50 Tempat Wisata di Jogja Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi

50 Tempat Wisata di Jogja Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi – Ada puluhan tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Jogja memang selalu menjadi tempat di mana ribuan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, menghabiskan masa-masa liburan.

Salah satu hal yang membuat Jogja menjadi daerah tujuan wisata bukan hanya karena kayanya budaya dan tradisi di Jogja yang tentunya menarik bagi wisatawan, tapi juga karena ada puluhan, bahkan kini mungkin ratusan, objek-objek wisata di Jogja.

Tempat Wisata di Jogja

Hampir semua objek wisata di Jogja sangat digemari oleh wisatawan karena semuanya menawarkan keunikan masing-masing. Kalau kamu merencakanan mau liburan ke Jogja akhir tahun ini, kamu harus tau di mana saja tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi.

Berikut ini adalah daftar 50 tempat wisata di Jogja yang saat ini menjadi yang terpopuler dan wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

1. Jalan Malioboro

Kamu belum ke Jogja kalau belum menginjakkan kaki di Jalan Malioboro. Jalan paling legendaris di Jogja ini memang pusatnya Jogja.

Di sini, kamu bisa menemukan tempat-tempat belanja seperti mall, toko-toko sovenir khas jogja, dan para pelapak kaki lima yang menjajakan kerajinan tangan khas Jogja.

Di Malioboro, ada warung-warung tenda dan angkringan yang siap menjajakan sajian khas Jogja bagi wisatawan. Malioboro kini sudah lebih tertata rapi dan lebih ramah bagi pejalan kaki. Jalan-jalan di kawasan tempat wisata di Jogja ini dijamin akan lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Alun-Alun Kidul

Dulunya, Alun-Alun Kidul merupakan bagian dari Keraton Jogja yang digunakan sebagai pusat kumpul-kumpul bagi warga Jogja jaman dulu.

Tapi, sekarang fungsi Alun-Alun Kidul atau Alkid ini sudah berubah total. Sekarang, apalagi kalau malam hari, Alkid menjadi pusat wisata malam di Jogja.

Adanya kereta odong-odong dengan lampu warna-warni sudah menjadi ciri khas Alkid sekarang ini. Selain naik odong-odong, di Alkid kamu juga bisa wisata kuliner dengan mencoba aneka jajanan khas Jogja dan juga merasakan sensasi masangin alias mencoba melewati dua pohon beringin di Alkid dengan mata tertutup.

Konon kalau berhasil apapun permintaan yang kamu minta bisa terkabul lho.

3. Keraton Yogyakarta

Jogja bernama lengkap Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaan Jogja didapatkan karena di sini masih ada sistem kerajaan yaitu Kesultanan Yogyakarta.

Nah, istana raja Jogja atau istana Sri Sultan HB X dikenal dengan nama Keraton Yogyakarta. Selain untuk kantor Sultan dan juga tempat tinggal Sultan, Keraton Yogyakarta terbuka untuk wisatawan.

Di sini, ada aneka koleksi peninggalan raja-raja Jogja terdahulu, termasuk museum khusus untuk mengenang Alm.

Sri Sultan HB IX. Alamat Keraton Jogja ada di Rotowijayan, dekat dengan Alun-Alun Utara. Kalau kamu datang di hari Minggu, biasanya juga ada pertunjukan tari-tarian di salah satu pendopo Keraton.

Keraton juga dekat dengan tempat wisata kuliner di Jogja untuk makan gudeg, yaitu daerah Plengkung Wijilan.

4. Jogja Bay Pirates Adventure

Kalau kamu piknik ke Jogja dengan membawa adek-adek kecil dan mereka kepengen main air, salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Waterpark terbesar dan termegah di Jogja ini terletak di dekat Stadion Maguwoharjo Sleman. Di dalamnya, terdapat 19 wahana permainan air yang semuanya seru dan menantang.

Semua wahananya, seperti Volcano Coaster, Timo Timo Rider, Kolan Ombak Buatan, dan lain-lainnya, cocok baik bagi pengunjung anak-anak maupun dewasa. Harga tiket untuk masuk ke Jogja Bay mulai dari Rp. 60.000.

5. Pantai Parangtritis

Jogja tidak hanya terkenal dengan wisata budaya dan juga kuliner. Jogja juga dipenuhi oleh pantai-pantai indah di sepanjang pesisir Bantul dan Wonosari.

Salah satu tempat wisata di Jogja pantai yang paling legendaris di Jogja tentu saja adalah pantai Parangtritis.

Pantai yang identik dengan Nyai Roro Kidul ini memang indah dan mempesona, terutama di saat matahari terbenam alias sunset.

Di pantai ini, kamu bisa melakukan banyak hal termasuk naik ATV, jalan-jalan naik kuda, jalan-jalan menyusuri pantai dengan andong, dan lain sebagainya.

Pantai yang letaknya ada di Kretek, Bantul ini harga tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp. 5000-an saja.

6. Hutan Pinus Mangunan

Daerah Mangunan, Imogiri, terkenal memiliki beberapa tempat wisata terindah di Jogja, salah satunya adalah Hutan Pinus.

Hutan Pinus saat ini menjadi tempat wisata yang konon paling digemari oleh anak-anak muda untuk melakukan selfie karena tempatnya yang instagramable.

Hutan seluas 500 hektar ini memiliki suasana sejuk dan syahdu, pepohonannya masih tersusun alami sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Hutan Pinus ini juga sering lho digunakan sebagai spot untuk melakukan pemotretan pre-wedding. Meski namanya hutan Pinus, tak hanya pohon pinus saja yang ada di tempat ini, tapi juga ada pohon kayu putih, pohon akasia, pohon mahoni, dan lain sebagainya

7. Taman Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu dari objek wisata terpopuler di Jogja saat ini. Meski objek wisata ini terbilang baru, dibuka untuk umum pada 30 Mei 2015, objek wisata yang menawarkan keindahan alam layaknya Grand Canyon di Amerika ini selalu dikunjungi oleh ribuan orang, apalagi di saat weekend.

Tebing Breksi sangat menarik wisatawan karena pahatan di tebingnya yang unik dan juga pemandangan dari puncak bukit yang benar-benar indah, apalagi di malam hari.

Jika kamu ingin mengunjungi objek wisata ini, tiket masuknya gratis lho. Datang aja langsung di Tebing Breksi, alamatnya ada di Sambirejo, Prambanan, Jogja.

8. Pantai Depok

Selain Pantai Parangtritis, Jogja juga punya pantai yang tak kalah menarik lainnya, salah satunya adalah Pantai Depok. Pantai yang berlokasi hanya sekitar 1,5 km dari Pantai Parangtritis ini terkenal dengan kuliner seafood dan tempat pelelangan ikannya.

Pengunjung pantai ini bisa membeli ikan atau seafood sesuai selera kemudian nanti minta dimasakkan di warung-warung lesehan sepanjang pantai. Pantai Depok juga memiliki fasilitas sewa ATV, penginapan, dan gubug-gubug di pinggir pantai.

9. Goa Pindul

Salah satu objek wisata yang sangat hits di Jogja adalah Goa Pindul. Buat kamu yang menyukai petualangan yang menantang di alam terbuka, Goa Pindul adalah objek wisata yang tepat buatmu.

Goa Pindul yang terletak di Desa Gelaran, Gunung Kidul ini menyajikan pemandangan gua eksotis dengan stalaktit yang sungguh enak dipandang mata. Di objek wisata ini, wisatawan bisa menyusuri sungai bawah tanah dengan ban.

Karena uniknya Goa Pindul, tak heran jika objek wisata ini selalu padat pengunjung, apalagi di musim liburan.

10. De Mata Trick Eye Adventure

Jika kamu ingin berwisata di tempat yang bisa menambah koleksi foto kerenmu, kamu harus datang ke De Mata Trick Eye Museum.

Museum unik yang terletak di XT Square Jogja ini memiliki koleksi lebih dari 120 lukisan-lukisan 3D di dindingnya dan bisa digunakan untuk tempat foto-foto.

Hasilnya? Keren-keren dan instagramable banget. Museum tiga dimensi ini menyediakan banyak fasilitas seperti Wi-Fi, kantin, dan lain-lainnya. Bisa langsung upload ke IG atau FB kamu deh setelah foto dengan Wi-Fi gratisannya.

11. Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang saat ini paling hits di kalangan anak muda Jogja adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun yang berlokasi di Playen, Gunung Kidul ini menyajikan pemandangan yang cantik karena debit airnya yang cukup melimpah.

Derasnya air terjun ini membuat suasana di sekitarnya menjadi sangat alami, cantik, dan menyegarkan.

Apalagi, di sekitar air terjun ini terdapat pemancingan, area persawahan, dan jalan-jalan setapak yang menambah pesona objek wisata ini.

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk, biaya yang dipatok sebagai tiket masuknya hanya sekitar Rp. 7.000 saja. Cukup murah, bukan?

12. Taman Pelangi Jogja

Wisata di Jogja tak hanya dilakukan di siang hari, banyak juga objek wisata yang menawarkan wisata malam, salah satunya adalah Taman Pelangi Jogja.

Taman ini merupakan taman lampion di mana tiap malam lampion warna-warni akan menghiasi taman ini. Taman yang terletak di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali) ini berisi banyak lampion berukuran raksana dengan aneka bentuk.

Ada juga wahana lain seperti trampolin, sepeda tandem, perahu dayung, bebek kayuh, dan lain sebagainya.

13. Museum Benteng Vredeburg

Cari tempat wisata di Jogja dekat Malioboro? Datang aja ke Museum Benteng Vredeburg. Di objek wisata bersejarah ini kamu bisa wisata sekaligus belajar tentang sejarah Indonesia.

Karena Jogja dulu merupakan kota perjuangan, gak heran kalau banyak banget bangunan bersejarah di kota ini, termasuk Benteng Vredeburg salah satunya.

Di dalam Museum Benteng Vredeburg, kamu bisa melihat-lihat berbagai diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan, benda-benda bersejarah, lukisan dan foto bersejarah, dan lain sebagainya.

Museum dengan alamat di Jl. Jendral A. Yani ini buka dari hari Selasa-Minggu jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

14. Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru adalah objek wisata yang menyajikan panorama indah hutan-hutan di perbukitan Menoreh, Kulon Progo.

Objek wisata yang terletak di ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut ini merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin melihat Waduk Sermo,

Pantai Selatan, dan pemandangan alam Jogja dari ketinggian. Di objek wisata ini, terdapat jembatan gantung dan spot foto-foto yang dijamin akan menghasilkan foto-foto yang instagramable banget.

Objek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk warung makan, fasilitas outbond, menara pandang, dan lain sebagainya.

15. Kebun Binatang Gembira Loka

Bagi yang berwisata dengan keluarga besarnya, ada anak kecilnya juga, wajib tuh pilih objek wisata keluarga yang ramah anak. Salah satu opsi tempat wisata semacam itu di Jogja ya jelas Kebun Binatang Gembira Loka.

Ada ratusan koleksi satwa di kebun binatang ini yang datang dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ada juga taman reptil dan taman burung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain melihat hewan-hewan lucu, Kebun Binatang Gembira Loka juga memiliki wahana kolan sentuh, gajah dan onta tunggang, kolam terapi ikan, banana boat, skuter air, bebek kayuh, dan masih banyak lagi lainnya.

Tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp. 25.000 untuk weekday dan Rp. 30.000 untuk weekend. Kebun binatang yang letaknya ada di Jl. Kebun Raya no. 2, Kotagede ini buka dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.30 sore.

16. Taman Sari Water Castle

Taman Sari Water Castle atau Permandian Taman Sari merupakan salah satu bangunan bersejarah di Jogja.

Saat masa pemerintahan Sri Sultan HB II, kompleks permandian dengan kolam-kolam dan paviliun ini merupakan tempat bagi para puteri raja untuk mandi.

Di tempat ini, kamu bisa melihat arsitektur khas Keraton Jogja jaman dulu. Taman Sari menyediakan pemandu wisata yang bisa menjelaskan segala sesuatu tentang seluk-beluk pemandian ini.

Untuk bisa masuk ke Taman Sari, kamu cukup bayar tiket masuk Rp. 3.000 saja.

17. The World Landmark Merapi Park

Punya cita-cita keliling dunia cuma belum kesampaian? Datang aja ke The World Landmark Merapi Park.

Tempat wisata yang baru dibuka dan jadi tempat wisata Jogja terbaru 2017 ini menyajikan tempat foto-foto yang dijamin menarik banget.

Secara, di sini kamu bisa menemukan bangunan-bangunan terkenal di dunia seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Patung Liberty, kincir angin khas Belanda, dan masih banyak lainnya.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 15,000 aja, kamu udah bisa selfie sepuasnya di sini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara pegunungan merapi dan wisata kuliner di sini. Lokasi objek wisata ini ada di Hargobinangun, Pakem, Sleman.

18. Museum Ullen Sentalu

Masih di kawasan Jogja atas nih, ada objek wisata yang bakal menarik banget bagi kamu yang cinta atau penasaran sama budaya dan tradisi Jogja. Namanya adalah Museum Ullen Sentalu.

Museum ini dinobatkan sebagai salah satu museum terbaik di Kota Jogja, lho. Di dalam museum ini, ada ratusan koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Mataram seperti perangkat gamelan kuno, lukisan-lukisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Komplek museum yang menyajikan arsitektur Jawa kuno dan juga cuaca dingin di lingkungan museum ini menambah suasana syahdu ketika kamu jalan-jalan di sini.

Lokasi museum ini ada di Jalan Boyong km 25 Kaliurang Barat. Harga tiket masuknya mulai dari Rp. 15,000.

19. Bukit Bintang

Di perbatasan Bantul-Gunung Kidul ada spot wisata yang selalu hits di kalangan anak muda, namanya adalah Bukit Bintang. Di lokasi ini, kamu bisa menyaksikan keindahan kota Jogja dari ketinggian.

Kalau mau datang ke lokasi ini sih enaknya malam hari karena kerlap-kerlip lampu Kota Jogja akan kelihatan indah banget dari atas sini.

Bukit Bintang yang beralamatkan di Patuk, Gunung Kidul ini juga menyediakan aneka jajanan, rumah makan, penginapan, dan masih banyak lagi.

Lokasi ini emang udah terkenal banget sebagai salah satu tempat wisata Jogja malam hari yang paling hits.

20. Waduk Sermo

Salah satu spot selfie yang saat ini paling hits di kalangan anak muda adalah di Waduk Sermo.

Waduk yang terletak di Kulon Progo ini memang memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang bukit-bukit hijau.

Di waduk ini, kamu gak hanya bisa selfie-selfie saja tapi juga bisa menyewa perahu dan berkeliling waduk.

Tidak ada tiket masuk untuk bisa mengunjungi objek wisata ini, kamu hanya perlu bayar biaya parkir dan biaya sewa perahu.

21. Pantai Baron

Selain pantai-pantai di daerah Bantul, seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, daerah Wonosari juga banyak banget pantai indahnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satunya adalah Pantai Baron. Lokasi Pantai ini ada di Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Kalau dari Kota Jogja, perjalanan menuju pantai ini jaraknya kira-kira 40 KM.

Pantai berpasir putih ini sangat indah pemandangannya dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toko suvenir, mercusuar pandang, TPI (tempat pelelangan ikan), dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Baron, ada tiket masuk yang harus dibayar kira-kira seharga Rp, 10,000 saja.

22. Pantai Wediombo

Pantai yang terletak di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul ini diklaim menjadi salah satu pantai terindah di DIY.

Pantai ini dapat digunakan sebagai spot untuk memancing karena di sini ikan-ikan seperti ikan kakap batu, ikan kerapu, ikan tengiri, ikan cucut, dan lain sebagainya gampang ditemukan.

Pantai yang dihiasi oleh batu-batu karang indah ini juga sering digunakan sebagai spot olahraga air seperti surfing (selancar), diving, dan snorkeling. Objek wisata ini mematok tarif tiket masuk sebesar Rp. 5,000 per orang.

23. Taman Pintar

Liburan bareng anak atau adik yang masih kecil memang bagusnya di tempat wisata yang bisa bermain sambil belajar. Di kawasan dekat Maliboro, ada lho objek wisata edukasi yang sangat terkenal. Yap, Taman Pintar.

Destinasi wisata ini cocok banget buat anak-anak karena dipenuhi oleh wahana menarik seperti akuarium air tawar, diorama kehidupan prasejarah, zona sains, zona teknologi otomotif, zona sejarah, zona olahraga, dan lain sebagainya.

Objek wisata ini juga punya bioskop 3D dan gedung planetarium yang pastinya cocok banget buat memanjakan rasa ingin tahu anak-anak.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata yang berlokasi di Jl. Panembahan Senopati ini, tiket masuknya mulai dari Rp. 10,000 dan tiket untuk masing-masing wahana belum termasuk, ya.

24. Hutan Mangrove

Kalau kamu ada di kawasan Kulon Progo, kamu bisa mengunjungi salah satu objek wisata Jogja paling hits. Objek wisata ini terletak di kawasan Pantai Pasir Kadilangu.

Di tempat ini, banyak kolam-kolam yang ditumbuhi oleh pohon mangrove. Keren banget pemandangannya dan cocok buat selfie-selfie.

Keindahan objek wisata ini juga ditambah dengan adanya wahana kapal dan perahu nelayan yang bisa digunakan untuk mengelilingi kolam/danau di lokasi ini.

25. Sindu Kusuma Edupark

Kalau mau cari tempat wisata Yogyakarta berupa themepark atau taman bermain, kamu bisa datang ke Sindu Kusuma Edupark. Objek wisata ini gak kalah menarik dibandingkan dengan Dufan atau TransStudio.

Ada wahana ferris wheel setinggi 48 meter, bumper car, trampolin raksasa, flying bicycle, cangkir putar, dan lain sebagainya. Taman bermain yang berlokasi di Jl. Magelang KM. 2 Jambon ini mematok tiket masuk sebesar Rp. 15,000 (belum termasuk wahana permainan) atau tiket terusan sebesar Rp. 70.000.

Tempat ini buka dari jam 3 sore hingga jam 10 malam. Kalau weekend, jam bukanya maju dari mulai jam 10 pagi.

26. Kebun Teh Nglinggo

Jogja memang terkenal dengan ragam wisata alamnya. Kalau bosan sama pantai atau sama objek-objek wisata di sekitar Kaliurang, kamu bisa juga datang ke Kebun Teh Nglinggo.

Kebun teh yang masih asri ini terletak di Kulon Progo dan menghadirkan pemandangan yang sangat menyejukkan mata dan memiliki udara dingin segar yang cocok buat melepas sumpek dari udara perkotaan.

Di kebun teh ini, ada banyak fasilitasnya, termasuk gardu pandang di mana pengunjung bisa melihat suasana kebun teh dari ketinggian.

Dipatok dengan harga tiket masuk Rp. 3,000 saja, gak heran deh kenapa kebun teh di desa Samigaluh ini selalu ramai wisatawan.

27. Candi Ratu Boko

Di Jogja, emang cukup banyak terdapat candi-candi peninggalan kerajaan baik Buddha maupun Hindu, salah satunya ya Candi Ratu Boko ini.

Kompleks Candi Ratu Boko masih terlihat sangat alami dan cantik banget buat menikmati sunset di senja hari.

Kompleks candi ini ada kolam dan lapangannya juga, cocok buat kamu yang mau jalan-jalan bareng keluarga. Candi yang berlokasi di Bokoharjo, Prambanan, Sleman ini mematok tiket masuk Rp. 25,000.

28. Candi Prambanan

Candi di Jogja yang paling terkenal jelas adalah Candi Prambanan. Candi Hindu yang lekat dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa ini bahkan telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Wisatawan yang datang ke Candi Prambanan biasanya adalah yang pengen melihat Sendratari Ramayana. Pertunjukan sendratari ini biasanya digelar pada malam hari, antara pukul 20.00 hingga 22.00.

Kalau kamu pengen liburan ke objek wisata ini, tiket masuknya dijual seharga mulai dari Rp. 12,500 aja.

29. Pabrik Gula Maduksimo

Salah satu pabrik gula tertua di Indonesia ada di Padokan, Bantul, DIY. Ya, Pabrik Gula Madukismo namanya.

Sebagai salah satu pabrik gula legendaris, gak heran kalau sekarang ini Pabrik Gula Madukismo menarik banyak wisatawan yang pengen tau gimana proses penggilingan tebu hingga menjadi gula.

Di lokasi ini, wisatawan bisa berkeliling pabrik dengan naik kereta/lori mini yang sudah disediakan.

Dengan membayar Rp. 7.000 saja, kamu udah bisa nih masuk ke pabrik gula terbesar di Jogja dan melihat bagaimana proses pembuatan gula di sini.

30. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau yang lebih akrab dipanggil dengan “Monjali” adalah salah satu monumen paling terkenal di Jogja.

Objek wisata dengan bangunan berbentuk kerucut ini gak hanya sekedar monumen saja sih, tapi di dalamnya ada semacam museum yang menampilan beragam benda bersejarah terkait kemerdekaan Indonesia, terutama yang berkaitan dengan Kota Jogjakarta.

Salah satu koleksi paling terkenal di monumen ini adalah dokar atau kereta kuda yang dulu pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman.

Monumen yang terletak di Jl. Lingkar Utara Sleman ini juga memiliki banyak wahana seperti kolam dengan bebek kayuh, kantin-kantin kuliner, dan juga taman pelangi yang cocok dikunjungi di malam harinya.

31. Candi Plaosan

Candi peninggalan kerajaan Buddha ini ada di desa Bugisan, Prambanan. Deket sih sama Candi Prambanan, kira-kira 1 KM aja jaraknya. Candi ini sekarang jadi spot selfie kekinian karena pemandangannya emang jos banget.

Ada persawahan asli yang mengelilingi candi, ada juga dinding-dinding relief candi yang menggambarkan kisah-kisah kerajaan Buddha di jaman Dinasti Syailendra.

Gak ada tarif khusus yang dipatok bagi wisatawan untuk bisa berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini, paling cuma tarif parkir doang.

32. Pantai Sadranan

Salah satu pantai terfavorit di Jogja saat ini adalah Pantai Sadranan. Pantai ini memiliki air laut yang jernih banget. Ombak di pantai ini juga gak terlalu besar sehingga cocok buat main air atau snorkeling.

Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul ini memiliki pasir putih dan air laut biru yang cocok juga buat dijadikan spot selfie-selfie. Di pantai ini ada gazebo dan juga tempat untuk menyewa peralatan snorkeling.

Kalau mau snorkeling, datangnya lebih baik pagi-pagi atau sore hari ya, antara jam 6-8 pagi atau jam 4-5 sore.

33. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi salah satu wisata pantai paling terkenal di Kota Jogja karena menawarkan keindahan pantai yang masih asri namun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern.

Pantai berpasir putih yang terdapat di Tepus, Gunung Kidul ini memiliki warung-warung kuliner, gazebo, dan penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.

Selain itu, Pantai Indrayanti ini memiliki pemandangan indah dan gelombang yang cukup besar sehingga cocok untuk surfing. Tidak ada tiket masuk yang dipatok untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini.

Kamu hanya membayar saat memasuki gerbang pos retribusi kawasan Pantai Selatan saja. Harganya sekitar Rp. 10.000 per orang.

Dengan tiket tersebut, kamu udah bisa masuk ke pantai Indrayanti, Drini, Kukup, Baron, dan lain sebagainya.

34. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai baru yang ada di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini memiliki pemandangan indah yang sangat istimewa dengan hamparan pasir putih, perbukitan, dan tebing-tebing karang di sekitarnya.

Meski baru dibuka untuk umum sekitar 5 tahun yang lalu, pantai ini telah menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan dari atas jembatan dan juga melihat-lihat mata air tawar yang ada di lokasi pantai ini.

Ada gazebo dan payung pantai yang tersedia untuk wisatawan. Jadi, kalau mau jalan-jalan di sini, dijamin kamu akan betah deh.

35. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang terletak di Hargobinangun, Pakem. Lokasi ini merupakan taman bermain dan tempat piknik bagi keluarga.

Di taman ini, kamu bisa menikmati aneka wahana permainan, berenang di kolam renang dengan air yang sejuk, atau berkeliling dengan kereta kelinci. Tempat wisata ini dekat dengan beragam tempat wisata yang lainnya seperti Museum Gunung Merapi dan lain-lainnya.

36. Puncak Becici

Kalau kamu mau mengunjungi tempat wisata yang eksotis, pergi aja ke Bukit Becici. Objek wisata ini berlokasi di tempat yang tersembunyi dan menawarkan pemandangan alam yang sangat spektakuler.

Tempat wisata yang berlokasi di Desa Wisata Kanigoro, Bantul ini bisa membuatmu menyaksikan Gunung Sindoro dan Gunung Merapi dari kejauhan.

Lokasi ini cocok banget buat menyaksikan sunset dan juga menyaksikan pemandangan alam yang masih alami. Kalau mau berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini, kamu gak perlu bayar tiket masuk.

Kamu cuma perlu bayar biaya parkir motor aja sekitar Rp. 3,000. Murah kan?

37. Air Terjun Sampang

Air terjun ini terletak di desa Sampang, Gunung Kidul. Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan gratis ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan air terjun yang eksotis.

Air terjun di lokasi ini berpadu dengan bebatuan warna putih yang sangat indah. Kalau kamu pengen cari tempat wisata untuk foto-foto asyik dan untuk main air sepuasnya, kamu bisa datang ke tempat ini.

38. Cave Tubing Kalisuci

Kalisuci yang ada di Gunung Kidul ini memiliki gua bawah tanah yang dilengkapi dengan sungai. Wisatawan bisa melakukan petualangan menyusuri arus sungai hingga ke gua bawah tanah Kalisuci ini.

Biaya tiket masuknya sebesar Rp. 5,000 dan kamu bisa mengambil paket wisata seharga Rp. 70,000 per orang. Lokasi Cave Tubing Kalisuci ini terletak di Semanu, Gunung Kidul.

39. Upside Down World Yogyakarta

Objek wisata ini cocok buat kamu yang pengen selfie-selfie di tempat unik. Di lokasi ini, ada dunia terbalik alias upside down world yang menampilkan ruangan-ruangan dengan setting yang terbalik.

Kita bisa foto dan hasil foto akan terlihat seakan-akan kita menggantung dari langit-langit. Ada lebih dari 12 ruangan yang bisa kamu gunakan untuk foto-foto di sini. objek wisata yang buka dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam ini membanderol tiket masuk seharga Rp. 80.000. Lokasinya ada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Sleman.

40. Pantai Drini

Pantai Drini merupakan pantai yang unik karena pada dasarnya pantai ini memiliki karakteristik ombak yang berbeda.

Pantai ini dipisahkan oleh sebuah batu karang besar. Di pantai sebelah barat, ombaknya cukup besar dan berbahaya.

Sedangkan di sisi timur, ombaknya tenang dan cocok untuk bermain-main. Pantai ini memiliki perkampungan nelayan dan koleksi kapal-kapal pencari ikan. Ada gazebo, tempat makan, dan penginapan bagi wisatawan yang juga tersedia di sekitar lokasi pantai ini.

Pantai ini terletak di Desa Banjarejo, Gunung Kidul. Kira-kira 60 KM dari pusat kota Jogja.

41. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah nama untuk hamparan bukit pasir luas yang dekat dengan muara sungai Opak. Lokasinya tak jauh dari Pantai Parangtritis dan saat ini tempat wisata ini menjadi salah satu yang terpopuler di Jogja.

Kegiatan yang bisa dilakukan di wilayah ini antara lain adalah melakukan sandboarding atau bermain ski di atas pasir.

Kalau kamu pengen mengunjungi lokasi yang letaknya ada di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 3,000 saja.

Tapi, kalau mau main sandboarding, kamu harus sewa alat kira-kira Rp. 200.000 per orang per 2 jam.

42. Pantai Pulau Kalong

Salah satu pantai baru yang sedang hits di kalangan wisatawan Jogja adalah Pantai Pulau Kalong.

Pantai ini memiliki pemandangan indah dan jembatan gantung serta gondola yang menarik perhatian para wisatawan.

Kalau kamu berani melewati jembatan gantung dari tali ini, kamu bisa menapakkan kaki ke pulau kecil di tengah laut.

Tantangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Alamat tempat wisata di Jogja ini ada di Desa Jepitu, Gunung Kidul.

43. Galaxy Waterpark Jogja

Selain Jogja Bay, Jogja juga masih punya banyak waterpark lainnya. Salah satunya adalah Galaxy Waterpark Jogja.

Waterpark yang terletak di Jalan Wonosari KM. 6 ini memiliki banyak wahana termasuk playground, kolam arus, kolam renang olympic, kolam renang balita, dan masih banyak lainnya.

Ada body slider juga yang cukup menantang untuk meluncur ke kolam renang. Waterpark ini buka dari jam 08.30 pagi hingga jam 17.00 sore. Tiket masuknya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 20.000 aja.

44. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari adalah tempat wisata yang memiliki pemandangan alam asri dan hijau.

Cocok bagi kamu yang pengen berwisata di tempat yang jauh dari hiruk-pikuknya perkotaan.

Desa wisata ini dipenuhi oleh banyak spot-spot gazebo untuk menyaksikan matahari terbenam. udara di sini sangat sejuk dan segar. Untuk bisa menikmati wisata di lokasi ini, kamu cukup bayar biaya parkir saja, tiket masuknya gratis.

Cocok banget buat yang baru cari tempat wisata Jogja murah. Alamat Green Village Gedangsari ada di Mertelu, Gedang Sari, Gung Kidul.

45. Kids Fun Jogja

Kids Fun adalah tempat wahana bermain bagi anak-anak yang sangat terkenal di Kota Jogja. Berlokasi di Jalan Wonosari KM. 10 Yogyakarta, Kids Fun sangat mudah untuk dijangkau dengan kendaraan apapun.

Kalau kamu lagi berkunjung di Jogja dan ingin mengajak adek atau anak-anak untuk bermain dan mencoba macam-macam wahana permainan, maka Kids Fun cocok jadi pilihanmu.

Ada berbagai wahana permainan yang dimiliki oleh Kids Fun seperti Mini Wheel, Bumper Car, Wall Climbing, Jet Rider, Waterboom, dan lain sebagainya.

Taman bermain yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore ini menawarkan harga tiket mulai dari Rp, 75.000.

46. Museum Sonobudaya

Museum Sonobudoyo adalah salah satu museum terbaik yang dimiliki oleh Kota Jogja. Museum yang berlokasi di depan Alun-Alun Utara Jogja ini menyimpan banyak koleksi tentang sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk dari dunia perwayangan dan artefak-artefak bersejarah.

Kalau kamu cari lokasi wisata yang gak jauh dari Malioboro atau Keraton Jogja, museum ini cocok jadi pilihanmu. Arsitektur Jawa klasik akan langsung menyambutmu begitu kamu menginjakkan kaki di museum ini.

Ada tour guide yang akan menjelaskan padamu tentang seluk-beluk artefak dan koleksi-koleksi di museum ini.

47. Embung Nglanggeran

Embung dengan pemandangan cantik ini dulunya adalah bukit kosong yang kemudian diubah oleh Pemkot Gunung Kidul menjadi waduk untuk menampung air.

Di embung ini kamu bisa foto-foto dan juga melakukan banyak hal lainnya seperti menikmati pemandangan indah dari gazebo dan pendopo yang tersedia di sini.

Alamat objek wisata ini ada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Jogja ini, kamu cukup bayar tiket masuk Rp. 7.000 aja.

48. Permandian Tirta Budi (Blue Lagoon) Jogja

Pernah lihat film “Blue Lagoon” di mana ada mata air di tengah hutan yang cantiknya luar biasa? Di Widomartani, Sleman, Jogja ada juga lho permandian dengan mata air alami yang gak kalah cantiknya.

Permandian bernama asli Permandian Tirta Budi ini lebih dikenal dengan nama “Blue Lagoon”. Airnya emang biru sih, seger banget buat berenang atau main air.

Kalau kamu mau datang ke sini, jangan lupa bawa baju ganti, yak, karena gak afdol banget kalo gak basahan-basahan saat datang ke sini.

49. Makam Raja-Raja Imogiri

Raja-raja Jogja dari dulu kalau wafat selalu dimakamkan di Makam-Makam Raja Imogiri. Kompleks pemakaman raja ini menjadi salah satu wisata sejarah yang menarik bagi banyak orang.

Kalau mau mencapai makam-makan raja, kamu harus melewati anak tangga yang jumlahnya konon adalah 1000 anak tangga.

Coba deh kamu hitung ada berapa anak tangganya, konon belum ada yang berhasil menghitung berapa pastinya jumlah anak tangga ini lho.

Lokasi sekitar makam-makam raja Imogiri juga dikelilingi oleh wisata kuliner, terutama bubur tradisional Jogja yang biasanya dijajakan di pagi hari. Gak heran deh kenapa lokasi ini selalu ramai oleh wisatawan.

50. Tugu Jogja

Daftar tempat wisata di Jogja ditutup dengan landmark kota pelajar ini. Yap, Tugu Jogja. Kamu pokoknya belum ke Jogja kalau belum foto-foto di depan Tugu Jogja.

Lokasi Tugu ada di dekat Malioboro, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman, Gowongan. Tugu Jogja yang lokasinya strategis ini emang cocok buat mampir selfie-selfie setelah sebelumnya ke Malioboro atau Keraton Jogja.

Gak ada biaya buat foto-foto atau nongkrong di sekitar tugu ini, sih, paling biaya parkir doang, sama jajan angkringan atau jajanan lain yang ada di sepanjang jalan dekat Tugu.

Itu dia tadi 50 tempat wisata di Jogja paling populer yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Gak usah menghabiskan budget ratusan juta untuk liburan ke luar negeri, ke dalam-dalam negeri dulu aja seperti ke Jogja ini. Banyak kan tempat-tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi? Selamat liburan, gaes. Daerah Istimewa Yogyakarta tempat menarik ada ratusan, emang istimewa deh.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah