Nomor WhatsApp Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis 2022




Nomor WhatsApp Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis 2022 — Selama kamu mengenal yang namanya televisi, kamu pasti hanya kenal jenis televisi analog.

TV digital mungkin baru dikenal beberapa waktu kebelakang semenjak banyaknya hal-hal yang berkaitan dengan digital merebak.

Di kesempatan ini, Mamikos akan menginformasikan untuk kamu semua terkait nomor WhatsApp mendapatkan set top box TV digital Kominfo gratis yang siapa tahu saja akan sangat berguna di kemudian hari.

Kirim Pesan ke Nomor WhatsApp Agar Dapat Set Top Box TV Digital Kominfo

suaramerdeka.com



Meski isunya sudah sering digemborkan dari beberapa waktu yang lalu oleh banyak stasiun televisi, namun tetap saja bagi masyarakat luas ada semacam rasa tidak rela dan enggan untuk berpindah dari TV analog ke digital.

Peralihan Tv Analog ke Digital Menuai Pro Kontra

Tentu para masyarakat memiliki alasannya sendiri-sendiri mengapa kemudian mereka tak ingin berpindah dari tv analog ke digital.

Namun, dengan keputusannya tersebut, pemerintah pun mencoba memberikan solusi bagi masyarakat agar bisa tetap menonton tv.




Caranya adalah dengan memasang set top box tv digital. Mungkin jika kamu menelusuri harga set top box tv digital sekarang di e-commerce, harga yang muncul akan sangat bervariasi. Ada yang terjangkau, ada yang juga mahal.

Baru-baru ini, Kominfo menginformasikan bahwa kamu bisa mendapatkan set top box tv digital secara cuma-cuma dengan cara mengirimkan pesan ke sebuah nomor WhatsApp.

Itu jugalah yang menjadi dasar Mamikos menuliskan informasi dalam artikel kali ini.

Jadi, apabila kamu tak ingin ketinggalan dengan info nomor WhatsApp mendapatkan set top box tv digital kominfo gratis 2022 tersebut, maka kamu wajib menyimak ulasan ini sampai akhir.




Alasan Mengapa Harus Migrasi dari TV Analog ke Digital

Meskipun menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat karena perubahan siaran tv dari analog ke digital, namun kamu perlu tahu juga sejumlah manfaat dan kelebihan perpindahan tersebut.

Kemenkominfo menyatakan bahwa proses migrasi dari sistem penyiaran televisi analog ke digital mempunyai sjeumlah manfaat yang bakal dirasakan oleh masyarakat luas.

Bukan hanya masyarakatnya yang akan turut merasakan manfaat, tapi juga lembaga penyiaran dan negara.

Salah satu manfaat yang akan langsung dirasakan adalah masyarakat akan bisa lebih menikmati kualitas siaran televisi di rumah dengan lebih baik, sebab gambar yang muncul di layar TV akan jauh lebih bersih.




Selain itu suara yang keluar juga akan lebih jernih dan dibarengi dengan teknologi yang juga lebih canggih.

Kemenkominfo melanjutkan juga. Bahwa nantinya masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan konten siaran bagi masyarakat.

Bukan hanya jadi makin banyak tapi ragam jenis konten juga akan lebih kaya. Meski demikian, berbagai konten tersebut dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Sebab, siaran TV Digital bersifat free-to-air dan tidak seperti TV berlangganan.




Makanya kamu tak perlu melakukan langganan apapun yang mengharuskan menggunakan kuota internet atau semacamnya.

Dampak Peralihan Sistem TV Analog ke Digital

Lantas, bagaimana dampaknya bagi lembaga penyiaran? Bagi lembaga penyiaran sendiri, migrasi dari sistem penyiaran TV analog ke digital membuat industri penyiaran jadi lebih siap untuk bersaing di era konvergensi seperti sekarang.




Sebab lembaga penyiaran dapat mengadopsi teknologi baru dan memanfaatkan multi kanal siaran di masa depan.

Kemenkominfo kemudian menambahkan juga bahwa peralihan siaran televisi analog ke digital ini akan memberikan manfaat dan dampak yang cukup besar bagi negara.

Dampak beralihnya sistem penyiaran TV analog ke digital akan menghasilkan penggunaan spektrum frekuensi 700 MHz yang jauh lebih efisien.

Peralihan sistem penyiaran ini akan menghasilkan digital dividen yang memanfaatkan spektrum frekuensi radio.




Hal tersebut juga dapat digunakan untuk mewujudkan sebuah jaringan internet cepat yang jauh lebih merata ke seluruh pelosok.

Efek ganda di sektor ekonomi digital juga akan berdampak serta secara langsung juga akan memberikan tambahan pemasukan APBN dari sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Berhentinya Penyiaran TV Analog ke TV Digital

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dihentikannya siaran TV analog atau Analog Switch Off sudah mulai dilakukan pada Rabu malam, per 2 November 2022 tepat pukul 24.00 WIB.

Siaran televisi analog ini sudah dinikmati masyarakat Indonesia secara luas selama lebih dari 60 tahun lamanya sebelum kemudian dialihkan ke siaran televisi digital.

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau yang dikenal dengan Jabodetabek, akan jadi wilayah pertama yang mengikuti migrasi ke siaran TV analog ke digital sepenuhnya mulai hari Kamis, 3 November 2022 kemarin.

Maka bisa dikatakan bahwa masyarakat kawasan Jabodetabek yang masih memiliki TV analog di rumah tidak dapat lagi untuk menonton siaran TV per hari Rabu kemarin.

Tetap Bisa Nonton TV Menggunakan STB

Kemudian para masyarakat yang memiliki TV analog atau smart TV yang belum mendukung siaran TV digital, harus menggunakan Set Top Box atau STB.

STB merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi sebuah gambar dan suara supaya dapat ditampilkan di layar TV analog.

Dengan menggunakan STB ini, masyarakat yang masih menggunakan tv analog pun tetap dapat menangkap siaran tv digital seperti pada smart TV.

Guna membantu para masyarakat kurang mampu atau berekonomi rendah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan penyelenggara multipleksing atau TV swasta pun berinisiatif untuk membagikan STB secara cuma-cuma atau gratis.

Info Nomor WhatsApp Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

Ini menjadi bahasan utama yang pasti kamu sudah nantikan sejak tadi yakni nomor WhatsApp mendapatkan set top box TV digital Kominfo gratis 2022.

Agar kamu dapat memperoleh Set Top Box (STB) tersebut, kamu harus terdaftar sebagai kelompok rumah tangga miskin yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Syarat lainnya adalah penerima bantuan STB juga harus memiliki TV analog, bukan TV Digital. Jadi apabila kamu sudah memiliki tv digital, maka kamu tak berhak menerima bantuan.

Cara Mengecek Bantuan STB Kominfo

Simaklah tata cara untuk mendafatkan STB gratis sebagaimana penjelasan sebagai berikut:

  • Pertama-tama, kamu bisa kunjungi atau klik link cekbantuanstb.kominfo.go.id di peramban laptop atau HP kamu.
  • Masukkan atau input NIK KTP.
  • Kemudian masukkan kode Captcha yang tertera di bawahnya.
  • Selanjutnya, klik ‘Pencarian’.

Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi apakah kamu penerima STB gratis dari Kominfo atau bukan.

Apabila kamu mengalami kendala terkait bantuan STB gratis Kominfo gratis tersebut, maka kamu dapat segera mengirim laporan.

Laporan tersebu bisa berupa pesan ke nomor WhatsApp resmi melalui layanan 08118202208. Tunggu sampai kamu mendapat jawaban dari petugas dari Kominfo.

Itulah informasi yang bisa Mamikos sampaikan pada kesempatan ini terkait nomor WhatsApp mendapatkan set top box TV digital Kominfo gratis 2022.

Mudah-mudahan saja apa yang sudah kamu baca dan simak pada penjelasan di atas dapat memberikan pencerahan serta wawasan baru.

Terutama bagi kamu yang memang mencari nomor WhatsApp mendapatkan set top box TV digital Kominfo gratis.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah