27 Kuliner Khas Jogja Murah, Terkenal, Enak dan Hits

 Lailla | Jum, 08 Nov 2019

27 kuliner khas Jogja murah, terkenal enak dan hits – Jogja yang dikenal dengan sebutan kota budaya dan kota pelajar sebenarnya masih menawarkan banyak daya tarik. Apabila kamu tidak sempat berlama-lama di kota dengan ikon tugu Jogja ini, masih ada alternatif wisata yang bisa dilakukan, yaitu wisata kuliner. Ada banyak pilihan kuliner di Jogja, mulai dari kuliner murah meriah dengan harga mahasiswa hingga kuliner mewah nan mahal.

Lokasi wisata kuliner di Jogja tersebar di berbagai wilayah. Selain perlu mengetahui lokasi kuliner lezat di Jogja, kamu juga perlu mengetahui jam buka tempat makan tersebut. Ada lokasi kuliner di Jogja yang buka tengah malam, pagi hari, bahkan ada yang buka pada saat-saat tertentu saja. Berikut ini adalah referensi 27 kuliner khas Jogja murah, terkenal enak, dan hits yang bisa kamu coba.

27 Kuliner Khas Jogja Murah, Terkenal, Enak dan Hits


Kuliner Sarapan Jogja

1. Soto Batok Mbah Katro


Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis kuliner soto. Namun, di Jogja ada soto yang unik, yaitu soto batok. Penyajian soto tidak seperti soto yang disajikan di mangkuk pada umumnya, tetapi justru menggunakan batok kelapa. Rasa soto yang lezat dengan porsi sedang ini terkadang membuat para pengunjung rela menambah porsi makannya. Jangan lupa siapkan budget tambahan untuk toping pada soto yang tidak kalah lezat.

2. Soto Sampah


Jangan bayangkan kamu akan memakan soto yang berisi sampah atau soto yang warungnya di dekat tempat sampah. Soto yang dijual di Pasar Kranggan ini terkenal dan banyak dicari wisatawan serta warga lokal. Kamu bisa datang mulai pukul 7 pagi untuk sarapan. Menariknya, tempat ini buka hingga pukul 3 pagi, sehingga jika kamu merasa lapar pada malam hari, kamu tetap bisa mencicipi keunikan soto sampah. Siapkan budget 5 ribu rupiah saja untuk seporsi soto sampah lezat di Jogja.

3. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Masih dengan menu soto yang sama, kamu yang senang dengan sarapan pagi berkuah perlu mampir ke warung soyo ayam Pak Dalbe. Soto ini memiliki kuah yang jernih dengan harga 10 ribu rupiah. Jangan lewatkan soto Pak Dalbe sebagai menu sarapanmu di Jogja.

4. Pecel Senggol

Di Yogyakarta, menu pecel sering dijadikan makanan untuk sarapan. Salah satu pecel terkenal di Jogja yang perlu kamu coba adalah pecel senggol yang dijual di depan pintu masuk Pasar Bringharjo. Pecel memiliki karakteristik dengan banyaknya sayuran yang bervariasi seperti kenikir, kangkung, daun papaya, dan sebagainya.

Kuliner Malam Jogja

Banyak yang merasa kesulitan mendapatkan referensi makanan pada malam hari. Kalaupun ada, biasanya makanan tersebut adalah makanan di restauran cepat saji. Kamu tidak perlu khawatir karena di Jogja ada kuliner yang buka hingga malam hari atau hanya buka pada malam hari saja. Tentu tempat kuliner malam di Jogja juga tidak biasa, ada yang rela antre hingga berjam-jam.

5. Sego Koyor Bu Parman


Menjelajahi lokasi wisata kuliner malam hari di Jogja dapat menjadi pengisi agenda akhir pekanmu. Datang saja ke warung makan Sego Koyor Bu Parman yang lokasinya tidak jauh dari perempatan Gondomanan. Warung ini buka mulai pukul 10 malam sampai subuh. Sego koyor sebenarnya adalah urat sapi yang disajikan dengan berbagai macam bumbu, serta tidak lupa tambahan santan. Tidak sulit menemukan warung Bu Parman karena berada di tepi jalan raya.

6. Gudeg Bromo

Belum lengkap rasanya jika bertandang ke Jogja, namun belum mencicipi lezatnya gudeg. Tempat yang sudah dikenal di kalangan wisatawan ini buka dini hari, sehingga tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang sudah bersiap sebelum warung dibuka. Datanglah ke Jalan Gejayan untuk bisa menikmati kuliner gudeg dengan sambal kreceknya yang khas.

7. Gudeg Ibukota

Salah satu gudeg yang banyak dicari warga Jogja adalah Gudeg Ibukota yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo. Rasa gudeg di tempat ini sangat khas dan tidak seperti gudeg lainnya. Karena buka pada malam hari hingga pagi hari, bersiaplah untuk mengantre agar bisa mendapatkan lauk-pauk gudeg secara lengkap. Sebagai tambahan informasi, Gudeg Ibukota juga pernah dikunjungi artis, lho!

8. Gudeg Pawon


Ingin menyaksikan langsung proses pembuatan gudeg? Datang saja ke Gudeg Pawon yang terletak di kawasan Umbulharjo. Seporsi gudeg dijual antara 10 ribuan hingga 25 ribuan. Karena antriannya selalu membludak ketika dibuka, kamu bisa datang lebih awal.

9. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Sarapan Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang sudah 100 tahun ini adalah pilihan paling tepat. Tinggal datang saja ke depan Hotel Grace Yogyakarta untuk menikmati seporsi gudeg lengkap.

10. Gudeg Yu Djum

Gudeg hits Jogja yang terletak di Wijilan ini terlalu sayang jika dilewatkan. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Jogja hanya untuk mencicipi kelezatan Gudeg Wijilan yang legendaris. Proses pembuatan gudeg menggunakan kayu bakar pun memberikan rasa yang semakin khas. Adanya variasi gudeg kaleng di tempat ini pun menjadi alternatif oleh-oleh untuk dibagikan kepada teman-teman.

11. Mie Ayam Grabyas

Jika kamu sedang berada di Malioboro dan ingin mencicipi mi ayam, datang saja ke Malioboro, tepatnya di seberang Hotel Inna Garuda. Mi ayam ini bisa kamu dapatkan mulai tengah malam pukul 23.30. Hanya dengan membawa uang kurang dari 20 ribu rupiah, seporsi mie ayam mengenyangkan bisa dinikmati.

Kuliner Wajib di Jogja

Adanya kuliner yang tidak hanya buka pada jam pagi saja atau jam malam saja tentunya juga bisa kamu coba. Terdapat banyak kuliner unik di Jogja, baik dengan rasa yang unik, tempatnya yang unik, atau bahkan penyajiannya. Harga kuliner-kuliner ini juga tergolong murah di kantong mahasiswa, sehingga tidak akan membebani isi kantong.

12. Sate Klatak Pak Pong


Sate klatak adalah kuliner andalan yang ada di Bantul, Jogja. Keunikan sate ini bahkan sudah mencapai berbagai wilayah. Ketika memesan sate klatak, kamu tidak akan disajikan sate menggunakan lidi, tetapi menggunakan jeruji besi dari velg sepeda. Keunikan tersebut yang menarik banyak wisatawan karena penasaran dan ingin mencoba. Rasa sate klatak sebenarnya hampir mirip seperti sate lainnya. Namun, karena menggunakan jeruji velg ketika membakar, daging akan terasa lebih matang hingga ke dalam. Untuk menikmati sate klatak, kamu perlu mengalokasikan budget 12 ribu rupiah saja. Datanglah ke Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja untuk mencicipi sate klatak Pak Pong.

13. Warung Empal Bu Warno

Kuliner di kawasan Pasar Beringharjo memang sangat beragam. Mampir ke Warung Empal Bu Warno bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang lapar ketika berkeliling Malioboro. Meskipun tergolong sederhana karena hanya berisi nasi, suwiran empal, serta sambal korek, banyak yang menjadi langganan warung ini. Siapkan budget kurang dari 20 ribu rupiah saja untuk membuat perut kenyang.

14. Ayam Geprek Bu Rum

Kuliner ayam geprek bukan lagi makanan yang asing di kalangan masyarakat Jogja. Namun, ada ayam geprek istimewa, yaitu ayam geprek Bu Rum yang cita rasanya pedas serta gurih. Harga terjangkau untuk kantong mahasiswa menjadikan warung ayam geprek ini senantiasa ramai.

15. Mie Ayam Tumini


Mie ayam tumini bukanlah mie ayam yang asing lagi di kalangan warga Jogja. Hanya dengan 6 ribu – 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menyantap mie ayam dengan kuah kental. Kamu bisa melihat review mie ayam tumini yang sanggup menjual hingga 700 porsi per hari. Penasaran dengan rasanya?

16. Angkringan Lik Man

Tidak sulit menemukan angkringan di Jogja, apalagi mahasiswa Jogja seringkali menjadikan angkringan sebagai solusi mencari tempat makan yang hemat. Jika kamu merasa lapar pada malam hari tapi kehabisan uang, angkringan Lik Man adalah solusinya. Ada banyak menu makanan yang bisa dicoba dan tentunya minuman ikonik kopi jos. Tentu bukan kopi biasa yang akan kamu dapatkan, melainkan kopi yang dicampur arang panas.

17. Bakmi Mbah Mo


Ada banyak warung bakmi di Jogja yang menawarkan keunikan cita rasa tersendiri. Jika kamu mencicipi bakmi Mbah Mo, kamu akan merasakan mie dengan tekstur berbeda karena tidak mengandung banyak minyak. Kuah bakmi dari telur bebek pun membuat rasa bakmi menjadi semakin khas. Datang saja ke Jalan Parangtritis km 11, Dusun Code, Trienggo, Bantul, Yogyakarta untuk bisa menyantap seporsi bakmi Mbah Mo. Siapkan budget mulai dari 20 hingga 30 ribu rupiah per orang untuk makan di tempat ini.

18. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto sulung sebenarnya cukup mudah ditemukan di Jogja. Namun, ada warung soto sulung yang bisa kamu datangi, yaitu warung yang terletak di Jalan Gedong Kuning selatan No.1, Rejowinangun, Kotagede. Kamu tidak akan menemukan sayuran serta mie yang biasanya ada di semangkuk soto, tetapi justu daging sapi serta jeroan. Seporsi soto sulung dihargai 10 ribu rupiah. Sangat terjangkau, bukan?

19. Gado-Gado Bu Hadi


Jika kamu tidak suka makan pecel, mencoba gado-gado Bu Hadi bisa menjadi alternatif. Lokasi Gado-Gado Bhadi terdapat di kawasan Malioboro.

20. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Brongkos menjadi salah satu kuliner andalan wisatawan yang sudah datang ke Jogja. Brongkos Bu Padmo terkenal lezat karena memiliki cita rasa khas. Hanya dengan 20 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati rebusan potongan daging sapi bersama rempah-rempah. Datanglah ke Tempel, bawah jembatan Krasak untuk bisa mencoba brongkos istimewa.

21. Oseng Mercon Bu Narti

Jangan salah dengan nama oseng mercon ketika datang ke Jogja. Tentu kamu tidak akan disuguhi kembang api ketika datang ke sini. Oseng mercon menggambarkan sensasi pedas yang meledak seperti kembang api. Untuk bisa mencicipi kuliner pedas ini, datanglah ke Kauman. Rasa kikil, gajih, serta tulang muda yang diberi bumbu rahasia akan membuatmu ketagihan. Tenang, biaya makan satu porsi di tempat ini tidak sampai 20 ribu rupiah kok.

22. Nasi Rames Demangan

Nasi rames adalah makanan favorit anak kost karena harganya terjangkau, jenis lauknya beragam, dan tentunya porsinya besar. Nasi rames Demangan tidak terlalu sulit untuk dicari karena lokasinya berada di tepi jalan besar. Dengan membawa uang kurang dari 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa kenyang menikmati nasi beserta lauk pauk pedas.

Kuliner Jajan Pasar Yogyakarta

23. Jenang Bu Gesti

Kuliner lezat dan murah di Jogja tidak hanya terbatas pada makanan berat saja. Jika kamu senang dengan jajan pasar, cobalah jenang Bu Gesti yang terdapat di Pasar Lempuyangan. Sebagai jajanan pasar yang sering menjadi menjadi menu sarapan, kamu hanya perlu menyiapkan uang kurang dari 5 ribu rupiah saja.

24. Sate Kere


Menghabiskan malam di Malioboro ditemani seporsi sate kere bisa kamu coba. Sate yang dibuat dari gajih atau lemak ini mampu menarik banyak orang karena wangi sate akan tercium dari kejauhan. Tidak perlu keluar banyak uang untuk bisa menikmati sate ini karena per tusuk sate dijual 2 ribu rupiah saja.

25. SGPC Bu Wiryo 1959

Menu sarapan SGPC Bu Wiryo terkenal di kalangan mahasiswa UGM karena sudah ada sejak tahun 1959. Rasanya yang lezat ditambah dengan harga terjangkau sesuai kantong mahasiswa. Langsung saja datang ke Jalan Agro Klebengan untuk bisa menikmati nasi pecel lengkap dengan tempe dan tahu.

26. Nasi Kuning Bu Tuminem

Sudah bosan dengan sarapan menu gudeg? Cobalah sarapan dengan menu nasi kuning di kawasan Pakuningratan. Seporsi nasi kuning lengkap dengan telur dadar, kering kentang, telur, serta kacang goreng akan menambah kelezatan nasi kuning. Siapkan uang kurang lebih 15 ribu rupiah untuk bisa mencicipi nasi kuning ini.

27. House of Raminten

Sebelum meninggalkan Jogja, datanglah ke Raminten untuk mencicipi berbagai macam makanan yang terjangkau. Suasasana Raminten yang sangat Jawa ini menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat makanan nasi kucing dalam berbagai porsi serta beragam minuman tradisional. Lokasi Raminten terdapat di kawasan Kotabaru.

Demikian informasi 27 kuliner khas Jogja murah, terkenal enak, dan hits yang tidak akan menguras isi kantong. Untuk beberapa lokasi wisata kuliner Jogja yang hanya buka pada waktu tertentu dan sering diserbu pembeli, kamu dapat menyiasatinya dengan mengantre lebih awal. Tinggal di dekat tempat kuliner hits Jogja juga bisa menjadi solusi agar kamu tidak khawatir ketika ingin mencoba kuliner Jogja malam. Bingung dengan tempat menginap di Jogja? Tenang, ada aplikasi pencari kost Mamikos yang akan membantu kamu.

Segera download aplikasi Mamikos di ponsel android atau ios kesayanganmu. Mamikos akan membantu menunjukkan informasi kost harian hingga kost tahunan yang kamu butuhkan. Ada pula informasi hunian lain seperti apartemen dan hotel. Tanpa perlu datang dan berkeliling Jogja, kamu sudah bisa mengetahui tipe kost atau apartemen, lokasi, fasilitas, dan harga sewanya. Jadi, segera download Mamikos untuk kemudahan pencarian hunian di Jogja.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: