Mengenal Rumus Volume Tabung dan Contoh Soal

Posted in: Edukasi

Mengenal Rumus Volume Tabung dan Contoh Soal -Tabung adalah bentuk benda yang sering kita temui sehari-hari. Contohnya yaitu botol minum, kaleng, termos dan bentuk lain yang mirip. Tabung merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki bentuk sisi yang lengkung. 

Tabung juga di definisikan sebagai bangun ruang yang memiliki tutup berupa lingkaran dan selimutnya adalah bentuk persegi panjang. Mempelajari rumus volume tabung sudah ada sejak kita kelas 6 SD. 

Rumus Volume Tabung

youtube.com

Biasanya guru akan mengajarkan cara mencari volume tabung pada pelajaran matematika atau sains. Bentuk tabung ini biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai hal. 

Jadi tabung memiliki volume yang dapat dihitung dan diketahui kapasitasnya. Namun sebelum mengetahui bagaimana rumus volume tabung, sebaiknya kita pahami dulu bentuk-bentuk tabung.

Mengenal Jenis-jenis Tabung

Tabung merupakan sebuah benda yang memiliki bangun ruang. Namun tidak semua tabung memiliki tutup di kedua sisinya. Ada tabung yang dinamakan tabung terbuka.

Tabung terbuka yaitu tabung yang hanya memiliki 1 sisi tutup lingkaran yaitu pada alasnya. Tabung jenis ini juga normal kita temui sehari-hari. Contohnya bekas kaleng susu yang bisa kita cari volume tabungnya. 

Tabung merupakan bangun ruang yang memiliki 3 dimensi karena dibentuk dengan 2 lingkaran yang sejajar dan diselimuti dengan persegi panjang yang mengelilingi lingkaran tersebut. 

Selain itu yang harus kita ketahui lainnya bahwa tabung memiliki:

  1. Tabung memiliki 2 rusuk, yaitu terdapat pada lingkaran
  2. Alas dan tutup bagian tabung berbentuk lingkaran
  3. Tabung memiliki 3 bidang sisi. Yaitu sisi pertama pada bidang alas, sisi kedua di bidang selimut dan sisi ketiga ada pada penutupnya. 

Unsur Penting Pada Tabung

Semua bangun ruang memiliki unsur penting yang harus kita ketahui sebelum menghitung berapa volumenya. Berikut ini adalah unsur-unsur penting pada tabung yang harus kita ketahui:

Sisi Tabung

Sisi pada tabung merupakan sisi berbentuk lingkaran dan memiliki titik pusat di tengah lingkaran. Sisi atas dan bawah tabung sama-sama memiliki pusat yang sama, yaitu di tengah lingkaran. 

Selimut Tabung

Setelah alas dan tutup berupa lingkaran, tabung juga memiliki selimut. Selimut ini merupakan bentuk persegi panjang yang menjadi sisi lengkung dan posisinya mengelilingi bentuk lingkaran. 

Diameter

Diameter adalah jarak pada lingkaran antara titik A dan titik B. Diameter ini bisa dilihat dari lingkaran yang sudah dibuat

Jari-Jari

Jari-jari adalah setengah dari jarak pada diameter. Untuk mencari jari-jari, diameter hanya perlu dibagi menjadi 2.

Mencari Rumus Volume Tabung

Setelah kita mengetahui bentuk-bentuk tabung, saatnya kita belajar mengenal rumus volume tabung. Untuk mencari volume tabung, caranya sangat mudah. 

Kita hanya membutuhkan data mengenai luas alas pada tabung dan berapa tinggi tabungnya. Karena tabung memiliki alas yang berbentuk lingkaran, maka kita harus cari tahu dulu rumus menghitung luas lingkaran.

Lalu apa rumus menghitung luas lingkaran? Rumus mencari luas lingkaran yaitu:

π × r ²

Setelah belajar mengenai cara mencari luas lingkaran, kita tinggal melangkah untuk mencari rumus volume tabung. Untuk mencari volume tabung, ada hal penting yang harus kita perhatikan. 

Kita harus mengetahui jari-jari lingkaran sebagai alas tabung dan berapa tinggi tabung. Kedua hal tersebut akan digunakan untuk menghitung berapa volume tabung. Rumus volume tabung adalah:

V = π × r × r × t

Atau yang lebih sederhana

V = π x rx t

Bisa kita artikan sebagai berikut:

  1. V adalah untuk volume tabung
  2. Π adalah phi atau konstanta (3,14 atau 22,7)
  3. r adalah untuk hitungan panjang jari-jari alas. r disini berarti setengah diameter. Jika ingin menghitung keseluruhan diameter, maka rumusnya r x r atau r2 atau hasilnya dikenal dengan d (diameter) 
  4. t adalah untuk tinggi keseluruhan tabung. 

Sampai disini bisa memahami rumus volume tabung? Caranya sangat mudah dan cepat. Rumus ini digunakan untuk tabung yang memiliki alas di kedua sisi. 

Contoh Soal Menghitung Volume Tabung

Setelah mengetahui rumus volume tabung, kini saatnya kita belajar dengan contoh soal agar mudah dipahami. Berikut ini ada beberapa contoh soal yang bisa kita pelajari agar semakin menguasai cara menghitung volume tabung.

Soal Pertama

Terdapat sebuah tabung yang memiliki tinggi 35 cm dan memiliki jari-jari yang masing-masing memiliki panjang 10 cm. Maka berapa volumenya?

Penyelesaian: 

r = 10 cm

t = 35 cm

maka rumusnya V = π × r2 × t

V = 3,14 x 102 x 35

V = 10,990 cm3

Jadi bisa kita ketahui bahwa volume tabung tersebut adalah 10,990 cm3

Soal Kedua

Sebuah tabung memiliki diameter 45 cm dan tinggi 50 cm. Berapa volume tabung jika diketahui nilai phi 3.14?

Penyelesaiannya:

Diameter = 40 cm

Jari-jari = diameter : 2 hasilnya menjadi 20 cm

Tinggi = 50 cm

Phi = 3.14

V = 3.14 x 20 2 x 50 cm

V = 62,800 cm

Jadi volume tabung tersebut adalah 62,800 cm3

Soal Ketiga

Jeje menuangkan air ke botol minum bentuk tabung yang ia miliki. Jeje berhasil menuangkan air hingga memenuhi setengah botol. Jika diketahui jari-jari botol 3 cm dan tinggi botol 12 cm, maka berapa banyak air yang harus dituangkan jeje agar botol penuh?

Penyelesaian:

r = 3 cm

t = 12 cm

Phi = 3.14

Maka untuk mencari volume air adalah

V air = 3.14 x 32 x 12

V air = 339.12 cm

Soal Keempat

Sebuah tabung memiliki volume 5.200 cm3. Jika diketahui tabung tersebut memiliki tinggi 20 cm, maka berapa jari-jari pada tabung ini?

Penyelesaian:

V = 5200 cm3

Tinggi = 20 cm

Maka sebelum mencari berapa jari-jari, yang harus diketahui dulu adalah mencari nilai alas pada tabung. 

Luas alas = Volume / tinggi

Luas alas = 5200 / 22 

Luas alas = 260 cm2

Setelah mengetahui luas alas, maka selanjutnya mencari nilai jari-jari

Luas alas = π × r2

260 = 3,14 x r2

260 : 3.14 = r2

82.8 = r2

r = √82.80

r = 9.0 cm2

jadi nilai jari-jari yang bisa kita ketahui adalah 9.0 cm

Begitulah cara menghitung rumus volume tabung yang sangat mudah dan cepat. Pahami contoh soal yang sudah diberikan diatas. Kamu akan mendapatkan contoh soal lain yang mirip.

Jika kita sudah menguasai cara menghitung volume tabung, maka jika mendapat soal yang dibalik untuk mencari jari-jari akan mudah terselesaikan. Kuncinya adalah kuasai rumusnya dan sering-sering latihan soal. 

Karena tidak semua soal mengenai volume tabung hanya untuk mencari berapa volumenya. Namun juga bisa mencari berapa diameter, jari-jari dan tinggi tabung. Semoga membantu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah