15 Makanan Khas Indonesia yang Dikenal oleh Dunia




15 Makanan Khas Indonesia yang Dikenal oleh Dunia — Ada banyak hal membanggakan dari Indonesia. Tarian, bahasa, budaya hingga kulinernya yang beragam dan terkenal kelezatannya.

Nah, dari beberapa kuliner tersebut, rupanya ada yang gaungnya sudah terdengar juga hingga mancanegara. Oleh karena itu, Mamikos kali ini akan membuatkan daftar makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia.

Makanan Khas Indonesia yang Dikenal Oleh Dunia

https://d99i6ad9lbm5v.cloudfront.net/

Tentu saja dalam blog Mamikos, sederet informasi bisa kamu peroleh dengan mudah. Diantaranya adalah 50 makanan khas indonesia, 10 makanan tradisional, makanan khas daerah di indonesia dan penjelasannya, makanan khas bali, makanan terenak di dunia, sampai makanan Indonesia yang harus dinikmati sebelum mati. Semuanya ada di blog Mamikos ini.

Baiklah, tidak perlu intro lagi. Mari kita langsung saja simak apa saja sih makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia tersebut? Apakah ada yang menjadi makanan favorit kamu? Simak daftar lengkapnya sebagai berikut.

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dikenal Oleh Dunia

1. Sambal

kinibisa.com

Dari daftar makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia di urutan pertama kita ada sambal. Ya, siapa sih yang tidak kenal sama sambal? Makanan khas Indonesia satu ini terbuat dari bahan dasar cabai dan boleh dikatakan hampir selalu ada di setiap waktu makan masyarakat Indonesia. Benar, tidak?

Hingga saat ini, sambal telah memiliki berbagai varian yang tercipta dari penggunaan bahan-bahan yang tidak kalah beragam. Pada dasarnya sambal terbuat dari cabai yang diulek sehingga mengeluarkan sari cabai yang pedas. Kemudian ditambah dengan bahan-bahan lain seperti garam, terasi dan tomat.

Sambal khas Indonesia tidak hanya dikenal karena cita rasanya yang pedas dan nikmat. Namun konsistensi bahan yang lebih padat dan lebih banyak mengandung rempah-rempah juga menjadi salah satu ciri kental yang dimiliki sambal Indonesia.




Ada berbagai macam sambal di Indonesia yang pastinya pernah kamu santap atau nikmati. Diantaranya adalah sambal bawang, sambal tomat, sambal bajak, sambal lado, sambal tempoyak [dari Bengkulu], sambal terasi, sambal kecap, sambal manis, sambal tempe, sambal pencit, sambal korek, sambal udang, sambal jeruk, sambal petis, sambal setan, sambal matah, sambal dadak dan masih banyak lagi macam sambal yang dimiliki Indonesia.

2. Sate

https://pixabay.com/id/

Sate adalah makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia berikutnya. Memang bukan cerita baru jika kuliner Indonesia satu ini sudah dikenal oleh orang Mancanegara. Sate atau satay secara umum dibuat dari bahan dasar daging ayam atau sapi yang dipotong-potong untuk kemudian ditusuk dengan lidi.

Setelah potongan daging berjejer rapi dalam tusukan, masing-masing tusukan berikutnya dibakar di atas bara api hingga matang. Sama seperti sambal, sate juga makanan khas Indonesia yang memiliki beberapa macam varian. Bisa dari daging yang dipilih, bahan yang dipakai untuk bumbu, hingga tusukan yang digunakan.

Daging yang biasa dipilih untuk dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, sapi, domba, kelinci, babi, kuda, dan jeroan. Di Indonesia sendiri ada sate asal daerah yang sudah menyebar hingga ke banyak kota, seperti sate padang yang adalah makanan asal Sumatera Barat.




Selain sate padang, masih ada sate-sate enak dan unik lain yang Indonesia punya. Sebut saja sate languan, sate lilit, sate pentul, sate plecing, sate lokan, sate maranggi, sate buntel (asal Jogja), sate pencok (asal Lombok), dan sate-sate lainnya.

3. Bakso

masakapahariini.com

Makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia selanjutnya adalah bakso. Bakso merupakan makanan khas Indonesia berkuah dan telah memiliki sejuta penggemar, mulai dari kalangan orangtua hingga anak-anak.

Rupanya bola-bola daging satu ini menawarkan cita rasa yang sulit ditolak oleh banyak lidah penduduk Indonesia. Bicara mengenai bakso, di Indonesia terdapat bakso yang terkenal, terutama di kota-kota di pulau Jawa.

Di mana banyak ditemui penjual bakso pangkal ataupun berkeliling yang memberi label pada gerobaknya dengan tulisan “Bakso Malang”. Ada juga bakso yang tidak kalah terkenalnya yakni yang biasa dijajakan dengan label “Bakso Solo”.




Biasanya bakso lebih sedap dinikmati saat cuaca sedang dingin atau musim hujan sedang melanda. Kuah kaldu daging yang hangat dan rasa pedas dari sambal yang berkolaborasi menjadi satu membuat tubuh seketika hangat.

Dalam satu mangkuk atau porsi bakso biasanya ditemani beberapa teman sekelasnya. Seperti pangsit, mie kuning, bihun, taoge, tahu, caisim dan taburan bawang goreng yang renyah.

Bakso menjadi panganan yang mudah dijumpai di mana saja. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat tentu menjadi alasan terkuat mengapa banyak orang menggemarinya.

4. Nasi Goreng

caradapatuang.com

Sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, dari mana asal mulanya nasi goreng ini. Sebab selain di Indonesia, nasi goreng juga bisa dijumpai di negara-negara lain. Oleh karena itu, untuk menjadikan nasi goreng ini sebagai makanan khas Indonesia, maka masyarakat kita membuat racikan khusus agar nasi goreng menjadi makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia.




Yakni dengan menggunakan bumbu dan rempah milik Indonesia yang kaya. Bicara mengenai rasa, tidak diragukan lagi jika nasi goreng asal Indonesia memiliki cita rasa yang juara dan bisa diadu dengan nasi goreng asal negara-negara lain. Dijamin nasi goreng kita yang paling enak dan lezat.

Ada begitu banyak resep nasi goreng yang kita ketahui. Ada nasi goreng Jawa, ada nasi goreng kampung, nasi goreng seafood, nasi goreng tek-tek, nasi goreng merah, nasi goreng mawut atau magelangan (di daerah Jawa Barat disebut dengan otokowok). Namun meski beragam jenisnya, makanan khas Indonesia satu ini tetap memiliki sederet fans dari berbagai latar belakang.

Biasanya, untuk menguatkan kekayaan rasa, nasi goreng akan diberi tambahan isian lainnya. Misalnya saja telur, ayam, kerupuk, irisan mentimun, irisan sosis, ikan asin, ati ampela dan masih banyak lagi, tergantung selera dan ciri khas nasi goreng tersebut.

5. Gado-gado

masakapahariini.com

Apabila kuliner nasi goreng masih dianggap sebagai makanan modern, maka untuk makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia satu ini, masih menjadi makanan tradisional yang eksis hingga kini. Ya, gado-gado atau orang luar menyebutnya sebagai vegetables salad with peanut sauce adalah makanan yang berasal dari Betawi.




Gado-gado termasuk makanan tradisional yang menyehatkan dan menjadi salah satu yang digemari para vegetarian karena didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari nabati alias sayuran. Tapi bukan hanya vegetarian saja yang suka. Gado-gado memiliki banyak penggemar lainnya.

Dalam satu porsi gado-gado terdapat banyak jenis sayur-sayuran yang direbus, jadi sudah pasti menyehatkan. Ada kacang panjang, tauge, kembang kol, kubis, nangka muda, tomat, kentang rebus, telur rebus, tahu, jagung pipil, dan sayuran lain seperti wortel dan irisan mentimun.

Sebelum sayuran dipersatukan dengan harmoni di atas piring, biasanya para penjual atau pembuatnya akan terlebih dahulu meracik sambal atau saus kacang. Nantinya saus ini akan disiram diatas sayuran dan kondimen utama tadi dan baru lah bisa dihidangkan.

Jika kamu membeli gado-gado di abang-abang penjual biasa, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja. Namun, jika kamu memesannya di restoran dengan nama vegetables salad with peanut sauce, paling tidak kamu harus membayar Rp 50.000 hingga Rp 60.000. Jadi kamu mau beli gado-gado atau vegetables salad with peanut sauce nih?




6. Nasi Padang

brilio.net

Mari kita beranjak ke Sumatera Barat, tepatnya di Padang, dan kita bersiap untuk menikmati sajian nasi yang begitu legendaris dan telah melanglang buana, dari kota-kota di Indonesia hingga ke luar negara. Ya, nasi Padang adalah makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia.

Penyuka nasi padang nyaris 90% penduduk di Indonesia. Cita rasa yang nikmat, berbumbu dan begitu khas membuat nasi padang selalu mendapatkan tempat terbaik di hati para pecinta kuliner. Kalau sudah bicara nasi Padang, maka jangan lupakan teman satu genk-nya dong.

Ada sederet lauk pauk yang biasanya disajikan di atas meja saat kamu memesan nasi Padang di rumah makan Padang. Mulai dari ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, ikan goreng, gule kepala ikan, dendeng bathokok, sambal ijo, cumi pedas, ikan siam sambal bawang hingga satu menu yang pernah menggemparkan Indonesia dan dunia, yakni rendang.

7. Ayam Goreng

univelersolutions.com

Berikutnya dari daftar makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia ada ayam goreng. Sebenarnya makanan ini tidak hanya bisa dijumpai di Indonesia saja. Sama seperti nasi goreng. Namun di negara-negara lain juga kamu masih bisa menemukan makanan satu ini.




Namun tentu saja, Indonesia memiliki ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh negara lain. Yakni bumbu dan rempah yang diolah dalam ayam tersebut sebelum digoreng. Ayam ungkep adalah salah satu yang paling dikenal sebagai pengolahan ayam yang paling umum oleh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sendiri ayam goreng telah menjadi kuliner kesukaan banyak penduduk. Ayam yang semula sudah di ungkep sehingga rempah dan bumbu telah meresap ke dalamnya dengan sempurna kemudian digoreng.

Dalam sajiannya, biasanya ayam goreng ditemani beberapa ‘dayang-dayang’nya. Seperti sambal bawang dan lalapan yang terdiri dari irisan mentimun, kemangi, potongan kacang panjang, hingga selada.

Saat ini sudah banyak rumah makan ayam goreng yang terkenal dan disukai banyak orang. Seperti ayam goreng Kalasan, ayam goreng lengkuas, ayam goreng kremes, ayam goreng serundeng, ayam goreng penyet dan ayam goreng paniki.

8. Bubur Ayam

google.com

Selanjutnya dari daftar makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia, ada bubur. Ya, meskipun bubur adalah kuliner yang didatangkan oleh penduduk Tionghoa yang dulu menetap ke Indonesia. Bubur menjadi hidangan praktis pilihan utama masyarakat untuk menu sarapan.

Jika tidak sempat membuat masakan untuk sarapan, biasanya orang-orang akan memilih untuk membeli bubur atau membuat bubur instan yang sudah berbentuk kemasan yang kini mudah ditemukan di minimarket. Di Indonesia sendiri, kamu akan lebih mudah menemukan penjual bubur ayam.

Para pedagang bubur biasanya berkeliling atau mangkal di tempat tertentu saat pagi hari. Satu mangkuk bubur ayam sudah bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per mangkuknya.  Dalam satu mangkuk bubur biasanya diisi juga dengan berbagai macam topping yang menambah kenikmatannya saat menyantap bubur tersebut.

Seperti suwiran ayam, kacang, daun seledri, daun bawang, cakwe, dan kerupuk. Tidak jarang juga ada side dish atau makanan pendamping yang disediakan penjual seperti sate telur puyuh, sate usus dan sate ati ampela.

9. Ketoprak

pergikuliner.com

Ketoprak merupakan kuliner asal Indonesia yang mudah dijumpai di kota-kota besar di Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia menyebut ketoprak sebagai makanan khas Betawi. Makanan satu ini sepintas agak mirip dengan gado-gado di mana bahan makanan yang diolah diberi siraman bumbu kacang.

Hanya saja bedanya, jika gado-gado cenderung berbentuk lauk untuk makan nasi, ketoprak sudah satu paket. Sebab sudah ada lontong atau ketupat di dalamnya. Selain itu ada juga komponen lain seperti tahu, bihun, tauge, mentimun dan saus kacang. Ada variasi baru yang menambahkan telur di dalam porsinya.

Saat ini penjual ketoprak sudah tak terhitung lagi jumlahnya di kota-kota Indonesia. Dari yang mulai berdagang keliling hingga menetap di titik-titik keramaian. Kelezatan dari ketoprak dan ditambah bandrolan harga murah untuk satu porsinya jadi makin membuat ketoprak selalu dicari para pecinta kuliner berbumbu ini.

11. Rendang

moondoggiesmusic.com

Makanan khas indonesia yang dikenal oleh dunia satu ini telah terdaftar dalam daftar 50 Hidangan Terlezat Dunia atau 50 Most Delicious Foods. Secara normal, rendang dibuat dari daging sapi dengan rasa yang pedas. Sebab cabai menjadi salah satu rempah dalam bumbunya.

Namun lambat laun seiring perkembangan selera masyarakat, muncul aneka rendang yang tidak hanya dari daging sapi, karena telah ada rendang ayam, itik, hingga hati sapi yang tak kalah banyak juga penggemarnya. Untuk memasak rendang, waktu memasaknya bisa berjam-jam hingga kuah bumbunya sampai menyusut.

Untuk membuatnya juga memerlukan santan yang banyak. Santan inilah yang kemudian akan dimasak bersama daging dan rempah seperti cabai, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, serai, bawang putih, dan rempah lain. Setelah kuah menyusut, rendang baru bisa disajikan dan dinikmati.

Entah disandingkan bersama ketupat atau menjadi lauk dari nasi untuk dijadikan makanan utama, rendang tetap nikmat disantap. Sebagai makanan asli Padang, tentu membuat rendang banyak disajikan di seluruh rumah makan Padang, bahkan di warung makan sederhana rendang tetap jadi primadona dan dicari pecinta masakan Padang.

12. Betutu

google.com

Berikutnya dari daftar makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia Mamikos akan membahas betutu yang berasal dari Bali. Ya, betutu adalah jenis cara pengolahan makanan dengan cara memanggangnya pada api sekam. Biasanya yang dipakai adalah ayam dan bebek.

Bahkan ayam dan bebek ini harus dipanggang dalam keadaan utuh, namun sebelumnya sudah dibumbui dengan bumbu base genep khas Bali. Uniknya, hewan ternak tersebut juga akan diisi dengan daun singkong pada perutnya, termasuk base genep juga.

Bahkan beberapa orang akan memanggangnya terlebih dahulu sebelum merebusnya. Tujuannya tentu saja agar tekstur dagingnya nanti bisa lebih empuk saat dikonsumsi. Dengan kelebihan dagingnya yang empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna, maka tidak sedikit yang menyukai betutu ini.

13. Serabi

google.com

Serabi atau surabi merupakan kuliner tradisional dan makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia juga. Serabi memiliki bahan dasar tepung beras yang dicetak bulat. Kemudian cara memasaknya dengan menggunakan tungku.

Secara sederhana, serabi memiliki dua variannya saja, yakni serabi manis yang dibalut dengan kinca atau gula merah cair. Lalu jenis lain berupa serabi asin yang merupakan versi originalnya. Sebab akan disajikan tanpa kuah maupun taburan apapun di atasnya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, muncul beberapa tambahan komposisi bahan atau topping yang ditambahkan pada saat proses pemasakannya. Yakni diberi telur kocok atau telur utuh pada adonan serabi agar rasanya makin lezat.

Tidak hanya itu saja. Ada juga yang memberikannya potongan tempe orek, oncom, tauco dan yang modern ada juga potongan sosis, mayonaise, dan keju. Serabi ini kerap ditemui di Bandung, Cirebon dan kota-kota lain di sekitarnya. Meskipun Solo juga memiliki serabi juga namun cara penyajiannya berbeda.

14. Kerak Telor

indoindians.com

Kudapan satu ini bukan hanya makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia tapi juga makanan khas dan asli dari Betawi. Aktor utama dalam pembuatannya adalah penggunaan beras ketan, yang nantinya akan dicampur dengan bahan-bahan lain, khususnya telur.

Dari salah satu bahan tersebut, tentunya kamu jadi tahu bahwa penamaan kerak telor adalah karena adanya telur yang menjadi salah satu bahan utama. Sementara adanya tambahan kerak adalah karena nantinya beras ketan dan kawan-kawannya itu akan dimasak sampai menjadi kerak.

Secara lengkap, kerak telor akan dimasak dengan beras ketan, lalu akan diisi dengan telur, tumbukan jahe dan kencur halus, gula pasir, garam, ebi, dan bawang goreng yang dikocok. Nantinya harus dimasak dengan arang agar panasnya merata.

Mamikos pernah bertanya, jika dimasak di atas kompor memangnya tidak bisa? Lalu sang penjual menjawab bila dimasak dengan kompor maka hasilnya bukan kerak, tapi akan menjadi gosong. Rasa kerak telor ini sangatlah nikmat dan gurih, sehingga saran Mamikos kamu harus mencicipinya. Harga seporsi kerak telor dibanderol dengan kisaran Rp 18.000 hingga Rp 25.000 saja.

15. Kerupuk

google.com

Makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia yang terakhir adalah kerupuk. Ya, umumnya, kerupuk dibuat menggunakan tepung tapioka dengan tambahan perasa makanan, entah itu dari udang atau ikan. Walaupun ada juga kerupuk yang bahan dasarnya tidak menggunakan udang, ikan, atau perasa lain.

Di Indonesia telah tersebar aneka kerupuk, pembuatannya hanyalah dengan mencampur setiap bahan yang nanti akan dikeringkan dengan sinar matahari, baru digoreng. Bentuknya beragam, namun satu hal yang pasti dari kerupuk adalah rasanya renyah, dengan bentuknya yang tidak terlalu besar.

Jenis-jenis kerupuk yang bisa kamu nikmati diantaranya adalah kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk ikan, dan lainnya. Sedangkan variasi lain dari kerupuk adalah kerupuk melarat, karena pembuatannya hanya menggunakan garam saja. Yang tak kalah unik adalah cara menggorengnya. Yakni menggunakan pasir.

Sementara jenis kerupuk paling terkenal adalah kemplang yang bisa kamu temui saat jalan-jalan ke Palembang. Kemplang memiliki rasa ikan yang khas. Kerupuk lainnya yang harus kamu cicipi juga adalah kerupuk jangek (kulit) atau juga dikenal dengan rambak dengan bahan pembuatannya malah dari kulit kambing atau sapi.

Demikianlah penjelasan Mamikos mengenai makanan khas Indonesia yang dikenal oleh dunia yang dapat Mamikos sampaikan di artikel kali ini. Semoga dapat membantu dan memberikan kamu rasa memiliki dan melindungi apa yang telah kita punyai.

Tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikan apa yang sudah nenek moyang kita wariskan pada kita. Dengan mencintai Indonesia, kita juga menunjukkan rasa cinta pada identitas kita sendiri.

Jangan lupa untuk terus mengakses aplikasi cari kost Mamikos yang bisa kamu unduh aplikasinya secara gratis via Appstore dan Playstore. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa menemukan beragam hunian kost-kostan yang bisa kamu sesuaikan dengan keperluan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah