Macam-Macam Pembangkit Listrik dan Penjelasannya

Posted in: Edukasi

Macam-Macam Pembangkit Listrik dan Penjelasannya – Listrik adalah salah satu jenis energi yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Bahkan keberadaan listrik adalah salah satu sumber yang sudah sangat dibutuhkan oleh manusia. Bayangkan saja tanpa adanya listrik, kegiatan manusia saat ini akan lumpuh sementara. Hal ini diakibatkan semua peralatan yang dimiliki oleh manusia sudah bergantung dengan listrik.

Pembangkit Listrik

unsplash.com

Listrik dapat dibuat dan tentu saja dibuat oleh pembangkit listrik. Saat ini di dunia sudah banyak pembangkit listrik yang hadir untuk mengisi kebutuhan manusia akan listrik. Macam macam pembangkit listrik ini sudah dijalankan teknologinya dan menghasilkan listrik untuk seluruh dunia. Jika Anda penasaran, maka berikut ini merupakan jenis atau macam pembangkit listrik dan penjelasan singkatnya.

Macam Macam Pembangkit Listrik yang Ada di Dunia

unsplash.com

Listrik yang menjadi salah satu kebutuhan manusia perlu disediakan secara terus menerus untuk menunjang kehidupan. Oleh karena itu hadir pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik. Adapun jenis atau pembangkit listrik yang biasanya digunakan akan dibahas kali ini untuk Anda. Berikut beberapa model pembangkit listrik yang saat ini bisa Anda ketahui beserta prinsip kerjanya.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Percaya atau tidak, air dapat menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga air merupakan salah satu pembangkit listrik yang memanfaatkan air yang menggerakkan turbin. Lalu turbin tersebut menggerakkan generator yang akan menghasilkan listrik. Kemudian listrik tersebut didistribusikan ke rumah penduduk atau industri yang membutuhkan.

Jenis atau macam macam pembangkit listrik yang satu ini banyak ditemui di Indonesia dan teknologi ini sudah dimanfaatkan sejak lama untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia. Bahkan selain menjadi pembangkit listrik, bendungan yang dimiliki oleh PLTA juga menjadi objek wisata karena bentuknya yang cukup unik.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Uap juga salah satu energi yang dihasilkan dari perubahan benda cair ke benda gas. Uap dapat mengerakkan turbin dan membuatnya menjadi salah satu penghasil listrik yang cukup populer. Proses uap menghasilkan listrik cukup sederhana. 

Seperti penjelasannya sebelumnya, uap yang dihasilkan dari sebuah ketel yang cukup besar dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang sudah terhubung dengan generator. Uap sebagai salah satu penggerak turbin ini dihasilkan dari pemasakan air. 

Oleh karena itu bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga uap adalah dengan menggunakan batu bara atau minyak. Oleh karena itu sangat membutuhkan bahan bakar yang cukup banyak untuk menghasilkan listrik.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Panas dari matahari ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber tenaga listrik. Untuk sebutannya adalah pembangkit listrik tenaga surya yang memanfaatkan sinar matahari. Adapun cara kerjanya cukup unik karena salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berulang kali. 

Sehingga pembangkit listrik tenaga surya sebagai salah satu solusi untuk memanfaatkan lingkungan tanpa merusak lingkungan. Cara kerjanya seperti yang Anda bayangkan. Nantinya pembangkit listrik tenaga surya akan memiliki kumpulan panel surya yang akan menyimpan listrik di dalam sebuah charger atau aki. Nantinya dari penyimpan daya listrik tersebut akan menyalurkan listrik dari PLTS secara merata ke semua penggunanya.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Jenis atau macam macam pembangkit listrik yang satu ini mirip dengan pembangkit listrik tenaga uap karena memanfaatkan bentuk gas. Jadi bisa Anda bayangkan jika pembangkit listrik tenaga gas ini memiliki bahan bakar berupa gas. 

Perbedaannya yang mendalam dari pembangkit listrik tenaga uap adalah jika uap ini dihasilkan dari pemasakan atau penguapan air, sedangkan pembangkit listrik tenaga gas memiliki bahan bakar yang memang bentuk awalnya sudah berbentuk gas.

Cara kerjanya pun hampir sama, nantinya gas akan dipanaskan dan kemudian energi panas tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin. Turbin yang bergerak akan membuat generator bergerak dan dapat menghasilkan listrik. Kemudian seperti yang Anda ketahui, nantinya listrik akan didistribusikan secara merata.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Masih serumpun dengan pembangkit listrik tenaga uap dan tenaga gas. Pembangkit listrik yang satu ini memanfaatkan panas bumi sebagai salah satu bahan bakarnya. Panas bumi yang didapatkan bisa bersumber dari gunung berapi atau mencari titik bumi yang mengeluarkan panas bumi yang cukup untuk menggerakkan generator.

Panas bumi memanfaatkan uap untuk dapat menggerakkan turbin yang tersambung dengan generator. Hal yang paling berbeda dari saudara-saudaranya adalah biayanya dalam pembuatan pembangkit listrik jenis ini lebih hemat karena bahan bakarnya sudah disediakan langsung dari bumi untuk dapat menghasilkan listrik.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Adanya nuklir yang dulunya dibuat menjadi sebuah bom sekarang dapat dimanfaatkan pula menjadi bahan bakar yang dapat membangkitkan listrik. Nuklir sendiri termasuk bahan bakar yang ternyata ramah lingkungan namun juga memiliki efek radiasi yang dapat mengganggu manusia sehingga pada proses ini lebih berhati-hati dalam pelaksanaannya.

Pembangkit ini memanfaatkan pembelahan inti uranium. Adanya pembelahan tersebut menghasilkan sebuah panas. Energi panas ini dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik melalui generator. 

Dikatakan ramah lingkungan karena pembangkit ini tidak memanfaatkan bahan bakar fosil yang biasanya memiliki efek samping merusak lingkungan. Namun tetap saja perlu kewaspadaan karena radiasinya dapat berdampak kepada manusia

7. Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Macam macam pembangkit listrik berikutnya adalah dengan memanfaatkan angin sebagai salah satu media penggerak turbin. Nantinya turbin akan disabungkan ke generator dan menghasilkan listrik. Pembangkit jenis ini merupakan salah satu pembangkit yang hemat, ramah lingkungan, dan dapat digunakan berkali-kali tanpa merugikan alam.

Adapun keuntungan lainnya yang dimanfaatkan oleh pembangkit listrik tenaga angin adalah tidak membutuhkan lahan yang luas. Hanya membutuhkan angin yang cukup kencang untuk menggerakkan turbin atau baling-baling yang telah disambungkan oleh generator. Selain itu persiapan alatnya tidak terlalu banyak menggunakan komponen atau alat.

8. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Sampah dapat dimanfaatkan ulang dengan cara recycle, reuse, dan reduce. Adanya 3R ini sangat mudah untuk pemanfaatan sampah. Adapun salah satu pemanfaatannya yang sudah digunakan di negara maju seperti Jepang atau Amerika. Pemanfaatannya adalah dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Cara kerjanya adalah dengan memilih sampah terlebih dahulu. Kemudian sampah yang tidak bisa di daur ulang kemudian akan dijadikan bahan bakar untuk menggerakkan turbin. Nantinya turbin dapat bergerak dan menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Cara ini sangat diharapkan dan menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi masalah sampah yang menggunung.

Untuk masalah polusi pun juga pastinya tidak menjadi masalah karena negara maju sudah menerapkan sistem ini dan memikirkannya. Sehingga hanya perlu penerapan agar pembangkit listrik tenaga sampah dapat terealisasi di Indonesia.

Sudah dijelaskan secara ringkas untuk Anda tentang macam macam pembangkit listrik. Semoga Anda memahaminya dengan baik dan jangan lupa untuk selalu hemat listrik agar dapat menjaga lingkungan Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah