Jadwal Ujian Mandiri PTN Tahun 2021

Jadwal Ujian Mandiri PTN Tahun 2021 – Banyak orang tak bisa membedakan jenis-jenis cara ujian masuk perguruan tinggi di Indonesia, teruatama beda SNMPTN dan Ujian Mandiri. Bagi yang belum tahu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

SNMPTN sendiri pertama kalinya diselenggarakan oleh Ditjen Dikti tahun 2008. Ditjen Dikti pada akhirnya mengambil keputusan untuk menyelenggarakan SNMPTN karena pada saat itu terjadi kisruh di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Berikut Adalah Jadwal Ujian Mandiri PTN Tahun 2021

Pada awal dibentuknya dulu, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Namun, pada tahun 2013 terjadi perubahan yakni, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kemudian SNMPTN Undangan lantas berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Sementara itu Ujian Mandiri yang dilaksanakan beberapa Universitas atau perguruan tinggi negri di Indonesia adalah mekanisme seleksi dengan mengadakan ujian atau tes yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi masing-masing, dengan jadwal masing-masing pula.

Biasanya setiap perguruan tinggi negeri ini akan diberi jatah 30% dari kuota mahasiswa barunya untuk dijaring melalui Ujian Mandiri tersebut.

Nah, di tahun 2021 ini beberapa perguruan tinggi belum mengeluarkan jadwal Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri, sehingga berikut ini adalah jadwal tahun 2020 yang bisa dijadikan acuan.

Jadwal Seleksi Mandiri (Ujian Mandiri) Tahun 2020 Sebagai Acuan

Catatan:

1. PPKB: Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar Universitas Indonesia atau disebut dengan PPKB UI adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya berdasarkan pencapaian prestasi akademis oleh siswa selama menempuh pendidikan di sekolahnya (SMA/SMK/MA). Dalam PPKB itu, Universitas Indonesia mengundang putera/puteri terbaik Indonesia berasal dari sekolah-sekolah pilihan untuk mengikuti seleksi PPKB UI.

2. SIMAK: Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

3. UTM: Ujian Talenta Masuk (UTM) – Penerimaan Mahasiswa Baru – Institut Pertanian Bogor – IPB. Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta