12 Macam Oleh-oleh Khas Solo Yang Tak Boleh Terlewatkan

 Mamikos | Kam, 01 Mar 2018

Oleh-oleh Khas Solo – Solo merupakan tempat yang unik dengan sejuta kekhasan warisan budaya dan keramahtamahan. Selain itu, Solo juga dikenal sebagai kota yang menarik untuk dikunjungi karena semarak dengan pusat perbelanjaan, beragam sajian kuliner dan festival lokalnya yang selalu mengundang decak kagum para khalayak ramai. Disinilah tempat dimana mulai dari aneka makanan hingga kerajinan khas bisa dijadikan kenang-kenangan untuk orang terdekat. Dan seperti yang kita ketahui pula bahwa di kota inilah kota dimana Presiden Joko Widodo dilahirkan.

Sudah puas berkeliling berbagai sudut Kota Solo, sudah kenyang juga mencicipi beragam kuliner disana? Kini tak terasa saatnya Anda pulang kembali ke kota asal Anda. Tunggu dulu, jangan terlalu terburu-buru menyudahi liburan Anda di Kota Solo, karena masih ada satu tugas lagi yang harus Anda lakukan sebelum kembali ke kota asal. Ya, tugas Anda adalah membeli buah tangan atau yang biasa disebut oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat tercinta di kota asal Anda. Berikut ada ulasan terkait 12 macam oleh-oleh khas Solo Kota Surakarta Jawa Tengah.

Spesial Solo
Oleh-oleh khas Solo

Oleh-oleh Khas Solo

 

1. Intip

Oleh-oleh khas Solo kekinian yang satu ini merupakan makanan ringan yang berbahan dasar dari kerak nasi yang digoreng. Makanan ringan yang satu ini masih orisinil dan benar – benar dibuat dari kerak nasi yang terdapat di bagian bawah ketel atau panci khusus untuk menanak nasi. Dulunya, Intip juga tidak dibumbui dan hanya ditaburi garam setelah digoreng. Kini seiring dengan perkembangan jaman, Intip dibuat secara khusus dengan menggunakan cetakan dan tersedia dalam berbagai rasa karena dibumbui sebelum digoreng.

Bahkan beberapa intip kini juga memiliki topping; seperti gula karamel yang dioleskan di atas gorengan intip berbentuk bulat untuk memberikan rasa manis. Anda dapat menemukan Intip ini di seluruh tempat oleh-oleh khas Solo.

2. Abon Mesran

Termasuk salah satu jenis oleh-oleh khas Solo yang tahan lama, Abon Mesran juga kerap menjadi pilihan para wisatawan sebagai buah tangan. Masuk dalam kategori kuliner legendaris Solo, Abon Mesran ini merupakan olahan daging sapi dan ayam yang mengandung rasa manis dan pedas.

Memiliki cita rasa yang khas, Abon Mesran biasanya digunakan sebagai pendamping lauk suatu hidangan ketika makan siang. Kuliner ini terjamin aman sampai di kota asal Anda. Untuk masalah harga, tak perlu khawatir karena harga Abon Mesran masih cukup ekonomis dan ramah di kantong. Sebungkus Abon Mesran rata-rata dijual dengan harga Rp40.000 – Rp70.000, semua tergantung pada ukuran yang Anda pilih.

3. Rambak Petis

Mungkin ada diantara Anda yang masih cukup asing mendengar nama oleh-oleh khas Solo yang satu ini. Ya, Rambak sebenarnya merupakan semacam kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang sebelumnya telah dikeringkan. Namun, hingga saat ini kebanyakan rambak dibuat dari bahan kulit sapi mengingat bahan baku berupa kulit kerbau lebih jarang ditemui.

Rambak Petis khas Solo memiliki ciri khas dengan cita rasa yang gurih dan renyah ketika dimakan. Sesuai dengan namanya; kerupuk rambak khas Solo ini akan semakin nikmat ketika dimakan bersama sambal petis yang terbuat dari bahan udang dengan rasa yang pedas. Penggemar makanan pedas dapat membeli kerupuk rambak ini satu paket bersama dengan sambal petisnya. Sedangkan mereka yang tidak suka makanan pedas tetap dapat menikmati kerupuk rambak yang lezat dengan rasa orisinil tanpa menggunakan sambal petis yang pedas.

4. Ampyang

Ampyang merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari gula Jawa dan kacang tanah. Makanan ringan yang biasanya berbentuk bulat ini sebenarnya lebih mirip permen karena memiliki rasa manis gula Jawa. Ampyang dibuat dengan cara melarutkan gula Jawa dengan kacang tanah yang telah dikupas dan kemudian dicetak dalam bentuk bulat. Perpaduan antara manisnya gula Jawa dengan gurihnya kacang tanah membuat ampyang menjadi makanan yang unik; seperti halnya coklat yang dipadukan dengan kacang mete.

Salah satu kelebihan dari Ampyang jika dijadikan buah tangan adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa, murah dan juga tahan lama. Meski tidak menggunakan bahan pengawet, ampyang menjadi tahan lama karena berbahan gula Jawa yang merupakan pengawet makanan alami. Harga ampyang pun dijual beragam, mulai dari Rp4.000 hingga Rp50.000. Jika Anda menginginkan oleh-oleh kuliner yang unik, ampyang bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Srabi Solo

Srabi merupakan makanan khas solo yang dibuat dengan cara tradisional. Srabi terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan dan diolah dengan cara dimasak di atas api yang berasal dari kayu bakar atau arang dengan menggunakan semacam cobek dari tanah liat.

Seiring dengan perkembangan teknologi; kini alat memasak srabi terkadang telah digantikan dengan menggunakan api berbahan bakar gas serta menggunakan cetakan dengan bahan logam yang lebih praktis dan juga hemat energi. Selain srabi dengan rasa asli yang gurih; kini juga ada berbagai macam pilihan rasa lain seperti srabi cokelat yang ditaburi meses dan juga rasa buah – buahan.

6. Serbat

Tak hanya makanan, Solo juga menawarkan minuman tradisional yang perlu kamu coba, sekaligus bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satunya serbat, ramuan wedang yang terbuat dari rempah-rempah dan jahe. Biasanya serbat sudah dikemas dalam bentuk tablet, dengan begitu kamu hanya perlu menyeduhnya saat ingin menikmati minuman hangat ini. Uniknya, serbat bisa dikonsumsi langsung layaknya memakan permen.

Pada umumnya, serbat dijual dalam kemasan berbentuk panjang yang berisi beberapa tablet. Kamu bisa mendapatkan minuman hangat ini dengan harga yang cukup terjangkau. Selain dapat menghangatkan tubuh, serbat juga dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

7. Srundeng

Srundeng memiliki bentuk yang sangat mirip dengan abon; sama – sama berwarna kecoklatan karena digoreng dan juga berbentuk serpihan kecil yang dapat ditaburkan di atas nasi ketika digunakan sebagai lauk. Perbedaan mendasar srundeng dari abon adalah bahan yang digunakan.

Jika abon dibuat dari bahan daging; maka srundeng dibuat dari bahan parutan buah kelapa. Srundeng khas Solo juga dapat menjadi pilihan oleh – oleh unik yang praktis dan pasti juga lebih murah jika dibandingkan dengan abon sapi atau sabon ayam. Srundeng merupakan makanan khas dari Jawa yang dapat dijadikan lauk atau dimakan bersama lauk lain.

8. Brem

Banyak orang mungkin akan mengasosiasikan brem dengan kota Madiun. Ternyata Solo juga memiliki brem sebagai salah satu makanan unik dan oleh – oleh yang murah meriah. Sama seperti brem dari kota Madiun; brem Solo juga dibuat dari sari tape ketan. Salah satu hal yang membedakan brem Madiun dengan brem Solo ada pada bentuknya. Jika brem Madiun memiliki bentuk kotak; maka brem dari kota Solo memiliki bentuk bulat pipih. Warna brem Solo biasanya juga lebih putih dan memiliki tekstur lebih kering.

9. Balung Kethek

Dalam bahasa Indonesia, Balung Kethek memiliki arti tulang monyet. Padahal sejatinya makanan ini mirip dengan balado keripik singkong, hanya berbeda pada ketebalan potongan singkongnya saja. Renyah gurih, sensasi itu yang bakal pertama kali terasa lidah ketika menikmati jajanan ini. Varian rasanya beragam, mulai dari rasa jagung manis yang menjadi best seller, rasa balado, rasa ayam bakar, rasa gurih, rasa pedas, rasa keju dan tentu saja rasa manis dan pedas sebagai rasa asli dari balthek itu sendiri.

10. Roti Kecik Genep

Roti Kecik Ganep adalah roti yang diolah menggunakan tepung ketan. Rasa Roti Kecik Ganep ini manis dan gurih, bisa bertahan lama sehingga cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Roti Kecik Ganep ini sangat cocok dikonsumsi dengan teh hangat saat anda sedang bersantai. Roti kecik saat ini dijual dengan berbagai ukuran kemasan, mulai 45 gram hingga yang terbesar 600 gram. Untuk harga, kisaran harga dari Rp 5.000 hingga Rp 57.000.

11. Roti Mandarin Orion

Pernah mengunjungi wisata kuliner yang bernama rumah makan Timlo? Tak ada salahnya Anda juga sekalian menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh disana. Anda bisa membeli roti mandarin dari orion yang merupakan salah satu oleh-oleh legendaris di Kota Solo. Hingga sekarang ini, belum ada toko roti manapun yang dapat menyaingi cita rasa khas yang dimiliki oleh roti mandarin dari orion khas Solo yang satu ini. Menariknya lagi, roti mandarin dari orion ini harganya cukup murah yakni sekitar Rp100.000 per kardusnya.

12. T-Shirt Khas Solo

Yang terakhir, Anda bisa menjadikan t-shirt khas Solo sebagai souvenir khas Solo untuk buah tangan keluarga dan rekan Anda di kota asal. Layaknya kota – kota besar yang lain; salah satu oleh – oleh khas dari kota Solo adalah kaos atau t-shirt yang memiliki desain khas dan unik yang berkaitan dengan kota tersebut. Ada banyak pilihan kaos unik khas Solo yang dapat ditemui di Pasar Gede Solo ataupun di berbagai pusat perbelanjaan. Kaos dengan desain berupa ungkapan khas orang Solo hingga gambar bangunan ikonik kota Solo dapat menjadi pilihan suvenir murah dan mengesankan.

Membeli oleh-oleh tidak selalu harus menguras isi dompet; karena selalu ada alternatif oleh-oleh unik yang tidak mahal. Beberapa makanan dan suvenir unik tadi dapat menjadi referensi bagi siapapun yang berkunjung ke kota Solo dan ingin pulang dengan membawa oleh oleh khas Solo. Demikian ulasan seputar 12 macam oleh-oleh khas Solo yang dapat menjadi pilihan buah tangan Anda.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Dapatkan  info kost dan apartemen murah dibawah ini.

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini