Paket Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 + Pembahasan

 Almara Jati | Sab, 30 Mei 2020

Paket Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 + Pembahasan – UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah syarat utama jika kamu akan mengikuti SBMPTN 2020. Nilai UTBK yang telah kamu peroleh nantinya akan menjadi bahan seleksi kelulusanmu dalam SBMPTN 2020 mendatang. Di dalam UTBK SBMPTN 2020, kamu akan diuji dengan materi TPS atau Tes Potensi Skolastik. Kamu harus rajin berlatih soal intensif TPS UTBK SBMPTN agar kamu bisa lancar dalam mengerjakan ujiannya.

Informasi Terbaru Paket Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN

unsplash.com

Persiapan merupakan kunci utama bagi kamu untuk menghadapi UTBK SBMPTN mendatang. Persiapan lain selain melengkapi dokumen untuk UTBK SBMPTN adalah dengan sering berlatih soal. Semakin kamu terbiasa menghadapi soal, maka kamu akan lebih mudah untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2020.

Di tahun 2020, LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah mengumumkan bahwa materi yang akan diujikan dalam UTBK SBMPTN mendatang hanya TPS saja. Lalu, sudahkah kamu tahu apa itu TPS UTBK SBMPTN? Apakah kamu juga sudah mulai mengumpulkan paket soal intensif TPS UTBK SBMPTN untuk kamu gunakan berlatih?

Apa Itu TPS?

Setelah melihat penjelasan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya TPS itu. TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. TPS digunakan untuk memberikan informasi terkait potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TPS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

Di Indonesia, TPS sendiri dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud pada tahun 1990 yang disebut dengan TBS atau Tes Bakat Skolastik. Pengembangan TPS ini sedikit banyak mengacu pada pengembangan SAT (Scholastic Aptitude Test). SAT merupakan istilah yang merujuk pada tes potensi yang digunakan sebagai salah satu alat seleksi masuk perguruan tinggi di Amerika.

TPS yang berangkat dari konsep SAT merupakan tes yang biasa digunakan jika ada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Amerika. Tes ini diciptakan pertama kali oleh The College Board yang merupakan suatu organisasi non profit yang memiliki misi menjembatani para siswa dengan kesuksesan pendidikan tinggi mereka. Tes jenis ini sudah ada sejak 1926 tidak hanya di Amerika, tetapi juga digunakan di negara lain seperti Inggris, Singapura, Finlandia, dan Australia.

Salah satu keunggulan utama dari TPS adalah prosedur pengembangan butir soal yang sudah terstandar dengan melibatkan tenaga ahli dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga soal yang dikembangkan dalam TPS merupakan soal yang valid. Soal tersebut kemudian dikelola dalam bentuk bank soal yang terkalibrasi sehingga hasil tes dari beberapa subtes yang berbeda, tahun yang berbeda, dan rakitan atau paket yang berbeda, akan dapat diperbandingkan. Puspendik mengembangkan TPS dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang terdiri dari 3 subtes dengan rincian sebagai berikut.

1. Subtes Verbal

Subtes ini akan digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa.

Subtes verbal terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana

2. Subtes Kuantitatif

Subtes ini akan digunakan untuk mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.

Subtes Kuantitatif terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

3. Subtes Penalaran

Subtes ini akan digunakan untuk mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.

Subtes Penalaran terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

TPS kemudian diharapkan dapat digunakan di sekolah-sekolah untuk memperoleh informasi mengenai potensi belajar peserta didiknya. Akurasi prediksi prestasi siswa pada jenjang atau kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil TPS. Artinya, TPS mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Siswa dengan nilai TPS yang tinggi kemungkinan besar akan mendapat prestasi belajar yang bagus.

Perubahan Materi TPS UTBK SBMPTN 2020

unsplash.com

Mungkin selama ini materi tes UTBK-SBMPTN 2020 yang kamu tahu adalah TKA dan TPS. Berhubung saat ini Indonesia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19, maka LTMPT memutuskan bahwa materi tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS nantinya akan digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang kamu miliki.

Kemampuan kognitif tersebut meliputi kemampuan penalaran, pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan penalaran tersebut merupakan kemampuan yang berkembang melalui proses belajar dan transfer ilmu dari pengalaman-pengalaman yang telah kamu dapatkan selama berada di sekolah maupun di luar sekolah.
Dalam soal-soal TPS yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN 2020 nanti, kamu biasanya akan diajak untuk menganalisis sebuah cerita dan kamu harus mampu memecahkan masalahnya. Untuk memberikanmu sedikit gambaran umum tentang materi tes UTBK-SBMPTN 2020, Mamikos akan menjelaskannya di bawah ini.

1. Penalaran Umum

Pada soal jenis ini, kamu akan menemukan soal dengan informasi awal berupa teks atau paragraf dan tabel, grafik, atau kurva. Kamu tidak hanya diharuskan untuk membaca, tetapi kamu juga harus memahami informasi yang diberikan dari soal tersebut. Selain itu, kamu juga akan menemukan materi kuantitatif misalnya deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan, dan perbandingan.

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Dalam tiap soal yang terdapat informasi berupa teks atau paragraf, kamu tidak boleh hanya asal membaca saja. Kamu juga perlu untuk memahami inti dari tiap paragraf, kesimpulan, dan pesan tersirat di dalam soal tersebut.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Di UTBK-SBMPTN 2020 nanti, soal-soal tentang Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan sering ditanyakan. Jika kamu menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kamu akan cukup menyukainya. Tipsnya adalah kamu perlu untuk menyempatkan diri membaca buku atau koran. Gunanya adalah untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul beberapa soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD yang tepat.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Di materi ini, kamu akan diberikan pertanyaan tentang pelajaran matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika, dan aljabar.

Contoh Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 2020

Tidak cukup hanya tahu tentang apa itu TPS, kamu juga harus tahu beberapa contoh soalnya. Kamu harus memiliki gambaran jelas tentang soal-soal yang akan kamu hadapi di ujian TPS UTBK SBMPTN 2020 nanti. Berikut akan Mamikos berikan beberapa contoh soal intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 beserta pembahasannya.

Contoh Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 1

Jika A* adalah bilangan pembulatan bilangan A ke satuan terdekat, maka nilai A – A* untuk A = 8.922 adalah …

A. 0,078
B. 0,922
C. 0
D. -0,078
E. -0,922
Jawaban: D

Pembahasan:
Karena A = 8.992, maka akan didapat A* = 9. Sehingga A – A* = 8.992 – 9 = -0,078

Contoh Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 2

Agen properti menawarkan lima buah rumah dengan luas dan tipe sama. Harga kelima rumah tersebut ditentukan oleh panorama sekelilingnya.

  • Rumah R berharga tiga kali lipat rumah Q.
  • Harga rumah S adalah harga rumah R ditambah Q.
  • Rumah P dua kali lebih mahal dari rumah Q
  • Rumah T lebih murah dua kali lipat daripada rumah S

Urutan tiga rumah yang memiliki panorama terindah adalah…

A. S, R, Q
B. S, P, T
C. S, R, P
D. S, P, Q
E. R, S, T
Jawaban: C

Pembahasan:
Urutan rumah yang tepat berdasarkan harganya adalah S (seharga 4Q), R (seharga 3Q), P dan T (seharga 2Q) dan Q sendiri. Karena harga ditentukan oleh panorama, urutan tiga rumah berpanorama terindah adalah S, R, lalu P atau T, sesuai dengan jawaban C.

Contoh Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 3

FAIL : … = KEBERHASILAN : …

A. SUKSES – KEKALAHAN
B. KEKALAHAN – KEMENANGAN
C. RAK – KEGAGALAN
D. DOKUMEN – KESUKSESAN
E. HUJATAN – MEDALI
Jawaban: D

Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, fail berarti ‘dokumen’. Oleh karena, itu, hubungan tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah frasa bersinonim dengan sehingga jawaban yang tepat adalah D, FAIL bersinonim dengan DOKUMEN seperti halnya KEBERHASILAN bersinonim dengan KESUKSESAN.

Download Paket Soal Intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 Serta Pembahasannya

Agar kamu bisa bersaing secara maksimal dengan peserta UTBK SBMPTN 2020 lainnya, kamu harus rajin berlatih soal. Tujuannya adalah agar kamu bisa lebih terbiasa mengerjakan dan tidak kaget ketika pelaksanaan ujian TPS UTBK SBMPTN 2020 mendatang. Kamu tak perlu khawatir dan kebingungan harus ke mana mencari contoh soal untuk berlatih. Kamu bisa men-download paket soal intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 dari link yang Mamikos sediakan di bawah ini.

Download Soal UTBK SBMPTN 2020

Begitulah informasi tentang paket soal intensif TPS UTBK SBMPTN 2020 yang bisa Mamikos bagikan. Kamu pasti bisa mengerjakan ujian TPS UTBK SBMPTN mendatang dengan lancar asalkan kamu rajin berlatih paket soal intensif TPS UTBK SBMPTN. Kalau kamu membutuhkan lebih banyak contoh soal intensif TPS UTBK SBMPTN, kamu bisa mencari selengkapnya di situs Mamikos, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: