutuhkan waktu 2 minggu. Kemampuan mesin B untuk mencetak buku yang sama dengan oplah yang sama membutuhkan waktu 10 hari, sedangkan mesin C mampu menyelesaikannya dalam waktu 7 hari. Jika ketiga mesin tersebut digunakan bersama untuk mencetak buku tersebut sejumlah 10.000 eksemplar maka waktu yang dibutuhkan adalah ….
A. 11 hari
B. 10 hari
C. 8 hari
D. 7 hari
E. 5 hari

Pembahasan:

Jawaban: D

10. Selama mengikuti seminar empat perwakilan dari institusi X, yaitu Andi, Bowo, Citra, dan Dimar menginap di sebuah hotel dan letak kamar mereka berbeda lantai. Andi harus turun empat lantai untuk mengunjungi Bowo. Kamar Citra satu lantai di bawah kamar Dimar. Bowo harus turun sepuluh lantai untuk ke tempat makan yang berada di lantai 1. Dimar harus naik enam lantai jika harus menemui Andi. Berada di lantai berapa kamar Citra?
A. 3
B. 5
C. 7
D. 8
E. 10

Pembahasan:
Diketahui bahwa lantai tempat untuk makan berada di lantai 1. Misal, kamar Andi, Bowo, Citra, dan Dimar menginap masing-masing berada di lantai: A, B, C, dan D.

  • Andi harus turun empat lantai untuk mengunjungi Bowo
    Soal ini dibuat atas kerjasama Masuk UTBK dan Lembaga Forum Edukasi
    Maka: A – 4 = B ….(i)
  • Kamar Citra satu lantai di bawah kamar Dimar
    Maka: C = D – 1 …. (ii)
  • Bowo harus turun sepuluh lantai untuk ke tempat makan yang berada di lantai 1
    Maka: B – 10 = 1
    B = 11 ….(iii)
  • Dimar harus naik enam lantai jika harus menemui Andi
    Maka: D + 6 = A ….(iv)

Dengan menyubstitusikan persamaan (iii) ke persamaan (i), maka:
A−4 =11→A =15
Dari persamaan (iv), maka:
D+6 =15→D=9
Dari persamaan (ii), maka:
C =9−1→C =8
Jadi, kamar Citra berada di lantai 8

Jawaban: D

Sub Tes 2: Pemahaman Bacaan dan Menulis

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11 – 14

[ ….]
Mandi air dingin membantu bangun di pagi hari. 2Ketika semprotan air dingin dikenai tubuh, ada sedikit kejutan. 3Guncangan ini meningkatkan asupan oksigen, detak jantung, dan kewaspadaan. 4Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi juga, ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh ekstrenal, maka akan [ … ] darah bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal. 5Mandi air dingin membantu [ … ] nyeri otot setelah latihan intensif juga karena air dingin memiliki sifat regenerative, otot akan rileks dan membaik setelah Latihan yang berat. 6Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya [ … ] Kesehatan kulit dan rambut yang lebih bercahaya.
Sumber: detikhealth.

11. Judul yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. Bahaya Mandi Air Dingin
B. Dampak dari Mandi Air Dingin
C. Reaksi Organ Dalam Tubuh ketika Mandi Air Dingin
D. Manfaat Mandi Air Dingin
E. Mandi Pagi Hari Berjuta Manfaat

Pembahasan:
Dari kalimat-kalimat yang menyusun paragraf tersebut, menyebutkan beberapa hasil baik bagi tubuh yang didapatkan ketika mandi air dingin. Jadi, judul yang sesuai untuk paragraf tersebut adalah: Manfaat Mandi Air Dingin

Jawaban: D

22. Kata berimbuhan yang salah digunakan dalam paragraf tersebut adalah ….
A. meningkatkan
B. membantu
C. membaik
D. mempertahankan
E. dikenai

Pembahasan:
Pada kalimat kedua:
Ketika semprotan air dingin dikenai tubuh, ada sedikit kejutan.
Kata ‘dikenai’ pada kalimat tersebut kurang pas sebab kalimat merupakan kalimat aktif, sehingga sebaiknya penggunaan kata tersebut diganti menjadi mengenai.

Jawaban: E

13. Makna kata ini pada kalimat 3 merujuk pada ….
A. pagi hari
B. semprotan air dingin
C. kejutan
D. asupan oksigen
E. detak jantung

Pembahasan:
Guncangan ini meningkatkan asupan oksigen, detak jantung, dan kewaspadaan. Kata ini pada kalimat tersebut merujuk pada semprotan air dingin yang disampaikan pada kalimat kedua. Dimana kaliamat keduanya adalah: Ketika semprotan air dingin dikenai tubuh, ada sedikit kejutan.

Jawaban: B

14. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 6 adalah ….
A. tetapi
B. sebagai
C. meskipun
D. seperti
E. jikalau

Pembahasan:
Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya [ … ] kesehatan kulit dan rambut yang lebih bercahaya. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada kalimat tersebut adalah: seperti.
Sebab pada sambungan kalimat beriktnuya disebutkan beberapa hal lainnya.

Jawaban: D

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15 – 17

(1) Semua orang pasti mengenal pendidikan. (2) Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi beradab. (3) Pendidikan bukan hanya merupakan sarana transfer ilmu pengetahuan, tetapi lebih luas lagi, yakni sebagai sarana pembudayaan dan penyaluran nila (enkulturisasi dan sosialisasi). (4) Anak harus mendapatkan pendidikan yang menyentuh dimensi dasar kemanusiaan. (5) Dimensi kemanusiaan itu mencakup sekurang-kurangnya tiga hal paling mendasar.

(6) Pendidikan karakter adalah budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. (7) Menurut Lickona, tanpa ketiga aspek itu, pendidikan karakter tidak akan efektif. (8) Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. (9) Kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan. (10) Terdapat sembilan pilar kecerdasan karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-NYA; kemandirian dan tanggung jawab; kejujuran/amanah dan diplomatis; hormat dan santun; dermawan, suka menolong, dan gotong royong/kerjasama; percaya diri dan pekerja keras; kepemimpinan dan keadilan; baik dan rendah hati; serta toleran dan cinta damai.

(Dikutip dengan pengubahan dari blogdetik.com)

15. Manakah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf ke-2?
A. Mengapa pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti?
B. Mengapa kecerdasan emosi penting dalam mempersiapkan masa depan?
C. Bagaimana pendidikan karakter yang sistematis dan berkelanjutan?
D. Bagaimana pendapat Lickona tentang aspek pendidikan karakter?
E. Siapa yang mengemukakan sembilan pilar karakter berasal dari nilai luhur universal?

Pembahasan:
Membuat pertanyaan untuk suatu paragraf harus menyesuaikan dengan isi yang terdapat dalam paragraf ke-2 .

Jawaban: D

16. Mananakah gagasan utama paragraf ke-1?
A. Pendidikan dikenal setiap orang.
B. Pendidikan adalah internalisasi budaya.
C. Pendidikan bukan sarana transfer ilmu.
D. Pendidikan merupakan sarana pembudayaan.
E. Pendidikan harus berdimensi kemanusiaan.

Pembahasan:
Gagasan utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Sebuah paragraf selalu memiliki kalimat utama yang menjadi gagasan utamanya.

Jawaban: B

17. Apa kelemahan isi paragraf ke-2?
A. Tidak ada hubungan antara penjelasan kecerdasan emosi (kalimat 9) dengan sembilan karakter (kalimat 10).
B. Plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6) tidak dijelaskan secara rinci pada bagian berikutnya.
C. Penjelasan tentang pendidikan sebagai sarana transfer ilmu (kalimat 3) bertentangan dengan konsep pendidikan (kalimat 2).
D. Tidak ada hubungan antara ketiga aspek yang dimaksud Lickona (kalimat 7) dengan nilai plus pada budi pekerti (kalimat 6).
E. Penjelasan tentang kecerdasan emosi (kalimat 8) tidak berkaitan dengan pendidikan karakter (kalimat 7).

Pembahasan:

Kelemahan dalam suatu paragraf harus dicari dengan pemahaman mendalam saat membaca. Satu kalimat dengan kalimat lain dapat harus saling berhubungan dan saling mendukung. Kalimat yang berisi kecerdasan emosi maka kalimat selanjutnya haruslah menpertegas mengenai kecerdasan emosi.

Jawaban: A

18. Sudah cukup lama upaya pemberantasan mafia hukum diwacanakan oleh para penegak hukum. Ironisnya, meskipun wacana tersebut bergaung cukup kuat, pihak aparat jarang bisa menangkap mafiosonya. Hal itu karena sosok mafiosonya tidak pernah jelas. Dalam pengalaman banyak negara, karena mafia memang merupakan organisasi kejahatan yang tertata rapi, mafiosonya sulit dilacak. Mafioso justru sering tampil atau menampilkan diri sebagai orang terhormat. Bahkan, kata Mafioso sendiri sering diartikan sebagai “manusia terhormat”.

Kalimat yang paling mencerminkan isi paragraf di atas adalah…
A. Meskipun upaya pemberantasan mafia hukum telah diwacanakan, karena mafiosonya tidak pernah jelas, justru sering tampil sebagai orang terhormat, upaya itu gagal dilakukan
B. Karena sosok mafiosonya tidak pernah jelas, upaya pemberantasan mafia hukum sering bersifat ironis saja, apalagi Mafioso sering menampilkan dirinya sebagai orang terhormat
C. Sebagai organisasi kejahatan yang tertata rapi, mafia hukum tidak pernah bisa diberantas
D. Pihak aparat jarang bisa menangkap Mafioso karena sosoknya tidak jelas
E. Mafioso sering menamilkan diri sebagai orang terhormat

Pembahasan:
Kalimat paling mencerminkan kalimat di atas adalah: Karena sosok mafiosonya tidak pernah jelas, upaya pemberantasan mafia hukum sering bersifat ironis saja, apalagi mafioso sering menampilkan dirinya sebagai orang terhormat.

Jawaban: B

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 sampai 20

(1) Diperkirakan luas terumbu karang yang ada di perairan Indonesia lebih dari 60.000 km2, yang tersebar luas dari bagian barat sampai timur Indonesia. (2) Sekitar dua pertiga garis pantai lndonesia yang sangat panjang itu dilindungi oleh terumbu karang. (3) Ada empat macam tipe terumbu karang yang umum dijumpai di Indonesia yakni: terumbu karang tepi (fringino reefs), terumbu karang penghalang (barrier reefs), terumbu karang cincin atau atol (atoit reefs) dan terumbu karang takat (pafch reefs). (4) Di antara keempatnya, terumbu karang tepi merupakan tipe yang paling umum dan boleh dikatakan sebagai karang penghalang.

(5) Akhir-akhir ini ekosistem terumbu karang Indonesia mengalami tekanan yang sangat tinggi akibat kegiatan pemanfaatan sumber daya yang tidak bersahabat dengan lingkungan. (6) Semua itu mencerminkan rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang arti penting keberadaan terumbu karang. (7) Akibatnya, terumbu karang di Indonesia mengalami degradasi yang sangat mencemaskan. (8) lni tecermin dalam data yang dikumpulkan oleh Puslitbang Oceanologi LIPI dari berbagai lokasi di kawasan barat dan timur Indonesia, ternyata hanya tinggal 6 persen terumbu karang yang masih dalam keadaan sangat baik, 75 persen lainnya berada dalam kondisi sedang atau sangat buruk, sisanya dalam kondisi baik.

(9) Saat ini diperkirakan 10 persen terumbu karang dunia dalam kondisi sangat rusak bahkan mungkin tidak dapat pulih kembali. (10) Dalam kurun waktu 20 tahun mendatang bila tidak ada upaya pelestarian secara intensif, maka 30 persen dari terumbu karang diperkirakan akan mengalami nasib yang sama.

(11) Lingkungan kehidupan atau ekosistem terumbu karang memerlukan beberapa persyaratan yang penting agar kehidupan organisme karang ini dapat berlangsung. (12) “Persyaratan yang dimaksud antara lain kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air harus baik,” kata Kapuslitbang. (13) “Untuk itu, pemerintah harus mengupayakan perwujudan tersebut, “ imbuhnya.

19. Kesalahan penggunaan ejaan ditemukan pada kalimat….
A. 1 dan 5
B. 3 dan 9
C. 4 dan 7
D. 6 dan 10
E. 8 dan 11

Pembahasan:

Kesalahan penggunaan ejaan dalam kalimat 3 adalah kurang tanda koma sebelum kata “dan” karena dalam penulisan beberapa hal yang berurutan maka sebelum kata “dan” pada bagian akhir membutuhkan tanda koma, pada kalimat ke 9 kurang tanda koma sebagai jeda dari kata “sangat rusak, bahkan…..”.

Jawaban: B

20. Manakah rangkuman yang paling tepat untuk teks di atas?
A. Ada empat macam tipe terumbu karang yang hidup di perairan Indonesia, yakni terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, terumbu karang cincin, dan terumbu karang takat yang saat ini telah mengalami kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat.
B. Ekosistem terumbu karang yang sangat luas di Indonesia telah mengalami kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat dengan lingkungan sehingga untuk mengatasinya diperlukan ke dalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air yang baik.
C. Terumbu karang Indonesia hanya tinggal 6 persen yang masih dalam keadaan sangat baik, 75 persen lainnya dalam kondisi sedang atau sangat buruk, sisanya dalam kondisi baik sehingga untuk mengatasinya diperlukan kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air yang baik.
D. Dalam kurun waktu 20 tahun mendatang, bila tidak ada upaya pelestarian secara intensif akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat dengan lingkungan, 30 persen dari terumbu karang dunia akan mengalami kerusakan yang sangat parah.
E. Ekosistem terumbu karang Indonesia, yang terdiri atas terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, terurnbu karang cincin, dan terumbu karang takat mengalami kerusakan akibat kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat.

Pembahasan:

Rangkuman teks berisi intisari dari teks yang nantinya dapat dikembangkan menjadi paragraf-paragraf.
Rangkuman yang sesuai adalah:
Ekosistem terumbu karang yang sangat luas di Indonesia telah mengalami kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak bersahabat dengan lingkungan sehingga untuk mengatasinya diperlukan kedalaman laut dangkal dan tingkat kejernihan air yang baik.

Jawaban: B

Sub Tes 3: Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 21 sampai 23

Penggunaan obat antibiotik sejak setengah abad lalu untuk mengatasi penyakit infeksi menimbulkan resistensi pada sejumlah bakteri pemicunya. Selama satu dekade terakhir, hampir setiap jenis bakteri jadi lebih kuat dan kurang responsif terhadap pengobatan antibiotik. Masalah itu dihadapi hampir semua negara, termasuk Indonesia, dan menyebabkan penyakit kian sulit disembuhkan. Penyebaran bakteri resisten itu mengancam kesehatan masyarakat sehingga rantai penyakit menular lebih sulit disembuhkan dan biaya pengobatannya kian mahal.

Saat ini beberapa jenis mikroba telah resisten terhadap antibiotik, antara lain resistensi bakteri Staphylococcus aerus yang kerap ada di kulit manusia terhadap methicillin (MRSA). Selain itu, terjadi resistensi bakteri enterococci yang kerap ada di usus dan bagian genital perempuan terhadap obat Vanocomycin (VRE), resistensi bakteri pneumococci penyebab infeksi paru terhadap obat penicillin, dan resistensi kuman tuberculosis terhadap beberapa jenis obat TB atau Multiresistent Microbacterium Tuberculosis. Hasil riset antimikroba di Indonesia menunjukkan, ada resistensi mikroba pada antibiotik Kloramfenikol, Ampisilin, Kontrimoksazol, Spirofloksasin, dan Gentamisin.

Sumber: Harian Kompas, 13 Oktober 2016, dengan perubahan.

21. Ide pokok teks tersebut adalah ….
A. Sejarah antibiotik di seluruh dunia
B. Antibiotik dan manusia masa kini
C. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan antibiotik
D. Resistensi penyakit terhadap antibiotik
E. Penyakit yang muncul akibat antibiotik

Pembahasan:
Ide pokok suatu teks adalah hal pokok yang menjadi inti dari pembahasan.
Pada paragraf tersebut, banyak membahas tentang resistensi bakteri yang memunculkan penyakit yang semakin kuat terhadap antibiotik.
Sehingga, ide pokok paragraf tersebut adalah: Resistensi penyakit terhadap antibiotik.

Jawaban: D

22. Selama satu dekade terakhir, hampir setiap jenis bakteri jadi lebih kuat dan kurang responsif terhadap pengobatan antibiotik.
Berdasarkan kutipan di atas, akibat yang dapat ditimbulkan terdapat dalam kalimat ….

A. Penggunaan obat antibiotik sejak setengah abad lalu untuk mengatasi penyakit infeksi menimbulkan resistensi pada sejumlah bakteri pemicunya.
B. Masalah itu dihadapi hampir semua negara, termasuk Indonesia.
C. Penyebaran bakteri resisten itu mengancam kesehatan masyarakat sehingga rantai penyakit menular lebih sulit disembuhkan dan biaya pengobatannya kian mahal.
D. Saat ini beberapa jenis mikroba telah resisten terhadap antibiotik, antara lain resistensi bakteri Staphylococcus aureus yang kerap ada di klui manusia terhadap methicillin (RSA).
E. Hasil riset antimikrobia di Indonesia menunjukkan, ada resistensi mikroba pada antibiotik Kloramfenikol, Ampisilin, Kotrimoksazol, Siproflaksasin, dan Gentamisin.

Pembahasan:
Dengan semakin kuat dan kurang responsifnya bakteri, yang bahkan hampir pada setiap jenisnya, terhadap pengobatan antibiotik akan berakibat penyebaran bakteri resisten itu mengancam kesehatan masyarakat sehingga rantai penyakit menular lebih sulit disembuhkan dan biaya pengobatannya kian mahal.

Jawaban: C

22. Ide pokok teks tersebut adalah ….
A. Sejarah antibiotik di seluruh dunia
B. Antibiotik dan manusia masa kini
C. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan antibiotik
D. Resistensi penyakit terhadap antibiotik
E. Penyakit yang muncul akibat antibiotik

Pembahasan:
Ide pokok suatu teks adalah hal pokok yang menjadi inti dari pembahasan.
Pada paragraf tersebut, banyak membahas tentang resistensi bakteri yang memunculkan penyakit yang semakin kuat terhadap antibiotik.
Sehingga, ide pokok paragraf tersebut adalah: Resistensi penyakit terhadap antibiotik.

Jawaban: D

23. Kalimat berikut yang paling mendekati kerangka pikiran teks tersebut adalah ….
A. Pembahasan singkat tentang masalah resistensi penyakit terhadap antibiotik dan beberapa contoh bakteri pemicu penyakit yang resisten terhadap antibiotik.
B. Latar belakang penyebab resistensi penyakit dan contoh formulasi baru antibiotik.
C. Pembahasan cara pembuatan antibiotik dan penyakit yang mampu disembuhkannya.
D. Pembahasan singkat mengenai penyakit yang dapat dsembuhkan antibiotik dan jenis-jenis antibiotik yang beredar di masyarakat.
E. Cara kerja antibiotik melawan penyakit dan resistensi penyakit terhadap antibiotik.

Pembahasan:
Kerangka dari suatu teks adalah pokok pikiran utama atau topik utama yang dikembangkan dalam kalimat-kalimat penjelas.
Kerangka pikiran dari teks tersebut:
Pembahasan singkat tentang masalah resistensi penyakit terhadap antibiotik dan beberapa contoh bakteri pemicu penyakit yang resisten terhadap antibiotik.

Jawaban: A

Teks berikut untuk pertanyaan nomor 24 sampai 25.

(1) Angka kemiskinan di Kabupaten Bantul mencapai 13 persen dari jumlah penduduk di Bumi Projotamansari ini. (2) Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan dari data terakhir penduduk yang miskin tersebar di sejumlah kecamatan yaitu Jetis, Seown, Imogiri, dan Kecamatan Dlingo. (3) Untuk menangani warga miskin itu tidak bisa dilakukan dengan pemberdayaan. (4) Abdul Halim menambahkan pemberdayaan kepada warga yang mengalami kemiskinan absolut harus dilakukan dengan asesment terlebih dahulu. (5) Tujuannya, agar program yang digulirkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (6) pengentasan kemiskinan absolut, seperti PKH (Program Kaluarga Harapan), kata Abdul Halim, merupakan program jangka panjang yang tepat mengentaskan kemiskinan.

(dikutip dari jogja.idntimes.com)

24. Kelemahan kalimat kelima adalah ….
A. Tidak memiliki subjek
B. Tidak memiliki predikat
C. Memiliki predikat lebih dari satu
D. Terdapat kata mubazir
E. Terdapat kata tidak baku

Pembahasan:
Kelemahan pada kalimat kelima paragraf di atas adalah tidak memiliki predikat. Kata Tujuannya pada kalimat tersebut berfungsi sebagai Subjek. Sementara itu, agar program yang digulirkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing adalah Keterangan. Jadi, kalimat tersebut tidak memiliki predikat. Padahal, syarat minimal kalimat adalah memiliki Subjek dan Predikat.

Jawaban: B

25. Sinonim absolut yang benar, kecuali ….
A. mutlak
B. sepenuhnya
C. dengan syarat
D. tidak diragukan
E. nyata

Pembahasan:
Dalam KBBI, absolut memiliki arti tidak terbatas, mutlak, sepenuhnya, tanpa syarat, tidak dapat diragukan lagi, nyata, murni, bebas dari campuran. Oleh karena itu, sinonim yang tidak sesuai dengan absolut adalah pilihan C, dengan syarat.

Jawaban: C

Questions 26 to 28 are based on Text 1

Text 1

The main problem with plastic — besides there being so much of it — is that it doesn’t biodegrade. No natural process can break it down. Experts point out that the durability that makes plastic so useful to humans also makes it quite harmful to nature. Instead, plastic photodegrades. A plastic cigarette lighter cast out to sea will fragment into smaller and smaller pieces of plastic without breaking into simpler compounds, which scientists estimate could take hundreds of years. The small bits of plastic produced by photodegradation are called mermaid tears or nurdles.

These tiny plastic particles can get sucked up by filter feeders and damage their bodies. Other marine animals eat the plastic, which can poison them or lead to deadly blockages. Nurdles also have the insidious property of soaking up toxic chemicals. Over time, even chemicals or poisons that are widely diffused in water can become highly concentrated as they’re mopped up by nurdles. These poisonfilled masses threaten the entire food chain, especially when eaten by filter feeders that are then consumed by large creatures.

Plastic has acutely affected albatrosses, which roam a wide swath of the northern Pacific Ocean. Albatrosses frequently grab food wherever they can find it, which leads to many of the birds in-gesting — and dying from — plastic and other trash. On Midway Island, which comes into contact with parts of the Eastern Garbage Patch, albatrosses give birth to 500,000 chicks every year. Two hundred thousand of them die, many of them by consuming plastic fed to them by their parents, who confuse it for food [source: LA Times]. In total, more than a million birds and marine animals die each year from consuming or becoming caught in plastic and other debris.

Besides killing wildlife, plastic and other debris damage boat and submarine equipment, litter beaches, discourage swimming and harm commercial and local fisheries. The problem of plastic and other accumulated trash affects beaches and oceans all over the world, including at both poles. Land masses that end up in the path of the rotating gyres receive particularly large amounts of trash. The 19 islands of the Hawaiian archipelago, including Midway, receive massive quantities of trash shot out from the gyres. Some of the trash is decades old. Some beaches are buried under five to 10 feet of trash, while other beaches are riddled with “plastic sand,” millions of grainlike pieces of plastic that are practically impossible to clean up.

26. In organizing the ideas in the passage the author starts by ….
A. Describing what plastic is
B. Presenting the predicaments caused by plastic
C. Showing the durability of plastic which is useful to human
D. Explaining how plastic changes
E. Discussing an environmental issue and how to solve it

Pembahasan:
Ketika ada pertanyaan yang merujuk pada ‘Bagaimana penyusunan ide dalam teks dimulai’ maka yang harus diperhatikan adalah bagian awal teks (paragraph 1, khususnya kalimat pertama).

Kalimat 1: The main problem with plastic-besides there being so much of it- is that it doesn’t biodegrade. Artinya: Masalah utama yang ditimbulkan oleh plastik –selain jumlahnya yang banyak – adalah karena plastic tidak bisa terbiodegradasi. Kata problems memiliki makna yang sama dengan ‘predicaments’ (masalah).

Jawaban: B

27. By saying “Experts point out ¬that the durability that makes plastic so useful to humans also makes it quite harmful to nature.” the author implies….
A. The endurance of plastic is advantageous to people but it is dangerous to nature.
B. Experts agree that plastic is durable, so it is beneficial for human as well as nature.
C. The durability of plastic makes it harmful to people and nature.
D. Plastic’s durability is the main concern of the experts
E. According to experts, one environmental issue faced by people is plastic durability.

Pembahasan:
Kalimat dalam tanda kutip artinya “Para ahli menunjuk bahwa daya tahan yang membuat plastik berguna bagi manusia, menjadikannya sangat berbahaya bagi alam.” Maka dari pernyataan ini bisa disimpulkan bahwa: “Ketahanan plastic bermanfaat bagi manusia namun berbahaya bagi alam.” Perhatikan kata kunci ‘durability –endurance’, useful – advantageous’ dan ‘harmful – dangerous’

Jawaban: A

28. What does the author want to communicate by writing the passage?
A. To raise people’s awareness about the danger of plastic.
B. To describe about plastic and waste
C. To show the negative effect of plastic to human
D. To refuse the use of plastic in daily life.
E. To refuse the benefits of using plastic.

Pembahasan:
Perhatikan kalimat awal paragraf 1: Membahas masalah utama plastik yang tidak bisa terdegradasi. Paragraf berikutnya memberikan contoh bahaya plastik bagi manusia dan makhluk hidup laut. Jadi diharapkan setelah membaca teks ini pembaca lebih menyadari bahaya plastik.

Jawaban: A

Questions 29 to 30 are based on Text 2

Text 2

India is often chosen land for those searching for emotional serenity or a cure for physical ills. At one famed Indian helath institute, patients have to tough it out naturally.

Think of spiritual travel anda India is synonymous with curalitve sojourns. From the ashrams nestled in the valley of the Himalayas to yoga retreats on the shore of Kamataka, the subcontinent offers myriad venues of rest and retreat, for the soul and body and for mental balance.

Think of medical travel and the subcontinent still bodes well. Home to some of the best doctors and advanced medical facilities, India now attracts thousands of patients a year for those unable to meet the hefty costs of surgery in the “developed”world.

Think of all of the above? And only one place pops into mind. The Jindal Naturecure Institute (JNI), which spreads across nearly 50 hectares of lawn, lakes and parks on the outskirts of Indian’s garden city, Bangalore, offers two of India’s most curative tools: naturopthy and yoga. Blending spirituality and medicine, it proposes a unique treatment thant combines these two ancient sciences with dietary and other drug-free therapies.

The institute promises complete detox of the mind, body and soul. In its ideals, Jindal naturopathy is miles away from India’s other homeopathic remedies or the western world’s much-loved chiropractic. Much like yoga, it believes that the body is made up of five elements-earth, water, fire, air and sky. Unhappiness and sickness occur only when these elements are out of balance.

The way to bring these elements back into level ground is by flushing out every negative toxin in your body and bones-not through medicine, but through yogic kriyas and dietary changes. Jindal offers treatments for diseases from asthma to depression, migraine to arthritis and many more-wihtout the use of a single pill or needle. Personal terstimonials accompany each cure.

“Health is not something that can be purchased in a bottle,” says Chrakasamhita of the institute. “Diseases are a sign of the cleansing and healing effect of nature. If you suppress the conditions by drugs or by any other means, you are simply laying a foundation ior chronic diseases. Drugging is like shipping an already echausted horse.” The basic belief is that our bodies are our bodies are our best healers.

While the institute offers some of the best massages and spa treatments in the refion, the Jindal way is no stroll in the park. The institute makes for a pretty setting with benches to view the sunset over a pristeine lake and lots of greenery infused with rare species of migratory birds. But in reality, it is less spa town and more boot camp.

The whole purpose at JNI is therapeutic healing. While applying for admission, you are sent forms to capture your medical history and are wamed of the rifidness of the program. Patients are not allowed out of the institute except for supervised town visits on Sundays. That being said, the staff at JNI are amiable and they are very informed abaut the adjustment period needed for patient not used to confinement.

Adapted from sheey samtani,”nature’s boot camp,”
http://www.thejakartapost.com/new/2009/10/04/nature039s_boot_camp.html.
Accessed Febuary 12, 2010.

29. What is NOT true about Jindal Naturecure Institute?
A. It is located far from the hustle and bustle of a city
B. It combines traditional and modern treatments
C. It is far from any other hospitals.
D. It promotes mental health as well as physical health.
E. It does not use chemicals to cure diseases

Pembahasan:
Pertanyaannya adalah peryataan yang tidakbenar tentang Jindai Naturecure Institute adalah menggabungkan pengobatan tradisional dan modern. Pernyataan ini salah karena peongobatan ini menggabungkan pengobatan fisik dan mental. Sedangkan pernyataan yang benar tentang Jindai Naturecure Institute adalah (A) terletak jauh dari keramainan kota, (C) terletak jauh dari rumah sakit lain, (D) menawarkan pengobatan mental juga pengobatan fisik, dan (E) tidak menggunakan obat kimia.

Jawaban: B

30. What does Charakasamhita mean when saying “Diseases are a sign of the cleansing and heling effect of nature” (lines 21-22)?
A. Your body has its own way to heal from the disease.
B. Nature may heal diseases that you suffer from
C. Nature contributes a lot to the diseases that you may have
D. Diseases can cure by themselves.
E. When you are sick, your body is cleaning itself.

Pembahasan:
Ungkapan “Diseases use a sign of the cleaning and healing effect of nature (penyakit menggunakan tanda pembersihan dan penyembuhan dari alam) bermakna bahwa tubuh anda punya cara sendiri untuk menyembuhkan penyakit (Your body has its own way to heal from the disease).

Jawaban: A

Sub Tes 4: Pengetahuan Kuantitatif

31. Jika bilangan bulat y lebih kecil daripada bilangan bulat positif x, dan x! = xy, maka nilai tertinggi
yang mungkin untuk x adalah ….
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 6

Pembahasan:

Ingat! x!=1×2× …. ×(x −1)×x

Jawaban: D

32. Perhatikan gambar berikut!

Jika PQ sejaar dengan RS, maka nilai y – x adalah ….
A. 45°
B. 40°
C. 34°
D. 32°
E. 30°

Pembahasan:
Perhatikan segtiga ADB!

Jawaban: E

33. Jika x dan y adalah bilangan genap antara 21 sampai 29, maka yang mungkin merupakan hasil
penjumlahan kedua bilangan tersebut adalah ….
(1) 46
(2) 48
(3) 54
(4) 60

A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar
B. (1) dan (3) SAJA yang benar
C. (2) dan (4) SAJA yang benar
D. HANYA (4) yang benar
E. SEMUA pilihan benar

Pembahasan:
Bilangan genap antara 21 sampai 29 adalah 22, 24, 26, 28
Dari bilangan-bilangan yang ada, maka susunan pasangan bilangan yang mungkin ada enam
kemungkinan, yaitu:

  • 22 + 24 = 46
  • 22 + 26 = 48
  • 22 + 28 = 50
  • 24 + 26 = 50
  • 24 + 28 = 52
  • 26 + 28 = 54

Jadi, pernyataan yang benar adalah: (1); (2); dan (3)

Jawaban: A

34. Terdapat dua garis dengan persamaan garis k: 2x − y + 7 = 0 dan l: 2y = 4x −11 .
Manakah dari pernyataan berikut ini yang benar?
(1) Gradien gari l = 2
(2) Garis k melalui titik (1, 6)
(3) Dua garis tersebut saling sejajar
(4) Garis k dan l berpotongan di titik (-2, 4)

A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar
B. (1) dan (3) SAJA yang benar
C. (2) dan (4) SAJA yang benar
D. HANYA (4) yang benar
E. SEMUA pilihan benar

Pembahasan:
k: 2x − y + 7 = 0 dan l: 2y = 4x −11 .

Gradien garis k adalah 2
Gradien garis l adalah 2
Artinya, garis k dan l sejajar.
Jadi, pernyataan (1) dan (3) yang benar.

Jawaban: B

35. Jika pqr = 8 dengan p, q, dan r adalah bilangan bulat posistf yang berbeda, manakah pernyataan
berikut ini yang benar?
(1) p + q+r  8
(2) p+q+r =7
(3) pq−r  8
(4) p, q, dan r adalah bilangan genap.

A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar
B. (1) dan (3) SAJA yang benar
C. (2) dan (4) SAJA yang benar
D. HANYA (4) yang benar
E. SEMUA pilihan benar

Pembahasan:
pqr = 8
Artinya p, q, dan r adalah faktor dari 8.
Maka, bilangan yang bisa menggantikan nilai p, q, dan r adalah: 1, 2, 4, 8
Dan tiga bilangan yang sesuai, jika dikalikan semua menghasilkan 8 adalah: 1, 2, dan 4. (ada
bilangan ganjilnya)
Sehingga, p + q+r =1+2 + 4 = 7
Artinya, pernyataan (1) dan (2) benar.
Kemudian, nilai tertinggi dari hasil pq−r adalah: 2.4 −1 = 7 . Artinya, pq−r < 8
Artinya, pernyataan (3) benar.

Jawaban: A

36. Every child chews 3 pieces of candy in 6 minutes.
Which is the correct relationship between the following quantities of P and Q based on the
information provided?

P Q
The time it takes for two children to chew 8 pieces candies. 8 minutes

 

A. P is greater than Q
B. Q is greater than P
C. P is equal to Q
D. the information provided is not enough to decide on one of the three choices above

Pembahasan:
Setiap anak mengunyah 3 buah permen dalam waktu 6 menit.
Artinya kemampuan mengunyah sebuah permen dari satu anak adalah: 1 buah permen dihabiskan
dalam 2 menit.
Jika terdapat dua orang anak yang akan mengunyah 8 buah permen, untuk menentukan waktunya,
artinya kita akan menggunakan konsep perbandingan senilai.
Dari informasi ini, jika kemampuan dua anak itu sama, maka satu orang anak akan mengunyah 4
permen dalam waktu yang beriringan.
Karena satu permen dapat dihabiskan/dikunyah seorang anak dalam waktu 2 menit, maka jika ada
4 buah permen, maka waktu yang dibutuhkan adalah: 42 menit = 8 menit
Jadi, P = Q

Jawaban: C

37. Nilai dari sekumpulan data yang terdiri dari empat anggota yaitu p, q, r, dan s. Apakah jangkauan
dari data tersebut lebih dari 4?
(1) p merupakan data terkecil.
(2) r −p > 4

A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.
D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Pembahasan:
Terdapat data: p, q, r, dan s
Jangkauan diperoleh dengan cara mengurangkan nilai tertinggi dengan terendahnya.
Artinya, harus diketahui data terendahnya.

Jadi, pernyataan (1) p merupakan data terkecil, diperlukan untuk menjawab soal. Akan tetapi
pernyataan ini saja belum cukup untuk menjawab pertanyaan.
Dari pernyataan (2) r −p > 4 saja belum bisa menjawab soal karena tidak diketahui nilai terkeci
atau terbesarnya.

Soal ini dibuat atas kerjasama Masuk UTBK dan Lembaga Forum Edukasi
Akan tetapi jika dua pernyataan digabungkan, maka kita sudah dapat informasi nilai terendahnya.
Dan jika r merupakan nilai terendah kedua, sedangkan r – p > 4, hal ini memastikan bahwa
jangkauannya pasti lebih dari 4.

Jawaban: C

77. Jika P dan Q merupakan bilangan bulat positif, apakah P – Q merupakan kelipatan 4?
(1). P merupakan bilangan kelipatan 4.
(2). Q merupakan bilangan kelipatan 8.

A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.
D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Pembahasan:
Jika P dan Q merupakan bilangan bulat positif, apakah P – Q merupakan kelipatan 4?
(1). P merupakan bilangan kelipatan 4.
(2). Q merupakan bilangan kelipatan 8.

Jika nilai P merupakan bilangan kelipatan 4, maka nilai dari P – Q belum bisa ditentukan apakah
kelipatan 4 atau bukan. Begitu pula ketika nilai Q saja yang diketahui merupakan bilangan
kelipatan 4.

Akan tetapi jika nilai P dan Q secara bersama-sama diketahui keduanya merupakan kelipatan 4,
maka selisih dari P dan Q juga merupakan kelipatan 4.

Jawaban: C

38. Seperempat lingkaran pada gambar di bawah ini berjari-jari 14 cm dan berpusat di O. Titik A yang
merupakan titik tengah OB merupakan pusat setengah lingkaran yang melalui ODB. Berapakah
luas daerah yang diarsir?

A. 77 cm2
B. 56 cm2
C. 49 cm2
D. 28 cm2
E. 21,5 cm2

Pembahasan:

Jawaban: D

 

39. Pada gambar berikut, berapakah besar sudut BCD?

A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.
B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.
C. DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.
D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.
E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Pembahasan:

Jika pernyataan (1) dan (2) digabung secara bersama-sama akan bisa kita tentukan besar sudut BCD.
Jadi, DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

Jawaban: C

40. Dari catatan hasil panen selama empat periode dalam setahun terhadap empat jenis tanaman yang ditanam oleh Pak Sutar, sebagai berikut:

Berapakah keuntungan terbesar yang diperoleh Pak Sutar dalam setiap periode panen?
A. Rp675.000,00
B. Rp775.000,00
C. Rp825.000,00
D. Rp850.000,00
E. Rp900.000,00

Pembahasan:

Jenis Tanaman Modal % Keuntungan
Periode
I II III IV
Cabai 2 jt 5 15 10 10
100 rb 300 rb 200 rb 200 rb
Kacang Panjang 1,5 jt 10 15 20 5
150 rb 225 rb 300 rb 75 rb
Kedelai 1 jt 20 15 10 10
200 rb 150 rb 100 rb 100 rb
Tomat 2 jt 10 5 15 10
200 rb 100 rb 150 rb 200 rb
Total 650 rb 775 rb 750 rb 575 rb

 

Jadi, keuntungan terbesar dalam empat periode panen adalah: Rp775.000,00

Jawaban: B

 

Oke, di atas tadi Mamikos sudah membagikan info terkait prediksi soal UTBK SBMPTN 2020 untuk Tes TPS. Semoga prediksi soal tersebut dapat membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN nantinya ya! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: