21 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung Murah dan Enak

 Lailla | Sel, 05 Nov 2019

21 rekomendasi wisata kuliner bandung murah dan enak – Belum lengkap rasanya jika belum berwisata kuliner di tempat yang sudah dikunjungi. Jika kamu sedang di Bandung dan ingin mencicipi ragam kuliner di kota ini, 21 rekomendasi kuliner Bandung ini bisa menjadi pertimbangan. Sebenarnya ada banyak daftar kuliner Bandung yang layak dicoba, seperti tempat makan keluarga di Bandung, kafe di Bandung, tempat makan murah di Pasteur, seafood murah di Bandung, hingga makanan kaki lima yang tidak kalah lezat.

21 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung Murah dan Enak

1. Iga Bakar Si Jangkung


Iga Bakar Si Jangkung terletak di Jalan Cipaganti No 75B, Bandung. Lokasinya yang sangat strategis dekat jalan utama membuat tempat makan ini senantiasa ramai dikunjungi pembeli. Tidak sulit untuk menemukan Iga Bakar Si Jangkung, apalagi tempat yang unik ini didekorasi dengan cat berwarna hijau. Untuk bisa menikmati iga bakar, kamu perlu tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari 50 ribu rupiah. Rasa iga bakar yang lezat dipadu dengan daging yang empuk akan membuatmu ketagihan. Jika tidak bisa datang ke tempat ini siang hari, mampirlah pada jam pulang kerja karena Iga Bakar Si Jangkung buka hingga pukul 11 malam.

2. Lotek Kalipah Apo

Lotek hits di Bandung yang komposisinya adalah kol, kacang panjang, tauge, bayam, kangkung, dan nangka muda. Kamu juga bisa menambahkan makanan tersebut dengan tempe dan lontong. Lotek lezat yang disajikan dengan siraman saus kacang kental ini akan membuatmu ketagihan. Untuk bisa menikmati seporsi lotek, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari 20 ribu rupiah.

3. Cie Rasa Loom


Jika kamu rindu dengan kuliner asal Aceh, datanglah ke Cie Rasa Loom yang terletak di Jalan Buahbatu No 154. Makanan ini dijual dengan harga 25 ribuan saja. Ada pula menu lainnya yang tidak kalah lezat, seperti roti canai, mie aceh, dan sebagainya. Untuk minuman, cicipilah kopi saring aceh dengan harga 10 ribu rupiah saja.

4. Nasi Campur 88

Penasaran dengan kuliner non halal tapi sudah menjadi legenda di Bandung yang antriannya mengular, bahkan harus diberi nomor antrian? Cobalah datang ke warung kaki lima Nasi Campur 88 yang terdapat di Jalan Cibadak No 152. Porsi makanan yang cukup besar ditambah dengan kelezatan makanannya yang tidak diragukan lagi bisa membuatmu ketagihan. Harga seporsi nasi campur biasanya 50 ribu rupiah yang terdiri dari nasi, bakso goreng, kuah sup, kekian, telur, samcan, cha siu, serta mentimun. Tertarik mencoba?

5. Nasi Kalong


Mungkin kamu yang kelaparan tengah malam bisa langsung menuju Jalan R.E. Martadinata 102. Sesuai dengan namanya, “kalong” atau kelelawar sangat aktif di malam hari, sehingga tempat ini juga buka malam hari mulai pukul 7 malam hingga 12 malam. Pilih jenis nasi terlebih dahulu, kemudian kamu dapat mengambil lauk pauk yang tersedia.

6. Bubur Ayam Pa’ Otong

Tidak sulit mendapatkan kuliner bubur pada malam hari. Datanglah ke Jalan Jenderal Sudirman untuk langsung menuju warung makan Bubur Ayam Pa’ Otong. Harga yang sangat murah karena tidak sampai 10 ribu rupiah menjadikan kedai bubur ayam yang satu ini ramai pembeli. Tentu ada toping yang bisa kamu tambahkan, seperti usus, ceker, telur, kepala, sate, dan sebagainya. Siapkan budget tambahan ya jika ingin menambahkan banyak toping.

7. Bakmi Linggarjati


Jika kamu sedang berada di Alun-alun Bandung, jangan lupa mampir untuk menikmati bakmi linggarjati yang lokasinya tepat berada di Jalan Balonggede No 1. Sesuai dengan namanya, mi yang dijual adalah Yamin Manis dan Yamin Asin. Kamu bisa menambahkan topping berupa bakso, babat, kikil, dan ayam. Tentunya bakmi tersebut disajikan bersama kuah. Meskipun harganya mencapai 40 ribu rupiah, porsi mi yang besar akan membuatmu kekenyangan. Lengkapi kunjunganmu dengan es alpukat linggarjati seharga 30 ribu rupiah. Tentu rasanya semakin istimewa dengan adanya siraman gula jawa di atas es sebelum disajikan.

8. Sate Maulana Yusuf

Pecinta sate perlu mencicipi lezatnya Sate Maulana Yusuf yang terletak di Jalan Maulana Yusuf No 21, Bandung. Warung yang buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam ini menjual seporsi sate dengan harga 40 – 50 ribu rupiah untuk 10 tusuk. Tenang, bagi kamu yang tidak terlalu suka olahan daging yang dibakar, masih ada alternatif gulai kambing, sop buntut, atau soto ayam.

9. Kedai Mama Eha


Kedai Mama Eha tergolong tempat makan populer di tengah kota, apalagi setelah berdiri tahun 2010 tempat ini tidak pernah sepi pembeli. Lokasi kedai yang beroperasi 24 jam ini terdapat di Jalan Diponegoro No 3A. Jangan lewatkan makanan terfavorit di tempat ini, yaitu cumi balakutak. Untuk bisa menikmati berbagai macam makanan lezat, siapkan budget kurang dari 100 ribu rupiah.

10. Mie Merapi

Lokasi Mie Merapi terletak di Jalan Dipati Ukur No 60. Pecinta mie pedas wajib datang ke tempat ini karena adanya sajian mie dengan beberapa level kepedasan bisa kamu cicipi. Budget untuk sekali makan cukup terjangkau mulai dari 20 ribu rupiah saja.

11. Cuanki Serayu


Meskipun saat ini sudah banyak ditemukan cuanki instan, namun cuanki serayu yang terletak di Jalan Serayu No 2 terlalu sayang dilewatkan. Mulai pukul 11 siang kamu sudah bisa mencicipi jajanan yang banyak dicari warga Bandung. Warung Cuangki Serayu tutup pukul 7 malam, sehingga tidak perlu terburu-buru jika memang belum sempat datang siang atau sore hari. Bagi kamu yang belum pernah makan cuanki, sebenarnya jajanan khas Bandung ini adalah bakso yang disajikan dengan tahu serta mi. Siapkan budget kurang dari 20 ribu rupiah untuk bisa puas makan Cuanki Serayu.

12. Batagor Kingsley

Masih dengan jajanan khas Bandung yang lezat, Batagor Kingsley di Jalan Veteran No 25. Batagor yang lezat menjadi daya tarik tempat ini. Kamu bisa makan di tempat atau membawanya pulang. Tidak perlu khawatir apabila memesan makanan terlalu banyak karena batagor ini bisa tahan seharian hingga 24 jam. Ada dua pilihan batagor, yaitu batagor goreng atau batagor yang disajikan bersama kuah. Harga batagor tidak sampai 15 ribu rupiah akan membuat isi dompetmu kosong, apalagi batagor tersebut rasanya lezat.

13. Batagor Riri


Batagor Riri terletak di di Jalan Burangrang No 41. Harga yang terjangkau mulai dari 10 ribuan menambah jumlah peminat batagor lezat ini. Kamu yang menyukai olahan ikan tengiri bisa menjadikan batagor riri sebagai alternatif.

14. Bebek Ali Borme

Jika kamu senang makan olahan bebek, datang saja ke Jalan Teuku Umar Blok 60 No 40. Tempat makan yang hampir selalu ramai pembeli ini menyediakan nasi bebek yang khas. Pecinta makanan pedas, asam, dan manis tentu tidak boleh melewatkan makanan yang ditawarkan dengan harga 25 ribuan ini.

15. Nasi Goreng Bistik Astana Anyar


Kedai nasi goreng di Jalan Astana Anyar 264 menjual nasi goreng unik karena dipadukan bistik ayam yang renyah. Tidak hanya itu, harga yang murah karena tidak sampai 25 ribu rupiah untuk seporsi nasi goreng lengkap dengan telur pun menjadi daya tarik tersendiri.

16. Bubur Ayam Gibas

Di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung terdapat bubur ayam hits murah dengan porsi melimpah. Tidak sulit menemukan penjual bubur ayam karena tempatnya persis di seberang Rumah Sakit Kebon Jati. Hanya dengan 14 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati bubur ayam lezat. Jika ingin menambahkan toping, biaya tambahan yang perlu dikeluarkan tidak sama. Namun, untuk memudahkan pesanan, kamu bisa langsung membaya 20 ribu rupiah agar dapat memperoleh bubur ayam komplit dengan telur ayam.

17. Sekoteng Singapore

Kuliner malam hari di Bandung bisa kamu dapatkan dengan mencicipi sekoteng Singapore. Minuman ini sebenarnya tergolong minuman tradisional berupa air jahe, kemudian ditambah isi kacang-kacangan, kolang-kaling, potongan roti, dan isian lainnya. Tidak sampai 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa mencicipi minuman di Jalan A. Yani No 293 ini.

18. Bakmi Apin


Kuliner di Jalan Sukajadi 158 adalah pilihan tepat bagi kamu yang senang dengan sajian mie halal. Tempat ini buka pukul 08:00 – 20:00. Beberapa jenis mie yang dapat kamu pesan adalah mi yamin, mi yahun (bihun asin dan manis), atau hot mie yang rasanya pedas. Toping tambahan yang dapat dipiluh adalah bakso, pangsit, serta ceker ayam. Siapkan budget antara 20 ribuan hingga 50 ribu untuk bisa menikmati seporsi bakmi apin.

19. Mie Aceh Sigli Jaya

Rindu dengan kampung halaman di Aceh? Datang saja ke Mie Aceh Sigli Jaya yang terletak di Jalan Tubagus Ismail No 22. Selain bisa menyantap mie aceh dengan budget 15 ribu hingga 25 ribu per porsi, kamu pun dapat mencicipi makanan lainnya seperti roti canai dan martabak aceh.

20. Roti Gempol Bandung


Saatnya untuk mencoba makanan ringan yang lokasinya di Jalan Gempol Wetan No 14 – 16. Desain interior yang unik akan menyambutmu ketika datang. Jangan lupa untuk mencicipi roti bakar gandum asin komplit yang menjadi andalan. Ada pula roti bakar putih manis isi kacang cokelat yang tidak kalah lezat.

21. Es Duren Pak Aip

Luangkan waktu untuk menikmati minuman menyegarkan yang terletak di Jalan Tubagus Ismail Raya No 5. Tempat yang menjual es durian ini ditawarkan dalam berbagai varian, seperti cokelat vanilla, durian alpukat, atau original. Harga yang ditawarkan mulai dari 25 ribu rupiah saja untuk seporsi es menyegarkan.

Bandung memang menjadi destinasi liburan sekaligus wisata kuliner dan wisata belanja. Selama berada di Bandung, ada baiknya jika kamu merencanakan liburan dengan matang, baik terkait destinasi wisata yang akan dituju maupun pilihan tempat menginap. Agar tidak mengalami kesulitan ketika harus menginap, gunakan aplikasi pencari kost Mamikos yang akan memudahkanmu mendapatkan hunian nyaman nan tenang sesuai keinginan.

Mamikos menyediakan ribuan data kost serta data hunian berupa apartemen yang dapat kamu pilih sesuai budget dan kebutuhan. Tidak perlu bingung dengan jangka waktu sewa karena di Mamikos kamu bisa menyewa hunian bahkan hanya dalam satu hari saja. Ada pula fasilitas booking online, sehingga kamu tidak perlu datang langsung ke lokasi. Hanya dari satu aplikasi, semua kemudahan bisa didapatkan.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: