Magang dan Maanfaatnya Untuk Mahasiswa!

 Mamikos | Jum, 09 Nov 2018

Magang dan Maanfaatnya Untuk Mahasiswa! –  Ada yang tak tahu arti dari kata Magang? Mari kita uraikan bersama. Magang adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja. Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan proses pendidikan. Dalam kegiatan magang, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional. Pengalaman ini kemudian menjadi bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya. Mahasiswa juga dapat menambah wawasan mengenai dunia industri dan meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja.

Magang dan Maanfaatnya Untuk Mahasiswa

Dengan uraian di atas, tentu saja bisa dilihat bahwa magang merupakan hal positif dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Karena mahasiswa akan semakin mengetahui apa saja yang akan didapat saat terjun di dunia kerja nanti dan tentunya bisa lebih bersiap-siap.

Lantas apa saja manfaat magang bagi mahasiswa?

1. Mengetahui kelebihan dan kelemahan

Tentu saja ketika menjalani proses program magang, mahasiswa yang mengikuti magang tersebut dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Seperti contohnya, mahasiswa magang akan mengetahui jika kelemahan yang ada di dalam dirinya adalah komunikasi, ketika sudah merasakan bekerja dalam tim. Atau kelebihan yang ia miliki adalah multitasking, karena dapat mengerjakan banyak pekerjaan saat magang. Kedua hal tersebut penting untuk diketahui sebelum mendaftar kerja tetap, agar tahu hal apa yang nantinya harus dikembangkan saat bekerja tetap.

2. Belajar dan menguasai keterampilan baru.

Magang tak melulu harus sesuai dengan jurusan kuliah. Sebab, ketika magang, mahasiswa dapat mencari perusahaan dan bidang yang berbeda dari yang mahasiswa pelajari di dunia perkuliahan. Dengan begitu, dapat mengenal bidang lain yang belum dikenal dan tentunya dapat menguasai keterampilan baru yang bisa jadi bekal di karier masa depan.

3. Ada kesempatan untuk full time.

Banyak yang tidak tahu bahwa ketika magang, setiap pegawai magang tersebut akan mempunyai kesempatan untuk berganti status menjadi pekerja tetap. Hal itu tergantung pada evaluasi kerja. Jika dinilai bagus, maka sekanjutnya akan ditawarkan pekerjaan tetap.

Maka dari itu, jangan menyepelekan pekerjaan magang, karena siapa tahu, itu dapat menjadi batu loncatan untuk sesuatu yang lebih besar.

4. Membantumu menentukan tujuan karier.

Terkadang, saat sudah menjadi mahasiswa pun, kita belum mengetahui, sebenarnya apa tujuan karier kita. Nah, tentunya, dengan magang, akan dengan mudah untuk menentukan tujuan magang. Magang dapat menjadi awalan yang bagus. Pasalnya, banyak mahasiswa yang merasa tidak cocok dengan jurusannya.

5. Menambah daftar pengalaman di CV.

Saat mengirim resume ke perusahaan, tentunya kita tidak ingin membiarkan kolom pengalaman kosong. Maka dari itu, magang penting untuk menambah daftar pengalaman. Jika memiliki pengalaman kerja di resume, maka itu dapat menjadi pertimbangan perusahaan atas skill yang dimiliki.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Magang dan Maanfaatnya Untuk Mahasiswa!

Magang dan Maanfaatnya Untuk Mahasiswa!