Mengenal Lebih Dalam Apa Itu PKN STAN dan Tujuannya

Tagged: PKN STAN

Mengenal lebih dalam apa itu PKN STAN dan tujuannya – Apakah kamu salah satu lulusan sekolah menengah yang berniat meneruskan pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan? Informasi tentang PKN STAN berikut tidak boleh dilewatkan.

Informasi Lengkap PKN STAN dan Tujuannya

https://stanbrain.com/

Setelah dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah, pilihan untuk langsung bekerja atau meneruskan studi akan senantiasa terbuka lebar. Saat ini, pilihan tempat belajar sangat mudah didapatkan, apalagi di Indonesia ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Sebagai salah satu alternatif yang bisa dituju para lulusan sekolah menengah jika ingin meneruskan studinya, popularitas PTK tidak kalah dibandingkan Perguruan Tinggi lainnya.

Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia cukup beragam dan spesifik. Jika kamu tertarik mendalami bidang akuntansi, perpajakan, bea cukai, dan seluk beluknya, ada Perguruan Tinggi Kedinasan yang cocok, yaitu PKN STAN. Persaingan untuk masuk PKN STAN terbilang ketat dan peminatnya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Apa yang membuat PKN STAN menarik dan bagaimana cara untuk bisa diterima di PKN STAN? Berikut ini informasi mendalam tentang PKN STAN dan tujuannya.

Informasi Sejarah PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dulunya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan. Sebelum dikenal dengan nama PKN STAN, terdapat beberapa kali perubahan yang terjadi, sebagai berikut:

  1. Kursus Jabatan Ajun Akuntan atau KDAA (didirikan melalui SK Menteri Keuangan No.167941/UP 31 Juli 1952). KDAA meliputi Ajun Akuntan Negara (AAN) yang diselenggarakan di Bandung dan Ajun Akuntan Pajak (AAP) yang diselenggarakan di Jakarta.
  2. Akademi Pajak dan Pabean (AP2) (dibentuk melalui Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP 25 November 1957).
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) didirikan tahun 1959 berdasarkan SK Menkeu No: 175402/UP/X 31 Desember 1959. STIKN adalah pengganti AP2 yang dibubarkan oleh Menteri Keuangan pada saat itu. Pada periode ini, terdapat sekolah bidang keuangan, seperti Akademi Treasury Negara (ATN) dan Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK).
  4. Institut Ilmu Keuangan (IIK) didirikan tahun 1967 berdasarkan Keputusan Presiden No.167 tahun 1968. IIK merupakan peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK. Pembubaran IIK dilakukan pada tahun 1975.
  5. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sebagai salah satu Pusdiklat di bawah Badan Pendidikan dan Latihan keuangan (BPLK). STAN dibentuk Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974 . Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 1967.
  6. 17 Maret 1975 STAN mendapatkan izin menyelenggarakan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975. Penyelenggaraan pendidikan tahun pertama di STAN masih menggunakan kampus Purnawarman, kemudian 2 tahun kemudian meluas hingga Kampus STAN Bintaro
  7. Dilakukan penataan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) oleh Kementerian Keuangan agar kontribusi STAN bisa lebih maksimal di bidang keuangan, sehingga Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN dikeluarkan pada 15 Juni 2015
  8. Politeknik Keuangan Negara STAN resmi berdiri

Tujuan PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN memiliki visi dan misi yang terus berusaha dicapai. Adapun visi PKN STAN adalah: Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pengelola keuangan negara bereputasi internasional.

Upaya dan komitmen untuk mengembangkan, mengajarkan, dan mengimplementasikan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara PKN STAN terus dilakukan secara konsisten dan kontinyu. Misi yang dimiliki PKN STAN juga diperbarui agar komitmen dengan standar kualitas tinggi terpenuhi dengan melaksanakan misi-misi cerminan visi PKN STAN. Adapun misi PKN STAN adalah:

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara.
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas tinggi dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara.

Fungsi PKN STAN

Struktur organisasi PKN STAN yang terbaru ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/MK.1/2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. Adapun tugas PKN STAN adalah melaksanakan penyelenggaraan pendidikan vokasi, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang keuangan negara. PKN STAN juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Penyusunan rencana dan program pendidikan
  2. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
  4. Penyelenggaraan pendidikan vokasi di bidang keuangan negara
  5. Pelaksanaan sistem pemeriksaan intern
  6. Pelaksanaan penelitian
  7. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan
  8. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi keuangan dan umum
  9. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu
  10. Pengelolaan laboratorium, perpustakaan, sistem informasi, dan penerbitan, serta sarana dan prasarana penunjang lainnya
  11. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan

Sarana dan Prasarana di PKN STAN

PKN STAN berdiri di atas lahan kampus seluas kurang lebih 22 Ha di kawasan Jurangmangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Untuk menunjang proses studi mahasiswa di PKN STAN, terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat diakses, seperti:

  1. Perpustakaan 2 lantai
  2. Poliklinik
  3. Laboratorium atau mini office 6 ruang
  4. Sarana olahraga 3 ruang dengan 8 lapangan (lapangan sepak bola, bola voli, bulu tangkis, jogging track, lapangan tenis, dll)
  5. Ruang Unit kegiatan Mahasiswa
  6. Ruang pelatihan bahasa asing
  7. ATM
  8. Area parkir 9 titik
  9. Kantin 2 titik
  10. Gedung administrasi dan akademik
  11. Area terbuka
  12. Taman mahasiswa
  13. Gazebo

Jurusan di PKN STAN

Sebelum kamu mendaftar untuk studi di PKN STAN, ketahuilah jurusan dan program studi yang dibuka di kampus tersebut. Hingga saat ini, terdapat 4 jurusan dan 10 program studi terakreditasi B di PKN STAN, yaitu:

  1. Jurusan Akuntansi PKN STAN: Program Studi D-IV Akuntansi, Program Studi D-III Akuntansi
  2. Jurusan Pajak PKN STAN: Program Studi D-III Pajak, Program Studi D-III PBB/Penilai, Program Studi D-I Pajak
  3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai PKN STAN: Program Studi D-III Kepabeanan dan Cukai, Program Studi D-I Kepabeanan dan Cukai
  4. Jurusan Manajemen Keuangan PKN STAN: Program Studi D-III Kebendaharaan Negara, Program Studi D-III Manajemen Aset, Program Studi D-I Kebendaharaan Negara

Sudahkah kamu mengenal lebih dalam apa itu PKN STAN dan tujuannya? Kini saatnya bersiap untuk seleksi jalur masuk PKN STAN. Pahami mekanisme seleksi PKN STAN, baik persyaratan maupun jenis tes yang diadakan untuk memperbesar peluang diterima. Mahasiswa perantau dari luar kota hingga luar pulau pun tidak perlu khawatir jika tertarik meneruskan studi di PKN STAN. Adanya pilihan hunian sementara dekat PKN STAN berupa kost yang bisa ditemukan di aplikasi pencari kost Mamikos akan membantu memudahkanmu untuk mengakses kampus. Segera download aplikasi Mamikos untuk mendapatkan kost murah dekat PKN STAN!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta