Nilai UTBK Sudah Diterima, 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan

 Mamikos | Kam, 25 Apr 2019

Nilai UTBK Sudah Diterima, 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT telah mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN 2019, kemarin 23 April 2019. Hasil pengumuman bisa dilihat di website resmi LTMPT. UTBK SBMPTN yang digelar oleh LTMPT ini adalah persyaratan wajib untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Nah, setelah menerima nilai UTBK masing-masing, apa sih yang sebaiknya kamu lakukan? Berikut daftar hal yang bisa kamu lakukan setelah menerima nilai UTBK yang bisa dijadikan referensi:

Nilai UTBK Sudah Diterima, 5 Hal Inilah Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

1. Cek nilaimu bagus atau tidak

Setelah kamu mengetahui nilaimu, ada cara yang bisa dilakukan juga untuk mengetahui posisi nilaimu tersebut. Dilansir dari akun Instagram Masuk Kampus, rupanya ada cara yang bisa dilakukan jika ingin melihat posisi nilai masing-masing subtest dari nilai yang dijabarkan tersebut. Cara ini menggunakan metode normalisasi rentang dengan rumus min-max normalization.

Posisi nilai = (nilai – nilai minimal) / (nilai maksimal – nilai minimal) x 100%

Perlu diingat bahwa, cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat posisi dalam masing-masing subtest, bukan secara keseluruhan. Nilai minimal dan nilai maksimal bisa dilihat di sini.

2. Bila nilaimu tak memuaskan, kamu bisa belajar untuk Ujian Gelombang 2

Bila nilaimu tak memuaskan, kamu juga bisa belajar untuk mengikuti UTBK gelombang 2, dengan catatan kamu harus sudah mendaftar sebelumnya. Karena dengan mengikuti UTBK Gelombang 2, kamu berkesempatan untuk bisa memperbaiki nilaimu.

3. Mulai persiapan untuk belajar Ujian Mandiri (UM) bila nilai rendah

Namun, bila sebelumnya kamu tidak mendaftar untuk UTBK Gelombang 2, dan nilai kamu di UTBK Gelombang 1 tidak memuaskan, kamu masih berkesempatan untuk mengikuti UM atau Ujian Mandiri di beberapa kampus yang menyediakan jalur UM bagi calon mahasiswa. Kamu bisa mulai mencari info dan menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Mandiri tersebut.

4. Cek juga informasi tentang Sekolah Kedinasan atau Sekolah Swasta sebagai referensi

Tak hanya mencari informasi seputar Ujian Mandiri, kamu juga bisa mencari informasi terkait Sekolah Kedinasan, seperti STAN, STPN, STIS dan lain sebagainya. Serta, kamu juga masih bisa mencari informasi atau referensi seputar Sekolah atau Universitas Swasta bila kamu merasa nilai UTBK kamu tidak memuaskan dan tak diterima di Universitas Negeri.

5. Jangan lupa mempersiapkan diri untuk cari kost

Setelah itu, jangan lupa untuk mulai mencari kost bila kamu memutuskan untuk kuliah di luar kota, jauh dari kampung halamanmu. Tak lagi susah, kini pencarian kost jauh lebih mudah karena bisa kamu lakukan hanya lewat internet dan smartphone. Gunakan aplikasi Mamikos dengan download di PlayStore atau AppStore kemudian install, dan cari kost idamanmu di sana. Kamu juga bisa mulai pencarian kost idaman di web dengan mengunjungi website Mamikos.