Rumus Volume Tabung dan Bangun Ruang +Contoh Soal

Posted in: Informasi

Rumus Volume Tabung dan Bangun Ruang +Contoh Soal – Akhir-akhir ini banyak orang yang penasaran dengan rumus volume tabung dan bangun ruang lainya. Bangun ruang adalah objek 3 dimensi yang mempunyai volume. Ada beberapa bangun ruang yang saat ini ada di dunia yaitu tabung, kubus, balok, limas, prisma, bola, dan kerucut. Untuk limas dan prisma nantinya ada pembagian lagi berdasarkan jumlah rusuknya.  

Tingginya volume bangun ruang ditentukan oleh sisi-sisi yang membatasinya. Contohnya adalah rumus volume kerucut dan tabung. Besarnya volume dari kedua bangun ruang tersebut ditentukan oleh ukuran dari lingkaran dan tinggi bangun ruang.

Rumus Bangun Ruang

Berikut ini adalah rumus dan sifat dari bangun ruang :

1. Tabung

Bangun ruang yang pertama adalah tabung. Tabung adalah bangun ruang yang mempunyai dua sisi penutup berbentuk lingkaran. Volume tabung adalah seberapa besar isi yang dapat ditampung oleh tabung. Cara mencari volume tabung adalah menggunakan rumus matematika.

Rumus dari volume tabung adalah luas dari lingkaran yang dikalikan dengan tinggi tabung. Jika ditulis menggunakan bahasa matematika, rumus mencari volume tabung adalah π⋅r2⋅t. Untuk rumus volume tabung dengan diameter adalah π⋅d⋅t. Untuk rumus volume tabung tanpa tutup sama persis dengan rumus volume tabung silinder biasa.

Contoh Soal Volume Tabung

Diketahui sebuah tabung mempunyai diameter penutup sebesar 35 dm. Tinggi dari tabung adalah 10 dm. Hitunglah volume dari tabung tersebut.

Volume tabung
=  π⋅d⋅t
= (22/7) x 35 dm x 10 dm
= 1000 liter

Untuk memahami tabung kamu harus mengetahui rumus volume dan luas permukaan tabung. Setelah memahami volume tabung selanjutnya kamu harus mengetahui rumus luas permukaan tabung. Rumus luas permukaan tabung adalah 2⋅π⋅r⋅(r+t). Dengan menghafal rumus ini seharusnya kamu sudah bisa menghitung luas permukaan tabung.

2. Kubus

Bangun ruang yang kedua adalah kubus. Kubus adalah bangun ruang yang tersusun dari 6 bangun datar yang kongruen. Bangun datar yang menyusun kubus adalah persegi. Rumus volume dari kubus adalah s x s x s. Sedangkan untuk rumus luas permukaan kubus adalah 6 x s x s.

3. Balok

Bangun ruang yang ketiga adalah balok. Balok adalah bangun ruang yang tersusun dari 4 persegi panjang dan 2 persegi. Rumus volume dari balok adalah p x l x t. Sedangkan untuk rumus luas permukaan balok adalah 2 x (p.l + p.t +l.t).

4. Kerucut

Bangun ruang yang keempat adalah kerucut. Kerucut adalah bangun ruang yang tersusun sebuah bidang datar melengkung dan sebuah lingkaran sebagai alasnya. Rumus volume dari kerucut adalah 1/3 x (π⋅r2⋅t). Sedangkan untuk rumus luas permukaan kerucut adalah π x r x (r+s)

5. Prisma Segitiga

Bangun ruang yang ketujuh adalah prisma segitiga. Prisma segitiga adalah bangun ruang yang tersusun penutup dan alas berbentuk segitiga serta sisi tegak yang berbentuk segi empat. Bangun. Rumus volume dari prisma segitiga adalah luas alas x tinggi. Rumus luas permukaan prisma segitiga adalah L = t × ( sisi tegak 1 + sisi tegak 2 + sisi tegak 3) + (2 × Luas Alas).

6. Bola

Bangun ruang yang kedelapan adalah bola. Bola adalah bangun ruang mempunyai bentuk bulat. Rumus volume dari bola adalah 4/3 × π × r³. Sedangkan untuk rumus luas permukaan bola adalah 4 × π × r².

7. Limas Segitiga

Bangun ruang yang kelima adalah limas segitiga. Limas segitiga adalah bangun ruang yang tersusun dari 6 buah segitiga. Rumus volume dari limas segitiga adalah ⅓ × (½ × as × ts) × t. Sedangkan untuk rumus luas permukaan limas segitiga adalah luas alas + L ΔI + L ΔII + L ΔIII. Konsep rumus ini hampir sama dengan rumus volume tabung.

8. Limas Segiempat

Bangun ruang yang keenam adalah limas segiempat. Limas segiempat adalah bangun ruang yang tersusun dari 4 buah segitiga dan satu buah segi empat. Rumus volume dari limas segiempat adalah ⅓ × luas alas × t. Sedangkan untuk rumus luas permukaan limas segiempat adalah luas alas + L ΔI + L ΔII + L ΔIII.

Itulah rumus matematika dari beberapa bangun ruang yang umumnya diajarkan di sekolah. Sebagai siswa yang baik, kamu wajib memahami setiap rumus dari bangun ruang karena nantinya hal tersebut akan berguna untuk kehidupan. Selanjutnya meri kita pahami mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh beberapa bangun ruang.

Sifat Dari Beberapa Bangun Ruang

Berikut ini adalah sifat dari beberapa bangun ruang yang perlu kamu ketahui :

1. Tabung

Tabung mempunyai beberapa sifat yang khas. Sifat yang pertama adalah tabung mempunyai dua sisi penutup berbentuk lingkaran. Sifat yang kedua adalah tabung tidak mempunyai rangka. Sifat yang ketiga adalah tabung tidak mempunyai titik sudut. Sifat yang keempat adalah tabung dibentuk dari sebuah persegi panjang dan 2 buah lingkaran.

2. Kubus

Kubus mempunyai beberapa sifat yang khas. Sifat yang pertama adalah kubus mempunyai 6 buah sisi berbentuk persegi dengan ukuran yang sama. Sifat yang kedua adalah kubus tersusun dari 12 rangka. Sifat yang ketiga adalah kubus mempunyai 8 buah titik sudut di dalamnya. Sifat yang keempat adalah kubus mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah.

3. Balok

Balok mempunyai beberapa sifat yang khas. Sifat yang pertama adalah balok mempunyai 4 sisi berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama. Sifat yang kedua adalah balok tersusun dari 12 rangka. Sifat yang ketiga adalah balok 2 buah sisi berbentuk persegi dengan ukuran sama. Sifat yang keempat adalah diagonal ruang berukuran sama.

4. Bola

Bola mempunyai beberapa sifat yang khas. Sifat yang pertama adalah bola hanya mempunyai satu buah sisi saja. Sifat yang kedua adalah bola mempunyai sebuah titik pusat. Sifat yang ketiga adalah bola tidak mempunyai titik sudut. Sifat yang keempat adalah bola tidak mempunyai rangka. Sifat yang kelima adalah bola tidak mempunyai diagonal bidang.

5. Kerucut

Kerucut mempunyai beberapa sifat yang khas. Sifat yang pertama adalah kerucut hanya mempunyai dua sisi. Sifat yang kedua adalah tidak mempunyai rangka. Sifat yang ketiga adalah kerucut mempunyai satu buah titik sudut. Sifat yang keempat adalah kerucut tidak mempunyai bidang diagonal. Sifat yang kelima adalah kerucut tidak mempunyai diagonal bidang.

Itulah beberapa informasi penting mengenai sifat-sifat bangun ruang. Dari sini seharusnya kamu sudah memahami rumus volume tabung dan rumus bangun ruang lainya. Jika kamu masih mengenyam pendidikan di tingkat SD dan SMP, maka kamu harus benar-benar memahami informasi ini karena nantinya akan berguna ketika kamu menghadapi ujian tertulis di sekolah.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah