Passing Grade ITB (Institut Teknologi Bandung) 2019

 Posted on Senin, April 23rd, 2018  Posted in Passing Grade Universitas  Mamikos

Memasuki musim-musim penerimaan mahasiswa baru di sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), istilah passing grade pun semakin sering terdengar. Sebagian besar para siswa yang baru menyelesaikan pendidikan di bangku SMA nya ini percaya bahwa passing grade adalah salah satu persyaratan agar mereka bisa masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan.

Passing grade sendiri merupakan salah satu acuan untuk memilih jurusan di suatu Universitas atau Perguruan Tinggi. Umumnya, passing grade ini dituliskan dalam bentuk persen serta juga dalam bentuk ratusan, Bedanya, misalnya jika dalam persen ditulis (56.2%), maka jika ditulis dalam bentuk data akun ditulis (562,00).

Perlu kamu ketahui bahwa bahwa persentase atau angka passing grade ini tidak berasal dari pihak penyelenggara SNMPTN/SBMPTN ataupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN), namun angka passing grade ini biasanya bersumber dari lembaga bimbingan belajar. Oleh karena itu, angka passing grade tidak akan mutlak setiap tahunnya.

Banyak yang mengatakan bahwa semakin tinggi passing grade suatu prodi di suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka tingkat kesulitan untuk dapat masuk prodi dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut akan semakin tinggi. Sebaliknya juga jika passing grade prodi dalam suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut rendah maka akan semakin mudah juga para calon mahasiswa untuk masuk prodi yang diminatinya tersebut.

Namun, disini Mamikos ingin menegaskan bahwa bagaimanapun alasannya untuk bisa mengenyam pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya akan dipertimbangkan ialah nilai hasil tes SNMPTN, SBMPTN, prestasi akademik, dan prestasi non akademik. Passing grade disini hanya berfungsi sebagai acuan saja, bukan syarat wajib untuk mendaftar ulang. Jadi, jika kamu pernah mendengar informasi bahwa passing grade merupakan salah satu syarat untuk bisa masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maka disini Mamikos tegaskan bahwa informasi tersebut salah besar.

Passing Grade Jurusan SBMPTN ITB 2018
Passing Grade Jurusan SBMPTN ITB 2019

Passing Grade Jurusan SBMPTN ITB 2019

Saat ini, pendaftaran SBMPTN 2019 telah dibuka. Bagaimana? Apakah kamu sudah memikirkan baik-baik universitas dan jurusan apa saja yang masuk ke list kamu? Apakah kamu salah satu siswa yang mencantumkan ITB ke dalam list Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kamu inginkan? Jika iya, dalam kesempatan kali ini, Mamikos akan mencoba memberikan informasi sedikit kepada kalian semua terkait passing grade SBMPTN ITB tahun 2018 untuk kamu.

Institut Teknologi Bandung atau yang biasa lebih akrab disapa ITB merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1959. Sejarah berdirinya Institut Teknlogi Bandung (ITB) ini bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Didirikannya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini dulunya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.

Kampus utama Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian Institut Teknologi Bandung (ITB). Hingga saat ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN).

Hingga tahun 2019 dari seluruh program pergutuan tinggi dan fakultas teknik di Indonesia, sebelas program studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki akreditasi ABET. Dengan diraihnya akreditasi ABET merupakan jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk memilih institusi pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional.

Dengan adanya akreditasi ABET ini, para alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) mulai tahun 2012 lalu ketika lulus tak hanya akan mendapatkan ijazah akreditasi BAN-PT saja tetapi juga terdapat logo ABET yang membuktikan kamu adalah lulusan ITB yang sudah dididik dengan standar internasional.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) ada kalanya kamu harus mengetahui terlebih dahulu passing grade SBMPTN ITB 2019, agar kamu dapat memilih mana jurusan di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki passing grade yang rendah. Langsung saja, berikut Mmamikos berikan passing grade SBMPTN ITB 2019.

1. Jurusan IPA (SAINTEK)

Program Studi Passing Grade
Passing grade ITB Teknik Informatika 64,97%
Passing grade ITB Teknik Elektro 61,93%
Passing grade ITB Teknik Kimia 61,83%
Passing grade ITB Farmasi 54,44%
Passing grade ITB Teknik Lingkungan 54,82%
Passing grade ITB Teknik Perminyakan 60,2%
Passing grade ITB Teknik Fisika 50,1%
Passing grade ITB Matematika 49,6%
Passing grade ITB Teknik Pertambangan 54,2%
Passing grade ITB Teknik Mesin 53,4%
Passing grade ITB Passing grade ITB Arsitektur 50,3%
Passing grade ITB Teknik Planologi 50,1%
Passing grade ITB Teknik Material 49,2%
Passing grade ITB Kimia 48,61%
Passing grade ITB Teknik Sipil 51,7%
Passing grade ITB Biologi 46,8%
Passing grade ITB Teknik Geologi 50,8%

2. Jurusan IPS (SOSHUM)

Program Studi Passing Grade
Desain Komunikasi Visual – ITB 48,74%
Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB 48,7%

Nah, itu tadi ulasan seputar passing grade SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2019. Jadikan passing grade SBMPTN ini sebagai acuan agar kamu tahu seberapa besar effort belajar yang harus kamu tempuh agar diterima. Bukan sebagai peranti penilaian kualitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB) ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini