30 Oleh-oleh Khas Bandung Yang Terkenal Dan Murah

30 Oleh-oleh Khas Bandung Yang Terkenal Dan Murah – Bukan Bandung namanya jika tidak jago dalam mengisi buah tangan untuk traveler yang sedang berlibur. Kota Bandung sudah bukan dunia baru lagi bagi para traveler untuk dijadikan sasaran tempat berwisata. Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, masyarakat Bandung selalu trampil mengolah berbagai jenis makanan maupun kerajinan tangan lain seperti souvenir khas Bandung, pakaian, camilan, pernak pernik khas Bandung, dll.

Sudah menjadi tradisi, ketika selesai liburan hampir semua travelers menyempatkan waktu untuk belanja oleh-oleh khas daerah entah itu untuk keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, atau koleksi pribadi. Maka tidak heran, Bandung sebagai kota wisata ramai dengan berjejerannya toko dan pusat oleh-oleh khas Bandung.

Bandung sendiri terkenal dengan kulinernya yang khas. Saat berkunjung ke sana, Anda diwajibkan untuk mencicipi makanan khas daerah. Bahkan saat ini makanan seperti batagor, seblak, cilok, cimol, dll begitu laris dan sudah tersebar di daerah-daerah lain di luar Kota Bandung. Dengan demikian, terbukti bahwa kuliner atau makanan khas Bandung si Kota Kembang ini bisa diterima di berbagai kota di Indonesia.

Jika Anda bingung mencari tempat membeli oleh oleh khas Bandung, bisa kunjungi toko pusat oleh-oleh Bandung seperti yang berada di Jalan Cihampelas, Pasar Baru Trade Center, Pasar Jumat Pusdai, Pasar Kaget Gasibu / Pasar Kaget Monju, Pasar Gedebage, dll. Nah, untuk membantu Anda memilih oleh-oleh khas Bandung, berikut kami berikan informasi mengenai Oleh-oleh Khas Bandung yang terkenal dan murah.

30 Oleh-oleh Khas Bandung Yang Terkenal Dan Murah

Daftar Isi

Daftar Isi

1. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Pisang Bollen Kartika Sari

Oleh-oleh Khas Bandung – Pisang Bollen Kartika Sari

Siapa yang tidak kenal oleh-oleh yang satu ini? mungkin untuk Anda yang belum pernah singgah di Bandung akan asing mendengar nama pisang bollen. Toko oleh-oleh ini menjadi favorit wisatawan ketika berlibur ke Bandung dan membawa banyak kardus pisang bollen sebagai buah tangan yang terkenal dari Kota si pemilik Gedung Sate.

Tokonya berpusat di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung dan sudah populer sejak tahun 1970an hingga sekarang serta masih menggunakan resep asli turun menurun sehingga rasanya tidak berubah sampai saat ini. Selain pisang bollen, di sana terdapat banyak pilihan makanan seperti aneka pastry dan kue-kue yang lezat.

2. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Peuyeum Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung – Peuyeum Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung ke dua ini sudah tidak asing lagi di telinga. Jika bukan orang sunda asli, penyebutan katanya akan berbeda seperti dihilangkan bagian huruf “U”-nya. Tidak sulit untuk menemukan Peuyeum atau bisa juga disebut sebagai tape singkong khas Jawa Barat. Ada banyak dijual di toko pusat oleh-oleh khas Bandung atau pinggiran jalan raya dan biasanya di gantung di balik kaca kios sehingga wisatawan mudah mengenali tempat penjual peuyeum Bandung.

Peuyeum ini berasal dari rebusan singkong yang kemudian ditaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup. Peuyeum Bandung tidak hanya disukai oleh warga Bandung saja, melainkan menjadi favorit wisatawan karena memberikan efek hangat ke badan.

3. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Brownies Kukus Amanda

Oleh-oleh Khas Bandung – Brownies Kukus Amanda

Masih membahas kuliner, karena Bandung adalah surganya kuliner bagi travelers. Sejak tahun 2000, Brownies Amanda masuk ke daftar oleh-oleh khas Bandung yang turut mengisi daftar oleh-oleh terfavorit. Ada banyak varian rasa yang bisa dinikmati selain original seperti cheese cream, choco marble, sarikaya pandan, tiramisu, banana bizzi, dan lain-lain. Rasanya yang manis dengan tekstur kue yang lembut membuat nagih di lidah, karenanya Brownioes Kukus Amanda selalu menjadi buruan oleh-oleh para wisatawan. Pusat toko Brownies Amanda Bandung terletak di Jalan Ranca Balong No. 5.

4. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Brownies Prima Rasa

Oleh-oleh Khas Bandung – Brownies Prima Rasa

Selain Amanda, Brownies lain yang mengikat lidah yaitu Brownies Prima Rasa yang memiliki menu andalan berupa brownies panggang. Bahkan untuk Anda para pecinta cokelat, jika bosan mengkonsumsi cokelat utuhan, kali ini bisa mencicipi varian tampilan cokelat dari brownies Prima Rasa. Lelehan cokelat dalam brownies selalu menggoda dan memiliki rasa khas serta tekstur yang sangat lembut menambah rasa nikmat saat mencicipinya. Anda bisa datang langsung ke pusat toko Brownies Prima Rasa di Jalan Kemuning.


5. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Tahu Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung – Tahu Bandung

Jika yang familiar di telinga adalah tahu sumedang, berbeda dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Ya hanya berbeda namanya saja, tahu bandung. Anda bisa membawa oleh-oleh berupa tahu bandung untuk buah tangan orang di kampung. Sebagai saran, ketika membeli Tahu Bandung, beli lah saat masih hangat agar saat sampai ke rumah rasanya masih enak. Salah satu Tahu Bandung yang cukup populer di kalangan traveler yaitu Tahu Susu Lembang yang berada di Jalan Lembang no. 117.

6. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Keripik Maicih

Oleh-oleh Khas Bandung – Keripik Maicih

Bagi para pecinta pedas, pilihan camilan yang satu ini tepat sekali untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Bandung. Keripik khas Bandung maicih ini berasal dari singkong yang digoreng kemudian diberi bumbu pedas. Tingkat kepedasan pun berbeda level mulai level 1 hingga 10. Maicih ini juga merupakan pengusaha keripik terbesar di Indonesia yang pusat kantornya berada di Bandung. Jika Anda bukan pecinta pedas, bisa menikmati level 1 saja supaya aman di lidah.

7. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Bakso Goreng

Oleh-oleh Khas Bandung – Bakso Goreng

Bakso Goreng atau basreng menjadi pilihan oleh-oleh khas Bandung berikutnya. Tidak kalah dari keripik Maicih, camilan yang satu ini memiliki rasa pedas. Tekstur yang renyah, gurih, tahan lama tanpa bahan pengawet dan warna merah yang menggoda membuat lidah Anda ketagihan mencicipinya. Warna merah yang terlihat dari Bakso Goreng bukan pewarna makanan, melainkan sistem penggorengan yang sengaja dibuat agak merah.

8. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Picnic Roll

Oleh-oleh Khas Bandung – Picnic Roll

Picnic Roll ini merupakan jajanan sejenis kue yang isinya cincangan ayam ataupun daging dengan ukuran besar dan rasanya yang nikmat selalu membuat para pembeli menggandrunginya. Jika Anda singgah di Primarasa, di sana Anda akan menemukan makanan yang satu ini karena Picnic Roll merupakan salah satu produk andalan primarasa. Anda bisa temukan toko lain yang tersebar di Kota Bandung.

9. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Cireng

Oleh-oleh Khas Bandung – Cireng

Pernah mendengan makanan yang satu ini? Cireng, menurut orang sunda merupakan singkata dari aci (tepung) goreng adalah makanan khas daerah sunda yakni Bandung, Jawa Barat. Cireng pun bermacam-macam jenisnya, ada cireng isi yang memiliki rasa beragam dan ada juga cireng original berwarna putih yang memiliki rasa khas.

Untuk cireng isi, Anda bisa memilih rasa beragam seperti ayam, sapi, sosis, bakso, keju, dll yang biasanya di campuri dengan bumbu pedas atau balado. Sedangkan cireng original yang berwarna putih biasa dipasangkan dengan saus atau sambal terasi. Harga yang sangat murah selalu menjadi jajanan favorit mahasiswa di Bandung, tidak terkecuali para traveler yang ingin menikmati jajanan khas Bandung.

10. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Seblak

Oleh-oleh Khas Bandung – Seblak

Jajanan yang satu ini lagi hits di Bandung hingga penjuru wilayah lain di luar Jawa Barat. Terbuat dari kerupuk basar yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein lain seperti ayam, telur atau olahan daging lain memiliki cita rasa gurih dan pekatnya rasa kencur sebagai khas dari seblak membuat lidah semakin ingin terus memakannya. Anda bisa temukan jajanan khas Bandung ini di warung-warung pinggir jalan atau gerobak pedagang keliling. Terdapat dua jenis seblak yaitu seblak kering dan basah.

11. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Cilok

Oleh-oleh Khas Bandung – Cilok

Nama jajanan/makanan di Sunda identik dengan awalan kata ci yang berarti makanan tersebut terbuat dari bahan dasar aci (tepung). Cilok hampir sama dengan bakso, hanya saja teksturnya lebih kenyal dan penyajiannya menggunakan saus. Ada banyak sekali penjual cilok di Bandung. Sebenarnya, cilok sudah tersebar ke beberapa daerah hingga luar Jawa, namun cilok Bandung memiliki rasa yang khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, kecuali yang membuatnya adalah orang Bandung sendiri.

12. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Oncom Raos

Oleh-oleh Khas Bandung – Oncom Raos

Oleh-oleh khas Bandung berikutnya yaitu hasil olahan fermentasi kacang kedelai yang diolah menjadi sebuah makanan. Oncom ini bisa dijadikan sebagai bahan baku masakan seperti oncom goreng yang banyak diminati masyarakat Bandung dan sekitarnya. Oncom raos ini memiliki rasa yang nikmat dan berkualitas.

Untuk mendapatkan oncom raos, datang langsun ke Jalan Cihampelas 91 B. Selain mendapatkan oncom goreng, di sana Anda bisa temukan berbagai macam buah tangan lain seperti aneka keripik, sale pisang, dan lain-lain.

13. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Batagor Riri

Oleh-oleh Khas Bandung – Batagor Riri

Masih sejenis dengan cilok dan cireng, kini Anda bisa membawa Batagor sebagai buah tangan dari Kota Kembang Bandung. Batagor Riri ini menyediakan dua jenis yaitu batagor kering dan batagor kuah. Jangan khawatir ketika membeli batagor di sana, karena makanan nikmat satu ini bisa bertahan hingga empat hari di dalam pendingin dan usahakan sangat sampai tercampur dengan bumbu. Jika tercampur dan tidak langsung dimakan maka akan cepat basi.

14. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Kafetaria Pia 170

Oleh-oleh Khas Bandung – Pia 170

Bukan hanya Jogja saja yang terkenal dengan bakpianya, Bandung pun memiliki kue pia yang enak yaitu Kafetaria Pia 170. Yang menjadi unik dan menarik dari pia ini yaitu rasanya yang berbeda dari pria tradisional, yaitu butterscoth. Dengan harga mulai dari 30.000 Rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan satu bungkus pia dalam kotak berdesain retro. Datang langsung ke outlet atau toko pusat oleh-oleh Bandung, salah satunya di Jalan HOS Cokroaminoto.

15. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Martabak Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung – Martabak Bandung

Mungkin Anda mengira bahwa martabak di Bandung sama saja rasa dan tampilannya seperti martabak di kota-kota lain pada umumnya. Jangan salah, si Paris Van Java juga terkenal dengan martabak manis di antaranya yaitu Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, Martabak andir di Jl. Jenderal Sudirman, dll. Para wisatawan membawanya sebagai oleh-oleh dengan varian harga yang sangat terjangkau.

16. Oleh-oleh Bandung atau Oleh-oleh Khas Bandung Angklung

Oleh-oleh Khas Bandung – Angklung

Kali ini bukan makanan lagi yang dibahas, melainkan kerjinan tangan khas sunda yang memikat para seniman d berbagai penjuru kota. Salah satu alat musik tradisional sunda yang diakui dunia yaitu angklung yang terbuat dari bambu dan menghasilkan irama melodi yang indah ketika dimainkan. Salah satu tempat terkenal yang terus memelihara dan mengembangkan kesenian tradisional adalah Saung Angklung Udjo yang berada di Jalan Padasuka. Saung Udjo ini menjadi favorit wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Disana Anda bisa menyaksikan beragam pementasan dengan alat musik angklung serta jangan lupa membeli souvenir dan angklung sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga maupun teman-teman.

17. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Wayang Golek

Oleh-oleh Khas Bandung – Wayang Golek

Selain angklung, kerajinan khas Bandung berbau budaya seni Sunda adalah wayang Golek. Terdapat sebuah galeri di Jalan H. Akbar No. 10 yang isinya berbagai wayang golek, topeng, alat permainan tradisional, dll bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika Anda pulang liburan dari Bandung. Jika Anda membeli pisang bollen kartika sari, jangan lupa mampir ke galery wayang golek yang lokasinya tidak berjauhan.

18. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Kerajinan Tangan Lembang

Oleh-oleh Khas Bandung – Kerajinan Tangan Lembang

Jika ingin menikmati hasil olahan tangan-tangan kreatif masyarakat Lembang selain Tahu susu, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa anyaman dengan berbagai macam kerajinan dari bahan bambu dan keramik. Kebanyakan dari mereka yaitu mengolah kerajinan menggunakan peralatan sederhana. Galeri kesenian di Lembang berada di Jalan Raya Lembang, Lembang, Bandung. Berada di pusat keramaian kota membuat Anda mudah untuk menjangkaunya. Kerajinan tangan yang satu ini terbilang unik dan menarik sebagai oleh-oleh khas Bandung.

19. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Sepatu dan tas khas Cibadutuy

Oleh-oleh Khas Bandung – Sepatu dan tas khas Cibadutuy

Bukan hanya Garut saja yang terkenal dengan penghasil kerajinan sepatu dan tas yang berasal dari kulit, saat berlibur ke Bandung, Anda juga bisa membeli sepatu dan tas yang harganya sangat murah namun berkualitas. Menjadi surganya sepatu dan tas, Cibaduyut selalu ramai oleh pembeli bahkan mulai tempat ini beroperasi pagi hingga tutup di sore hari, pembeli tidak henti-hentinya berdatangan. Selain sepatu dan tas, daerah ini juga menyediakan jaket kulit, ikat pinggang, boneka, dompet, dll.

20. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Pakaian khas factory outlet

Oleh-oleh Khas Bandung – Pakaian khas factory outlet

Terakhir, Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang tidak pernah lepas dari Kota Kembang yaitu Factory Outlet yang menyediakan berbagai jenid model pakaian hits. Setelah medapatkan berbagai macam makanan/camilan dan kerajinan tangan yang menarik, jangan sampai Anda lewatkan Rumah Mode yang berada di Jalan Setiabudi. Bagi wisatawan yang sedang lapar, tidak perlu jauh-jauh mencari tempat makan karena di Ruma Mode menyediakan restoran dengan menu masakan khas Bandung.

21. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Tempe Gila

Cemilan bikin gerah, berkeringat, dan ngos-ngosan ini lah Tempe Gila khas Bandung yang siap menggoyang bibir manismu. Tempe Gila tak lain dan tak beda berupa keripik tempe yang diracik dengan tikat kepedasan tertentu.

22. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Bakso Goreng (Basreng)

Serasi dengan namanya, Basreng memiliki tekstur renyah, gurih bagi siapapun penikmatnya akan selalu ketagihan. Basreng tersebuat biasanya terbuat dari adonan ikan tengiri, yang kemudian digoreng garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan racikan bahan alami sehingga menghasilkan Kerupuk basreng yang renyah, gurih dan tahan lama tanpa bahan pengawet.

23. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Misro

Cemilan bernama Misro pertama kali diperkenalkan di Kota Bandung (Sunda), Jawa Barat, Indonesia. Misro ialah jajanan berjenis gorengan dengan bahan parutan singkong yang di dalamnya diberi gula merah guna memberi cita rasa yang elegan.

24. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Combro

Bahan baku Combro masih sama dengan Misro yaitu parutan singkong, yang menjadikan perbedaan antara Combro dan Misol ialah isian yang ada dilamnya. Isian pada Combro adalah sambal oncom yang sudah dimasak sedemikian rupa, dengan pemasakan masih dengan cara di goreng sepertihalnya Misro tadi.

25. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Gepuk

Unik, menarik, enak, sedap, mengenyangkan, siapapun pasti suka dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Olahan Gepuk di buat dari bahan dasar daging sapi yang di kemas dengan rasa sedikit manis dan gurih sekali.

26. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Bandros

Secara global Kue Bandros memiliki rasa asin dan lebih cenderung gurih, namun juga ada yang membuatnya dengan tambahan rasa manis. Jelasnya, Kue Bandros adalah kue basah tradisional sederhana asli buatan orang Sunda, Bandung, Jawa Barat.

27. Oleh-oleh Bandung atau Oleh-oleh Khas Bandung Colenak

Dilihat dari namanya saja makanan ini sudah unik, menarik dan juga menggelitik bagi siapapun yang mendengarnya. Colenak merupakan singkatan dari kata “Colek Enak” dan termasuk makanan legendaris Kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1930-an.

28. Oleh-oleh Bandung atau  Perkedel Bondon

Jangan remehkan makanan yang satu ini, meskipun banyak di jual di emperan stasiun Hall Kereta Api Bandung, Perkedel Bondon memiliki rasa yang super enaknya. Biasanya Perkedel Bondon di santap bersama nasi putih dan di lengkapi sambal pedas wuihh sedapnya.

29. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Martabak

Martabak Bandung memang sangat menggoda, karena rasanya yang lembut dan tidak eneg adalah salah satu ciri khasnya. Buah tangan ini bisa dibilang favorit dan sangat di minati segala umur, oleh karenanya penjual Kue Martabak Bandung mudah ditemui di berbagai sudut Nusantara.

30. Oleh-oleh Bandung atau  Oleh-oleh Khas Bandung Mie Kocok

Belum puas mencicipi makanan khas Bandung ? Cobain nih Mie Kocok yang super duper enaknya. Selain mengenyangkan, makanan tersebut kaya akan zat-zat baik yang di butuhkan tubuh hloo. Bagaimana tidak Mie Kocok adalah hidangan Mie yang di campur dengan bermacam-macam sayuran dan kikil sapi.

Itulah informasi seputar 30 Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal dan Murah. Masih banyak informasi lain yang lebih menarik, untuk selanjutnya jika sedang mencari kost murah Bandung bisa gunakan Aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah